Slam Dunk (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Slam Dunk
Slam Dunk (Jump Comics).jpg
Gambar sampul manga Slam Dunk volume pertama, menampilkan Hanamichi Sakuragi
スラムダンク
(Suramu Danku)
GenreAkil balig,[1] olahraga[2]
Manga
PengarangTakehiko Inoue
PenerbitShueisha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
Majalah
Inggris
Terbit1 Oktober 199017 Juni 1996
Volume31 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraNobutaka Nishizawa
SkenarioNobuaki Kishima
Yoshiyuki Suga
MusikTakanobu Masuda (1-61)
B.M.F (62-101)
StudioToei Animation
Lisensor
Saluran
asli
TV Asahi
Saluran
bahasa Inggris
Razer (tidak disiarkan)
AXN (asli)
Animax (siaran ulang)
Tayang 16 Oktober 1993 23 Maret 1996
Episode101 (Daftar episode)
Film anime
SutradaraNobutaka Nishizawa
StudioToei Animation
Rilis12 Maret 1994
Durasi30 menit
Film anime
Conquer the Nation, Hanamichi Sakuragi!
SutradaraToshihiko Arisako
StudioToei Animation
Rilis20 Juli 1994
Durasi45 menit
Film anime
Shohoku's Greatest Challenge!
SutradaraHiroyuki Kakudō
StudioToei Animation
Rilis12 Maret 1995
Durasi40 menit
Film anime
Howling Basketman Spirit!!
SutradaraMasayuki Akihi
StudioToei Animation
Rilis15 Juli 1995
Durasi40 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Slam Dunk (bahasa Jepang: スラムダンク, Hepburn: Suramu Danku) adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue. Ceritanya mengisahkan tentang sebuah tim basket dari SMA Shōhoku di wilayah Shōnan. Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak tahun 1990 hingga 1996, dan bab-babnya telah dibundel menjadi 31 volume tankōbon oleh Shueisha. Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah seri anime yang diproduksi oleh Toei Animation dan telah disiarkan di seluruh dunia. Seri anime-nya mendapatkan popularitas yang tinggi khususnya di Jepang, beberapa negara Asia lainnya dan di Eropa.[3] Slam Dunk telah terjual sebanyak lebih dari 121 juta kopi di Jepang, membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris dalam sejarah. Inoue kemudian menjadikan olahraga basket sebagai tema utama dalam seri manga lain karyanya: Buzzer Beater dan Real. Pada 2010, Inoue menerima penghargaan khusus dari Asosiasi Bola Basket Jepang karena turut membantu memopulerkan bola basket di Jepang.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Hanamichi Sakuragi adalah seorang berandalan yang telah 50 kali ditolak perempuan yang diminta untuk menjadi pacarnya. Ia kemudian bertemu Akagi Haruko, gadis idamannya yang mengajurkan Sakuragi untuk mencoba bergabung dengan tim basket SMA Shōhoku. Meskipun agak enggan karena tak mempunyai pengalaman bermain basket, Sakuragi memutuskan untuk bergabung agar dapat membuat Haruko terkesan dan membuktikan dirinya pantas untuk menjadi pacar Haruko. Kaede Rukawa, saingan Sakuragi baik dalam hal percintaan maupun di lapangan basket, bergabung pada saat yang sama. Hisashi Mitsui, mantan pemain terbaik di SMP, dan Ryota Miyagi keduanya juga bergabung dengan tim Shōhoku untuk mencapai impian sang kapten tim, Takenori Akagi untuk membawa Shōhoku menjadi juara nasional. Bersama-sama, kelimanya membentuk tim yang kuat dan Shōhoku yang sebelumnya tidak dikenal luas berubah menjadi salah satu calon juara. Kemudian mereka ikut dalam perlombaan antar SMU,untuk mencapai harapan takenori akagi mencapai juara nasional.mereka berlatih dengan giat,memasuki hari pertandingan sakuragi tak dapat tidur memikirkan pertandingan yang akan datang tersebut. Mereka berjuang dengan sekuat tenaga dan akhirnya team Shōhoku mendapatkan juara.

Tokoh-tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Hanamichi Sakuragi (桜木花道)[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama komik ini. Pada awalnya Sakuragi tidak menyukai basket karena dia pernah ditolak seorang gadis yang lebih menyukai anak basket, tetapi setelah bertemu dengan Haruko Akagi (adik perempuan Takenori Akagi) dia mati-matian berusaha agar diikutkan dalam tim basket Shohoku. Ternyata setelah masuk dalam tim basket, Hanamichi mulai berulah dengan bersaing dengan Rukawa, seorang Ace di bidang basket, Sakuragi sangat ingin bersaing dengannya karena Haruko meyukai Rukawa, sehingga Hanamichi menganggap Rukawa adalah musuh bebuyutan. Sakuragi selalu berusaha mencari perhatian Haruko sehingga kadang-kadang tingkahnya sangat konyol, dan juga sering menganggap dirinya jenius,belum lagi ulahnya pada anggota tim basket SMU lain. Meskipun demikian, Hanamichi dikagumi karena kemampuan belajarnya yang sangat cepat. Pada akhirnya, bakat melompat dan rebounds Hanamichi-lah yang menjadi kunci permainan tim Shohoku.

Takenori Akagi(赤木剛憲)[sunting | sunting sumber]

Kapten tim basket Shohoku ini sangat berbakat & terkenal di daerah (kanagawa} sebagai center terkuat. Takenori sangat menyukai basket bahkan hampir memujanya, sebenarnya ambisinyalah untuk memajukan tim basket Shohoku hingga ke ajang nasional, tetapi Takenori & tim basket Shohoku belum pernah memenangkan pertandingan hingga tahun terakhirnya di SMU dia memiliki anggota tim basket yang hebat (walau menyusahkan). Takenori lebih sering dipanggil 'Gori' atau 'Gorilla' karena fisiknya yang menyerupai gorila. Panggilan ini berasal dari Mitsui pada saat pertandingan latihan pertama mereka.Tapi,kemudian Hanamichi memopulerkan sebutan ini lagi,padahal sebelumnya dia tidak tahu Akagi sering disebut Gorilla

Tokoh lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Haruko Akagi (赤木晴子)

Seorang gadis manis yang juga menyukai basket seperti kakaknya. Dialah yang pertama memperkenalkan Sakuragi kepada basket, walau awalnya Sakuragi mengikuti basket karena suka pada Haruko, tetapi setelah melewati berbagai proses akhirnya Sakuragi benar-benar menyukai basket. Haruko sendiri sebenarnya menyukai Rukawa, tetapi kemudian dia tahu kalau cintanya bertepuk sebelah tangan.

  • Mitsui Hisashi (三井寿)

Pernah menjadi MVP pada waktu SMP, membuat nama Mitsui terkenal.alasan masuk shohoku adalah pak anzai{pelatih shohoku}. Namun sayangnya karena cedera Mitsui harus menjalani terapi dan perasaan irinya pada Takenori membuatnya sempat membenci basket, hingga berkeinginan untuk menghancurkan tim basket tempat dia berlatih, di SMU Shohoku, tetapi setelah bertemu Pelatih Anzai kembali, dia memutuskan untuk memotong rambutnya dan bergabung kembali di tim basket Shohoku. Setelah bergabung kembali dengan tim basket Shohoku, Mitsui menjadi salah satu pemain utama Shohoku yang terkenal dengan lemparan tiga angkanya, sekalipun dia sering kehabisan stamina di akhir pertandingan. Mitsui juga dikenal sebagai pemain yang hebat di saat genting

  • Ryota Miyagi (宮城リョータ)

Dikenal sebagai 'point guard'sejak SD, yang memiliki kecepatan. Mantan anak berandal yang suka berkelahi, dia adalah cowok No-2 tersial setelah Sakuragi, karena sering di tolak perempuan. Dia telah lama menyukai Ayako dan akan sangat kesal jika ada laki-laki lain yang dekat dengan Ayako. Bahkan, Ryota pernah berkelahi dengan Sakuragi, karena mengira Sakuragi pacar Ayako.

  • Kogure Kiminobu (木幕)

Kogure adalah wakil kapten tim Shohoku, sekalipun begitu Kogure lebih sering duduk di bangku cadangan dan memberikan semangat pada tim. Penampilannya yang lemah membuatnya sering diremehkan tim lawan. Meskipun tidak sehebat Mitsui, kemampuan menembak tiga angkanya juga bisa diandalkan di saat-saat krisis.

  • Ayako (彩子)

Manajer tim basket Shohoku yang cantik dan penuh semangat. Dia dianggap menjadi pahlawan wanita tim Shohoku dan tidak segan-segan memarahi anggota tim basket yang tidak memberi salam dengan semangat, sekalipun anggota tim basket itu adalah kakak kelasnya.

  • Pelatih Anzai Mitsuyoshi(安西光義)

Disebut sebagai 'Buddha berambut putih' karena pembawaan yang kalem. Padahal dulu waktu menjadi pelatih basket di universitas dikenal sebagai pelatih yang keras dengan julukan 'The White Devil'. Perubahan ini dikarenakan Anzai sedih, pemain harapannya, pergi ke Amerika dan meninggal karena kecelakaan disana. Pelatih Anzai sering ditakuti pelatih tim lain karena strategi cerdiknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Why Basketball is a Slam Dunk in Japan". FIBA. 13 Juni 2018. Diakses tanggal 9 Februari 2019. 
  2. ^ "The Official Website for Slam Dunk". Viz Media. Diakses tanggal 28 Oktober 2017. 
  3. ^ Solomon, Charles (12 Juni 2010). "Author profile: Manga artist Takehiko Inoue has hoop dreams". Los Angeles Times. Diakses tanggal 14 Juni 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]