Hoshin Engi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Houshin Engi adalah sebuah manga karya Ryu Fujisaki. Sebenarnya ejaan latin yang RESMI untuk judul manga ini dari Fujiryuu Sensei (nama panggilan beken sang manga-ka) sendiri adalah "Hou Shin En Gi" sebab Sensei selalu menulisnya dengan roma-ji: "HOUSHINENGI©RYUU FUJISAKI" (sudah dipatenkan). Transliterasi yang "salah eja" misalnya "Hōshin Engi" atau "Hoshin Engi" mungkin bisa dianggap sebagai "pelanggaran hak cipta". Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dengan judul Hoshin Engi (seharusnya "Houshin Engi").

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini berkisah tentang Kaisar Zhou, kaisar ke-30 dinasti Yin yang bijaksana yang berubah menjadi raja yang bodoh sejak kepemimpinannya diambil alih oleh permaisurinya, Dakki (Da-Ji), seorang Sennin (Xian-Ren) jahat. Situasi semakin kacau balau, rakyat pun semakin menderita. Demi menyelamatkan dunia manusia, maka dilaksanakanlah proyek Houshin Engi (The Houshin Project) untuk menyegel roh para Sennin-Doushi (Xian-Ren & Dao-Shi) penganut kejahatan ke dalam dunia ketiga, yaitu dunia di antara dunia manusia dan dunia sennin. Taikoubou (Tai-Gong-Wang), seorang Doushi (Dao-Shi) dari Kun-Lun mendapat tugas untuk menjalankan proyek tersebut. Dalam perjalanannya, ia mendapat banyak teman dan diangkat menjadi penasihat militer Zhou, bagian barat dinasti Yin. Sementara di dunia manusia perang terjadi di antara Yin dan Zhou yang memberontak, di dunia sennin juga terjadi perang antara Kun-Lun dan Jin-Ao yang menyebabkan kematian banyak sennin, termasuk teman-teman Taikoubou.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Konron (Kun Lun)[sunting | sunting sumber]

Taikoubou (太公望 Taikōbō?, Tai Gong Wang, Kyou Shiga, Jiang Ziya)
Sang Protagonis. Murid terbaik Genshi Tenson dari Kun Lun yang mengemban Houshin Project. Setelah turun ke dunia manusia di usia 72 tahun, ia menjadi pembuat strategi bangsa Zhou dan membantu Buou (Wu-Wang) menggulingkan Dinasti Yin dan mendirikan dinasti baru, Dinasti Zhou. Membenci obat dan makanan yang pahit. Pada awalnya, senjatanya adalah 'Dashinben'. Sebelum pertempuran akhir, ia menerima paopei 'Taikyokuzu' dari Taijou Roukun (Tai-Shang Laou-Jun). Bertarung dengan mengandalkan kecerdikan, hingga sering bahkan kawannya meragukan kekuatannya. Ia mengharapkan dunia manusia tanpa campur tangan Sendou (Sennin-Doushi) dan percaya bahwa dunia manusia bisa damai tanpa mereka. Kidal, tetapi kehilangan tangan kirinya dalam pertempuran melawan Inkou (kakak) dan mendapat tangan buatan dari Taiitsu Shinjin setelahnya.
Sebenarnya adalah Fukki, satu dari lima alien yang datang ke bumi lama sebelum cerita dimulai. Taikoubou adalah setengah 'jiwa' Ou Eki. Setelah bersatu dengan Outenkun, mereka kembali menjadi Fukki.
Suupuushan (四不象 Sūpūshan?, Sibuxiang)
Reijuu milik Taikoubou. Berwujud seekor kuda nil (walau sendirinya tidak mengakui) bertanduk 2. Wujud dewasanya lebih besar dan memiliki kemampuan menyerap energi paopei.
Nataku (哪吒?, Nezha, Nazha)
Manusia Paopei ciptaan Taiitsu Shinjin (Tai-Yi Zhen-Ren), terbuat dari 'inti' yaitu paopei 'reiju' dan berinkarnasi dari bunga teratai sehingga dikatakan tak memiliki perasaan. Jarang memakai otak saat bertempur. Menyayangi ibunya dan membenci ayahnya hingga menjadikan kematian ayahnya sebagai tujuan hidup. Dia ada hanya untuk bertempur, dan walau dikatakan tak memiliki perasaan, tapi jelas perilakunya tidak menunjukkan hal yang sama. Sering diarahkan oleh Taikoubou atau siapapun yang lebih cerdas dalam pertempuran, walau jarang mendengarkan arahan itu.
Titik lemahnya adalah 'inti'nya, dan ibunya serta Kou Tenshou yang dirawatnya setelah anak itu kehilangan ibu, bibi, ayah, dan kakak.
Youzen (楊戩 Yōzen?, Yang Jian)
Doushi jenius didikan Gyokutei Shinjin (Yu-Ding Zhen-Ren). Sebenarnya adalah putra Tsuuten Kyoushu dan seorang youkai. Mengakui Taikoubou lebih hebat darinya dalam hal strategi dan menghormatinya. Seorang narsis dan memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi orang yang pernah ditemuinya.
Mendendam pada Outenkun yang membunuh ayah dan gurunya, tapi akhirnya bisa menerima Outenkun dalam Fukki karena bagian Taikoubou dalam Fukki lebih dominan.
Bukichi (武吉?, Wu Ji)
Tennen (Natural) Doushi yang mengagumi Taikoubou dan memanggil Taikoubou "Maha Guru". Memiliki penciuman sepeti anjing, pendengaran seperti kelelawar, penglihatan 10.0, dan kemampuan lari yang begitu cepatnya hingga mampu berlari di atas air.
Raishinshi (雷震子?, Leizhenzi)
Anak keseratus Bun-ou (Wen-Wang), seorang doushi yang berwujud seperti monster berkulit gelap karena percobaan gurunya, Unchuushi. Awalnya memiliki 2 sayap seperti kelelawar, lalu dijadikan percobaan lagi oleh gurunya sehingga memiliki 6 sayap. Menganggap dirinya semacam Robin Hood dan membantu rakyat untuk mengangkat namanya sehingga ayahnya mau menerima dirinya walau wujudnya telah berubah menjadi seperti monster.
Kou Hiko (黄飛虎 Kō Hiko?, Huang Fei-Hu) Buseiou, Wucheng Wang
Panglima tertinggi dinasti Yin, seorang Tennen Doushi. Menghormati Taikoubou dan berpindah pihak dari Yin ke Zhou setelah istrinya dan adik perempuannya dibunuh secara tak langsung oleh Dakki. Memiliki 4 putra dan 4 saudara angkat. Bersahabat baik dengan Bunchuu (Wen-Zhong) tetapi akhirnya tewas dalam pertempuran melawannya. Bersenjatakan 'Hitou', pedang yang bisa berbicara.
Kou Tenka (黄天化 Kō Tenka?, Huang Tian-Hua)
Murid Seikyo Doutoku Shinkun (Qing-Hu Dao-De Zhen-Jun) dari Kun Lun. Putra kedua Kou Hiko dan bersenjatakan 'Bakuya no Hoken', pedang laser dengan sinar kebiruan. Karena kebanggaannya terhadap kemampuannya dalam pertempuran jarak dekat dan memiliki jiwa ksatria terlalu besar, dia sangat membenci kekalahan. Tewas dibunuh seorang prajurit tak bernama karena lengah setelah mengalahkan Chuu Ou (Zhou Wang).
Kou Tenshou (黄天祥 Kō Tenshō?, Huang Tian-Xiang)
Putra bungsu Kou Hiko, seorang Tennen Doushi seperti ayahnya. Awalnya bersenjatakan tombak, tetapi lalu menggunakan 'Hitou' setelah ayahnya tewas. Setelah hampir seluruh anggota keluarganya tewas, ia diasuh oleh Nataku.

Kingou (Jin Ao)[sunting | sunting sumber]

Tsuuten Kyoushu (通天教主 Tsūten Kyōshu?, Tong-Tian Jiao-Zhu)
Seorang dari Sandai Sennin (bersama dengan Genshi Tenson dan Taijou Roukun) dan pemimpin Kingou. Sebenarnya adalah ayah dari Youzen yang ditukarkannya dengan Ou Eki dari Kun Lun untuk melindungi putranya itu, dengan kedok untuk mempermudah kerja sama antara Kingou dan Kun Lun.
Chou Koumei (趙公明 Chō Kōmei?, Zhao Gong-Ming)
Seorang dari Sankyou Sennin (bersama dengan Dakki dan Bunchuu) dibawah pimpinan Tsuuten Kyoushu. Seorang narsis yang sangat mengagumi keindahan dari apapun, terutama pertempuran. Menciptakan paopei Bakuryusaku, paopei yang mempryoyeksikan gambar dan dibuat selama 1000 tahun. Adegan Houshinnya adalah yang paling 'elegan', dengan sinar surga dan paduan suara malaikat.
The Unshou Sanshimai (雲霄三姉妹 Unshō Sanshimai?, Yun-xiao San Ji-Mei)
Tiga adik perempuan Chou Koumei: Venus, Queen, dan Madonna. Nama asli mereka adalah Unshou, Keishou, dan Hekishou, tetapi menolak untuk dipanggil seperti itu. Venus jatuh dalam perangkap Taikoubou sehingga ia jatuh cinta padanya ketika mereka bertempur dan dengan mudah ia dikalahkan Taikoubou. Madonna tak pernah bisa berhenti makan. Penampilan mereka tepat bila dibilang seperti penyihir-penyihir tua yang berusaha keras menjadi wanita cantik.
Outenkun (王天君 Ōtenkun?, Wang Tian-Jun)
Pemimpin Juutenkun Kingouto. Seorang Youkai Sennin yang cerdik dan licik. Kemampuannya dalam strategi mampu menyaingi Taikoubou. Dulu seorang doushi dari Kun Lun dan bernama Ou Eki, lalu ditukar dengan Youzen dan dipindahkan ke Kingouto. Menyebut Dakki sebagai ibunya setelah diselamatkan Dakki di Kingou. 'Jiwa'nya dibagi menjadi 2 oleh Genshi Tenson sebelum ditukar. Setelah ditukar, jiwa Outenkun dibagi menjadi 3 oleh Dakki.
Sebenarnya adalah Fukki, satu dari lima alien yang datang ke Bumi lama sebelum cerita dimulai. Outenkun adalah setengah 'jiwa' Ou Eki. Setelah bersatu dengan Taikoubou, mereka kembali menjadi Fukki.