Patlabor: The Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patlabor: The Movie
Patlabor The Movie poster.png
Poster Bioskop Orisinil
SutradaraMamoru Oshii
ProduserMakoto Kubo
Shin Unozawa
Taro Maki
PenulisKazunori Itō
BerdasarkanPatlabor
oleh Masami Yuki
PemeranMiina Tominaga
Toshio Furukawa
Ryunosuke Ohbayashi
Shigeru Chiba
MusikKenji Kawai
Perusahaan
produksi
DistributorShochiku
Tanggal rilis
  • 15 Juli 1989 (1989-7-15)
Durasi
98 minutes
NegaraJapan
BahasaJapanese

Patlabor: The Movie (機動警察パトレイバー the Movie, Kidō Keisatsu Patoreibā Za Mūbī) adalah film anime tahun 1989 yang disutradarai oleh Mamoru Oshii, dengan cerita orisinil dari Headgear. Film ini diproduksi oleh I.G. Tatsunoko, Bandai Visual dan Tohokushinsha.[1] Film ini merupakan bagian dari serial anime dan manga Patlabor.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Berlatar pada tahun 1999, Tokyo sedang dalam program pengembangan besar: daerah lama di pinggiran kota diruntuhkan dan pulau reklamasi dibangun di Teluk Tokyo dibawah proyek Babylon. Yang mendominasi area tersebut adalah "Ark", Pulau reklamasi besar yang menjadi pusat proyek dan tempat utama pembuatan labor.

Namun, beberapa labor yang digunakan di Tokyo, terutama yang dibuat oleh Shinohara Heavy Industries - tiba-tiba kehilangan kendali selagi tidak dikemudikan. Seksi 2 Kendaraan Khusus dari Kepolisian Metrolpolitan Tokyo (SV2) ditugaskan untuk menangani labor yang rusak, tetapi hanya Divisi 2 dari SV2 yang bisa bertugas (Divisi 1 sedang dalam pelatihan di luar Tokyo). GSDF Tokyo juga sedang sibuk mengerahkan pasukan mereka untuk menghentikan Tank Labor Purwarupa HAL-X-10 yang dilengkapi dengan HOS.

Selagi Divisi 2 memecahkan masalah ini. Komandan tim Kapten Goto, Sersan Asuma Shinohara, dan mekanik Shigeo Shiba bekerjasama dengan Detektif polisi Matsui untuk mencari petunjuk. Mereka menemukan bahwa semua labor yang rusak, ditambah dengan labor lain di wilayah kota Tokyo, telah dipasangkan dengan perangkat lunak Hyper Operating System (HOS) terbaru milik Shinohara Heavy Industries dan dapat dipicu oleh gema berfrekuensi rendah yang dipancarkan oleh angin yang mengenai gedung-gedung tinggi. Pilot SV2 Noa Izuma lega, karena tidak ada salinan dari perangkat lunak tersebut terpasang didalam labor polisi AV-98 Ingram milik SV2. Mereka juga mempelajari bahwa programmer HOS Eiichi Hoba - yang bunuh diri beberapa hari sebelumnya - terobsesi dengan referensi Alkitab dalam Proyek Babylon (Ark disini menyinggung tentang Bahtera Nuh, sebagai contoh ; namanya sendiri. E. Hoba--Jehovah--sebagai contoh lainnya) dan menanam virus yang mampu mereplikasi diri di dalam kode yang membuat labor malfungsi. Sebuah simulasi komputer memprediksi bahwa jika angin yang berkekuatan badai menerjang Ark dapat membuat semua labor di Tokyo menjadi tak terkendali, terutama karena ukuran Ark dan kerangka bajanya meningkatkan frekuensi gema dan membuatnya dapat mencapai jangkauan yang lebih jauh ke dalam kota. Buruknya, biro cuaca mengumumkan bahwa badai akan menerjang tokyo dalam dua hari kedepan.

Goto diam-diam mendapat izin dari petinggi Kepolisian Metropolitan Tokyo untuk menghancurkan Ark selagi Shige mencoba menggali lebih jauh bukti bahwa Hoba yang melakukan semua ini untuk membenarkan tujuan operasi. Kanuka Clancy kembali dari Amerika Serikat untuk membantu serangan. Divisi 2 memasang pelampung di kendaraan mereka dan berangkat menuju Ark. Labor yang dipasang HOS yang malfungsi menyerang mereka segera selagi mereka mendarat di Ark. Pilot Ingram Noa dan Ota, ditambah Kanuka didalam labor polisi purwarupa AV-X0 Tipe Zero yang ia bajak, memberi waktu untuk Hiromi, Asuma dan Shinshi untuk masuk ke dalam ruang kendali dan mengaktifkan rangkaian urutan penghancuran diri Ark. Namun, Kanuka kehilangan kendali Tipe Zero karena labor itu juga dipasang HOS. Terjebak di dalam Zero di langkan yang masih berdiri, Noa mendaki keluar dari Ingramnya yang rusak dan menembakkan shotgunnya ke sistem P-RAM labor itu untuk mematikannya. Dengan keberhasilan hancurnya Ark, SV2 mengirimkan helicopter untuk menjemput mereka.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Karakter Pengisi Suara Jepang Pengisi Suara Inggris (Manga UK) Pengisi Suara Inggris (Bandai Visual)
Noa Izumi Miina Tominaga Briony Glassico Julie Ann Taylor
Asuma Shinohara Toshio Furukawa David Jarvis Doug Erholtz
Kiichi Goto Ryunosuke Ohbayashi Peter Marinker Roger Craig Smith
Shinobu Nagumo Yoshiko Sakakibara Sharon Holm Megan Hollingshead
Kanuka Clancy Yō Inoue Tamsin Hollo Lisa Enochs
Isao Ohta Michihiro Ikemizu Martin McDougall Sam Riegel
Mikiyasu Shinshi Issei Futamata Ron Lepaz Joe Ochman
Hiromi Yamazaki Daisuke Gouri Michael Fitzpatrick Jason C. Miller
Shigeo Shiba Shigeru Chiba Edward Glen Peter Doyle
Seitaro Sakaki Osamu Saka Blair Fairman Jamieson Price
Jitsuyama Mahito Tsujimura Don Fellows Milton Lawrence
Matsui Tomomichi Nishimura Mac McDougall Paul St. Peter
Kaihou Toshihiko Kojima Paul St. Peter
Fukushima Shinji Ogawa Bill Roberts Bob Papenbrook
Kataoka Kouji Tsujitani William Dufries Liam O'Brien

Perilisan Media[sunting | sunting sumber]

Dua film Patlabor pertama telah dirilis dalam bentuk DVD beberapa kali. Perilisan aslinya menggunakan sumber yang sama dengan Laserdisc dan menawarkan suara Jepang Stereo. Perilisan selanjutnya menampilkan video kotak non-anamorpik yang diperbagus. Perilisan DVD asli Amerika Utara dari Manga Entertainment menampilkan transfer VHS dan dub asli Manga UK. Perilisan ketiga, yang menggunakan R1 terbaru dari Bandai Visual, menampilkan video anamorpik kotak yang diperbagus dan suara 5.1. Perilisan AS menampilkan dub Inggris terbaru yang diproduksi oleh Bandai Visual. Perilisan R4 Madman/Manga UK di Australia menggunakan VHS master Manga Australia, dan memasukkan dub Manga UK 5.1 yang di remix dan dub Jepang 2.0 yang asli.[butuh rujukan]. Pada tahun 2008, kedua film dirilis di Jepang dalam bentuk Blu-ray dengan suara Inggris dan teks Inggris. Film ini telah dilisensi di Eropa oleh Beez Entertainment. Section23 Films telah melisensi ketiga film Patlabor dan film pertama dalam bentuk Blu-ray dan DVD dirilis pada 5 Mei 2015.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Patlabor 1: The Movie> STAFF & CAST". Production I.G. Diakses tanggal 2014-03-01. 
  2. ^ "Section23 Films Adds Patlabor Film, The World God Only Knows OVAs". Anime Network. 2015-01-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]