Hetalia: Axis Powers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hetalia: Axis Powers
[[Berkas:
ヘタリアー単行本.jpg
|250px]]
sampul volume 1 Hetalia: Axis Powers
ヘタリア Axis Powers
Genre Comedy, Historical
Manga
Pengarang  Hidekazu Himaruya
Penerbit  Bendera Jepang Gentosha Comics
Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Tokyopop
Anime
Sutradara  Bob Shirohata
Produser  Keiichi Matsuda
Studio Studio Deen
Pelisensi  Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Funimation Entertainment
Anime
Hetalia: World Series
Sutradara  Bob Shirohata
Produser  Keiichi Matsuda
Studio Studio Deen
Portal Anime dan Manga

Hetalia: Axis Powers (ヘタリア Axis Powers Hetaria Akushisu Pawāzu?) adalah sebuah webcomic, yang diadaptasi ke dalam seri manga dan anime oleh Hidekazu Himaruya (日丸屋秀和 Himaruya Hidekazu?). Manga ini mengambil tokoh negara-negara yang dipersonifikasikan ke bentuk manusia yang bertingkah laku layaknya masyarakat khas negara itu. Fokus cerita Hetalia yaitu kejadian-kejadian politik dan sejarah, terutama masa Perang Dunia II. Kata Hetalia sendiri berasal dari gabungan kata hetare (ヘタレ?) yang yang berarti "tidak berguna" dan Italia (イタリア?) yang menggambarkan tokoh Italia yang pengecut dan tidak berguna selama Perang Dunia II.

Hetalia awalnya berasal dari sebuah webcomic yang dipublikasikan di blog milik Himaruya yang bernama Kitayume. Sejauh ini, sudah tiga buah tankōbon yang dirilis oleh Gentosha Comics. Hetalia juga dibuat seri Drama CD dan karena kepopulerannya diangkat menjadi online streaming anime di internet yang digarap oleh Studio Deen.

Cerita awal Hetalia mengisahkan tentang kejadian perang dunia I dan perang dunia II dimana terdapat tokoh Axis Powers, antara lain Italia, Jerman, dan Jepang. Sedangkan di pihak Sekutu ada Amerika, China, Inggris, Perancis, dan Russia. Tokoh-tokoh selain itu juga ada karena Hetalia juga menceritakan sejarah negara-negara tertentu yang seringkali diwarnai dengan humor dan satire. Negara-negara di Hetalia juga berhubungan satu sama lain sebagaimana hubungan ekonomi atau politik antar negara yang terjadi di dunia nyata.


Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Ada lebih dari 40 negara Hetalia yang telah dipersonifikasikan. Umumnya karakter di Hetalia dipanggil dengan nama negara masing-masing. Lihat Juga: Daftar Karakter di Hetalia

Kekuatan Fasis[sunting | sunting sumber]

Italia (イタリア Itaria?)

Mewakili negara Italia bagian utara. Italia adalah tokoh protagonis utama dalam cerita ini. Ia digambarkan sebagai orang yang ceria, cengeng, dan suka bergantung pada Jerman. Ia adalah cucu dari Roma Antiqua, meskipun demikian Italia adalah tokoh yang paling lemah di Hetalia dan sering dimarahi oleh Jerman. Hobinya antara lain mengonsumsi pasta & pizza dalam jumlah banyak, melukis, memproduksi bendera putih secara massal, dan menarik perhatian banyak wanita. Ia juga memiliki kakak yang bernama Romano yang mewakili Italia bagian selatan. Di anime, Italia disuarakan oleh Daisuke Namikawa.

Jerman (ドイツ Doitsu?)

Mewakili negara Jerman. Jerman pada awalnya secara tidak sengaja bertemu dengan Italia yang bersembunyi di kotak tomat yang kemudian mengubah nasib Jerman. Ia adalah tokoh yang sangat serius dan menganggap hal buruk akan terjadi bila tidak mengikuti peraturan atau kata-kata di buku. Meskipun demikian, ia cukup baik hati dan mau membimbing Italia dan Jepang dalam latihan medan perang. Jerman pernah sekali menyebut bahwa bos-nya adalah orang yang "gila". Di anime, Jerman disuarakan oleh Hiroki Yasumoto.

Jepang (日本 Nihon?)

Mewakili negara Jepang. Jepang adalah tokoh yang pendiam, hikikomori, dan pekerja keras. Pada awalnya, Jepang sangat tertutup pada negara lain dan baru mau membuka diri setelah Amerika datang ke tempatnya dan berhasil membujuknya. Ia sempat mengalami culture shock ketika berinteraksi dengan Jerman dan Italia yang tidak ragu-ragu membuka pakaian di luar saat musim panas. ia kadang-kadang bertingkah laku seperti orang tua yang menyukai ketenangan. Di anime, Jepang disuarakan oleh Hiroki Takahashi.

Pihak Sekutu[sunting | sunting sumber]

The Allied Forces group consists primarily of the characters America, Britain (also known as England), France, China and Russia. These characters are often depicted as comically failing to reach consensus in their war meetings. The representations of countries also part of the historical Allies of World War II, such as Canada, make additional appearances.

Amerika Serikat (アメリカ Amerika?)

Mewakili negara Amerika Serikat. Amerika sering mengaku dirinya sebagai pahlawan dan bertindak semaunya sendiri sehingga sering membuat negara-negara lain kesal padanya. Hobinya antara lain memakan hamburger dan mengatakan kalimat "Akulah pahlawan" saat rapat. Saat masih kecil, Amerika diasuh sebagai adik Inggris, akan tetapi ia mulai memberontak dan merdeka dari Inggris setelah dewasa. Ia seringkali menertawakan Inggris yang berteman dengan peri dan hantu negaranya, tetapi ia sendiri memiliki teman seorang alien yang bernama Tony dan bosnya juga seorang alien. Amerika memiliki saudara bernama Kanada, berbeda dengan Kanada yang lembut dan pemalu, Amerika adalah orang yang suka berbicara keras dan terbuka. Di anime, Amerika disuarakan oleh Konishi Katsuyuki.

Inggris (イギリス Igirisu?)

Mewakili negara kesatuan Britania Raya. Inggris digambarkan sebagai orang beralis tebal dan suka berbicara sarkastis tetapi tsundere. Ia sangat memusuhi Perancis dan bahkan di satu kesempatan, Ia dan Perancis menyewa sebuah pulau khusus untuk mereka bertarung. Ciri khasnya antara lain kemampuan memasaknya yang parah, memiliki kekuatan supranatural, dan tidak segan-segan mengutuk negara musuhnya dengan kemampuan sihirnya. Inggris terlihat memusuhi dan sering memarahi Amerika akan kelakuannya, namun sebenarnya Ia sangat peduli padanya dan masih merasa sedih atas Amerika yang dulu melepaskan diri dari Inggris. Di anime, Inggris disuarakan oleh Noriaki Sugiyama.

Perancis (フランス Furansu?)

Mewakili negara Perancis. Perancis menganggap dirinya sebagai kakak di antara negara-negara Eropa, meskipun Ia memanggil Spanyol dengan sebutan "kakak". Ia selalu menganggap bahasa Perancis sebagai bahasa cinta dan suka melakukan pelecehan seksual terhadap negara-negara lain, termasuk Inggris. Perancis sangat memusuhi Inggris dan seringkali menertawakan kemampuan memasak Inggris atau beradu mulut dengannya. Ia hobi membawa bunga mawar, baik sering memegangnya di tangan atau menggunakan mawar untuk menutupi organ kelaminnya ketika Ia telanjang. Di anime, Perancis disuarakan oleh Masaya Onosaka.

Cina (中国 Chūgoku?)

Mewakili negara Cina. Cina adalah negara tertua di Hetalia, bahkan usianya abadi seperti yang ditulis di pengenalan tokoh Hetalia. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai kakak tertua di antara negara-negara Asia Timur. Cina memiliki hubungan pertemanan dengan Rusia namun sering dibayangi rasa takut karena Ia sering dibuntuti oleh Rusia bahkan di rumahnya sendiri. Ia memiliki ketertarikan pada benda yang imut seperti boneka Hello Kitty dan bahkan memamerkan boneka pemberian Jepang tersebut kepada bosnya yang merupakan seekor naga. Ia pandai memasak dan sangat cerewat bila berbicara soal makanan. Ia juga selalu mengakhiri kalimatnya dengan -aru , namun akan menggantikannya dengan -ahen ketika berbicara dengan Inggris sebagai rujukan perang opium. Di anime, Cina disuarakan oleh Yuki Kaida.

Rusia (ロシア Roshia?)

Mewakili negara Rusia. Rusia adalah negara besar di Eropa Utara dan sangat ditakuti oleh negara lain karena ia berjiwa psikopat di balik wajahnya yang ramah (yandere). Ia terlihat suka membawa keran pipa dan mengagumi bunga matahari yang hanya tumbuh di daerah hangat. Rusia sangat membenci musim dingin di negaranya, meskipun demikian, Ia sering memanfaatkan iklimnya dalam peperangan. Ia memiliki bawahan trio Baltik yang sangat takut pada Rusia sendiri. Rusia suka mengancam negara lain dengan kalimat "Semua akan bersatu dengan Rusia" atau "kolkolkol" ketika Ia marah. Di anime, Rusia disuarakan oleh Yasuhiro Takato.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sejauh ini, Hetalia: Axis Powers telah diterbitkan ke dalam tiga buah tankōbon yang dipublikasikan oleh Gentosha Comics. Komik pertama tanggal 28 maret 2008, yang kedua pada tanggal 10 Desember 2008, dan yang ketiga pada tanggal 20 Mei 2010. Komik kedua dan ketiga dirilis menjadi edisi standar dan spesial dengan bonus brosur kecil. Pada Januari 2009, Hetalia dikabarkan akan diserialisasikan di majalah manga Comic Birz pada edisi April,[1] namun berita ini ternyata dinyatakan tidak benar. Manga Hetalia: Axis Powers juga dibeli lisensi oleh Tokyopop untuk Amerika Utara, dengan volume pertama akan dirilis tanggal 28 September 2010. [2]

Drama CD[sunting | sunting sumber]

Hetalia telah diadaptasi kedalam lima buah Drama CD. Drama CD pertama dirilis tanggal 15 Agustus 2008, yang kedua tanggal 24 Oktober 2008, yang ketiga tanggal 29 Desember 2008, yang keempat tanggal 3 Juni 2009, yang kelima tanggal 18 Agustus 2009, dan yang keenam akan dirilis tanggal 7 Juli 2010.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime Hetalia: Axis Powers diumumkan tanggal 24 Juli 2008. [3] Anime tersebut disutradai oleh Bob Shirohata dan digarap oleh Studio Deen. Pada awalnya Hetalia dijadwalkan tayang di Kids Station tanggal 24 Januari 2009 tetapi kemudian dibatalkan, sebagai gantinya Hetalia sampai saat ini tayang secara online di internet. Pembatalan penyiaran anime Hetalia di televisi disebabkan oleh rakyak Korea yang protes atas karakter Korea yang dianggap mengejek dan menuntut untuk membatalkan serinya. Akibatnya, tokoh Korea yang awalnya direncanakan muncul dan telah dibuat desain karakternya di anime dihilangkan. Season pertama Hetalia: Axis Powers terdiri dari 26 episode, dilanjutkan dengan season kedua yang mulai tayang pada 16 April 2009 sebanyak 26 episode, dan season ketiga yang tayang pada 10 Desember 2009 dengan judul yang telah diubah menjadi Hetalia: World Series. [4][5][6] [7]

Film[sunting | sunting sumber]

Adanya animasi layar lebar Hetalia diumumkan tanggal 23 September 2009 dan dirilis tanggal 5 Juni 2010. Film tersebut berjudul Hetalia: Axis Powers movie Paint it, White! (銀幕ヘタリア Axis Powers 白くぬれ!?) dengan munculnya tokoh baru yaitu Islandia. Ending film ini menggunakan lagu karakter Prussia yang berjudul Mein Gott yang juga dirilis dalam waktu yang berdekatan dengan film tersebut.

Video Game[sunting | sunting sumber]

Video game single-player yang berjudul Gakuen Hetalia Portable (学園ヘタリア Portable?) pada konsol PlayStation Portable yang dijadwalkan dirilis pada tahun 2010 di Jepang. Game ini dikembangkan oleh Otomate (オトメイト?) dan dipublikasikan oleh Idea, Inc. (アイディアファクトリー株式会社?).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hetalia Axis Powers Web Manga to Run in Comic Birz Mag". Anime News Network. January 26, 2009. Diakses January 28, 2009. 
  2. ^ "Hetalia Axis Powers Volume 1 (Paperback)". Amazon.com. Diakses April 1, 2010. 
  3. ^ "Hetalia Axis Powers Web Manga Gets TV Anime". Anime News Network. July 24, 2008. Diakses January 1, 2009. 
  4. ^ "Hetalia Anime's Second Season Green-Lit (Updated)". Anime News Network. 2009-04-15. Diakses 2009-04-16. 
  5. ^ "Hetalia Anime's Third Season Green-Lit (Updated)". Anime News Network. 2009-12-10. Diakses 2009-12-10. 
  6. ^ "Hetalia Hetalia Axis Powers 3rd Season Confirmed". The Banzai! Effect. 2009-12-10. Diakses 2009-12-10. 
  7. ^ "Episode listing for Hetalia: World Series on the official anime website". Diakses April 18, 2010. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]