Hetalia: Axis Powers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hetalia: Axis Powers
ヘタリアー単行本.jpg
Sampul volume 1 Hetalia: Axis Powers. Tokoh yang ditampilkan (dari latar depan ke latar belakang): Italia Utara, Jerman, dan Jepang.
ヘタリア Axis Powers
(Hetaria Akushisu Pawāzu)
Genre Komedi, Sejarah
Manga
Pengarang Hidekaz Himaruya
Penerbit Gentosha
Penerbit bahasa Inggris
Tokyopop (2010 – 2011)
Tokyopop and Right Stuf (2012 – sekarang)
Demografi Seinen
Tanggal terbit 20062013
Volume 6
Manga
Hetalia World Stars
Pengarang Hidekaz Himaruya
Penerbit Shūeisha
Demografi Shōnen
Tanggal terbit 22 September 2014 – sekarang
Volume 2
Animasi jaringan asli
Sutradara Bob Shirohata
Studio Studio Deen
Pelisensi
Rilis 24 Januari 20095 Maret 2010
Durasi 5 menit
Episode 52
Animasi jaringan asli
Hetalia: World Series
Sutradara Bob Shirohata
Studio Studio Deen
Pelisensi
Rilis 26 Maret 201011 Maret 2011
Durasi 5 menit
Episode 48 (ditambah 4 OVA)
Film anime
Hetalia: Axis Powers - Paint it, White!
Sutradara Bob Shirohata
Studio Studio Deen
Pelisensi
Rilis 5 Juni 2010
Durasi 77 menit
Permainan
Gakuen Hetalia Portable
Pengembang Otomate
Penerbit Idea Factory
Genre Permainan petualangan, Slice of life
Platform PlayStation Portable
Rilis 24 Maret 2011
Animasi jaringan asli
Hetalia: The Beautiful World
Sutradara Hiroshi Watanabe
Studio Studio Deen
Pelisensi
Rilis 25 Januari 201321 Juni 2013
Durasi 5 menit
Episode 20
Animasi jaringan asli
Hetalia: The World Twinkle
Sutradara Hiroshi Watanabe
Studio Studio Deen
Pelisensi
Rilis 3 Juli 2015 – sekarang
Portal Anime dan Manga

Hetalia: Axis Powers (ヘタリア Axis Powers Hetaria Akushisu Pawāzu?) adalah sebuah webcomic berbahasa Jepang, yang diadaptasi ke dalam seri manga dan anime oleh Hidekaz Himaruya (日丸屋秀和 Himaruya Hidekazu?). Fokus cerita Hetalia adalah kejadian-kejadian politik dan sejarah serta perbandingan umum berbagai jenis kebudayaan. Karakter pada cerita merupakan personifikasi negara, wilayah (seperti Hong Kong), dan negara mikro (seperti Kepangeranan Sealand), dengan penggunaan referensi pada beberapa personifikasi nasional lainnya, seperti Paman Sam dan John Bull. Stereotipe budaya, baik positif maupun negatif, saling membentuk kepribadian masing-masing karakter.

Jumlah karakter yang terlibat tergolong banyak, meski masih jauh dari kata lengkap. Namun, tokoh utama dalam cerita dapat dikatakan merupakan negara-negara yang membentuk Blok Poros dan Blok Sekutu pada Perang Dunia II, yaitu Italia (Italia Utara secara khusus), Jerman, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, dan Tiongkok. Hetaria (ヘタリア?) merupakan lakuran yang menggabungkan kata hetare (ヘタレ?, bahasa Jepang untuk "tidak berguna" atau "menyedihkan" dalam cara yang lucu atau menawan) dan "Itaria" (イタリア?, bahasa Jepang untuk "Italia"). Peristiwa pada alur cerita utama berlangsung selama masa Perang Dunia II, namun sebagian besar komik mengambil tempat pada berbagai peristiwa bersejarah lainnya, hari libur modern, ataupun tidak mengambil waktu tertentu. Serial ini seringkali menggunakan satire dan komedi ringan untuk menginterpretasikan ulang berbagai peristiwa sejarah terkenal, juga beberapa peristiwa yang kurang diketahui dan fakta-fakta kebudayaan lainnya. Interaksi sejarah, politik, ekonomi, dan militer antarnegara diwakili dalam Hetalia dalam bentuk interaksi sosial dan kesalahpahaman di antara karakter.

Pada awalnya, Himaruya menciptakan Hetalia sebagai webcomic daring. Sejauh ini, enam tankōbon telah diterbitkan oleh Gentosha, yang pertama pada 28 Maret 2008, yang kedua pada 10 Desember 2008, yang ketiga pada 20 Mei 2010, yang keempat pada 30 Juni 2011, yang kelima pada 31 Juli 2012, dan yang keenam pada 31 Oktober 2013. Dua volume pertama yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris telah diterbitkan oleh Tokyopop di Amerika Serikat, Britania Raya, dan Kanada. Kedua volume yang telah diterbitkan sejauh ini telah memuncaki daftar manga terlaris The New York Times.[1][2] Hingga Mei 2012, manga versi bahasa Inggris diterbitkan oleh Tokyopop melalui Right Stuf. Serial ini kemudian diadaptasi menjadi drama CD dan sebuah serial anime buatan Studio Deen yang mulai ditampilkan secara daring. Hingga 8 Januari 2010, distribusi internasional anime Hetalia ditangani oleh Funimation Entertainment.

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Sejauh ini, lebih dari 49 negara dan wilayah telah ditampilkan.[3] Umumnya, karakter Hetalia dipanggil dengan nama negara masing-masing.

Blok Poros[sunting | sunting sumber]

Blok Poros utamanya terdiri atas karakter Jerman, Italia, dan Jepang, yang juga berperan sebagai pemeran utama serial. Negara-negara yang juga menjadi bagian Blok Poros pada Perang Dunia II sesungguhnya, seperti Hungaria, mendapatkan penampilan tambahan.

Bendera Italia Italia (イタリア Itaria?) 
Mewakili negara Italia bagian utara. Nama lengkapnya adalah Veneziano (atau Feliciano) Vargas. Italia adalah tokoh protagonis utama dalam serial Hetalia. Ia adalah pria muda yang ceria, energik, dan manis. Pada beberapa titik, ia diceritakan sebagai cucu dan penerus dari Kekaisaran Romawi (dikenal juga sebagai Kakek Roma) yang dulu pernah berkuasa. Dikenal pula sebagai karakter terlemah dalam serial karena sifatnya yang pengecut dan terlalu bergantung pada Jerman untuk menyelesaikan masalah. Ia memiliki nilai seni yang tinggi dan rasa cinta yang ekstrem pada pasta dan pizza. Dengan cara yang menawan dan mukanya yang imut, ia berusaha untuk memesona setiap gadis yang ditemuinya dan mereferensikan dirinya sebagai "pecundang yang dicintai".[4] Karakter ini mempresentasikan Italia bagian utara, sedangkan kakaknya mempresentasikan Italia bagian selatan. Oleh karena itu, nama lengkap mereka menjadi "Italia Veneziano" (utara) dan "Italia Romano" (selatan). Keduanya, beserta penduduk Italia, terlihat memiliki rambut keriting aneh yang mencuat selama serial. Dibandingkan kakaknya, Veneziano memiliki rambut pirang yang lebih terang dan mata berwarna kuning terang, yang jarang ia buka. Pada serial anime, kedua karakter Italia disuarakan oleh Daisuke Namikawa. Italia Utara juga membintangi sub-cerita Chibitalia, menceritakan tentang masa kecilnya sebagai bagian dari Kekaisaran Romawi Suci, diperintah oleh Austria. Pada versi alih bahasa Inggris, Italia disuarakan oleh Todd Haberkorn[5] dan Romano disuarakan oleh Ian Sinclair. Italia muda, dikenal sebagai Chibitalia, disuarakan oleh Aki Kanada dalam versi bahasa Jepang dan Brina Palencia dalam versi bahasa Inggris, sedangkan Romano muda disuarakan oleh Colleen Clinkenbeard.
Bendera Jerman Jerman (ドイツ Doitsu?) 
Mewakili negara Jerman. Ia adalah karakter pekerja keras, efisien, birokratis, dan dimaksudkan memiliki sifat "serius". Di antara negara-negara Blok Poros, Jerman adalah primus inter pares dan mengambil tanggung jawab melatih Italia dan Jepang. Dikarenakan latihan yang keras dan kehidupannya yang teratur, ia sering digambarkan sebagai seseorang yang sangat berotot, di mana awalnya ia seharusnya digambarkan sebagai tokoh yang "jelek" (sebagaimana Himaruya cerminkan secara bercanda pada sketsa tambahan dari volume 5 edisi spesial), namun berakhir terlihat tampan "dengan cara yang berbeda" dari karakter lainnya. Jerman menganggap Kekaisaran Romawi yang telah tiada sebagai pahlawannya. Oleh karena itu, dapat dipahami betapa terkejutnya ia saat mengetahui betapa pengecutnya cucunya. Aspek lain dari karakternya adalah kurangnya pengalaman dengan hubungan, membawanya menjadi seseorang yang selalu mengikuti buku dengan kepercayaan bahwa suatu keadaan akan menjadi buruk apabila orang-orang tidak mengikuti instruksi dari buku. Pengabdiannya yang ekstrem pada gaya hidup militer akan membuatnya menjadi pemimpin yang efektif, jika bukan karena fakta bahwa ia terus-menerus "mengasuh" Italia. Meski begitu, ia membentuk hubungan yang dekat dengan Italia seiring berjalannya serial. Jerman tidak memiliki ingatan dari masa sebelum pembentukan negara Jerman pada periode 1800-an. Sementara itu, seorang anak kecil yang menyerupai Jerman (mempersonifikasi Kekaisaran Romawi Suci) berperan dalam sub-cerita Chibitalia. Karakter yang mempersonifikasi Prusia (entah bagaimana) masih ada, bahkan dalam latar cerita dunia modern, sebagai kakak Jerman dan tampaknya mempresentasikan Jerman Timur selama masa Perang Dingin, berkaitan dengan cara ia memanggil Jerman "West" (barat). Keduanya sangat menikmati bir, kentang, dan sosis. Meski Jerman memiliki tanggung jawab yang besar terhadap Italia, ia sangat mengagumi budaya dan pemandangan Italia sampai pada titik di mana ia berjalan-jalan secara teratur di sana (yang menakuti penduduk Italia). Pada bagian cerita dengan latar dunia modern, Jerman digambarkan sebagai pekerja keras berkaitan dengan ekonomi dan skema ramah lingkungan, di mana nantinya ia terobsesi dengan daur ulang. Pada serial anime, Jerman disuarakan oleh Hiroki Yasumoto, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh Patrick Seitz.[5]
Bendera Jepang Jepang (日本 Nihon?) 
Mewakili negara Jepang. Ia adalah karakter yang tertutup, sangat sopan, dan pekerja keras. Saat memperkenalkan dirinya kepada Italia, ia mengatakan bahwa hobinya adalah "membaca suasana percakapan dan menjawab dalam cara yang paling tidak ofensif". Ia pun memiliki kebiasaan menjawab tuntutan yang sulit dengan jawaban yang meragukan, seperti "Mungkin lain waktu", "Aku akan memikirkannya", dan "Aku akan mencoba sebisa mungkin". Semua jawaban tersebut memiliki arti "Tidak". Selain itu, ia tampak memiliki masalah saat orang lain memasuki ruang pribadinya serta merasa tidak nyaman apabila seseorang menyentuhnya atau berada terlalu dekat. Dalam serial, Jepang ditampilkan kurang berpengalaman dengan dunia Barat dan rentan terhadap kejutan budaya. Mengisolasi dirinya sendiri selama hampir 300 tahun, ia juga digambarkan sebagai karakter yang hikokomori. Jepang ditampilkan pernah mengurung diri dalam ruangannya, di bawah selimut untuk waktu yang sangat lama, hingga saat Belanda datang untuk memperingatkannya akan kedatangan Komodor Perry, ia mengatakan bahwa ia akan "meleleh di bawah sinar matahari". Jepang tampak muda, namun mengklaim bahwa ia sangat tua hingga ia membutuhkan cermin, dan karakternya menampilkan mata berwarna cokelat tua dan rambut hitam legam. Ia sering mencoba mengadopsi kebudayaan negara lain yang ditemuinya, seperti Perancis, namun sering berakhir terkejut secara diam-diam atau kebingungan dengan canggung. Dalam suatu episode (bersama Perancis), diketahui bahwa Jepang adalah seorang yang kidal dari caranya memegang pena dan catatan. Meski bermasalah dalam memahami "budaya Barat" dan menganggap "normal" hal-hal yang sebenarnya tidak, Jepang memiliki sangat ahli dengan teknologi dan mahir dalam membuat barang menjadi lebih kecil dan padat. Ia senang melihat pergantian musim dan memiliki bagian kegiatan pada hampir setiap bulan, yang menjaganya tetap sibuk sepanjang tahun. Secara umum pendiam, ia sering digambarkan memiliki sikap seperti orang tua yang lugas. Di samping sisi pendiamnya, Jepang juga memiliki sisi seorang Otaku. Seperti Tiongkok, ia menyukai benda-benda yang lucu dan ditampilkan memiliki seekor tikus belanda dan anjing (saat ia telah keluar dari masa isolasi) serta memiliki seekor Japancat, yang dia panggil Tama. Pada serial anime, Jepang disuarakan oleh Hiroki Takahashi, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh Christopher Bevins.[5]

Blok Sekutu[sunting | sunting sumber]

Blok Sekutu, karakter utama dalam serial. Dari kiri ke kanan: Rusia, Inggris, Amerika, Tiongkok, dan Perancis.

Blok Sekutu utamanya terdiri atas karakter Amerika Serikat, Britania Raya (dikenal juga sebagai Inggris), Perancis, Rusia, dan Tiongkok. Karakter-karakter ini sering digambarkan gagal mencapai konsensus pada pertemuan perang mereka secara komikal. Negara-negara yang juga menjadi bagian Blok Sekutu pada Perang Dunia II sesungguhnya, seperti Kanada, mendapatkan penampilan tambahan.

Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat (アメリカ Amerika?) 
Mewakili negara Amerika Serikat. Ia sangat hiperaktif dan keras kepala, namun juga sangat berkuasa dan seorang petualang dan memiliki rasa yang kuat dan tetap mengenai keadilan. Pada awalnya, ia ditemukan oleh Swedia dan Finlandia saat masih kecil, namun Finlandia kemudian memberi tahu Inggris dan Perancis, yang akhirnya memperebutkan Amerika. Amerika kemudian diasuh sebagai adik Inggris. Akan tetapi, ia mulai memberontak dan merdeka dari Inggris setelah dewasa. Amerika diketahui memiliki saudara, yaitu Kanada. Berbeda dengan Kanada yang lembut dan pemalu, Amerika adalah orang yang suka berbicara keras dan terbuka. Ia adalah "pemimpin" dari "Blok Sekutu" (meski banyak ketidakpuasan dari anggota Blok Sekutu lainnya) yang terdiri atas dirinya, Inggris, Perancis, Rusia, dan Tiongkok. Slogan Amerika adalah "Akulah pahlawan!". Idenya untuk menyelesaikan permasalahan internasional seringkali tidak masuk akal dan ia sering mengabaikan pendapat negara-negara lainnya. Ia seringkali menertawakan Inggris yang berteman dengan peri dan hantu negaranya, tetapi ia sendiri memiliki teman alien bernama Tony, bahkan bosnya pun alien. Ia pun memiliki rasa takut terhadap hantu. Dalam manga, Amerika menjelaskan pada kepada Inggris bahwa rasa takutnya terhadap hantu berasal dari fakta bahwa ia tidak dapat menyakiti mereka secara fisik. Amerika sering digambarkan memakan hamburger dan meminum susu kocok, memberikan stereotipe orang Amerika secara umum. Pada serial anime, Amerika dan Kanada sama-sama disuarakan oleh Konishi Katsuyuki,[5] sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, Amerika disuarakan oleh Eric Vale.
Bendera Inggris Inggris (イギリス Igirisu?) 
Mewakili negara Inggris, dikenal juga sebagai Britania Raya, UK, atau Britania dalam Hetalia. Ia digambarkan sebagai seorang pemuda yang mudah tersinggung dengan alis lebat dan besar, digambarkan dengan lima buah garis. Dulunya seorang bajak laut, kini ia merupakan pria yang sinis dan berlidah tajam. Beberapa ciri terkenalnya meliputi kemampuan memasaknya yang buruk, ketidakmampuannya untuk menahan rasa mabuk, kecenderungannya berbahasa kasar, kemampuannya melihat hal-hal supernatural, dan kemampuannya untuk mengutuk lawan-lawannya. Ia sangat memusuhi Perancis, yang memiliki persaingan panjang dengannya, dan bahkan di satu kesempatan, keduanya menyewa sebuah pulau khusus hanya untuk bertarung. Selain itu, ia juga memiliki perasaan campur aduk kepada Amerika, yang dulu pernah diasuhnya. Ia biasanya dikenal dari alisnya yang besar, rambutnya yang pirang (lebih dalam gaya punk), matanya yang berwarna hijau, dan seragam perwira Artileri Kerajaan-nya yang berwarna hijau. Pada anime versi alih bahasa Inggris, ketika ditanya mengapa mereka memilih nama "Britania" dibanding "Inggris", Funimation menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan permintaan dari studio di Jepang.[6] Tokyopop, penerbit manga Hetalia dalam bahasa Inggris, lebih mengacu pada sebutan "Inggris. Pada satu strip, ia menyatakan bahwa ia memiliki seorang kakak bernama Skotlandia.[7] Himaruya mengonfirmasikan bahwa Inggris mewakili baik Britania Raya dan Inggris, sedangkan Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales merupakan saudara-saudaranya.[8] Karaktek lain yang memiliki "relasi" dengan Inggris adalah Sealand, sebuah negara mikro yang dianggap Inggris sebagai adik kecil yang menyebalkan karena usahanya yang terus berusaha mendapatkan pengakuan sebagai negara merdeka dari negara-negara lain. Pada serial anime, Inggris disuarakan oleh Noriaki Sugiyama, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh Scott Freeman.[5]
Bendera Perancis Perancis (フランス Furansu?) 
Mewakili negara Perancis. Ia adalah karakter yang romantis dan periang. Dalam serial, ia tampak memiliki persaingan yang telah berlangsung lama dengan Inggris. Memarodikan klise orang Perancis yang romantis, Perancis terkadang melakukan hal-hal romantis kepada karaktek lain. Ia selalu menganggap bahasa Perancis sebagai bahasa cinta dan sering melakukan pelecehan seksual terhadap negara-negara lain, termasuk Inggris. Namun, ia terkejut dengan ide memaksakan cinta atau kasih sayang yang tidak diinginkan terhadap orang lain. Perancis menjelaskan kekalahan militernya dengan mengaitkannya sebagai lelucon dari Tuhan. Perancis menganggap dirinya sebagai kakak di antara negara-negara Eropa dan diakui oleh beberapa negara, meskipun ia memanggil Spanyol dengan sebutan "kakak". Meski begitu, ia menjadi sangat marah apabila negara lain merujuknya sebagai "orang tua", di mana ia mengklaim bahwa dirinya masih muda. Ia menggunakan mantel biru panjang dengan capelet di atasnya dan celana merah, sepatu cokelat, serta sebuah sabuk yang digunakan di atas mantelnya. Perancis sangat memusuhi Inggris dan seringkali menertawakan kemampuan memasak Inggris atau beradu mulut dengannya. Ia hobi membawa bunga mawar, baik memegangnya di tangan atau menggunakannya untuk menutupi organ kelaminnya ketika ia telanjang. Ketika ia merasa senang, cara tertawanya dimaksudnya menjadi stereotipe ia sebagai orang Perancis ("Hon hon hon", hanya pada versi alih bahasa Inggris). Pada serial anime, Perancis disuarakan oleh Masaya Onosaka, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh J. Michael Tatum.[5]
Bendera Rusia Rusia (ロシア Roshia?) 
Mewakili negara Rusia. Ia adalah pria tinggi yang pada awalnya tampak tidak berdosa dan manis, namun berjiwa psikopat akibat seluruh ketegangan dari sejarahnya yang berdarah. Rusia adalah negara besar di Eropa Utara, namun sangat membenci musim dingin di negaranya. Meskipun demikian, ia sering memanfaatkan iklimnya dalam peperangan. Ia mengagumi vodka dan bunga matahari yang hanya tumbuh di daerah hangat. Di balik kebrutalannya terhadap negara lain, ia memiliki niat baik dan ingin tinggal bersama semua orang di tempat hangat yang dikelilingi oleh bunga matahari. Negara-negara lain sangat takut kepadanya, terutama negara-negara Baltik (Latvia, Lithuania, dan Estonia). Rusia memiliki dua saudara perempuan: Ukraina, kakaknya yang baik tapi mudah marah, dan Belarus, adiknya yang benar-benar membuatnya takut. Ia menjadi murung dan depresi saat keduanya berada dalam pikirannya karena Ukraina meninggalkannya untuk mencari teman di Uni Eropa dan Belarus yang terobsesi dengan ide untuk menikahinya. Meski begitu, Rusia tetap peduli kepada keduanya. Rusia dengan senang menjanjikan negara lain dengan kalimat "Semua akan bersatu dengan Rusia". Kalimat kesukaannya yang lain adalah "Kolkolkolkol", digunakan ketika ia sedang marah. Rusia sering terlihat membawa "pipa logam kesakitan ajaib" (mungkin sebuah pipa gas, sebagai referensi pada monopoli Rusia dalam ekspor energi pada negara-negara Eropa, termasuk Polandia). Dalam manga, ia ditampilkan mengambil pipa air dari rumah Jerman, tampak terkejut dengan ide air mengalir yang dapat diakses. Polandia tidak takut kepadanya, berkat konflik teritorial yang menjadi bagian dari sejarah mereka bersama. Pada serial anime, Rusia disuarakan oleh Yasuhiro Takato, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh Jerry Jewell.[5]
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Tiongkok (中国 Chūgoku?) 
Mewakili negara Tiongkok, dikenal juga sebagai Cina dalam Hetalia. Tiongkok adalah salah negara tertua di Hetalia, telah melewati empat ribu tahun (membuatnya karaktek tertua yang masih hidup dalam serial). Ia bahkan digambarkan mendekati abadi, seperti yang ditulis dalam pengenalan tokoh Hetalia. Oleh karena itu, ia sering dianggap sebagai kakak tertua di antara negara-negara Asia Timur. Tiongkok memiliki hubungan pertemanan dengan Rusia, namun sering dibayangi rasa takut karena ia sering dibuntuti oleh Rusia, bahkan di rumahnya sendiri. Ia pun sering merasa terganggu dan tidak percaya kepada Rusia, menggambarkan perpecahan Tiongkok-Soviet yang sebenarnya berlangsung setelah perang. Tiongkok memiliki ketertarikan pada benda yang imut seperti boneka Hello Kitty dan bahkan memamerkan boneka pemberian Jepang tersebut kepada bosnya. Ia juga selalu mengakhiri kalimatnya dengan -aru , namun akan menggantikannya dengan -ahen (yang berarti opium) ketika berbicara dengan Inggris sebagai rujukan pada Perang Candu. Setelah kekalahannya tersebut, ia menjadi juru masak bagi Inggris dan Perancis. Selama pertarungan antara Blok Poros dan Sekutu, Tiongkok selalu menghadapi Jerman dan Jepang dengan sebuah wok (wajan masak berbentuk bulat) dan sendok sayur, seakan menjelaskan stereotipe bahwa orang Tionghoa selalu menyajikan makanan yang lezat. Ia pandai memasak dan sangat cerewet bila berbicara soal makanan. Bos Tiongkok ditampilkan sebagai seekor naga berwarna hijau dengan penampilan yang mengintimidasi, namun pada kenyataannya, ia cukup santai dan moderat sebagaimana ia sering diganggu oleh Tiongkok dengan cara yang lucu. Tiongkok sering ditampilkan sedang berbicara dengan panda. Ia memiliki banyak "tempat liburan" (Pecinan) di seluruh dunia. Pada serial anime, Tiongkok disuarakan oleh Yuki Kaida, sedangkan pada versi alih bahasa Inggris, ia disuarakan oleh Clarine Harp.[5]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Webcomic Hetalia: Axis Powers telah diadaptasi menjadi enam tankōbon dan dipublikasikan oleh Gentosha.[9] Volume pertama dirilis pada 28 Maret 2008, volume kedua pada 10 Desember 2008, volume ketiga pada 20 Mei 2010, volume keempat pada 30 Juni 2011, volume kelima pada 31 Juli 2012, dan volume keenam pada 31 Oktober 2013. Volume ketujuh Hetalia telah dirilis sebagai volume pertama Hetalia: World Stars. Setiap tankōbon, kecuali volume pertama, dirilis dalam edisi reguler dan edisi spesial yang berisi sebuah booklet kecil tambahan. Dua volume pertama telah terjual lebih dari satu juta eksemplar pada akhir 2009.[10]

Pada Januari 2009, Anime News Network melaporkan bahwa Hetalia akan memulai serialisasi di majalah seinen manga Gentosha Comic Birz, dimulai pada edisi April, namun kemudian dilaporkan sebagai kesalahan percetakan.[11] Rilis pers Gentosha yang menjadi dasar artikel ANN sebenarnya merujuk pada serial baru yang diciptakan oleh Himaruya, Chibisan Date.[12] Amazon.com mendaftarkan Hetalia: Axis Powers di bawah lisensi Tokyopop untuk wilayah Amerika Utara, dengan volume pertama dirilis pada 21 September 2010.[13] Setelah Tokyopop mengundurkan diri dari pasar publikasi berbahasa Inggris pada 2011,[14] Right Stuf telah merilis manga Hetalia dalam bahasa Inggris sejak Mei 2012. Pada 7 Juli 2013, Tokyopop mengumumkan melalui laman Facebook mereka bahwa Tokyopop dan Right Stuf bekerja sama untuk merilis volume 4 dan 5 Hetalia pada musim dingin 2013.

No. Bahasa asal Bahasa Inggris
Tanggal rilis ISBN Tanggal rilis ISBN
1 28 Maret 2008[15] ISBN 978-4-3448-1275-8 21 September 2010 (NA)[16]
12 Oktober 2010 (UK)
ISBN 978-1-4278-1876-8
2 10 Desember 2008[17] ISBN 978-4-3448-1514-8 (edisi reguler)
ISBN 978-4-344-81535-3 (edisi spesial)
28 Desember 2010 (NA)[18]
11 Januari 2011 (UK)
ISBN 978-1-4278-1887-4
3 20 Mei 2010[19] ISBN 978-4-3448-1938-2 (edisi reguler)
ISBN 978-4-344-81939-9 (edisi spesial)
26 Juni 2012[20] ISBN 978-1-4278-5649-4
4 30 Juli 2011[21] ISBN 978-4-3448-2233-7 (edisi reguler)
ISBN 978-4-344-82234-4 (edisi spesial)
10 Desember 2013 ISBN 978-1-5703-2150-4
5 30 Juli 2012[22] ISBN 978-4-344-82563-5 (edisi reguler)
ISBN 978-4-344-82564-2 (edisi spesial)
10 Desember 2013 ISBN 978-1-5703-2151-1
6 31 Oktober 2013[23] ISBN 978-4-344-82867-4 (edisi reguler)
ISBN 978-4-344-82868-1 (edisi spesial)
13 Mei 2014 ISBN 978-1-570-32152-8

Drama CD[sunting | sunting sumber]

Hetalia: Axis Powers telah diadaptasi menjadi serial drama CD dan sejauh ini, sembilan telah dirilis. Sebuah CD hasil produksi independen yang direkam sebelum pengisian suara anime (Axis Powers Hetalia: The CD) dirilis pada 14 September 2008. CD resmi yang pertama (Hetalia Drama CD: Prologue) dirilis pada 29 Agustus 2008, yang kedua (Hetalia Drama CD: Volume 1) pada 24 Oktober 2008, yang ketiga (Hetalia Drama CD: Prologue 2) pada 29 Desember 2008, yang keempat (Hetalia Drama CD: Volume 2) pada 3 Juni 2009, yang kelima (Hetalia Drama CD Interval Vol.1: The CD of the Awesome Me) pada 15 Agustus 2009, yang keenam (Hetalia Fantasia) pada 27 Agustus 2009, yang ketujuh (Hetalia Drama CD Interval Vol.2: Boss CD) pada 8 Desember 2010, dan yang kedelapan (Hetalia Fantasia 2) pada 10 Desember 2010. Drama CD resmi kesembilan yang didasarkan pada permainan PSP Gakuen Hetalia dirilis pada 2011.[24]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah anime adaptasi Hetalia: Axis Powers diumumkan pada 24 Juli 2008.[25] Anime ini disutradarai oleh Bob Shirohata (Gravitation, Kita e) dan dianimasikan oleh Studio Deen. Pada awalnya, Hetalia dijadwalkan untuk ditayangkan di Kids Station pada 24 Januari 2009, namun selanjutnya dibatalkan. Pembatalan ini hanya memengaruhi rencana penyiaran di Kids Station, sedangkan rencana untuk membuat serial ini tersedia melalui telepon genggam dan streaming internet tidak terpengaruh. Kontroversi muncul saat sejumlah demonstran Korea menyerukan pembatalan serial Hetalia, mengklaim bahwa personifikasi karakter Korea merupakan representasi yang menghina warga Korea. Kids Station mengklaim bahwa karakter Korea tidak akan muncul dalam anime dan "tidak menyadari kritik di Korea",[26] serta mengutip "berbagai alasan" di balik keputusan untuk membatalkan penyiaran anime, namun mereka tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai keadaan ini.[27] Musim kedua Hetalia: Axis Powers dengan total 26 episode diumumkan pada 16 April 2009 dan musim ketiga diumumkan pada 10 Desember 2009.[28][29] Pada 7 Maret 2010, judul serial anime diubah menjadi Hetalia: World Series.[30] Musim keempat Hetalia telah ditayangkan perdana pada 10 September 2010. Musim ini menampilkan karakter baru Denmark dan Norwegia.[31]

Pada 8 Januari 2010, Funimation Entertainment mengumumkan telah memperoleh hak untuk merilis musim pertama dan kedua Hetalia di Amerika Serikat dan Kanada.[32] Funimation kemudian mulai menayangkan Hetalia di situs web mereka, Hulu, dan YouTube dengan audio berbahasa Jepang dan teks terjemahan berbahasa Inggris serta mengumumkan bahwa para karakter akan memiliki aksen pada versi alih bahasa Inggris.[33] Melalui Twitter, Funimation mengklarifikasi bahwa serial ini akan diberi rating TV-MA terkait "beberapa hal yang tidak senonoh, humor yang kasar, dan situasi dewasa". Pemberian rating dilakukan berdasarkan penilaian pada keseluruhan serial, tidak berdasarkan pada penilaian setiap episode secara individual.[34] DVD pertama Hetalia dirilis pada 14 September 2010.[35] Funimation mengumumkan pada Otakon 2010 bahwa mereka telah memiliki lisensi Hetalia: World Series dan akan menayangkan serial tersebut serta merilisnya dalam DVD pada 2011.[36] Di Britania Raya, serial ini didistribusikan oleh Manga Entertainment.

Toko-toko Animate tertentu akan memiliki Purikura bertema Hetalia untuk jangka waktu tertentu, dengan total sepuluh pilihan stiker anime.[37]

Serial Hetalia telah memulai debut dalam dunia pertelevisian Amerika Utara pada 23 Desember 2010 di Funimation Channel.

Musim kelima Hetalia, berjudul Hetalia: The Beautiful World, diumumkan pada Comic Birz edisi September 2012.[38] Diumumkan pula bahwa musim kelima ini akan diproduksi oleh staf-staf baru serta menggunakan gaya ilustrasi yang berbeda. Rumania pun muncul sebagai karakter baru. Pada 21 Juni 2013, Hetalia: The Beautiful World selesai ditayangkan. Versi alih bahasa Inggris dirilis pada 22 Juli 2014 oleh Funimation.

Musim keenam Hetalia, berjudul Hetalia: The World Twinkle, diumumkan pada Comic Birz edisi Januari 2015.[39]

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi film cerita animasi Hetalia diumumkan pada 23 September 2009[40] dan dirilis pada 5 Juni 2010. Film ini berjudul Hetalia: Axis Powers movie Paint it, White! (銀幕ヘタリア Axis Powers 白くぬれ! Ginmaku Hetaria Akushisu Pawāzu Shiroku Nure!?). Kedelapan karakter utama beserta karakter pembantu lainnya, seperti Liechtenstein, Sealand, Prussia, Finlandia, Kuba, Hungaria, Austria, Swiss, Romano, Belarusia, Ukraina, Yunani, Polandia, Kanada, Islandia, Spanyol, dan negara-negara Baltik, muncul dalam film ini - alur utama cerita melibatkan sebagian besar karakter berubah menjadi alien tanpa wajah berwarna abu-putih yang disebut Pictonian. Pada Otakon 2010, Funimation Entertainment mengumumkan pelisensian film.[41] Versi alih bahasa Inggris ditampilkan untuk pertama kalinya pada konvensi Anime Weekend Atlanta, yang berlangsung pada 30 September hingga 2 Oktober 2011. Versi ini dirilis pada 22 November 2011 dan setiap DVD disertai dengan sebuah bandana hijau sebagai bonus.[42]

Video Game[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan video berpemain tunggal yang berjudul Gakuen Hetalia Portable (学園ヘタリア Portable?) dengan genre aksi/petualangan dirilis pada 24 Maret 2011 di Jepang dan dapat dimainkan pada konsol PlayStation Portable. Permainan ini dikembangkan oleh Otomate dan dirilis oleh Idea Factory.[43]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Best Seller - Manga: October 10, 2010" (dalam Inggris). The New York Times. 10 Oktober 2010. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  2. ^ "Best Seller - Manga: January 16, 2011" (dalam Inggris). The New York Times. 16 Januari 2011. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  3. ^ "Daftar karakter" (dalam Jepang). Hidekaz Himaruya. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  4. ^ Galbraith, Patrick W. (31 Oktober 2009). "Moe: Exploring Virtual Potential in Post-Millennial Japan" (dalam Inggris). Electronic Journal of Contemporary Japanese Studies. Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  5. ^ a b c d e f g h "Funimation Announces Remaining English Hetalia Cast (Update 2)". Anime News Network (dalam Inggris). 16 Juli 2010. Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  6. ^ Hodgkins, Crystalyn (1 Agustus 2010). "Otakon 2010: Hetalia US Premiere and Cast Panel". Anime News Network (dalam Inggris). Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  7. ^ "新大陸アメリカ争奪合戦" (dalam Jepang). Hidekaz Himaruya. Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  8. ^ "描きため作業" (dalam Jepang). Hidekaz Himaruya. Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  9. ^ "Situs web Hetalia: Axis Powers" (dalam Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  10. ^ Miyake, Toshio (2013). "Doing Occidentalism in contemporary Japan: Nation anthropomorphism and sexualized parody in Axis Powers Hetalia". Transformative Works and Cultures (TWC) (dalam Inggris) 12. ISSN 1941-2258. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  11. ^ "Hetalia Axis Powers Web Manga to Run in Comic Birz Mag" (dalam Inggris). Anime News Network. 26 Januari 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  12. ^ "Hetalia's Himaruya to Start Chibi-san Date Manga" (dalam Inggris). Anime News Network. 30 Januari 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  13. ^ "Hetalia Axis Powers Volume 1 (Paperback)" (dalam Inggris). Amazon.com. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  14. ^ "News: Tokyopop to Close North American Publishing Division (Update 3)" (dalam Inggris). Anime News Network. 15 April 2011. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  15. ^ "ヘタリア Axis Powers [コミック]" [Hetalia Axis Powers (comic)] (dalam Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  16. ^ "Hetalia Axis Powers Volume 1 (Hetalia : Axis Powers) [Paperback]" (dalam Inggris). Amazon.com. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  17. ^ "ヘタリア 2 ― Axis Powers (2) (BIRZ EXTRA) [コミック]" [Hetalia 2 ― Axis Powers (2) (BIRZ EXTRA) [Manga]] (dalam Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  18. ^ "Hetalia Axis Powers Volume 2 (Hetalia : Axis Powers) [Paperback]" (dalam Inggris). Amazon.com. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  19. ^ "ヘタリア<3>Axis Powers (BIRZ EXTRA) [コミック]" [Hetalia <3> Axis Powers (BIRZ EXTRA) [Manga]] (dalam Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  20. ^ Wolf, Ian (1 Mei 2012). "Right Stuf to publish Hetalia manga" (dalam Inggris). Anime UK News. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  21. ^ "特報!!!「ヘタリア4」6月30日発売!!" [News flash! "Hetalia 4" released June 30th!] (dalam Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  22. ^ "特報!「ヘタリア」5巻発売決定!!!" [News flash! "Hetalia", Volume 5 will be released!!!] (dalam Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  23. ^ "ヘタリア 6 Axis Powers" (dalam Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  24. ^ "Situs resmi penjualan drama CD Hetalia: Axis Powers" (dalam Jepang). Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  25. ^ "Hetalia Axis Powers Web Manga Gets TV Anime" (dalam Inggris). Anime News Network. 24 Juli 2008. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  26. ^ "Korean Protests Call for Hetalia Anime's Cancellation (Update 2)" (dalam Inggris). Anime News Network. 13 Januari 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  27. ^ "Japan's Kids Station Cancels Its Hetalia Anime Run (Updated)" (dalam Inggris). Anime News Network. 15 Januari 2009. Diakses tanggal 16 Januari 2009. 
  28. ^ "Hetalia Anime's Second Season Green-Lit (Updated)" (dalam Inggris). Anime News Network. 15 April 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  29. ^ "Hetalia Anime's Third Season Green-Lit (Updated)" (dalam Inggris). Anime News Network. 10 Desember 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  30. ^ "Episode listing for Hetalia: World Series on the official anime website" (dalam Jepang). Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  31. ^ "Hetalia 4th Season Green-lit for September" (dalam Inggris). Anime News Network. 7 Juli 2015. 
  32. ^ "Funimation Gets Hetalia, The Sacred Blacksmith Anime" (dalam Inggris). Anime News Network. 8 Januari 2010. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  33. ^ "Funimation Streams Hetalia, Tokyopop Confirms Manga Plans" (dalam Inggris). Anime News Network. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  34. ^ "Funimation Twitter" (dalam Inggris). Twitter. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  35. ^  Hetalia: Axis Powers - Season One - On DVD 9/14/10 - Anime Trailer. Diakses pada 7 Juli 2015.
  36. ^ "Funimation Adds Hetalia World Series, Strike Witches 2" (dalam Inggris). Anime News Network. 30 Juli 2010. 
  37. ^ "Animate このプリクラが撮れるのはアニメイトだけ!" (dalam Jepang). Animate. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Juli 2010. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  38. ^ "Hetalia Comedy Anime Gets 5th Season Green-Lit" (dalam Inggris). Anime News Network. 27 Juli 2012. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  39. ^ "Hetalia Anime of Anthropomorphized Nations Gets New Series" (dalam Inggris). Anime News Network. 26 November 2014. Diakses tanggal 8 Juli 2015. 
  40. ^ "Hetalia Axis Powers Film Green-Lit for 2010" (dalam Inggris). Anime News Network. 23 September 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 
  41. ^ "Funimation Adds Eva 2.0, Hetalia Film, Summer Wars" (dalam Inggris). Anime News Network. 30 Juli 2010. 
  42. ^ "Hetalia Axis Powers: Paint it, White! English dub premiered at AWA" (dalam Inggris). Asia Pacific Arts. 3 Oktober 2011. 
  43. ^ Lada, Jenni (21 Januari 2011). "Important Importables: Hetalia: Axis Powers" (dalam Inggris). TechnologyTell. Diakses tanggal 7 Juli 2015. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]