Raja Wu dari Zhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
King Wu of Zhou.jpg

Raja Wǔ dari Zhōu (Hanzi=周武王|p=zhōu wǔ wáng) atau Raja Wu dari Chou merupakan penguasa pertama, atau pemimpin Dinasti Zhōu, Cina. Tanggal pemerintahannya adalah 1046-1043 SM atau 1049/45-1043 (Sejarah Cina Kuno Cambridge). Berbagai sumber mengutip bahwa ia mangkat pada usia 93, 54 atau 43. Ia dianggap sebagai seorang pemimpin yang pantas dan cakap. Zhou Gong Dan adalah salah seorang saudaranya.

Raja Wǔ merupakan putra kedua Raja Wen dari Zhou. Setelah naik tahta, Raja Wǔ mencoba untuk mewujudkan wasiat ayahnya: mengalahkan Dinasti Shang. Raja Wu menggunakan banyak pejabat pemerintahan yang bijak—yang paling penting adalah Perdana Menteri Jiang Ziya, seorang pria yang terbukti sebagai "master strategi"—yang mengakibatkan pemerintahan di Zhou berkembang jauh lebih kuat setiap tahunnya.

Pada tahun 1048 SM, Raja Wǔ turun ke Sungai Kuning ke arungan Mengjin dan bertemu dengan lebih dari 800 orang adipati. Pada tahun 1046 SM, melihat pemerintahan Shang goyah, Raja Wǔ melancarkan sebuah serangan bersama dengan banyak adipati tetannga. Di medan Perang Muye, pasukan Shang dihancurkan, dan Raja Zhou dari Shang membakar istananya dan membakar dirinya sendiri sampai mati.

Setelah memenangkan perang itu, Raja Wǔ mendirikan banyak negara feodal kecil di bawah pemerintahan saudara-saudara dan para jenderalnya. [1] Ia mangkat tiga tahun kemudian pada tahun 1043 SM.

Informasi Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ These states included the State of Tan.
Raja Wu dari Zhou
Lahir: sekitar 1087 SM Wafat: 1043 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Raja Zhou dari Shang
Raja Cina
1046 SM – 1043 SM
Diteruskan oleh:
Raja Cheng dari Zhou
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Raja Wen dari Zhou
Adipati Zhou
sekitar 1050 SM – 1046 SM
digabungkan kedalam mahkota