Tai Wu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tai Wu (太戊)
Raja Dinasti Shang

Nama anumerta
Tai Wu

Da Wu atau Tai Wu (bahasa Tionghoa: 太戊) merupakan raja dari Dinasti Shang, Tiongkok.

Dari Catatan Sejarah Agung ia didaftarkan oleh Sima Qian sebagai raja Shang kesembilan, menggantikan saudaranya Yong Ji (太庚). Bo () adalah ibukotanya. Ia melantik Yishe (伊陟) dan Chenhu (臣扈) sebagai pejabat tinggi di istananya.

Pada tahun ketujuh pada masa pemerintahannya, Bebesaran () dan Milet () ditemukan tumbuh bersama-sama di dalam istananya. Pada tahun sebelas pada masa pemerintahannya, ia memerintahkan Wu Xian (巫咸) untuk berdoa di Shanchuan (山川). Pada tahun kedua puluh enam pada masa pemerintahannya, Ratu dari Rong Barat (西戎) mengirim seorang utusan ke Shang, raja kemudian mengutus Wangmeng (王孟) untuk kunjungan balasan. Pada tahun ketiga puluh satu pada masa pemerintahannya, ia melantik Zhongyan (中衍) vasal Fee (费侯) ke jabatan Chezheng (车正). Pada tahun ketiga puluh lima pada masa pemerintahannya, ia menulis sebuah puisi yang disebut Yanche (寅车). Pada tahun keempat puluh enam pada masa pemerintahannya, terjadi panen besar-besaran. Pada tahun kelima puluh delapan pada masa pemerintahannya, ia membangun kota Pugu (蒲姑). Pada tahun keenam puluh satu pada masa pemerintahannya, sembilan barbar timur suku Yi (东九夷) mengirim utusan ke Shang.

Ia memerintah selama 75 tahun, dan diberikan nama anumerta Tai Wu. Ia digantikan oleh putranya Zhong Ding (仲丁).[1][2][3]

Dari tulang orakel yang digali di Yinxu mencatat bahwa ia adalah raja Shang yang ketujuh, yang menggantikan pamandanya Xiao Jia, diberikan nama anumerta Da Wu (大戊) dan digantikan oleh saudaranya Lü Ji.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bai, Shouyi (2002). An Outline History of China. Beijing: Foreign Language Press. ISBN 7-119-02347-0. 
  2. ^ a b "The Shang Dynasty Rulers". China Knowledge. Diakses tanggal August 7, 2007. 
  3. ^ a b "Shang Kingship And Shang Kinship" (PDF). Indiana University. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal April 9, 2008. Diakses tanggal August 7, 2007. 
Tai Wu
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Xiao Jia
Raja Shang Diteruskan oleh:
Lü Ji