Pan Geng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xun (旬)
Raja Dinasti Shang
Nama lengkap
Nama anumerta
Pan Geng (盤庚)

Pán Gēng (Hanzi: 盤庚), nama pemberian Xun (Hanzi: ), merupakan Raja Dinasti Shang, Tiongkok. Ia dikenal dengan memindahkan ibu kota Dinasti Shang ke Yīn.

Di dalam Catatan Sejarah Agung ia dituliskan oleh Sima Qian sebagai raja Shang kesembilan belas, menggantikan kakandanya Yang Jia. Ia naik takhta pada tahun Bingyin (丙寅) dengan Yan () sebagai ibu kotanya dan pada tahun ketujuh pada masa pemerintahannya, vasal Ying (应侯) datang ke Yan untuk memberinya penghormatan.

Pada tahun keempat belas pada masa pemerintahannya, ia memindahkan ibu kotanya ke Beimeng (北蒙) dan menggantinya menjadi Yin (); oleh karena itu Dinasti Shang juga disebut Dinasti Yin.

Pada tahun kelima belas pada masa pemerintahannya, ia mengeksamen pasukannya di ibu kotanya yang baru, dan pada tahun kesembilan belas pada masa pemerintahannya ia menugaskan menterinya, Fen (邠侯) di Yayu (亚圉).

Ia memerintah selama sekitar 28 tahun menurut baik Sejarah Bambu dan Catatan Sejarah Agung, ia diberikan nama anumerta Pán Gēng dan digantikan oleh adiknya Xiao Xin.[1][2][3]

Dari tulang orakel yang digali di Yinxu dicatat bahwa ia adalah raja Shang yang kedelapan belas.[2][3]

Di dalam Buku Sejarah, terdapat sebuah bab yang berjudul "Pán Gēng", yang konon merupakan sebuah pidato dari raja ini; namun bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa pada masa Pán Gēng yang diduga bukan berasal dari zamannya.[4]

Pesan bersejarah[sunting | sunting sumber]

Karya Pan Geng dikenang oleh Wang Anshi tanggapannya terhadap surat tuduhan Sima Guang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bai, Shouyi (2002). An Outline History of China. Beijing: Foreign Language Press. ISBN 7-119-02347-0. 
  2. ^ a b "The Shang Dynasty Rulers". China Knowledge. Diakses tanggal August 7, 2007. 
  3. ^ a b "Shang Kingship and Shang Kinship" (PDF). Indiana University. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal April 9, 2008. Diakses tanggal August 7, 2007. 
  4. ^ Loewe, Michael; Shaughnessy, Edward L. (1999). The Cambridge History of Ancient China – from the Origins of Civilization to 221 B.C. Cambridge: Cambridge University Press. ISBN 0-521-47030-7. 
Pan Geng
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Xiang Jia
Raja Shang
1290–1263 SM
Diteruskan oleh:
Xiao Xin