Yinxu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Reruntuhan Yin, ibukota (1350–1046 SM) dari dinasti Shang (Yin)

Yinxu Hanzi: 殷墟; harfiah: 'Reruntuhan Yin') adalah sebuah situs dari salah satu ibu kota bersejarah kuno dan utama [[Tiongkok]. Ini adalah sumber penemuan arkeologi tulang oracle dan naskah tulang ramalan, yang menghasilkan identifikasi tulisan Tionghoa yang paling awal diketahui. Sisa-sisa arkeologis (atau reruntuhan) yang dikenal sebagai Yinxu mewakili kota kuno Yin, ibukota terakhir dari dinasti Shang Tiongkok yang ada melalui delapan generasi selama 255 tahun, dan melalui masa pemerintahan 12 raja. Yinxu ditemukan, atau ditemukan kembali, pada tahun 1899.

Sekarang situs ini menjadi salah satu situs arkeologi tertua dan terbesar di Tiongkok, dan telah dipilih sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Yinxu terletak di provinsi Henan paling utara dekat kota Anyang modern, dan dekat perbatasan provinsi Hebei dan Shanxi. Akses publik ke situs diizinkan.

Pada tahun 2006 situs itu tercantum dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yin Xu". UNESCO. Diakses tanggal August 6, 2007. Situs arkeologi Yin Xu, dekat dengan Kota Anyang, sekitar 500 km selatan Beijing, adalah ibu kota kuno dari akhir dinasti Shang (1300 hingga 1046 SM). Ini bersaksi tentang zaman keemasan budaya Tiongkok awal, kerajinan tangan dan ilmu pengetahuan, masa kemakmuran besar dari Zaman Perunggu Cina. Sejumlah makam dan istana kerajaan, prototipe arsitektur Cina kemudian, telah digali di situs. Situs ini mencakup Istana dan Area Kuil Leluhur Kerajaan (1.000 mx 650 m), dengan lebih dari 80 fondasi rumah, dan satu-satunya makam anggota keluarga kerajaan dari dinasti Shang yang tetap utuh, Makam Fu Hao. Banyaknya dan pengerjaan yang luar biasa dari aksesori penguburan yang ditemukan di sana memberikan kesaksian pada tingkat maju industri kerajinan Shang, dan sekarang menjadi salah satu harta nasional Tiongkok. Banyak lubang yang mengandung tulang belikat bovine dan plastron penyu telah ditemukan di Yin Xu. Prasasti pada tulang oracle ini memberikan kesaksian yang sangat berharga untuk pengembangan salah satu sistem penulisan tertua di dunia, kepercayaan kuno dan sistem sosial. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]