Zu Jia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Zu Jia (祖甲) merupakan raja dari Dinasti Shang, Tiongkok. Nama pribadinya adalah (子載). Ia juga dikenal sebagai Di Jia (帝甲) di dalam buku Guoyu (国语).

Ibu kotanya berada di Yin (殷).

Pada tahun kedua belas pada masa pemerintahannya, ia mengirimkan pasukan untuk memerangi suku Rong di wilayah barat sampai musim dingin.

Pada tahun ketiga belas pada masa pemerintahannya, setelah dikalahkan, suku Rong di barat mengirim seorang utusan ke Shang. Pada tahun yang sama, ia memerintahkan vasal Fen (邠) untuk membangun tentara di Gan (绀).

Pada tahun kedua puluh empat pada masa pemerintahannya, ia mengeluarkan kembali hukuman-hukuman yang digunakan oleh Tang untuk memadamkan pemberontakan.

Pada tahun kedua puluh tujuh pada masa pemerintahannya, ia menamakan pangeran-pangeran kembarnya sebagai Zi Xiao (子嚣) dan Zi Liang (子良).

Tulang orakel dari masa pemerintahnnya menunjukkan bahwa ia mengubah tradisi. Ia mencoba untuk membuat pemerintah lebih rasional dengan menghentikan pengorbanan kepada nenek moyang mitos, gunung dan sungai dan meningkatkan pengorbanan untuk tokoh-tokoh bersejarah seperti Wu Ding.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Felipe Fernandez-Armesto, The World: A History, (Upper Saddle River, New Jersey: 2007), p 84.
Zu Jia
Didahului oleh:
Zu Geng
Raja Shang Diteruskan oleh:
Lin Xin