Xiang dari Xia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xiang
Xia Dynasty pottery jar 2.jpg
Guci Dinasti Xia
Lahir
Suami/istriRatu Ji
AnakShao Kang
Orang tuaZhong Kang
KerabatTai Kang (pamanda)
Qi dari Xia (kakek)

Xiang (Hanzi: ) merupakan raja kelima Dinasti Xia, Tiongkok yang konon bertakhta pada milenium ke-3 SM.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Xiang menggantikan Xia naik ke atas takhta yang diserahkan oleh ayahandanya Zhong Kang, dan sebelumnya oleh pamandanya Tai Kang.[2]

Memerintah menurut Sejarah Bambu[sunting | sunting sumber]

Xiang naik takhta pada tahun Wuxu dan ibu kotanya berada di Shangqiu.

Pada tahun pertama pada masa pemerintahannya, ia mengirimkan pasukan melawan suku barbar Huai dan Fei (畎夷, aka Quanyi).

Pada tahun ketiga pada masa pemerintahannya, ia mengirimkan pasukan ke suku barbar Feng dan Huang.

Pada tahun ketujuh pada masa pemerintahannya, "Gerombolan Yu datang untuk menyerah", dan pada tahun kedelapan, panglima perang Han Zhuo membunuh Houyi. Han Zhuo juga mengutus putranya Jiao untuk melawan Ge.

Pada tahun kesembilan pada masa pemerintahannya, Xiang memindahkan istananya ke Zhenguan.

Pada tahun kelima belas pada masa pemerintahannya, pengikut Xiang, Adipati Xiangshi dari Shang, "mempersiapkan kereta beserta kudanya dan pindah ke Shangqiu".

Pada tahun kedua puluh pada masa pemerintahannya, Han Zhuo menaklukkan Ge. Pada tahun kedua puluh enam, Han Zhuo memerintahkan putranya Jiao untuk berperang ke Zhenguan. Pada tahun kedua puluh tujuh pada masa pemerintahannya, Jiao menyerang Xia di Wei, Zhenxun.

28 Tahun Bertakhta[sunting | sunting sumber]

Pada tahun kedua puluh delapan pada masa pemerintahan Xiang, Han Zhuo memerintahkan putranya Jiao untuk membunuh Raja Xiang. Pada saat itu, istri Xiang, Ratu Ji sedang mengandung. Istrinya melarikan diri dan menyembunyikan dirinya di Youren. Perdana Menteri Xia, Mi, melarikan diri ke Youge. Kemudian, Ji melahirkan seorang putra yang diberi nama Shao Kang.

19 tahun kemudian, Shao Kang, ahli waris takhta Xia, pergi dari Youren ke Yu. Pada tahun-tahun berikutnya, Shao Kang dan Mi memimpin pasukan Zhenxun dan Zhenguan untuk berperang melawan Han Zhuo. Shao Kang mengirim Ru Ai untuk memerangi Jiao di Guo, dan Jiao tewas terbunuh. Ia juga mengirim putranya Zishu untuk merebut kembali Ge. Akhirnya setelah empat puluh tahun kematian Xiang, Mi mengeksekusi Han Zhuo.

Shao Kang kembali dengan kemenangan ke ibu kota Xia dan naik ke atas takhta, dan seluruh bekas pengikut Xia datang untuk memberikan penghormatan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mungello, David E. The Great Encounter of China and the West, 1500–1800. Rowman & Littlefield; 3 edition (28 Mar 2009) ISBN 978-0-7425-5798-7 p.97.
  2. ^ The Shape of the Turtle: Myth, Art, and Cosmos in Early China by Sarah Allan
Xiang dari Xia
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Zhong Kang
Raja Xia
2075 SM – 2047 SM
Diteruskan oleh:
Shao Kang