Kaisar Song Zhenzong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kaisar Song Zhenzong
Zhenzong.jpg
Kaisar Dinasti Song Selatan
Berkuasa 8 Mei 997 - 23 Maret 1022
Pendahulu Kaisar Taizong
Pengganti Kaisar Renzong
Lahir 23 Desember 968
Mangkat 23 Maret 1022
Nama lengkap
Nama Keluarga: Zhào (趙)
Nama yang diberikan:
Dechang (德昌),
Yuanxiu (元休),
Yuankan (元侃),
Heng (恆).
Nama anumerta
Kaisar Yingfu Jigu Shengong
Rangde Wenming Wuding
Zhangsheng Yuanxiao
膺符稽古神功讓德文明武定章聖
元孝皇帝
Zhenzong (真宗)
Zhenzong (真宗)
Wangsa Keluarga Zhao
Ayah Kaisar Song Taizong
Ibu Permaisuri Li 元德皇后
Pasangan Putri Pan 章怀皇后
Permaisuri Guo 章穆皇后
Permaisuri Liu E 章献明肃皇后
Selir Cao
Selir Chen
Selir Dai
Selir Xu
Selir Chen
Anak
Zhao Ti, Pangeran Wen
Zhao You, Putera Mahkota Daoxian
Zhao Zhi, Pangeran Chang
Zhao Zhong, Pangeran Xin
Zhao Gui, Pangeran Qin
Zhao Zhen, Kaisar Renzong
Putri Hui
Putri Sheng

Kaisar Zhenzong (23 Desember 968 – 23 Maret 1022) yang nama pribadinya adalah Zhao Heng, merupakan kaisar ketiga Dinasti Song di Tiongkok. Dia memerintah sejak tahun 997 hingga kematiannya pada tahun 1022. Nama aslinya adalah Zhao Dechang, tetapi kemudian diubah menjadi Zhao Yuanxiu pada tahun 983, Zhao Yuankan pada tahun 986, dan pada akhirnya menjadi Zhao Heng pada tahun 995. Zhenzong adalah anak ketiga dari pendahulunya, Kaisar Taizong, dan digantikan oleh anak keenamnya, Kaisar Renzong. Nama kuilnya, Zhenzong berarti "Leluhur sejati".

Masa pemerintahan Kaisar Zhenzong ditandai dengan konsolidasi kekuatan dan penguatan Kekaisaran Song. Kekaisaran menjadi makmur dan militer semakin diperkuat. Namun, masanya juga ditandai dengan dimulainya kebijakan luar negeri terhadap orang-orang Khitan dari Dinasti Liao di utara yang pada akhirnya akan berakhir memalukan. Tahun 1004, kaum Khitan berperang terhadap Kekaisaran Song. Kaisar Zhenzong yang memimpin sendiri pasukannya dipukul balik di wilayah musuh. Walaupun awalnya berhasil, tahun 1005, Kaisar Zhenzong menandatangani Perjanjian Shanyuan. Perjanjian ini berbuah kedamaian selama lebih dari seratus tahun, tetapi sebagai akibatnya Kekaisaran Song bersetuju sebagai bawahan dari Kekaisaran Liao dan juga setuju untuk membayar upeti tahunan sebanyak 100.000 ons emas dan lebih dari 200.000 gulungan sutera. Hal tersebut kemudian akan menjadi gangguan bagi urusan luar negeri kekaisaran serta secara perlahan menghabiskan pundi-pundi kekaisaran.

Pada tahun 1011-1012 ia memerintahkan pengiriman 30.000 gantang benih padi unggulan dari Provinsi Fujian ke lembah Yangtze sehingga berhasil meningkatkan pertanian.

Kaisar Zhenzong menenkankan pentingnya Taoisme dalam pemerintahannya. Apa yang disebut Tulisan-Tulisan Suci, yang diagungkan oleh Keluarga Zhao, diduga diketemukan pada zaman pemerintahannya. Hal ini diikuti oleh upacara pengurbanan kekaisaran yang dilakukan di puncak Tai. Dari tahun 1013-1015, Kaisar mengeluarkan dekrit resmi yang menyatakan Kaisar Jade sebagai penguasa tertinggi di surga.

Beras Vietnam mulai diperkenalkan di China selama masa pemerintahannya.

Kaisar Song Zhenzong
Keluarga Zhao (960–1279)
Lahir: 997 Wafat: 1022
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Kaisar Song Taizong
Kaisar Dinasti  Song 
997–1022
Diteruskan oleh:
Kaisar Song Renzong
Kaisar Cina
997–1022