Zhao (marga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zhao / Chao / Chiu
Zhao surname.jpg
PengucapanZhào, Chao (Mandarin)
Chiu, Ziu6 (Kanton)
Teo (Hokkien)
Cho, Jo (Korea)
Triệu (Vietnam)
BahasaMandarin
Asal
ArtiNama negara vasal selama Dinasti Zhou
Nama Lain
VarianChao
Kanton: Jew, Chew, Chiu, Chu, Jew, Jue, Siu, Tsiu
Shanghai: Zau
DerivatifCho, Triệu
Zhao (marga)

Zhao (Chinese characters).svg

"Zhao" dalam Aksara segel (atas), Aksara tradisional (tengah) dan Aksara sederhana (bawah)
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Nama Korea
Hangul:
Nama Vietnam
Quốc ngữ: Triệu

Zhao (//;[1] Hanzi tradisional: ; Hanzi sederhana: ; Pinyin: Zhào) adalah nama keluarga Tiongkok yang menempati peringkat ke-7 dalam daftar nama marga yang paling umum di Tiongkok dan disandang terutama oleh orang-orang berbahasa Mandarin. Sedangkan dalam daftar Seratus Nama Keluarga Tiongkok yang terkenal (daftar tradisional dari semua nama keluarga Tiongkok berupa puisi yang harus dihafalkan oleh anak-anak sekolah Tiongkok), Zhao menempati peringkat teratas. Hal ini disebabkan karena Zhao merupakan marga atau nama keluarga kaisar Dinasti Song (960–1279) saat daftar tersebut dibuat. Bait pertama dari puisinya berbunyi 趙錢孫李 (Zhao, Qian, Sun, Li).

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa Zhao merupakan nama marga ke-9 yang paling umum, disandang oleh 26.700.000 orang, dengan provinsi yang terbanyak menggunakan nama marga Zhao adalah Henan.

Zhao diromanisasi menjadi Chiu dalam pengucapan bahasa Kanton dan diromanisasi di Taiwan serta dan Hong Kong menjadi Chao dengan sistem Wade–Giles. Zhao serumpun dengan nama marga Vietnam Triệu dan dengan nama marga Korea Cho (조).

Romanisasi (seharusnya menggunakan huruf "à" untuk membedakannya) yang sama juga digunakan untuk nama marga yang jauh lebih langka yaitu: Zhào (兆) (berbeda dengan Zhao dalam artikel ini).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Zhao Ziyang". Collins English Dictionary.