Kaisar Tang Shang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tang Shangdi
唐殤帝
Kaisar Dinasti Tang
Berkuasa 8 Juli 710[1] – 25 Juli 710[1]
(17 days)
Pendahulu Zhongzong
Pengganti Ruizong
Lahir 695 atau 698[2]
Wafat 4 September 715[3][4]
Nama lengkap
Marga: Lǐ (李)
Nama: Chóngmào (重茂)
Nama anumerta
Kaisar Shang (殤皇帝)
Wangsa Tang (唐朝)
Ayah Kaisar Zhongzong
Pasangan Permaisuri Lu

Kaisar Shang (唐殤帝, Táng Shāngdì; 695 atau 698[2] – September 5, 714[3]), juga dikenal sebagai Kaisar Shao (少帝, Shǎodì), nama pribadi Li Chongmao, adalah seorang Kaisar Dinasti Tang yang memerintah Tiongkok pada tahun 710.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Li Chongmao lahir pada tahun 695 pada masa pemerintahan neneknya, Maharani Wu Zetian. Ayahnya, Li Xian, adalah seorang kaisar pada tahun 684, tetapi digulingkan sekitar dua bulan kemudian, dan kemudian menjalani hukuman pengasingan. Ibunya adalah salah satu selir Li Xian, tetapi tidak ada catatan mengenai dirinya, termasuk namanya, di catatan sejarah resmi kekaisaran.

Pada tahun 698, Li Xian kembali dipanggil dari pengasingan dan Wu Zetian menetapkannya sebagai putra mahkota. Pada tahun 700, Wu menetapkan Li Chongmao sebagai Pangeran Beihai.

Masa Kaisar Zhongzong[sunting | sunting sumber]

Wu Zetian digulingkan pada kudeta pada tahun 705 dan Li Xian kembali duduk di tahta sebagai Kaisar Zhongzong. Kaisar baru memberikan Li Chongmao gelar Pangeran Wen. Pada masa itu, Li Chongmao menikah dengan seorang wanita dari marga Lu sebagai istrinya dan putri.

Masa pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 710, Kaisar Zhongzong tiba-tiba mangkat. Para sejarawan percaya bahwa kematian sang kaisar disebabkan Permaisuri Wei dan Li Guo'er sang Putri Anle meracuninya, walaupun ada juga dugaan lain bahwa kematian itu disebabkan stroke atau gagal jantung. Kemudian Wei menetapkan Li Chongmao sebagai kaisar (kemudian dikenal dengan Kaisar Shang) dan Wei sendiri berperan sebagai ibu suri dan wali kaisar muda.

Namun kurang dari sebulan kemudian, Putri Taiping (saudari Zhongzong) dan Li Longji sang Pangeran Linzi (putra Ruizong) melakukan pemberontakan, membunuh Ibu Suri Wei dan Li Guo'er. Keduanya kemudian menasehati agar Li Dan kembali duduk di tahta. Beberapa hari kemudian, Li Dan setuju, dan dia kembali memerintah sebagai kaisar (dikenal dengan gelar Kaisar Ruizong) dan menggantikan Li Chongmao..

Setelah pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Setelah Li Chongmao digulingkan dari tahta, awalnya dia ditempatkan di dalam istana untuk mencegah orang lain menggunakannya untuk memulai kudeta. Pada tahun 711, dia diberi gelar Pangeran dari Xiang dan dinobatkan sebagai kepala Perfektur Ji (集州, kira-kira sekarang Bazhong, Sichuan). 500 penjaga kekaisaran dikirim untuk menjaganya. Pada masa Li Longji duduk di tahta (dikenal sebagai Kaisar Xuanzong) ditahun 714, Li Chongmao meninggal. Li Longji memulihkan gelarnya dan memberinya gelar anumerta Shang (殤) yang bermakna "mati muda". Li Chongmao juga dikenal oleh sejarawan sebagai Kaisar Shao (少帝, Shǎodì) yang bermakna "Kaisar Muda". Li Longji menetapkan masa tiga hari berkabung, bukan tiga tahun sebagaimana perkabungan kaisar pada umumnya. Li Chongmao mangkat tanpa meninggalkan keturunan.[5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Zizhi Tongjian, vol. 209.
  2. ^ a b Kronik dari masa pemerintahan Kaisar Zhongzong dan Kaisar Ruizong, termasuk masa pemerintahannya sendiri, pada Buku Tua Tang, mengisyaratkan bahwa usianya 15 tahun saat memerintah pada tahun 710, menandakan dia lahir pada tahun 695. Namun dalam biografinya, tertulis bahwa usianya 16 tahun saat mangkat pada tahun 714, menandakan bahwa dia lahir pada tahun 698. Tidak diketahui catatan mana yang benar. Bandingkan Buku Tua Tang, vol. 7 dan 86.
  3. ^ a b 兩千年中西曆轉換
  4. ^ Zizhi Tongjian, vol. 211.
  5. ^ Sejarah Baru Dinasti Tang, vol. 70.[1]
Kaisar Tang Shang
Lahir: 695 atau 698 4 September 715
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Zhongzong (Li Zhe)
Kaisar Tiongkok
8 Juli 710 – 25 Juli 710
Diteruskan oleh:
Ruizong (Li Dan)