Zizhi Tongjian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zizhi Tongjian
Isi dari Zizhi Tongjian
Bagian dari salah satu gulungan asli dari Zizhi Tongjian
Pengarang Sima Guang et al.
Judul asli 資治通鑑
Negara China
Bahasa Tionghoa Klasik
Subjek Sejarah China
Tanggal rilis 1084
Jenis media Gulungan

Zizhi Tongjian (Tzu-chih Tung-chien; Hanzi Sederhana: 资治通鉴; Hanzi Tradisional: 資治通鑑; Pinyin: Zīzhì Tōngjiàn; Wade–Giles: Tzu1-chih4 T'ung1-chien4; arti harfiah "Cermin Bantuan Komprehensif dalam Pemerintahan") adalah sebuah pelopor karya rujukan dalam historiografi Tiongkok, yang diterbitkan pada 1084 Masehi, dalam bentuk kronik. Pada 1065 Masehi, Kaisar Yingzong dari Song memerintahkan sejarawan besar Sima Guang (1019–1086 Masehi) untuk memimpin sarjana-sarjana lainnya seperti ketua asistennya Liu Shu, Liu Ban dan Fan Zuyu,[1] membuat sebuah kompilasi dari sebuah sejarah universal China. Tugas tersebut memakan waktu selama 19 tahun untuk menyelesaikannya,[1] dan, pada 1084 Masehi, karya tersebut dipersembahkan kepada penerusnya Kaisar Shenzong dari Song. Zizhi Tongjian mencatat sejarah Tiongkok dari 403 SM sampai 959 M, menyoroti 16 dinasti dan peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang sekitar 1,400 tahun,[1] dan berisi 294 volume () dan sekitar 3 juta karakter Tionghoa.

Teks[sunting | sunting sumber]

Sebuah bagian dari salah satu gulungan asli dari Zizhi Tongjian

Teks utama dari Zizhi Tongjian dicatat pada 294 juan (Tradisional: ), yang merupakan gulungan-gulungan yang dibagi menjadi volume, bab, atau sesi pada karya tersebut. Teks tersebut adalah sebuah narasi kronologi sejarah China dari masa Negara-Negara Berperang sampai masa Lima Dinasti. Kontributor utamanya, Sima Guang, aktif dalam setiap langkah dari peristiwa-peristiwa dan penanggalan yang dikumpulkan dari berbagai karya yang dibuat pada masa sebelumnya untuk dirangkai dan diterbitkan.

Sima Guang meninggalkan penggunaan tradisional dalam historiografi Tiongkok. Selama sekitar 1,000 tahun sejak Shiji ditulis, sejarah-sejarah dinasti Tionghoa standar biasanya membagi bab-bab antara peristiwa tahunan () dari para penguasa, dan biografi-biografi () dari para pejabat. Dalam istilah Tionghoa, buku tersebut mengubah format sejarah dari gaya biografikal (Tradisional: 紀傳體) menjadi gaya kronologikal (Tradisional: 編年體), yang sangat baik dalam analisis, aktivisme dan kritisisme.

294 juan tersebut menyoroti 11 zaman pada sejarah Tiongkok (Negara-Negara Berperang, Qin, Han Barat, Han Timur, Tiga Kerajaan, Jin dan Enam Belas Kerajaan, Dinasti-Dinasti Selatan dan Utara, Sui, Tang, dan Lima Dinasti). Karya tersebut merupakan salah satu opera magna sejarah terbesar dalam sejarah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Xu Elina-Qian, p.20

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Chen, Guangchong, "Zizhi Tongjian" ("Comprehensive Mirror to Aid in Government"). Encyclopedia of China (Chinese History Edition), 1st ed.
  • Bo Yang. Modern Chinese Edition of Zizhi Tongjian. Taipei: Yuan-Liou Publishing Co. Ltd, vol. 1 ISBN 957-32-0795-8 to vol. 72 ISBN 957-32-1810-0.
  • De Crespigny, Rafe. (1973). "Universal Histories," in Essays on the Sources for Chinese History, Donald D. Leslie, Colin Mackerras, Wang Gungwu, eds., Columbia: University of South Carolina Press, pp. 64–70.
  • Ji xiao-bin. (2003). "Mirror for Government: Ssu-ma Kuang's Thought on Politics and Government in Tzu-chih t'ung-chien," in The New and the Multiple, Thomas H.C. Lee, ed. Hong Kong: Chinese University Press, pp. 1–32.
  • Partington, James Riddick (1960). A History of Greek Fire and Gunpowder. Cambridge: W. Heffer & Sons Ltd.
  • Wilkinson, Endymion. 2000. Chinese History: a manual. Revised and enlarged ed. Cambridge: Harvard University Asia Center. ISBN 0-674-00249-0
  • Yap, Joseph P. (2009). Wars With The Xiongnu, A Translation from Zizhi tongjian. AuthorHouse, Bloomington, Indiana, U.S.A. ISBN 978-1-4490-0604-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Xu Elina-Qian