Log Horizon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Log Horizon
Log Horizon Novel Cover Volume 1.png
Sampul novel ringan volume pertama menampilkan karakter utama Akatsuki, Naotsugu dan Shiroe
ログ・ホライズン
(Rogu Horaizun)
GenrePetualangan, Fantasi, Fiksi ilmiah[1]
Seri novel
PengarangMamare Touno
IlustratorKazuhiro Hara
PenerbitEnterbrain
Penerbit
Inggris
Terbit31 Maret 2011 – sekarang
Volume9
Manga
  • Log Horizon Gaiden: Honey Moon Logs
  • Log Horizon
  • Log Horizon: The West Wind Brigade
  • Log Horizon Gaiden: Nyanta-honcho Shiawase no Recipe
Seri anime
SutradaraShinji Ishihara
SkenarioToshizo Nemoto
MusikYasuharu Takanashi
StudioSatelight
Lisensor
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
MVM Entertainment
Saluran
asli
NHK E
Saluran
bahasa Inggris
Anime Network
Tayang 5 Otober 2013 22 Maret 2014
Episode25
Seri anime
Log Horizon 2nd Series
SutradaraShinji Ishihara
SkenarioToshizo Nemoto
MusikYasuharu Takanashi
StudioStudio Deen
Lisensor
Sentai Filmworks
Saluran
asli
NHK E
Saluran
bahasa Inggris
Anime Network
Tayang 4 Oktober 2014 28 Maret 2015
Episode25
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Log Horizon (bahasa Jepang: ログ・ホライズン, Hepburn: Rogu Horaizun) adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Mamare Touno dan diterbitkan oleh Enterbrain di Jepang sejak tahun 2011. Serial ini mengisahkan seorang ahli strategi Shiroe dan para pemain dari sebuah MMORPG berjudul Elder Tales terjebak dalam dunia permainan tersebut. Novel ini mendapatkan empat adaptasi manga. Sebuah serial anime yang diadaptasi dari novel ringan ini tayang di NHK Educational TV sejak 5 Oktober 2013 hingga 22 Maret 2014. Season kedua tayang sejak 4 Oktober 2014 hingga 28 Maret 2015.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dengan paket ekspansi kesebelasnya, MMORPG Elder Tale (エルダー・テイル, Erudā Teiru) mendapatkan kesuksesan global, dengan memiliki jutaan pemain. Namun, saat perilisan paket ekspansi kedua belas, tiga puluh ribu gamer Jepang yang masuk log pada saat pembaruan tersebut dilaksanakan mendadak terpindahkan ke dalam dunia permainan virtual dan mengenakan avatar mereka dalam permainan tersebut. Seorang gamer yang sulit bersosialisasi bernama Shiroe, bersama dengan teman-temannya, Naotsugu dan Akatsuki, memutuskan untuk bekerjasama sehingga mereka dapat menghadapi dunia virtual ini, yang sayangnya kini telah menjadi kenyataan mereka, bersama dengan tantangan dan rintangan yang berada di depan mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Anggota Log Horizon[sunting | sunting sumber]

Shiroe (シロエ, Shiroe)
Pengisi suara: Takuma Terashima
Shiroe, dikenal sebagai "Shiroe Sang Ahli Strategi" atau "Villain in Glasses" (腹ぐろ眼鏡, Haraguro Megane). Nama aslinya adalah Kei Shirogane (城鐘 恵, Shirogane Kei). Ia merupakan pendiri sekaligus guild master dari Log Horizon. Kelas utamanya adalah "Enchanter". Daripada berjuang di garis depan, ia memberikan dukungan dengan sihirnya untuk membantu sekutunya yang bertarung di garis depan. Kelas keduanya adalah "Scribe", yang memungkinkan dirinya untuk menggambar peta tempat yang pernah dikunjunginya secara akurat dan juga memungkinkan dirinya untuk mengembangkan sihir baru. Ia merupakan mahasiswa di bidang teknik yang sukar dalam bersosialisasi. Ia telah bermain Elder Tale selama hampir 8 tahun. Shiroe dahulu merupakan ahli strategi dari Debauchery Tea Party, sebuah kelompok pemain elit yang sudah menuntaskan banyak quest tingkat tinggi. Awalnya Shiroe memiliki keengganan bergabung ke dalam sebuah guild, namun setelah mereka terbawa ke dalam dunia permainan virtual (dikenal juga dengan peristiwa "Apocalypse"), ia memutuskan untuk mendirikan guild untuk memberikan tempat bagi dirinya dan teman-temannya. Shiroe menjadi pengurus di Dewan Meja Bundar Akiba setelah melakukan rencana yang sangat kompleks dalam mengambil alih Guild Building di Akiba. Hal ini memberikannya kendali terhadap para pemain dan aset-aset guild.
Naotsugu (直継, Naotsugu)
Pengisi suara: Tomoaki Maeno
Naotsugu adalah sahabat Shiroe dan juga mantan anggota kelompok Debauchery Tea Party. Nama aslinya adalah Naotsugu Hasegawa (葉瀬川 直継, Hasegawa Naotsugu). Kelas utamanya adalah "Guardian", hal ini memungkinkannya untuk menggunakan baju besi dan persenjataan berat serta memiliki sihir pertahanan yang kuat sehingga dapat mmelindungi dirinya dan teman-temannya. Sementara kelas keduanya adalah "Border Patrol". Ia menyebut dirinya sebagai "open pervert", mengklaim bahwa dirinya tidak seperti beberapa orang yang menyembunyikan sifat mesumnya dari orang lain dan sangat bangga dengan fakta tersebut. Dalam dunia nyata, ia bekerja sebagai salaryman.
Akatsuki (アカツキ, Akatsuki)
Pengisi suara: Emiri Katō
Akatsuki adalah seorang "Assassin" dalam dunia Elder Tale. Kelas keduanya adalah "Tracker", yang meningkatkan keterampilan membunuhnya dengan kemampuan stealth dan pendeteksi. Ia awalnya mengenal Shiroe saat berpasangan dengannya untuk menyelesaikan sebuah quest sebelum terjadinya Apocalypse. Ia merupakan seorang perempuan, meskipun awalnya ia menggunakan avatar laki-laki dalam Elder Tale. Dengan bantuan Shiroe, ia mengubah jenis kelamin avatar dirinnya untuk menghindari permasalahan. Meskipun tampak dalam wujud anak-anak, ia merupakan seorang mahasiswa di dunia nyata seperti Shiroe. Setelah menerima bantuan Shiroe, ia mulai menyebutnya "Lord" dan bergabung dengan kelompoknya, mengklaim bahwa itu merupakan wujud rasa terima kasihnya tetapi kemudian terlihat bahwa ia sebenarnya menyukai Shiroe. Ia sering melakukan kekerasan terhadap Naotsugu karena sering memperlihatkan sifat mesumnya.
Nyanta (にゃん太, Nyanta)
Pengisi suara: Jōji Nakata
Nyanta adalah seorang manusia kucing. Ia dahulu merupakan mantan ketua di Debauchery Tea Party dan teman lama Shiroe. Subkelasnya adalah "Chef", yang memungkinkan dirinya untuk menggunakan bahan makanan di dunia virtual untuk membuat makanan yang enak. Sebelum terjadinya Apocalypse, ia merupak bagian dari sebuah guild bernama "The Cat Food Guild", yang anggotanya terdiri dari manusia kucing. Guild ini dibubarkan setelah rumah mereka rusak karena cuaca buruk.
Tohya (トウヤ, Tōya)
Pengisi suara: Daiki Yamashita
Toyha merupakan saudara kembar Minori. Kelasnya adalah "Samurai". Ketika Tohya dan saudariya pertama kali bertemu Shiroe, mereka langsung mengusiknya dengan pertanyaan tentang bagaimana untuk meningkatkan keterampilan. Ia memandang Shiroe sebagai sosok panutan karena tidak hanya kekuatan dan pengetahuan, tetapi juga kepribadian tenang dan baik. Saudarinya Minori merupakan sosok yang pemalu dan lembut, sedangkan Tohya sangat memiliki kepribadian yang berlawanan namun jelas ia sangat peduli terhadap saudarinya. Ketika Tohya dan adiknya terjebak dalam guild Hamelin, ia sering bertanya-tanya apa yang akan dilakukan Shiroe dalam situasi itu. Setelah mereka diselamatkan oleh Shiroe dan teman-temannya, Tohya bergabung dengan Log Horizonbersama saudarinya. Dalam dunia nyata, Tohya terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil yang hampir merenggut nyawanya. Ia bisa pulih, namun kecelakaan tersebut membuat bagian tubuh bawahnya lumpuh total. Dia sangat senang bisa menggunakan kakinya lagi di dalam dunia Log Horizon.
Minori (ミノリ, Minori)
Pengisi suara: Nao Tamura
Minori adalah seorang gadis muda yang terperangkap dalam dunia Elder Tale bersama saudaranya Tohya. Kelasnya adalah "Kannagi", penyembuh berpakaian gadis kuil Jepang yang memfokuskan sihir pencegahan kerusakan pada teman-temannya bukan hanya menyembuhkan saja. Minori dan saudaranya bertemu Shiroe pada hari pertama mereka bermain Elder Tale dan menanyakan berbagai hal tentang meningkatkan keterampilan dan mantra penyembuhan. Setelah diselamatkan dari guild Hamelin, Minori dan saudaranya bergabung dengan Log Horizon dan mulai belajar tentang Elder Tale di bawah bimbingan Shiroe. Ia ingin menjadi ahli strategi seperti Shiroe, tetapi kemudian ia menyadari bahwa seperti Akatsuki, ia juga menyukai Shiroe. Kelas keduanya pada awal permainan adalah "Tailor" namun dia mengubahnya menjadi "Apprentice", yang memungkinkan dirinya untuk menjadi murid resmi Shiroe dan mempelajari beberapa keterampilan darinya.
Isuzu (五十鈴, Isuzu)
Pengisi suara: Eriko Matsui
Isuzu adalah gadis SMA yang mulai bermain Elder Tale beberapa saat sebelum Apocalypse terjadi. Dia adalah seorang "bard", menggunakan lagu-lagunya untuk meningkatkan statistik sekutunya dan debuff pada pemain di kelompok musuh.
Rundelhaus Code (ルンデルハウス=コード, Runderuhausu Kōdo)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara
Rundelhaus Code adalah seorang penduduk asli yang berpura-pura menjadi Petualang (sebutan yang digunakan untuk para pemain yang terjebak di dunia Elder Tale). Ia adalah seorang enyihir dengan spesialisasi sihir menyerang. Setelah sempat terluka parah, ia menandatangani kontrak dengan Shiroe yang menggunakan sihir baru yang Shiroe ciptakan untuk menyelamatkannya dan memberinya kelas kedua sebagai "Adventurer". Ia bergabung dalam Log Horizon bersama Isuzu.
Tetra (てとら, Tetora)
Pengisi suara: Yukiyo Fujī
Tetra adalah seorang "Cleric". Ia dikirim oleh Kazuhiko untuk membantu Shiroe di Susukino. Setelah selesainya misi tersebut, Ia bergabung dalam Log Horizon. Ia sebenarnya seorang laki-laki, seperti Akatsuki, ia terperangkap dalam avatarnya yang berjenis kelamin perempuan, sesuatu yang disadari semua orang kecuali Naotsugu.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Log Horizon dimulai sebagai novel ringan yang ditulis oleh Mamare Touno dan diilustrasikan oleh Kazuhiro Hara. Awalnya dipublikasikan di situs Shōsetsuka ni Narō pada 13 April 2010 lalu diterbitkan oleh Enterbrain sejak bulan Maret 2011. Yen Press mendapatkan hak untuk penerbitan novel dalam bahasa Inggris sejak tahun 2015.[2]

Manga[sunting | sunting sumber]

Serial novel ini mendapatkan empat adaptasi manga, semuanya ditulis oleh Mamare Touno. Adaptasi pertama diilustrasikan oleh Motoya Matsu dengan judul, Log Horizon Gaiden: Honey Moon Logs.[3] Serialisasi dimulai pada 27 Januari 2012 dan diterbitkan oleh ASCII Media Works di majalah Dengeki Daioh.[3] Adaptasi kedua diilustrasikan oleh Kazuhiro Hara dengan judul Log Horizon.[4] Serialisasi dimulai pada 18 Mei 2012 dan diterbitkan oleh Enterbrain pada majalah berbasis web Famitsu Comic Clear.[4] Yen Press mendapatkan hak penerbitan manga ini dalam bahasa Inggris.[5] Adaptasi ketiga diilustrasikan oleh Koyuki dengan judul, Log Horizon: The West Wind Brigade.[6]Serialisasi dimulai pada 9 Juli 2012, dan diterbitkan oleh Fujimi Shobo di majalah Age Premium.[6] Adaptasi terakhir diilustrasikan oleh Sōchū dengan judul, Log Horizon Gaiden: Nyanta-honcho Shiawase no Recipe.[7] Serialisasi dimulai pada 21 Desember 2012, dan diterbitkan oleh Enterbrain di majalah Comic B's LOG.[7]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime dengan 25 episode diproduksi oleh Satelight tayang di NHK Educational TV sejak 5 Oktober 2013 hingga 22 Maret 2014.[8] Season kedua dengan 25 episode diproduksi oleh Studio Deen mulai tayang sejak 4 Oktober 2014.[9][10][11] Untuk kedua season, lagu tema pembukanya adalah "database" oleh Man with a Mission dan Takuma sementara lagu tema penutup untuk season pertama adalah "Your song*" dan untuk season kedua adalah "Wonderful Wonder World*, keduanya dinyanyikan oleh Yun*chi.[12] [13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Log Horizon - Sentai Filmworks". Sentai Filmworks. Diakses tanggal 18 Agustus 2014. 
  2. ^ "Yen Press' Light Novel Imprint Adds Log Horizon, No Game No Life, Devil is a Part-timer!". Anime News Network. 30 Agustus 2014. Diakses tanggal 15 September 2014. 
  3. ^ a b "【コミカライズ】「Honey Moon Logs」(漫画家:松モトヤ先生) 橙乃ままれ OFFICIAL WEBSITE". mamare.net. Diakses tanggal 22 Maret 2014. 
  4. ^ a b "【コミカライズ】「ログ・ホライズン」(漫画家:ハラカズヒロ先生) 橙乃ままれ OFFICIAL WEBSITE". mamare.net. Diakses tanggal 22 Maret 2014. 
  5. ^ "Yen Press Clarifies: Kazuhiro Hara's Log Horizon Manga Licensed". Anime News Network. 15 September 2014. Diakses tanggal 16 September 2014. 
  6. ^ a b "【コミカライズ】「ログ・ホライズン~西風の旅団~」(漫画家:こゆき先生) 橙乃ままれ OFFICIAL WEBSITE". mamare.net. Diakses tanggal 22 Maret 2014. 
  7. ^ a b "【コミカイズ】「LOG HORIZON 外伝 -にゃん太班長・幸せのレシピ-」(漫画家・草中先生) 橙乃ままれ OFFICIAL WEBSITE". mamare.net. Diakses tanggal 22 Maret 2014. 
  8. ^ "Log Horizon Fantasy Novels Get TV Anime By Satelight". Anime News Network. 24 Januari 2013. Diakses tanggal 1 Oktober 2013. 
  9. ^ ""Log Horizon" Anime Season 2 Airs This Fall". Crunchyroll. 22 Maret 2014. Diakses tanggal 22 Maret 2014. 
  10. ^ ""Log Horizon" Season 2 Gets New Cast and Start Date". Crunchyroll. 18 Agustus 2014. Diakses tanggal 18 Agustus 2014. 
  11. ^ Green, Scott (18 Agustus 2014). ""Log Horizon" 2 Listed for 25 Episodes". Crunchyroll. Diakses tanggal 19 September 2014. 
  12. ^ "NHK Airs Log Horizon Anime's Opening Sequence". Anime News Network. 24 September 2013. Diakses tanggal 29 September 2013. 
  13. ^ "NHKアニメワールド ログ・ホライズン" (dalam bahasa Japanese). NHK Educational TV. Diakses tanggal 20 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

SATELIGHT Inc.
株式会社サテライト
IndustriStudio animasi
DidirikanDesember 1995 di Sapporo, Hokkaidō
Kantor
pusat
Suginami, Tokyo, Japan
Tokoh
kunci
Michiaki Satō (President)
Shōji Kawamori (Executive Director)[1]
IndukSankyo Group
Situs webSitus resmi

Satelight Inc. (株式会社サテライト, Kabushiki-gaisha Sateraito) adalah sebuah studio animasi Jepang yang merupakan divisi dari operator pachinko Sankyo Group.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Studio ini didirikan pada Desember 1995, di Sapporo, Hokkaidō, proyek pertama mereka adalah Bit the Cupid, seri animasi televisi pertama di dunia yang 100% digital.[2] Name Satelight sendiri terdiri dari S untuk Sapporo, A untuk Animate, T untuk Technology dan E untuk Entertainment. Presiden perusahaan ini adalah Michiaki Satō. Direktur dan pembuat anime terkenal, Shōji Kawamori adalah seorang direktur eksekutif di studio ini.[1]

Tahun 1996, proyek yang dikerjakan adalah memproduksi animasi komputer untuk Īhatōbu Gensō: Kenji no Haru. Kemudian didirikanlah studio produksi pada tahun 1998 di Suginami, Tokyo. Tak lama kemudian, studio ini memproduksi seri televisi pertama mereka, Chikyū Shōjo Arjuna tahun 2001. Tahun 2006, Log Horizon mengubah cabang utamanya dari Sapporo ke Tokyo.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Proyek lainnya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]