Rokudō no Onna-tachi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rokudō no Onna-tachi
Sampul manga volume pertama
六道の悪女おんなたち
(Rokudō no Onna-tachi)
GenreKomedi romantis[1]
Manga
PengarangYūji Nakamura
PenerbitAkita Shoten
MajalahWeekly Shōnen Champion
DemografiShōnen
Terbit23 Juni 20168 April 2021
Volume26
Seri anime
SutradaraKeiya Saitō
Produser
  • Hisato Usui
  • Kento Yoshida
  • Souri Nakazawa
  • Ryou Hino
  • Yuuko Matsuo
  • Hiroaki Yamazaki
  • Maiko Fuchie
  • Hideaki Hata
  • Kazuo Kiuchi
  • Atsushi Ryuushou
SkenarioYūichirō Momose
MusikTakatsugu Wakabayashi
StudioSatelight
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, MBS, BS Asahi
Tayang 8 April 2023 24 Juni 2023
Episode12
 Portal anime dan manga

Rokudō no Onna-tachi (Jepang: 六道の悪女おんなたち), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Rokudo's Bad Girls, adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yūji Nakamura. Manga ini diterbitkan di majalah manga shōnen milik Akita Shoten, Weekly Shōnen Champion, mulai bulan Juni 2016 hingga bulan April 2021. Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh Satelight dan ditayangkan mulai tanggal 8 April hingga tanggal 24 Juni 2023.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tōsuke Rokudō, siswa tahun pertama di SMA Amori, sebuah sekolah yang sebagian besar berisi anak-anak berandal, ingin menjalani kehidupan yang damai bersama teman-temannya. Namun, hal ini tampaknya mustahil karena ia terus-menerus diintimidasi oleh teman-teman sekelasnya yang berandalan. Saat Tōsuke Rokudō dan teman-temannya putus asa, Tōsuke Rokudō menerima paket misterius dari kakeknya yang sudah lama meninggal. Paket misterius itu berisi seragam pendeta dan gulungan misterius, yang diturunkan melalui keluarganya sejak zaman Heian Jepang dan dikatakan memiliki teknik mengusir setan dan roh jahat. Dengan harapan bisa melawan para perundungnya yang berandal, ia menjalani ritual untuk mengaktifkan kekuatan gulungan itu. Gulungan itu awalnya tampaknya tidak berpengaruh pada para perundung berandalan di sekolahnya, tetapi begitu ada seorang perundung yang menyiksa Tōsuke Rokudō, ia dihentikan oleh seorang gadis berandal, lalu teman-teman Tōsuke Rokudō menyadari bahwa kekuatan teknik tersebut tidak mengusir roh jahat dan monster, melainkan membuat penggunanya terkenal di kalangan wanita berandal. Setelah menyadari potensi dari kemampuan barunya, Tōsuke Rokudō bersumpah untuk menjadi lebih kuat dan menggunakan kekuatannya untuk mencapai mimpinya memiliki kehidupan sekolah yang damai, tanpa disadari ia mendapatkan banyak siswi berandal di sepanjang jalan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Tōsuke Rokudō (六道 桃助, Rokudō Tōsuke)
Pengisi suara: Gen Satō[2]
Seorang siswa SMA tahun pertama yang secara fisik lemah dan pengecut dan bersekolah di sekolah yang dipenuhi siswa bermasalah. Ia dan dua sahabatnya terus-menerus hidup dalam ketakutan dan sering diintimidasi, sehingga mereka bertiga melampiaskan rasa frustrasi mereka masing-masing di toilet sekolah. Setelah menerima gulungan misterius dari kakeknya, ia mendapatkan tanda pentagram di dahinya. Nenek moyangnya menggunakan mantra ini untuk mengusir oni, tetapi di zaman modern, mantra tersebut menyebabkan "gadis preman" mana pun langsung jatuh cinta padanya begitu ia melakukan kontak mata dengan mereka. Kehidupan sekolahnya berubah drastis karena ia tidak hanya dimasukkan ke dalam geng bermasalah di sekolahnya, tetapi ia juga bertemu dengan beberapa gadis, masing-masing menghadirkan masalah baru. Ia membantu memulihkan sebagian besar gadis yang menjadi fokusnya, yang masing-masing benar-benar jatuh cinta padanya atau menjadi sekutu dekat. Meskipun ia menolak untuk bertarung di awal cerita, kegigihan dan penolakannya untuk melarikan diri telah mendapatkan rasa hormat dari mantan perundungnya. Kemudian, ia belajar kung-fu dan mempelajari sebagian besar dasar-dasarnya dari Ling Lan.
Ranna Himawari (向日葵 乱奈, Himawari Ranna)
Pengisi suara: Sumire Uesaka[2]
Seorang gadis muda dengan reputasi terkenal sebagai Sukeban yang memegang Bokken, sering digambarkan sebagai "monster" karena kekuatan dan kebrutalannya. Ia adalah gadis utama pertama yang jatuh cinta di bawah mantra Tōsuke Rokudō. Secara umum, ia tidak berbicara atau mengungkapkan banyak emosi selain jarak emosional kecuali ada Tōsuke Rokudō, tetapi ia menoleransi teman-temannya. Di dekat Tōsuke Rokudō, ia sangat ceria dan tersenyum. Tōsuke Rokudō tidak akan ragu untuk berhenti dan melindunginya saat ia dalam bahaya, tetapi akan menghormati keinginannya karena ia tidak ikut campur di antara pertarungan Tōsuke Rokudō dan Haruya Iinuma saat ia memintanya dan hanya menyerang saat ia meminta bantuannya. Sebagai seorang gadis, terungkap bahwa ia diadopsi oleh pasangan lansia karena seseorang meninggalkannya di depan pintu rumah mereka. Yang mengejutkan mereka, bahkan saat masih bayi, ia memiliki wajah setan yang mengerikan. Saat tumbuh dewasa, ia adalah iblis karena tindakan kejamnya, bahkan dengan brutal menyeret seorang pendeta yang diikat ke sepeda roda tiganya. Berkat manik-manik khusus dari pendeta yang sama, ia menjadi lebih sopan, tetapi ia kembali brutal setelah manik-manik itu hancur. Beberapa tahun kemudian, Tōsuke Rokudō menerima sepasang manik-manik ini, meskipun sekarang manik-manik itu benar-benar menenangkannya, menyebabkan ia sangat takut pada manik-manik tersebut. Nama belakangnya, Himawari, berarti bunga matahari dalam bahasa Jepang.
"Kolonel" (Masaru Hinomoto) (火野本 勝, Hinomoto Masaru)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa[3]
Kemungkinan besar dijuluki karena baret militer dan kamuflase dalam pakaiannya, ia adalah salah satu sahabat Tōsuke Rokudō. Ia berbagi impian Tōsuke Rokudō untuk menjalani kehidupan sekolah yang damai dan bebas dari intimidasi para pengganggu. Bersama Tōsuke Rokudō dan sahabat mereka, Manajer, ia berkumpul di kamar mandi selama jam sekolah untuk melampiaskan rasa frustrasinya dengan kehidupannya di SMA Amori. Ia adalah orang pertama yang berteori bahwa kemampuan yang diterima Tōsuke Rokudō dari gulungan itu adalah membuatnya terkenal di kalangan "gadis preman". Ia sering membantu konflik yang melibatkan Tōsuke Rokudō bersama dengan teman-temannya.
"Manajer" (Kōta Kijima) (木嶋 耕太, Kijima Kōta)
Pengisi suara: Akira Ishida[3]
Kemungkinan besar dijuluki karena pakaian formal dan sikapnya yang seperti pebisnis, ia adalah salah satu sahabat Tōsuke Rokudō. Seperti Kolonel dan Tōsuke Rokudō, ia juga ingin menjalani kehidupan yang damai di SMA Amori dan terus-menerus diintimidasi oleh teman-teman sekelasnya yang bermasalah. Seperti Kolonel, ia memperhatikan bahwa Tōsuke Rokudō terkenal di kalangan "gadis preman" dan ikut bersama Tōsuke Rokudō dan teman-temannya ketika ia terlibat konflik dengan geng bermasalah.
Haruya Iinuma (飯沼 波瑠也, Iinuma Haruya)
Pengisi suara: Haruki Ishiya[2]
Perundung utama Tōsuke Rokudō dan teman-temannya yang menjadikan mereka lelucon kejam yang merugikan mereka. Setelah Tōsuke Rokudō membangkitkan kekuatannya dan secara tidak sengaja mempengaruhi kekasihnya, Tsubaki, ia menantangnya untuk berkelahi. Meskipun jauh lebih kuat darinya, Tōsuke Rokudō menolak untuk berlari dan melakukan pukulan keras sebelum ia meminta bantuan Ranna dalam pertarungan. Terkesan dengan kegigihannya, ia berteman dengan Tōsuke Rokudō dan menjadi salah satu sekutu terdekatnya, akhirnya menjadi cukup dekat untuk mengetahui kekuatannya. Ia adalah salah satu petarung terkuat di SMA Amori, tetapi ia tertinggal dari Ranna dan Sayuri. Ia menyukai ramen dan sepeda motor, lalu ia suatu hari ingin memiliki kedai ramen keliling. Ia suka memodifikasi sepeda motornya, tetapi cenderung membuatnya terlalu mencolok dengan "peningkatan" yang tidak perlu.
Tsubaki (椿, Tsubaki)
Pengisi suara: Misato Matsuoka[2]
Salah satu perundung Tōsuke Rokudō sekaligus kekasih Haruya Iinuma. Setelah ia terpesona oleh kekuatan Tōsuke Rokudō, ia menyesal atas caranya memperlakukannya dan meminta maaf padanya saat berada di kamar mandi. Perhatiannya padanya menimbulkan kemarahan awal Haruya Iinuma, meskipun setelah mereka berdua berteman, ia sering bergaul dengan Tōsuke Rokudō dan teman-temannya. Ia tidak bereaksi lagi terhadap kekuatan Tōsuke Rokudō. Namanya berasal dari bahasa Jepang untuk bunga camelia, tsubaki.
Sayuri Osanada (幼田 小百合, Osanada Sayuri)
Pengisi suara: Naomi Ōzora[2]
Dengan penampilan dan tingkah lakunya yang masih SD, ia sering disalahartikan sebagai salah satu siswa di SMA Aomori. Meskipun penampilannya mungil, ia adalah bancho di sekolah yang telah membangun reputasi sebagai petarung fisik terkuat. Ia awalnya menargetkan Tōsuke Rokudō karena kemampuannya yang tidak dapat dijelaskan untuk menjadi terkenal di kalangan siswi SMA Amori, tetapi ketika ia mulai menyerangnya, ia menjadi terpikat padanya karena kekuatan mantranya. Tōsuke Rokudō kemudian menjadi cinta pertamanya. Melalui pengaruh Tōsuke Rokudō, ia melakukan tuntunan dan bergabung kembali ke kehidupan sekolah dan membantunya mencapai impiannya akan kehidupan yang damai melalui pengaruhnya yang kuat terhadap teman-teman sekelasnya. Sejak saat itu, ia menjadi sekutu Tōsuke Rokudō dan salah satu orang pertama yang langsung membantunya ketika masalah yang melibatkan penjahat dari luar menimpa dirinya atau SMA Amori. Namanya, Sayuri, berarti bunga lili dalam bahasa Jepang.
Azami Himeno (姫野 莇美, Himeno Azami)
Pengisi suara: Yuki Yomichi[2]
Menyukai pekerjaannya sebagai polisi dan sepeda motor, ia adalah karakter wanita utama ketiga yang terpikat pada Tōsuke Rokudō. Awalnya dianggap manis dan feminin, ia suka mengendarai sepeda motor. Ia menyimpan dendam terhadap geng pengendara motor, yang dipukuli olehnya dengan kejam saat menaiki sepeda motornya. Ia bertindak seperti seorang main hakim sendiri, memperingatkan warga tentang keselamatan lalu lintas dan menjatuhkan orang-orang yang dianggap sebagai penjahat di jalan. Ia adalah satu-satunya gadis utama yang tidak bersekolah di SMA Amori. Nama depannya adalah plesetan dari kata Jepang untuk rumput duri, azami.
Minami Yamabuki (山吹 ミナミ, Yamabuki Minami)
Seorang gadis keempat yang terpikat oleh Tōsuke Rokudō, yang memiliki penampilan seperti kelelawar sebelum bertemu Tōsuke Rokudō. Awalnya seorang rentenir yang telah menipu uang ratusan orang-orang termasuk orang tua Manajer. Dalam takdir yang tak terduga, ia bertemu Tōsuke Rokudō dan menjadi korban kekuasaannya dan mulai menghabiskan banyak uang untuk membuatnya terkesan. Ia juga memberinya nasihat tentang bagaimana membantu Manajer menghentikan rentenir orangtuanya, ironisnya menghentikan rencananya sendiri. Ketika ia mengetahui peran Tōsuke Rokudō, ia menjadi putus asa ketika sekutunya mengkhianatinya dan mencuri sisa uangnya. Setelah mendengar penderitaannya, ia memberikan uang itu kepada Jin. Ia kemudian bersekolah di SMA Amori pada tahun ajaran berikutnya sebagai siswa tahun pertama. Nama belakangnya berasal dari bahasa Jepang untuk bunga marigold bush Jepang.
Ling Lan (鈴蘭, Ling Lan)
Seorang gadis yang ahli kung-fu, tetapi ia bermulut kotor, kurang ajar dan suka berkelahi. Ketika Tōsuke Rokudō dan teman-teman prianya berusaha mencari kuil di gunung terpencil yang konon memiliki manik-manik yang dapat menenangkan Ranna, Tōsuke Rokudō bertemu dengannya yang telah menemukan mereka saat mereka tersesat di hutan. Pada pandangan pertama, ia tampak tenang, bahkan digambarkan sebagai "dewi" oleh Tōsuke Rokudō dan teman-temannya. Kenyataannya, ia juga mengenakan manik-manik yang selama ini dicari Tōsuke Rokudō. Sekembalinya ke kuil, ia secara tidak sengaja melepaskan manik-manik tersebut dan ingin memberikannya kepada Tōsuke Rokudō untuk membantunya, namun dalam prosesnya telah menghilangkan efeknya dan menjadi gadis kelima. Meskipun kebal terhadap mantra Tōsuke Rokudō dengan manik-maniknya, setelah manik-manik itu dilepas, ia juga terpikat ke dalam mantranya. Ia mengajari Tōsuke Rokudō dasar-dasar kung-fu dan setelah seminggu, ia telah memahami cukup dasar untuk menjadi petarung yang kompeten dan ia jatuh cinta padanya. Setelah berangkat berziarah bersama teman-teman Tōsuke Rokudō, ia mendaftar di SMA Amori sebagai adik kelas Tōsuke Rokudō di tahun kedua. Namanya berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti bunga bakung.
Sachiyo Sakura (桜 沙知代, Sakura Sachiyo)
Putri angkat seorang bos kriminal wanita yang memiliki kekuatan melihat ke depan dengan menatap mata orang lain. Kewaskitaannya berkisar pada waktu, tetapi dalam beberapa kasus, ia menggunakannya untuk melihat masa depan dalam waktu dekat. Awalnya diyakini bahwa ia dikirim ke SMA Amori sebagai siswa tahun pertama baru oleh ibunya untuk memeras para siswa menggunakan kekuatannya. Tanpa sepengetahuannya, ibunya sengaja mengirimnya ke sana untuk menemui Tōsuke Rokudō dan menggunakan kekuatannya untuk mengubahnya menjadi gadis normal, menjadikannya gadis keenam. Setelah terkena mantra Tōsuke Rokudō, ia kehilangan pandangan ke depannya, menjadi canggung dan sedikit tertekan karena kehilangan kekuatannya sendiri. Rekan ibunya menculiknya karena mereka membutuhkan kekuatannya untuk mempertahankan kendali mereka di dunia kriminal. Nama belakangnya berarti bunga sakura dalam bahasa Jepang.

Aliansi Onishima (鬼島連合)[sunting | sunting sumber]

Douji Matsugamiya (松ヶ宮 童子, Matsugamiya Douji)
Pengisi suara: Daiki Yamashita[4]
Ketua Aliansi Onishima. Meskipun ia sopan, ia juga bisa sangat mengintimidasi. Seperti Tōsuke Rokudō, ia pernah menjadi orang yang pemalu dan sangat takut pada orang lain sehingga ia terpaksa menyuap orang yang lebih kuat untuk melindunginya. Ia akhirnya bergabung dengan Aliansi Onishima agar dikelilingi oleh individu-individu yang kuat. Setelah Ranna dengan mudah mengalahkan Aliansi Onishima sendirian, ia jatuh cinta dengan kekuatannya dan ingin Ranna bergabung dengan aliansi dengan mengumpulkan individu-individu yang kuat untuk memperkuat barisannya dan mengambil alih sebagai ketua aliansi. Meskipun dulunya seorang pengecut, ia telah menjadi cukup kuat untuk melawan Tōsuke Rokudō dan teman-temannya sendirian. Meskipun gagal merekrut Ranna, ia segera menyadari bahwa ia telah menjadi kuat dan sekutunya di aliansi benar-benar mengagumi kekuatannya dan mengakuinya tanpa suap.
Yui Yashiya (椰子谷 唯, Yashiya Yui)
Pengisi suara: Mayuko Kazama[4]
Seorang anggota Aliansi Onishima dengan peringkat tertinggi dan terkuat setelah Douji. Ia memiliki ketertarikan pada pria kuat, tetapi ia menunjukkan perasaannya melalui tindakan sadisme dan suka menghancurkan semangat mereka. Di bawah mantra Tōsuke Rokudō, ia melihatnya sebagai pria yang sangat kuat yang semakin berkembang selama pertarungan mereka. Tōsuke Rokudō "mengalahkannya" setelah menyelamatkannya karena terjatuh dari jendela, menyebabkannya pingsan karena bahagia. Setelah pertarungan antara Aliansi Onishima dan SMA Amori, ia meninggalkan Aliansi Onishima. Nama belakangnya, Yashi, berarti pohon palem.
Sumire Bersaudara
Tiga saudara kandung kembar berperingkat kelima di Aliansi Onishima, meskipun Amano yang sebenarnya berperingkat kelima. Amano adalah putri sulung, Kazeno adalah putri tengah dan Raino adalah putri bungsu. Penampilan mereka hampir identik dan cukup terampil menggunakan riasan untuk meniru satu sama lain dengan sempurna. Nama depan mereka masing-masing berarti langit, hujan dan petir, sedangkan nama belakang mereka, Sumire, berarti bunga violet dalam bahasa Jepang.
Raino Sumire (菫 雷乃, Sumire Raino)
Pengisi suara: Reina Ueda[4]
Putri bungsu dari saudara kembar tiga Sumire. Ia berpenampilan dan berkepribadian seperti seorang Ikemen dan terampil dalam tata rias. Keterampilan tata riasnya sangat meyakinkan sehingga ia mudah menyamarkan Tōsuke Rokudō sebagai gadis cantik. Ia berada di bawah mantra Tōsuke Rokudō selama pertarungan Aliansi Onishima dan bertingkah feminin di sekitarnya. Ia benar-benar jatuh cinta pada Tōsuke Rokudō karena kebaikan hatinya dan memberinya ciuman pertamanya. Kemudian, ia mengakui perasaannya kepada Tōsuke Rokudō, tetapi ia dengan lembut menolaknya. Ia berbagi gelar peringkat kelima dengan Kazeno di Aliansi Onishima.
Kazeno Sumire (菫 風乃, Sumire Kazeno)
Pengisi suara: Reina Ueda[4]
Putri tengah dari saudara kembar tiga Sumire, ia berpenampilan dan berkepribadian mirip dengan seorang idola. Ia melindungi adik perempuannya dan ia awalnya diganggu oleh Tōsuke Rokudō karena melihat adik perempuannya jatuh di bawah mantranya ketika Tōsuke Rokudō mengaku bahwa ia adalah orang mesum yang menyembunyikan kekuatannya darinya. Seperti adik perempuannya, ia mengidolakan Amano, tetapi ia ingin setara dengannya daripada mengikuti jejaknya. Ia membantu adik perempuannya selama pertarungan Aliansi Onishima untuk membantunya demi Tōsuke Rokudō. Ia berbagi gelar peringkat kelima dengan Raino di Aliansi Onishima.
Amano Sumire (菫 天乃, Sumire Amano)
Pengisi suara: Reina Ueda[4]
Putri sulung dari saudara kembar tiga Sumire sekaligus seorang anggota rahasia Aliansi Onishima yang sebenarnya berperingkat kelima. Ia sangat dikagumi oleh dua adiknya dan merupakan orang yang merekrut mereka berdua ke dalam Aliansi Onishima. Di masa kecilnya, mereka akan menggunakan penampilan fisik mereka untuk melakukan kejahatan. Ia mengajari Kazeno dan Raino cara bertarung dan cara menggunakan riasan. Selama pertarungan melawan SMA Amori, Raino melawannya dan menang hingga membuatnya menyadari bahwa adik-adiknya sekarang setara dengannya. Ia tetap tinggal di aliansi saat adik-adiknya telah meninggalkan aliansi.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Aoi Furukawa (布留川 葵, Furukawa Aoi)
Pengisi suara: Hiroki Nanami[4]
Seorang anggota Aliansi Onjima yang memimpin pasukan sepeda motornya. Ia biasanya hangat dan ramah, namun bisa menjadi kasar dan sangat kompetitif di belakang kemudi sepeda motornya. Ia dikejar oleh petugas kepolisian yang mengendarai sepeda motor hingga petugas tersebut terluka parah dalam sebuah kecelakaan. Ia adalah rekan dekat Azami Himeno dan berpacu melawannya dan Tōsuke Rokudō, tetapi ia kalah. Ia meninggalkan gengnya dan meninggalkan Azami Himeno yang bertanggung jawab atas mereka. Ia tetap dekat dengannya, tetapi ia sering kali bersikap kompetitif di dekatnya.
Erika Otohime (乙姫 恵梨香, Otohime Erika)
Pengisi suara: Yuri Komagata[4]
Ketua geng yang semuanya beranggotakan perempuan, Team Ryuugu. Di masa lalu, Team Ryuugu adalah geng jalanan yang selalu terlibat perkelahian dengan geng saingannya. Saat terjadi perkelahian, Ranna bergabung dan menjadi anggota tidak resmi, membantu timnya naik ke puncak geng kota. Namun, setelah Aliansi Onishima mulai menyerang gengnya, ia memutuskan untuk membubarkannya demi keselamatan mereka. Ia memberi Ranna pedang kayunya. Sekarang gengnya adalah warga negara yang taat hukum dan terus berpakaian dengan gaya geng aslinya. Setelah melihat kepribadian Ranna yang berubah, ia meminta Tōsuke Rokudō untuk membuatnya bahagia. Namanya mengandung kanji yang berarti pohon pir.
Sachiko Sakura (桜 沙知子, Sakura Sachiko)
Seorang bos kriminal yakuza wanita berusia 42 tahun dan secara tidak langsung terlibat dengan cerita Minami Yamabuki saat ia menugaskan Jin untuk mengincar gudang orang tua Manajer. Ia adalah ibu angkat Sachiyo, yang ditemukan di apartemen orang tua kandung Sachiyo setelah mereka memiliki utang yang sangat besar padanya hingga meninggalkan Sachiyo. Ia segera menemukan kekuatan Sachiyo dan mengadopsinya, menggunakan kekuatannya untuk membantu mengembangkan bisnis kriminalnya. Seiring waktu, ia memiliki ikatan keibuan dengan Sachiyo dan ingin menjauhkannya dari dunia bawah tanah. Setelah bertemu Tōsuke Rokudō dan menjadi korban efek mantranya, ia meneliti kekuatannya secara ekstensif dan dengan mudah mengetahui mekanismenya serta sejarah penggunaan kekuatan tersebut. Ingin Sachiyo menjalani kehidupan normal, ia sengaja membuatnya bersekolah di SMA Amori sebagai sarana untuk mencapainya dan ia langsung meminta bantuan Tōsuke Rokudō untuk mencapai tujuan ini. Tōsuke Rokudō menerima permintaannya untuk memulihkan putrinya, tetapi ia menolak perlindungannya jika Ranna mengamuk. Bersyukur atas kebaikannya, ia masih berjanji untuk campur tangan terhadap Ranna setelah putrinya telah dipulihkan.
Mizue Tsuyukusa (露草 水絵, Tsuyukusa Mizue)
Pengisi suara: Hitomi Sekine[2]
Seorang gadis yang sekelas dengan Tōsuke Rokudō dan salah satu dari sedikit gadis yang tidak bermasalah di SMA Amori, yang dekat dengan rumahnya, tanpa mengetahui bahwa sekolah itu adalah sekolah untuk siswa yang bermasalah. Ia memiliki kepribadian yang serius dan menjabat sebagai ketua kelas. Ia tumbuh di keluarga miskin dan seperti Tōsuke Rokudō sebelumnya, ia menghabiskan kehidupan sekolahnya dalam ketakutan terhadap siswa bermasalah. Karena ia awalnya memiliki kesan yang baik terhadap Tōsuke Rokudō yang baik hati dan serius, ia curiga dengan perubahan mendadak Tōsuke Rokudō, seperti interaksi Tōsuke Rokudō dengan penjahat terkenal.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Rokudō no Onna-tachi ditulis dan diilustrasikan oleh Yūji Nakamura. Manga ini diterbitkan di majalah Weekly Shōnen Champion milik Akita Shoten mulai tanggal 23 Juni 2016[5] hingga tanggal 8 April 2021.[6]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
01 8 November 2016[7]ISBN 978-4-25-322576-2
02 8 Februari 2017[8]ISBN 978-4-25-322577-9
03 7 April 2017[9]ISBN 978-4-25-322578-6
04 8 Mei 2017[10]ISBN 978-4-25-322579-3
05 7 Juli 2017[11]ISBN 978-4-25-322580-9
06 6 Oktober 2017[12]ISBN 978-4-25-322581-6
07 6 Desember 2017[13]ISBN 978-4-25-322582-3
08 8 Maret 2018[14]ISBN 978-4-25-322583-0
09 8 Mei 2018[15]ISBN 978-4-25-322584-7
10 6 Juli 2018[16]ISBN 978-4-25-322585-4
11 7 September 2018[17]ISBN 978-4-25-322586-1
12 7 Desember 2018[18]ISBN 978-4-25-322587-8
13 8 Februari 2019[19]ISBN 978-4-25-322588-5
14 8 April 2019[20]ISBN 978-4-25-322589-2
15 7 Juni 2019[21]ISBN 978-4-25-322590-8
16 8 Agustus 2019[22]ISBN 978-4-25-322856-5
17 8 November 2019[23]ISBN 978-4-25-322857-2
18 8 Januari 2020[24]ISBN 978-4-25-322858-9
19 8 April 2020[25]ISBN 978-4-25-322859-6
20 8 Mei 2020[26]ISBN 978-4-25-322860-2
21 6 Agustus 2020[27]ISBN 978-4-25-322862-6
22 8 Oktober 2020[28]ISBN 978-4-25-322863-3
23 8 Desember 2020[29]ISBN 978-4-25-322864-0
24 8 Maret 2021[30]ISBN 978-4-25-322865-7
25 7 Mei 2021[31]ISBN 978-4-25-322866-4
26 8 Juni 2021[32]ISBN 978-4-25-322867-1

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan pada tanggal 18 Januari 2023. Seri ini diproduksi oleh Satelight dan disutradarai oleh Keiya Saitō, dengan Yūichirō Momose berperan sebagai penulis naskah, Shinya Segawa dan Hideaki Ōnishi berperan sebagai perancang karakter, Hiroyuki Taiga berperan sebagai perancang mekanik, Yasuyoshi Uetsu dan Tomoaki Chishima berperan sebagai perancang latar serta Takatsugu Wakabayashi sebagai penyusun musik.[33] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 8 April hingga tanggal 24 Juni 2023 di Tokyo MX, MBS dan BS Asahi.[2] Lagu tema pembuka seri ini berjudul "Endless Labyrinth" yang dibawakan oleh EverdreaM, sedangkan lagu tema penutup seri ini berjudul "Love Will Find A Way" yang dibawakan oleh The Rampage from Exile Tribe.[3] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini di Amerika Utara,[34] sedangkan Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Asia Tenggara.[35]

No.Judul [36][37]Sutradara [a]Penulis skenarioStoryboardTanggal tayang asli [38]
1"Enjoying Our Time at School in Peace"
Transkripsi: "Heiwa de Tanoshii Gakuen Seikatsu" (平和で楽しい学園生活)
Keiya SaitōYūichirō MomoseKeiya Saitō8 April 2023 (2023-04-08)
2"The Top Dog at Our School Is After You"
Transkripsi: "Omae, Uchi no Banchō ni Nerawareteru zo" (お前、ウチの番長に狙われてるぞ)
Mayo NozakiYūichirō MomoseSayo Aoi15 April 2023 (2023-04-15)
3"The Happy Road Home That Goes On Forever"
Transkripsi: "Doko Made mo Tsuzuku Shiawase na Kaerimichi da" (どこまでも続く幸せな帰り道だ)
Ryō MiyataYūichirō MomoseYoshiaki Okumura22 April 2023 (2023-04-22)
4"A Princess on a Motorbike"
Transkripsi: "Baiku ni Notta Ohime-sama" (バイクに乗ったお姫様)
Masanori Miyata[b]Yūichirō MomoseTakaaki Ishiyama29 April 2023 (2023-04-29)
5"Motorbikes Are Symbols of Freedom"
Transkripsi: "Baiku wa Jiyū no Shōchō Nan Dakara" (バイクは自由の象徴なんだから)
Hisoka MaejimaYūichirō MomoseSatoshi Shimizu6 Mei 2023 (2023-05-06)
6"It's My Treasure"
Transkripsi: "Watashi no Takaramono" (私の宝物)
Ryō MiyataYūichirō MomoseKeiya Saitō13 Mei 2023 (2023-05-13)
7"You're the Key, Rokudo Tosuke"
Transkripsi: "Omae ga Kagi ka Rokudō Tōsuke" (お前が鍵か六道桃助)
Mayo NozakiYūichirō MomoseMayo Nozaki20 Mei 2023 (2023-05-20)
8"We're Taking Himawari Ranna"
Transkripsi: "Itadaku zo, Himawari Ranna" (頂くぞ、向日葵乱奈)
Takashi SatōYūichirō MomoseSatoshi Shimizu27 Mei 2023 (2023-05-27)
9"You're Not Alone"
Transkripsi: "Omae wa Hitori ja Nai" (お前は一人じゃない)
Nanako ShimazakiYūichirō MomoseNanako Shimazaki3 Juni 2023 (2023-06-03)
10"We're Gonna Win"
Transkripsi: "Katsu no wa Oretachi da" (勝つのは俺達だ)
Ryō MiyataYūichirō MomoseTakaaki Ishiyama10 Juni 2023 (2023-06-10)
11"This Is Where We Say Goodbye, Rokudo"
Transkripsi: "Rokudō-kun to wa Koko de Owakare" (六道君とはここでお別れ)
Hisoka MaejimaYūichirō MomoseSayo Aoi17 Juni 2023 (2023-06-17)
12"Our Dream School Lives Have Begun"
Transkripsi: "Risō no Gakuen Seikatsu no Hajimari da!" (理想の学園生活の始まりだ!)
Mayo NozakiYūichirō MomoseKeiya Saitō24 Juni 2023 (2023-06-24)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.
  2. ^ Sutradara episode (シーン演出)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 【電子書籍のソク読み】豊富な無料試し読み]"六道の悪女たち 【電子書籍のソク読み】豊富な無料試し読み". sokuyomi.jp (dalam bahasa Jepang). Digital Catapult Inc. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  2. ^ a b c d e f g h Mateo, Alex (18 Januari 2023). "Rokudō no Onna-tachi Manga Gets TV Anime in April". Anime News Network. Diakses tanggal 18 Januari 2023. 
  3. ^ a b c Cayanan, Joanna (8 Maret 2023). "Rokudō no Onna-tachi Anime Unveils 1st Promo Video, More Cast, Theme Songs, April 7 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 8 Maret 2023. 
  4. ^ a b c d e f g Mateo, Alex (24 Maret 2023). "Rokudo's Bad Girls Anime Reveals Onishima Alliance Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 24 Maret 2023. 
  5. ^ 週刊少年チャンピオン 2016年No.30 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  6. ^ 週チャンの3週連続「入間くん」特集で外伝など掲載、「六道の悪女たち」は完結. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. 8 April 2021. Diakses tanggal 18 Januari 2023. 
  7. ^ 六道の悪女たち 第1巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  8. ^ 六道の悪女たち 第2巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  9. ^ 六道の悪女たち 第3巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  10. ^ 六道の悪女たち 第4巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  11. ^ 六道の悪女たち 第5巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  12. ^ 六道の悪女たち 第6巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  13. ^ 六道の悪女たち 第7巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  14. ^ 六道の悪女たち 第8巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  15. ^ 六道の悪女たち 第9巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  16. ^ 六道の悪女たち 第10巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  17. ^ 六道の悪女たち 第11巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  18. ^ 六道の悪女たち 第12巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  19. ^ 六道の悪女たち 第13巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  20. ^ 六道の悪女たち 第14巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  21. ^ 六道の悪女たち 第15巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  22. ^ 六道の悪女たち 第16巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 4 Juli 2019. 
  23. ^ 六道の悪女たち 第17巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 18 Desember 2019. 
  24. ^ 六道の悪女たち 第18巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  25. ^ 六道の悪女たち 第19巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  26. ^ 六道の悪女たち 第20巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 22 Juli 2020. 
  27. ^ 六道の悪女たち 第21巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 8 Desember 2020. 
  28. ^ 六道の悪女たち 第22巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 8 Desember 2020. 
  29. ^ 六道の悪女たち 第23巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 8 Desember 2020. 
  30. ^ 六道の悪女たち 第24巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 17 April 2021. 
  31. ^ 六道の悪女たち 第25巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 26 Juni 2021. 
  32. ^ 六道の悪女たち 第26巻 (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 26 Juni 2021. 
  33. ^ 春アニメ『六道の悪女たち』新キービジュアル公開! 菫雷乃・風乃・天乃役:上田麗奈さん、松ヶ宮童子役:山下大輝さんなど、追加声優5名発表!. Animate Times (dalam bahasa Jepang). 25 Maret 2023. Diakses tanggal 30 Maret 2023. 
  34. ^ Pineda, Rafael Antonio; Mateo, Alex (22 Maret 2023). "Crunchyroll Announces Release Schedule for Spring 2023 Anime Season". Anime News Network. Diakses tanggal 20 Mei 2023. 
  35. ^ Pineda, Rafael Antonio (27 April 2023). "Muse Asia Licenses Rokudo's Bad Girls Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 20 Mei 2023. 
  36. ^ "Sutōrī|Terebi Anime "Rokudō no Onna-tachi" Kōshiki Saito" STORY|TVアニメ「六道の悪女たち」公式サイト [Story|TV Anime "Rokudo's Bad Girls" Official Website]. rokudo-akujo.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 7 April 2023. 
  37. ^ "Watch Rokudo's Bad Girls - Crunchyroll". Crunchyroll. Diakses tanggal 7 April 2023. 
  38. ^ "On'ea|Terebi Anime "Rokudō no Onna-tachi" Kōshiki Saito" ONAIR|TVアニメ「六道の悪女たち」公式サイト [On Air|TV Anime "Rokudo's Bad Girls" Official Website]. rokudo-akujo.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 7 April 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]