Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?
Sampul novel ringan volume pertama yang menampilkan Chtholly Nota Seniorious
終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?
(Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?)
Novel ringan
PengarangAkira Kareno
IlustratorUe
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiPria
Terbit1 November 20141 April 2016
Volume5 + 1 cerita sampingan
Novel ringan
Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Mō Ichido dake, Aemasu ka?
PengarangAkira Kareno
IlustratorUe
PenerbitKadokawa Shoten
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiPria
Terbit1 April 201630 Juli 2021
Volume11
Manga
PengarangAkira Kareno
IlustratorKaname Seu
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit27 Juni 201626 Mei 2018
Volume4
Seri anime
SutradaraJun'ichi Wada
ProduserAtsushi Itō
Skenario
  • Akira Kareno
  • Mariko Mochizuki
  • Shingo Nagai
  • Toshizo Nemoto
MusikTatsuya Kato
Studio
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS Kyoto, TV Aichi, Sun TV, TVQ, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 11 April 2017 27 Juni 2017
Episode12
Novel ringan
Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Iden: Leila Asprey
PengarangAkira Kareno
IlustratorUe
PenerbitKadokawa Shoten
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiPria
Terbit1 Juni 20191 Juni 2020
Volume2
 Portal anime dan manga

Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? (Jepang: 終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us? atau disingkat WorldEnd, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Akira Kareno dan diilustrasikan oleh Ue. Volume pertama seri novel ringan ini diterbitkan oleh Kadokawa Shoten di bawah cetakan Kadokawa Sneaker Bunko pada tanggal 1 November 2014[1] dan berakhir dengan rilis volume kelima pada tanggal 1 April 2016.[2] Sekuel novel ringan yang berjudul Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Mō Ichido dake, Aemasu ka? (終末なにしてますか?もう一度だけ、会えますか?) mulai diterbitkan dengan merilis volume pertama pada tanggal 1 April 2016.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sudah lebih dari 500 tahun sejak umat manusia hampir punah di tangan Beast yang menakutkan dan misterius. Ras yang masih hidup sekarang membuat rumah dan kota mereka di pulau terapung di langit agar jauh dari jangkauan semua orang kecuali Beast yang paling gesit. Hanya sekelompok gadis muda, yang dijuluki Leprechaun, yang dapat menggunakan Dug Weapon kuno yang dibutuhkan untuk menangkis invasi dari makhluk berbahaya itu. Ke dalam kehidupan orang-orang yang tidak stabil dan sekilas, di mana panggilan sederhana untuk kematian tertentu bisa datang kapan saja, memasuki karakter yang tidak mungkin: seorang pria misterius yang kehilangan segalanya dalam pertempuran terakhirnya 500 tahun yang lalu dan telah terbangun dari tidur panjang yang dingin. Tidak dapat bertarung lagi, pria itu, Willem Kmetsch, menjadi ayah yang tidak pernah dimiliki anak-anak itu, merawat dan mengasuh mereka bahkan ketika ia berusaha menerima kehidupan barunya di mana ia merasakan sakitnya menunggu orang yang dicintainya tanpa daya untuk kembali ke rumah dari pertempuran di mana putrinya pernah merasakannya sejak lama. Bersama-sama, Willem dan para Leprechaun perlahan memahami apa arti keluarga dan apa yang benar-benar layak dilindungi dalam hidup mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Willem Kmetsch (ヴィレム・クメシュ, Viremu Kumeshu)
Pengisi suara: Ryōhei Arai[4]
Satu-satunya seorang emnetwihts (人間族エムネトワイト, "manusia"; dari Anglo-Saxon) yang masih hidup dan berada di dunia di mana manusia mendekati kepunahan oleh ciptaan yang mereka sebut "Beast". Dikenal sebagai Black Agate Swordmaster, ia kemudian ditemukan di bawah danau beku setelah dikutuk membatu selama 500 tahun oleh Eboncandle. Ia melanjutkan perjuangannya melawan Beast, ia kali ini sebagai penasihat "Peri" karena tubuhnya terlalu rusak untuk menggunakan senjatanya setelah pertempurannya dengan Eboncandle. Sebagai seorang pejuang aktif, ia pernah menggunakan Percival, senjata versi Dug Weapon yang diproduksi secara massal (dulu disebut Carillon).
Chtholly Nota Seniorious (クトリ・ノタ・セニオリス, Kutori Nota Seniorisu)
Pengisi suara: Azusa Tadokoro[5]
Seorang leprechaun (黄金妖精レプラカーン, "peri emas") yang dapat menggunakan semua senjata. Ia mewarisi Weapon Seniorious, yang dulunya milik Lillia, seorang pemberani dari masa lalu Willem. Ia mengembangkan perasaan untuk Willem ketika ia bertemu dengannya untuk pertama kalinya.
Ithea Myse Valgulious (アイセア・マイゼ・ヴァルガリス, Aisea Maize Varugarisu)
Pengisi suara: Machico[4]
Seorang leprechaun yang rambutnya ditata seperti telinga kucing. Ia memiliki kepribadian yang ceria dan sering bercanda bahwa Willem hanya menyukai gadis seusianya, tetapi ia menyembunyikan identitas aslinya. Ia menggunakan Dug Weapon Valgulious.
Nephren Ruq Insania (ネフレン・ルク・インサニア, Nefuren Ruku Insania)
Pengisi suara: Akari Uehara[4]
Seorang leprechaun yang jarang menunjukkan emosi. Ia peduli pada Willem dan banyak membantunya tetapi sering menempel padanya atas beberapa alasan yang tidak diketahui. Ia mencintai bunga. Ia menggunakan Dug Weapon Insania.
Rhantolk Ytri Historia (ラーントルク・イツリ・ヒストリア, Rāntoruku Itsuri Hisutoria)
Pengisi suara: Kazusa Aranami[4]
Seorang leprechaun yang menggunakan Dug Weapon Historia. Ia suka membaca puisi dan berbicara dengan nada puitis.
Nopht Keh Desperatio (ノフト・ケー・デスペラティオ, Nofuto Kē Desuperatio)
Pengisi suara: Inori Minase[4]
Seorang leprechaun yang menggunakan Dug Weapon Desperatio. Ia menyukai daging dan menunjukkan kebrutalan saat membunuh Beast.
Tiat Siba Ignareo (ティアット・シバ・イグナレオ, Tiatto Shiba Igunareo)
Pengisi suara: Tomomi Mizuma[4]
Seorang leprechaun muda yang siap berperang, tetapi tidak pernah dipasangkan dengan Dug Weapon. Ia adalah penggemar film romantis.
Pannibal Nox Katena (パニバル・ノク・カテナ, Panibaru Noku Katena)
Pengisi suara: Yurika Kubo[4]
Seorang leprechaun yang selalu siap bertarung. Ia menyerang Willem saat ia dalam perjalanan ke Gudang untuk melapor tugas dengan pedang kayu.
Lakhesh Nyx Seniorious (ラキシュ・ニクス・セニオリス, Rakishu Nikusu Seniorisu)
Pengisi suara: Manaka Iwami[4]
Seorang leprechaun kecil yang canggung dan pemalu dan sering terlihat bersama Tiat, Collon dan Pannibal.
Collon Rin Purgatorio (コロン・リン・プルガトリオ, Koron Rin Purugatorio)
Pengisi suara: Hina Kino[4]
Seorang leprechaun energik yang selalu berbicara keras.
Almita (アルミタ, Arumita)
Pengisi suara: Akane Kohinata[4]
Seorang leprechaun yang jatuh ke jurang tetapi tetap acuh tak acuh terhadap luka-lukanya, yang membuat Willem mempertanyakan misinya yang sebenarnya di Gudang dan Fasilitas.
Nygglatho (ナイグラート, Naigurāto)
Pengisi suara: Kikuko Inoue[4]
Seorang troll (喰人鬼トロール, "setan pemakan manusia"). Ia menginginkan daging Willem, tetapi ia menahan diri. Dengan cara yang sama seperti Willem mewakili militer, ia mewakili Persekutuan dalam mengamankan Fasilitas. Ia mengenal Willem dengan baik karena ia memimpin ekspedisi yang menemukannya dalam keadaan membatu.
Grick Graycrack (グリック・グレイクラック, Gurikku Gureikurakku)
Pengisi suara: Shigeru Chiba[4]
Seorang goblin (緑鬼族ボーグル, "setan hijau") yang bekerja sebagai penyelamat artefak di Permukaan (tanah di bawah pulau langit tempat para Beast berada), pekerjaan yang berisiko. Ia ingin Willem bergabung dengan Angkatan Darat. Ia bersama Rhantolk dan Nopht di permukaan dalam misi pemulihan artefak.
Limeskin (ライムスキン, Raimusukin)
Pengisi suara: Jūrōta Kosugi[4]
Seorang perwira reptil (爬虫種レプトレイス). Willem menyebutnya sebagai "The Lizard".
Almaria Duffner (アルマリア・デュフナー, Arumaria Dyufunā)
Pengisi suara: Satomi Satō[4]
Seseorang yang terakhir disebut oleh Willem sebelum ia menjadi ketakutan, mungkin salah satu anak yang dirawat.
Phyracorlybia Dorio (フィラコルリビア・ドリオ, Firakoruribia Dorio)
Pengisi suara: Honoka Inoue[4]
Seorang Lycanthrope (狼徴人リュカントロポス) sekaligus putri walikota Corna dari Kepulauan Langit di Luce yang meminta Limeskin dan Willem untuk membantu melawan sekelompok aktivis, tetapi karena hubungannya dengan militer, mereka tidak dapat campur tangan dalam masalah politik dan karena Willem "sibuk dengan pengasuhan anak".
Lillia Asplay (リーリァ・アスプレイ, Rīria Asupurei)
Pengisi suara: Rina Satō[4]
Seorang pemberani berpangkat tinggi dari masa lalu Willem yang pernah menggunakan pedang suci Seniorious.
Souwong Kandel (スウォン・カンデル, Suwon Kanderu)
Pengisi suara: Mugihito[4]
Mantan rekan Willem dari 500 tahun yang lalu. Ia meninggal setelah serangan bunuh diri dan menjadi barrowwiht (喪死者), memungkinkan Willem untuk menonaktifkan Poteau (地神ポトー, "dewa bumi") bernama Eboncandle (黒燭公イーボンキャンドル). Sebelum ia meninggal, ia mengutuk dirinya sendiri, perlahan mengubah kekuatan hidupnya serta melucuti kemanusiaannya, tetapi memberinya keabadian. Dalam keadaan baru ini, ia tidak akan mati karena cedera atau usia. Ia memiliki ketertarikan yang mendalam pada jubah putih, memberi nama Great Sage oleh Eboncandle dan Willem. Ia kemudian bekerja sama dengan Beast bernama Eboncandle yang kuat, menciptakan Kepulauan Langit dari pulau-pulau terapung lebih dari 500 tahun yang lalu untuk melindungi sisa-sisa yang selamat dari Beast yang bersembunyi di Permukaan.
Elq Hrqstn (エルク・ハルクステン, Eruku Harukusuten)[6]
Pengisi suara: Hikari Okada[7][8]
Seorang Pengunjung (星神ヴィジトルス, "dewa bintang") yang dikatakan telah menciptakan dunia, tetapi memiliki penampilan seorang gadis muda.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Seri novel ringan ini ditulis oleh Akira Kareno dan diilustrasikan oleh Ue, volume pertama diterbitkan pada tanggal 1 November 2014 di bawah cetakan Kadokawa Sneaker Bunko,[1] sedangkan volume kelima dan terakhir dirilis pada tanggal 1 April 2016. Sebuah cerita sampingan dari novel ringan ini dirilis pada tanggal 1 Februari 2017.[9] Seri sekuel novel ringan ini dimulai dengan volume pertama yang dirilis pada tanggal 1 April 2016 (hari yang sama dengan volume seri asli terakhir dirilis),[10] sedangkan volume kesebelas dan terakhir diterbitkan pada tanggal 30 Juli 2021. Sebuah cerita sampingan dua volume, Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Iden: Leila Asprey, dirilis pada tahun 2019 dan 2020. Saat jumpa pers di Anime NYC 2017, Yen Press mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan lisensi novel ringan ini.[11]

Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka?
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 1 November 2014[12]ISBN 978-4-04-102269-631 Juli 2018[13]ISBN 978-1-97-532687-6
2 1 Januari 2015[14]ISBN 978-4-04-102270-213 November 2018[15]ISBN 978-1-97-532688-3
3 1 Juli 2015[16]ISBN 978-4-04-103288-619 Maret 2019[17]ISBN 978-1-97-532691-3
4 1 Januari 2016[18]ISBN 978-4-04-103835-223 Juli 2019[19]ISBN 978-1-97-532693-7
5 1 April 2016[20]ISBN 978-4-04-104039-310 Desember 2019[21]ISBN 978-1-97-532695-1
EX 1 Februari 2017[22]ISBN 978-4-04-105179-521 Juli 2020[23]ISBN 978-1-97-530872-8
Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Mō Ichido dake, Aemasu ka?
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 1 April 2016[24]ISBN 978-4-04-104040-9
2 1 Juli 2016[25]ISBN 978-4-04-104655-5
3 1 Desember 2016[26]ISBN 978-4-04-104656-2
4 1 April 2017[27]ISBN 978-4-04-104657-9
5 1 Oktober 2017[28]ISBN 978-4-04-104658-6
6 1 Juni 2018[29]ISBN 978-4-04-106867-0
7 1 Desember 2018[30]ISBN 978-4-04-107549-4
8 1 November 2019[31]ISBN 978-4-04-107550-0
9 1 November 2020[32]ISBN 978-4-04-109163-0
10 1 Juli 2021[33]ISBN 978-4-04-111410-0
11 30 Juli 2021[34]ISBN 978-4-04-111609-8
Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Iden: Leila Asprey
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 1 Juni 2019[35]ISBN 978-4-04-108256-0
2 1 Juni 2020[36]ISBN 978-4-04-109171-5

Manga[sunting | sunting sumber]

Kaname Seu merilis adaptasi manga dari novel ringan ini di majalah manga seinen milik Kadokawa, Monthly Comic Alive, pada tanggal 27 Juni 2016.[37][38] Manga ini berakhir pada tanggal 26 Mei 2018.[38]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 23 Februari 2017[39]ISBN 978-4-04-069040-7
2 23 Juni 2017[40]ISBN 978-4-04-069249-4
3 22 Desember 2017[41]ISBN 978-4-04-069580-8
4 23 Juni 2018[42]ISBN 978-4-04-069883-0

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diumumkan dengan dirilisnya volume kedua novel ringan Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Mō Ichido dake, Aemasu ka?.[43] Seri ini dijadwalkan tayang perdana mulai tanggal 11 April 2017.[44] Seri ini disutradarai oleh Jun'ichi Wada di studio Satelight dan C2C, dengan naskahnya ditulis oleh Akira Kareno, Mariko Mochizuki, Shingo Nagai dan Toshizo Nemoto, sedangkan musiknya dikomposisikan oleh Tatsuya Kato.

Lagu tema pembukanya adalah "DEAREST DROP" yang dinyanyikan oleh Azusa Tadokoro,[5] sedangkan lagu tema penutupnya adalah "From" oleh TRUE.[45] Selain itu, lagu tambahan "Scarborough Fair" dan "Always in My Heart" oleh Tamaru Yamada dimainkan di episode 1 dan 12, serta lagu "I Call You" (dalam koleksi musik yang dirilis, nama lagu ini diubah menjadi "Call you") oleh Tamaru Yamada dimainkan di episode 9.

Seri ini ditayangkan pada tanggal 11 April 2017 di Tokyo MX, dengan siaran lebih lanjut di TV Aichi, Sun TV, TVQ, BS11 dan AT-X,[46] kemudian berakhir pada tanggal 27 Juni 2017. Seri ini berjalan selama 12 episode.[47] Lisensi seri ini didapatkan di Amerika Utara oleh Crunchyroll,[48] sedangkan Funimation merilisnya di video rumahan dengan dubbing bahasa Inggris.[49] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Tenggara dan menyiarkannya di saluran YouTube mereka.[50]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"Broken Chronograph"
Transkripsi: "Taiyō no Katamuita Kono Sekai de" (太陽の傾いたこの世界で (lit. In this twilight world) -broken chronograph-)
11 April 2017 (2017-04-11)
Di kota pulau langit, satu-satunya manusia yang tersisa, Willem Kmetsch, menyelamatkan Chtholly Nota Seniorious, seorang gadis yang tengah mengejar kucing. Karena ada tempat yang ingin Chtholly kunjungi, Willem pun memutuskan untuk memandunya.
2"Late Autumn Night's Dream"
Transkripsi: "Sora no Ue no Mori no Naka no" (空の上の森の中の (lit. In the forest in the sky) -late autumn night's dream-)
18 April 2017 (2017-04-18)
Willem tidak bisa menyembunyikan rasa kagetnya ketika mengetahui bahwa Chtholly dan gadis lainnya adalah senjata peri. Sadar akan besarnya tugas mereka, para peri ini cenderung tidak peduli atas hidupnya sendiri. Chtholly yang waktunya hanya tersisa sedikit mengajukan permintaan terakhirnya kepada Willem.
3"Starry Road to Tomorrow"
Transkripsi: "Kono Tatakai ga Owattara" (この戦いが終わったら (lit. Until this war is over) -starry road to tomorrow-)
25 April 2017 (2017-04-25)
Willem yang sudah tahu tentang prajurit peri dan Dug Weapons mengajari Chtholly cara menggunakan pedang suci Seniorious. Tetapi, Chtholly kewalahan dan jatuh ke tanah.
4"Dice in Pot"
Transkripsi: "Kaeranu Mono to, Machi-tsuzuketa Mono-tachi" (帰らぬ者と、待ち続けた者たち (lit. Those who wait, and those who do not come back) -dice in pot-)
2 Mei 2017 (2017-05-02)
Tidak lama setelah Chtholly berangkat ke medan perang, Tiat Siba Ignareo menunjukkan pertanda telah siap menjadi prajurit peri dewasa. Willem menggantikan Nygglatho untuk menemani Tiat menjalani pemeriksaan. Akan tetapi, Tiat malah asyik berkeliling kota.
5"From Dawn til Dusk"
Transkripsi: "Dare mo Kare mo ga, Seigi no Na no Moto ni" (誰も彼もが、正義の名のもとに (lit. Everyone, in the name of justice) -from dawn till dusk-)
9 Mei 2017 (2017-05-09)
Chtholly dan teman-temannya bertarung di Pulau 15. Perintah untuk meninggalkan pulau pun diberikan. Apapun yang terjadi, Chtholly ingin mengalahkan Beast itu dan kembali dengan selamat. Akan tetapi, di tengah pertarungan, Chtholly mendengar suara seorang gadis kecil.
6"No News was Good News"
Transkripsi: "Kienai Kako, Kieteiku Mirai" (消えない過去、消えていく未来 -no news was good news-)
16 Mei 2017 (2017-05-16)
Chtholly dan teman-temannya telah kembali ke gudang peri. Tetapi, Willem tidak ikut pulang karena sedang menemui Souwong Kandel, sang Petapa Agung. Sementara itu, Willem dan Souwong akhirnya bersua kembali setelah sekian lama dan mereka berdua larut dalam kenangan masa lalu.
7"Home, Sweet Home"
Transkripsi: "Tadaima Kaerimashita" (ただいま、帰りました (lit. I'm home, Welcome home) -home, sweet home-)
23 Mei 2017 (2017-05-23)
Grick Graycrack bertemu dengan Nopht Keh Desperatio dan Rhantolk Ytri Historia, prajurit peri yang mengawal regu penyelamat di daratan. Rhantolk pun bertanya kepada Grick tentang Beast yang menyangkut alasan hidup mereka.
8"Slight Light, Slight Hope"
Transkripsi: "Izure Sono Yō wa Ochiru to Shite mo" (いずれその陽は落ちるとしても (lit. Even if the sun is about to set) -slight light, slight hope-)
30 Mei 2017 (2017-05-30)
Willem diminta melapor ke Pulau 49 untuk merencanakan evakuasi regu penyelamat yang ada di daratan. Tetapi, Willem kurang setuju untuk mengirimkan prajurit peri tambahan ke daratan.
9"Moonlit Sorcery"
Transkripsi: "Tatoe Mirai ga Mienakute mo" (たとえ未来が見えなくても (lit. Even if it's impossible to see the future) -moonlit sorcery-)
6 Juni 2017 (2017-06-06)
Chtholly khawatir akankah dirinya tetap mampu mempertahankan jati diri. Di saat itu, Ithea Myse Valgulious muncul. Ternyata, bukan hanya Chtholly yang menderita karena ingatan kehidupan sebelumnya. Ithea pun bercerita tentang seorang "gadis" yang ingatannya telah terkikis oleh ingatan kehidupan sebelumnya.
10"My Happiness"
Transkripsi: "Ima Kono Toki no Kagayaki o" (いまこの時の輝きを (lit. This present radience) -my happiness-)
13 Juni 2017 (2017-06-13)
Willem bertemu dengan Rhantolk dan Nopht yang ada di daratan. Ia kemudian merawat tubuh mereka yang telah keracunan venenum. Akan tetapi, Rhantolk masih belum bisa mempercayai Willem karena ia berasal dari ras manusia yang telah menyebarkan 17 Beast ke penjuru dunia.
11"Evidence of Existence"
Transkripsi: "Dō ka, Wasurenaide" (どうか、忘れないで (lit. Do not forget me) -evidence of existence-)
20 Juni 2017 (2017-06-20)
Hubungan Willem dan Chtholly menjadi canggung setelah lamaran Willem kemarin. Mereka berdua berencana menemui Grick di area reruntuhan. Di sana adalah kampung halaman Willem, kota Gomag yang ada di wilayah kekaisaran. Pada saat itu, gempa bumi dahsyat terjadi dan segerombolan Timere pun muncul.
12"CHTHOLLY"
Transkripsi: "Sekai de Ichiban Shiawase na Onna no Ko" (世界で一番幸せな女の子 (lit. The happiest girl in the world) -CHTHOLLY-)
27 Juni 2017 (2017-06-27)
Nephren Ruq Insania, Rhantolk dan Nopht melawan serbuan Timere. Tetapi, perlahan mereka terdesak oleh jumlah Timere yang terus bertambah. Willem juga melawan gerombolan Timere dengan tubuhnya yang penuh luka. Di saat terdesak, Chtholly meminta satu permohonan terakhir kepada Elq Hrqstn.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?". Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 28 Juni 2016. 
  2. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#05". Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 28 Juni 2016. 
  3. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#01". Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 28 Juni 2016. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q "'SukaSuka' Anime Reveals Main Cast, More Staff". Anime News Network. 20 Februari 2017. Diakses tanggal 20 Februari 2017. 
  5. ^ a b "Azusa Tadokoro Performs Theme Song, Voices Heroine for 'SukaSuka'. . Anime". Anime News Network. 6 Februari 2017. Diakses tanggal 6 Februari 2017. 
  6. ^ Kareno, Akira. "終末な(ry 設定資料[1巻時点]". akira.html. Diakses tanggal 24 Januari 2018. 
  7. ^ Whalen, Amanda. "Interest: Kadokawa Introduces Incredibly Young New Child Voice Actress from SukaSuka". Anime News Network. Anime News Network. Diakses tanggal 24 Januari 2018. 
  8. ^ "アニメジャパン2017KADOKAWAブース「終末なにしてますか?忙しいですか?救ってもらっていいですか?」ステージイベントお越し頂きましてありがとうございました!". TVアニメ「終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?」公式サイト. KADOKAWA. Diakses tanggal 24 Januari 2018. 
  9. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#0EX". Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 7 Desember 2017. 
  10. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#01". Kadokawa Shoten. Diakses tanggal 7 Desember 2017. 
  11. ^ "Yen Press Adds New Sword Art Online, WorldEnd, Little Witch Academia, Fruits Basket, Star Wars Titles". Anime News Network. 18 November 2017. Diakses tanggal 18 November 2017. 
  12. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  13. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us?, Vol. 1". Hachette Book Group. Diakses tanggal 28 Juni 2020. [pranala nonaktif permanen]
  14. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#02". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  15. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us?, Vol. 2". Hachette Book Group. Diakses tanggal 28 Juni 2020. [pranala nonaktif permanen]
  16. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#03". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  17. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us?, Vol. 3". Hachette Book Group. Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  18. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#04". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  19. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us?, Vol. 4". Hachette Book Group. Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  20. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#05". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  21. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us?, Vol. 5". Yen Press. Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  22. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか?#EX". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  23. ^ "WorldEnd: What Do You Do at the End of the World? Are You Busy? Will You Save Us? EX". Yen Press. Diakses tanggal 28 Juni 2020. 
  24. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#01". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  25. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#02". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  26. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#03". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  27. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#04". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  28. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#05". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  29. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#06". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  30. ^ 終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#07 (角川スニーカー文庫) (dalam bahasa Jepang). ASIN 4041075491. 
  31. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#08". Kadokawa (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  32. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#09". Kadokawa (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  33. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#10". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  34. ^ "終末なにしてますか? もう一度だけ、会えますか?#11". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  35. ^ "終末なにしてますか?異伝 リーリァ・アスプレイ". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 22 Oktober 2021. 
  36. ^ "終末なにしてますか?異伝 リーリァ・アスプレイ#02". Kadokawa Sneaker Bunko (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 22 Oktober 2021. 
  37. ^ "「ハイフリ」ミーナの過去編などアライブで新連載が一挙スタート". Natalie (dalam bahasa Jepang). 27 Juni 2016. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  38. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (28 April 2018). "WorldEnd (SukaSuka) Manga Ends in May". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  39. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか? #01". Monthly Comic Alive (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  40. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか? #02". Monthly Comic Alive (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  41. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか? #03". Monthly Comic Alive (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  42. ^ "終末なにしてますか? 忙しいですか? 救ってもらっていいですか? #04". Monthly Comic Alive (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  43. ^ ""Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?" Anime Adaptation Plans Spotted". Crunchyroll. Diakses tanggal 28 Juni 2016. 
  44. ^ "Shūmatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? TV Anime Premieres in April". Anime News Network. 31 Desember 2016. Diakses tanggal 31 Desember 2016. 
  45. ^ "'SukaSuka' Anime Streams Live-Action Teaser Video". Anime News Network. 24 Maret 2017. Diakses tanggal 24 Maret 2017. 
  46. ^ "'SukaSuka' Fantasy Anime Reveals April 12 Premiere Date". Anime News Network. 13 Maret 2017. Diakses tanggal 17 Maret 2021. 
  47. ^ "BD/DVD". 
  48. ^ "Crunchyroll Adds 'What do you do at the end of the world? Are you busy? Will you save us?'". Anime News Network. 10 April 2017. Diakses tanggal 14 April 2021. 
  49. ^ "Crunchyroll and Funimation Reveal New Slate of Home Video Releases". Crunchyroll. 18 Juni 2018. Diakses tanggal 19 Juni 2018. 
  50. ^ "What do you do at the end of the world? Are you busy? Will you save us? [English Sub]". Diakses tanggal 18 Juni 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]