Leprechaun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Leprechaun

Leprechaun (bahasa Irlandia: leipreachán) dalam mitologi Irlandia adalah sebangsa peri jantan yang mendiami daratan Irlandia.

Bersama peri-peri lainnya, Leprechaun mendiami daratan Irlandia sebelum kedatangan bangsa Kelt. Mereka digambarkan sebagai lelaki tua yang senang berbuat nakal. Mereka berdagang dengan menjual batu kerikil atau menjadi pembuat sepatu. Mereka dikatakan sangat kaya.

Menurut legenda, leprechaun memiliki sebuah gentong yang berisi emas. Gentong tersebut dikatakan di letakkan di ujung pelangi. Dikatakan bahwa siapapun yang berhasil mencuri gentong emas tersebut, maka sang dewa muslihat tersebut harus mengabulkan 3 permintaan jika gentongnya ingin dikembalikan.

Pada saat perayaan Hari Hijau atau hari untuk mengingat Santo Patrick, dikatakan leprechaun akan datang kerumah seseorang. Karena itu disetiap negara saat merayakan hari ini anak-anak mulai berlomba-lomba untuk menangkap leprechaun. Cerita rakyat tentang leprechaun ini berasal dari Irlandia, mulai tersebar bersamaan dengan tersebarnya perayaan hari St. Patrick ke berbagai negara.