Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu
Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu volume 1 cover.jpg
Sampul manga volume pertama
ひとりぼっちの○○生活
GenreKomedi,[1] potongan kehidupan
Manga
PengarangKatsuwo
PenerbitASCII Media Works
DemografiShōnen
MajalahComic Dengeki Daioh "g"
Terbit2013 – sekarang
Volume5
Seri anime
SutradaraTakebumi Anzai
SkenarioJukki Hanada
MusikRyuichi Takada
Hidekazu Tanaka
StudioC2C
Lisensor
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS, AT-X
Tayang 5 April 2019 21 Juni 2019
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu (ひとりぼっちの○○生活) adalah sebuah seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan digambar oleh Katsuwo, yang memulai serialisasi di majalah terbitan ASCII Media Works Comic Dengeki Daioh "g" pada tahun 2013. Empat volume tankōbon telah diterbitkan. Sebuah seri televisi anime adaptasi oleh C2C ditayangkan di Jepang sejak April hingga Juni 2019.

Plot[sunting | sunting sumber]

Bocchi Hitori adalah seorang gadis yang menderita kecemasan sosial, membuat dirinya kesulitan untuk berbicara dengan orang lain. Setelah memasuki sekolah menengah, satu-satunya teman yang ia miliki Kai Yawara, bersekolah di tempat yang berbeda, mengatakan kepada Bocchi bahwa dia memutuskan persahabatan mereka sampai Bocchi dapat berteman dengan semua orang di kelasnya. Dengan demikian, Bocchi mendapatkan tugas untuk berteman dengan semua orang di kelasnya sebelum lulus.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Bocchi Hitori (一里 ぼっち, Hitori Bocchi)
Pengisi suara: Chisaki Morishita[1]
Seorang gadis yang memiliki kecemasan sosial dan membuat dirinya sulit untuk berbicara dengan orang. Ketika satu-satunya teman yang ia miliki Kai memutuskan hubungan persahabatan mereka, dia ditugasi untuk mencoba berteman dengan semua orang di kelas. Namanya berasal dari hitoribocchi (ひとりぼっち, "sendirian").
Nako Sunao (砂尾 なこ, Sunao Nako)
Pengisi suara: Minami Tanaka[2]
Teman pertama yang Bocchi dapatkan setelah memasuki sekolah menengah. Dia memiliki penampilan yang menyeramkan tetapi sebenarnya baik dan mendukung Bocchi. Namanya berasal dari sunao na ko (素直な子, "anak yang jujur").
Aru Honshō (本庄 アル, Honshō Aru)
Pengisi suara: Akari Kitō[3]
Wakil ketua kelas di kelas Bocchi. Dia sering mwnggunakan penampilan palsu untuk menyembunyikan fakta bahwa dia sebenarnya adalah pecundang. Namanya berasal dari honshō aru (本性ある, "memiliki sifat tersembunyi").
Sotca Luckythar (ソトカ・ラキター, Sotoka Rakitā)
Pengisi suara: Yūko Kurose[3]
Teman sekelas Bocchi yang berasal dari negara lain dan menganggap dirinya sebagai seorang ninja. Namanya berasal dari soto kara kita (外から来た, "datang dari luar").
Kako Kurai (倉井 佳子, Kurai Kako)
Pengisi suara: Kana Ichinose[4]
Petugas moral publik di sekolah Bocchi. Dia memiliki kebijakan untuk tidak berteman karena dia ingin menjadi cukup kuat untuk hidup sendiri. Namanya berasal dari kurai kako (暗い過去, "masa lalu yang kelam").
Kai Yawara (八原 かい, Yawara Kai)
Pengisi suara: Konomi Kohara[4]
Teman Bocchi dari sekolah dasar. Prihatin dengan kecemasan sosial yang dimiliki Bocchi setelah mereka bersekolah di tempat yang berbeda, ia memutuskan persahabatannya dengan Bocchi untuk mendorongnya berteman. Namanya berasal dari yawarakai (やわらかい, "lembut").
Ito Kurie (栗枝 衣抄, Kurie Ito)
Pengisi suara: Honoka Kuroki
Teman sekelas Bocchi yang merupakan pustakawan pelajar. Dia pemalu seperti Bocchi. Namanya berasal dari kurieito (クリエイト, "membuat").
Peko Onaka (尾中 ペコ, Onaka Peko)
Pengisi suara: Nana Harumura
Teman sekelas Bocchi yang menyukai manisan. Namanya berasal dari onaka pekopeko (お腹ペコペコ, "sangat lapar").
Hanako Yamada (山田 花子, Yamada Hanako)
Pengisi suara: Rika Nagae
Teman sekelas Bocchi yang merupakan anggota klub tenis sekolah.
Ino Kawai (河合 依乃, Kawai Ino)
Pimpinan wali kelas Bocchi. Namanya berasal dari kawaii no (かわいいの, "yang imut").
Mayo Ojōsa (小篠咲 真世, Ojōsa Mayo)
Pengisi suara: Saki Miyashita
Teman sekelas Bocchi yang berasal dari keluarga kaya. Namanya berasal dari ojō-sama yo (お嬢さまよ, "Aku adalah gadis kaya").
Nosaki Futago (二子 乃咲, Futago Nosaki)
Pengisi suara: Takako Tanaka
Teman sekelas Bocchi yang merupakan saudara kembar. Notsugi memanggilnya Saki. Namanya berasal dari futago no saki (双子の先, "si kembar yang lebih tua").
Notsugi Futago (二子 乃継, Futago Notsugi)
Pengisi suara: Hiyori Kono
Teman sekelas Bocchi yang merupakan kembaran yang lebih muda. Nosaki mengatakan suaranya terlalu keras. Nosaki memanggilnya Tsugu. Namanya berasal dari futago no tsugi (双子の次, "si kembar yang lebih muda").
Rau Minagawa (美奈川 らう, Minagawa Rau)
Pengisi suara: Ribu Mukai
Teman sekelas Bocchi yang merupakan orang paling populer di kelas. Teman-teman sekelasnya memanggilnya Mina . Dia menyanyikan lagu-lagu buruk dengan suara keras.
Dia dulu bersekolah di sekolah dasar yang sama dengan Kō Futō dan Kō adalah satu-satunya temannya saat itu. Karena Ko menolak untuk pergi ke sekolah, ia berperilaku menyenangkan di kelas sehingga Ko tidak merasa gugup. Namanya berasal dari mina ga warau (皆が笑う, "semua tertawa").
Kō Futō (布藤 香, Futō Kō)
Teman sekelas Bocchi yang menolak pergi ke sekolah. Namanya berasal dari futōkō (不登校, "truancy").
Teruyo Oshie (押江 照代, Oshie Teruyo)
Pengisi suara: Minami Takahashi[5]
Guru wali kelas Bocchi yang dipanggil "Teru-chan" oleh murid-muridnya. Dia memiliki ketakutan yang tidak masuk akal terhadap Nako. Namanya berasal dari oshieteru yo (教えてるよ, "Aku akan mengajarimu").

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri manga ini ditulis dan digambar oleh Katsuwo. Manga ini memulai serialisasi di majalah terbitan ASCII Media Works Comic Dengeki Daioh "g" pada tahun 2013.[1] Hingga 27 Februari 2018, seri ini telah terkumpul dalam empat volume tankōbon.[6]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime diumumkan pada episode terakhir Mitsuboshi Colors, adaptasi anime dari mannga laiinya yang dibuat oleh penulis yang sama, pada 25 Maret 2018.[1] The series is directed by Takebumi Anzai and written by Jukki Hanada, with animation by studio C2C. Kii Tanaka menjadi perancang karakter direktur animasi utama. Ryuichi Takada dan Hidekazu Tanaka menjadi penyusun musik dalam seri anime ini.[7] Seri anime ini ditayangkan antara 5 April dan 21 Juni 2019 dalam blok program Animeism di stasiun televisi MBS, TBS, BS-TBS, as well as AT-X.[2] Lagu tema pembukanya adalah "Hitori Bocchi no Monologue" (ひとりぼっちのモノローグ, Monolog Kesendirian) by Chisaki Morishita, Minami Tanaka, Akari Kitō, dan Yūko Kurose, dan lagu tema penutupnya adalah "Ne, Issho ni Kaero" (ね、いっしょにかえろ。, Ayo Pulang Bersama.) oleh Morishita.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Mitsuboshi Colors Creator's Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. March 26, 2018. Diakses tanggal March 25, 2018. 
  2. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime Reveals More Cast, Staff, Spring 2019 Debut". Anime News Network. August 26, 2018. Diakses tanggal August 26, 2018. 
  3. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime Casts Akari Kitō, Yūko Kurose". Anime News Network. November 26, 2018. Diakses tanggal November 26, 2018. 
  4. ^ a b "Kana Ichinose, Konomi Kohara Join Cast of Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime". Anime News Network. January 27, 2019. Diakses tanggal January 27, 2019. 
  5. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime's Video Reveals More Cast, Songs, April 5 Debut". Anime News Network. February 26, 2019. Diakses tanggal February 26, 2019. 
  6. ^ "ひとりぼっちの○○生活(4) (電撃コミックスNEXT)" (dalam bahasa Japanese). Amazon Japan. Diakses tanggal March 26, 2018. 
  7. ^ "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu School Comedy Anime Posts 1st Promo, More Staff". Anime News Network. December 26, 2018. Diakses tanggal December 26, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]