Digimon tamers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Digimon Tamers (デジモンテイマーズ Dejimon Teimāzu), di luar Jepang dikenal sebagai musim ke-3 dari Digimon: Digital Monsters, adalah serial anime televisi ke-3 yang diproduksi Toei Animation berdasarkan waralaba Jepang Digimon. Tidak seperti season sebelumnya, Digimon Adventure dan Digimon Adventure 02. Tamers mengambil tempat didunia yang berbeda seperti dunia kita, di mana dua season pertamanya hanyalah sebuah serial TV dan permainan kartu.

Dalam serial ini orang yang berpartner dengan digimon disebut penjinak/tamers bukannya anak-anak terpilih seperti di dua seri sebelumnya. Serial ini juga dikenal karena alur ceritanya yang lebih berat dari serial sebelumnya. Animenya juga menjadi kontroversial selama sedekade, dengan perdebatan tentang seberapa sesuai acara ini sebenarnya untuk penonton yang ditargetkan (anak-anak), terutama oleh karena adanya ’’Lovecraftion Nature’’ di ark terakhirnya. Digimon Tamers mengudara di Jepang pada tanggal 1 April 2001 sampai 31 Maret 2002. Sementara versi bahasa inggrisnya ditayangkan di Amerika Utara antara 1 September 2001 sampai 8 Juni 2001 oleh Saban Entertainment. Sebuah adaptasi manga juga dibuat antara April sampai Oktober 2004 oleh Yuen Wong Yu. Acara ini pun disusul dengan season keempatnya Digimon Frontier.

Plot[sunting | sunting sumber]

Suatu hari Matsuda Takato tanpa sengaja membuat digimonnya sendiri Guilmon ketika dia menggesekan kartu biru misterius yang ia temukan dalam koleksi kartunya pada sebuah alat pembaca kartu, yang berubah menjadi D-Arc (Digivice versi Tamers, tapi diIndonesia tetap diterjemahkan sebagai Digivice). Saat dirumah tanpa sengaja D-Arc tersebut melakukan scan terhadap gambar sketsa digimon yang dibuat Takato dan akhirnya munculah Gulimon. Diapun berusaha untuk menyembunyikan Guilmon agar tidak diketahui orang lain dan dalam usahanya tersebut akhirnya dia bertemu dengan Li Jian Liang yang ternyata merupakan seorang penjinak (tamer) dan berpartner dengan Terriermon, ia juga bertemu Makino Ruki seorang juara turnamen kartu digimon yang berpartner dengan Renamon. Ketiga penjinak pun bertarung bersama partner digimon mereka melawan digimon asing yang muncul dari dunia digital kedunia manusia. Takato, Li dan partner mereka dengan cepat bisa menjadi teman, sementara Ruki dan Renamon lebih suka bertarung dengan cara mereka sendiri. Bagaimanpun juga, mereka semua akhirnya segera menyadari bahwa bahaya semakin besar dan akhirnya bergabung. Selama petualangan mereka, mereka bertemu dengan Culumon yang lucu dan misterius, yang mempunyai kekuatan mengevolusikan digimon lain, tapi ia tak dapat bertarung, dan Impmon, digimon nakal yang lari dari 2 penjinaknya karena dia kesal dengan mereka yang selalu cekcok dan egois, dan berpikir bahwa semua digimon yang punya penjinak itu aib. Lalu seorang misterius bernama Yamaki muncul mencoba untuk menghentikan digimon liar yang datang ke dunia nyata. Yamaki berasal dari Hypnos yaitu agen rahasia pemerintah yang bertugas mengontrol dan menutupi keberadaan digimon didunia nyata agar tidak diketahui khalayak umum.

Saat Yamaki berusaha untuk menggunakan proyeknya yang bernama "Program Juggernaut", untuk menghisap kembali semua digimon kembali ke dunia digital munculah sekelompok digimon kuat yang menyebut diri mereka ‘’Deva’’, yang melayani raja digimon. Mereka membajak programnya dan menggunakannya untuk masuk ke dunia nyata. Para Deva percaya bahwa digimon sejati seharusnya tidak berpasangan dengan manusia, dan mereka pun bertarung melawan para penjinak dan digimon mereka. Tujuan sebenarnya para Deva memasuki dunia nyata akhirnya terungkap; mereka bermaksud menangkap Culumon dan membawanya kembali ke dunia digital, supaya mereka bisa menggunakan kekuatan mengevolusikan digimonnya. Para Deva akhirnya berhasil, walaupun banyak dari mereka yang hancur dalam usaha tersebut. Sementara itu, Impmon dengan tubuh penuh luka karena serangan salah satu Deva juga ikut tertarik kembali ke dunia digital.

Para penjinak kemudian memutuskan untuk menyelamatkan Culumon dan terkejut saat menemukan sebuah portal menuju dunia digital di bawah tanah tempat persembunyian digimon ditaman. Beberapa teman lain juga menemani mereka (Kazu dan Kenta yang bermaksud mencari partner digimon mereka disana, sedangkan Juri, yang sudah berpartner dengan Leomon di dunia nyata bermaksud membuktikan kekuatannya.). Adik perempuan Li, Suchon nanti juga akan ikut ke dunia digital dengan caranya sendiri. Dalam perjalanan mereka di dunia digital mereka bertemu Ryo (Rivalnya Ruki dan seorang penjinak digimon legendaris) dan partnernya yang buas Cyberdramon.

Para penjinak menghancurkan semua lawan tapi salah satu Deva yang tersisa Antylamon akhirnya berubah jadi baik dan menjadi partner digimon Suchon. Disisi lain Impmon membuat perjanjian dengan raja digimon agar bisa mendapatkan kekuatan lebih dan berevolusi jadi Beelzebubmon dengan syarat dia harus membunuh para penjinak setelahnya. Beelzebubmon dengan brutalnya membunuh Leomon, menyebabkan Juri jadi depresi berat. Beelzebubmon kemudian dikalahakan dalam sebuah duel melawan Gallantmon (perubahan gabungan Takato dengan Growmon). Para penjinak lalu bertemu Zhuqiaomon, salah satu dari 4 penguasa digimon dan pemimpin para Deva. Mereka bertarung sampai akhirnya Azulongmon menghentikannya. Ia menjelaskan bahwa bahaya sebenarnya untuk dunia mereka adalah D-Reaper, sebuah program komputer yang awalnya dibuat untuk menjaga kehidupan digital agar terkendali, namun malah D-Reaper-lah yang jadi tak terkendali. Para raja juga menjelaskan bahwa penculikan mereka pada Culumon (yang diketahui sebagai penjelmaan program yang dapat mengevolusikan digimon) bukanlah untuk bermaksud jahat, tapi kekuatannya akan membuat semua digimon berevolusi kebentuk mega sehingga bisa berperang melawan D-Reaper.

Ketika Culumon membangkitkan kekuatannya dengan sukarela yang membuat digimon berevoulsi dan bisa melindungi dunia mereka, para penjinak kembali ke dunia nyata untuk melawan D-Reaper, tapi kemudian mereka sadar bahwa mereka juga harus menyelamatkan Juri yang masih depresi dari penculikan "program pembelot" yang mempelajarinya dengan kesedihannya. Sebuah pertarungan besar pun terjadi pada Takato, Li, Ruki, Ryo dan digimon mereka melawan monster, di mana Takato berusaha menyelamatkan Juri dan yang lain mencoba menghancurkan D-Reaper. Akhirnya, ayah Li dan Hypnos mengupload sebuah program Juggernaut jenis baru ke Megagargomon, yang membuat mereka bisa menghisap kembali D-Reaper ke dunia digital. Para digimon milik penjinak juga harus tertarik kembali ke dunia digital karena efek dari program Juggernaut, memaksa anak-anak mengucapkan selamat tinggal, walaupun Takato berjanji akan bertemu dengan Guilmon lagi. Cerita berakhir dengan beberapa bulan kemudian saat Takato menemukan bahwa portal dunia digital yang masih ada di bawah tanah tempat persembunyian Guilmon masih terbuka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Nama Tokoh Partner Digimon Seiyu Keterangan
Matsuda Takato (松田 啓人) Guilmon Makoto Tsumura Seorang anak muda yang artistik dan imajinatif yang sudah menciptakan digimonnya sendiri dan perlahan-lahan muncul sebagai pemimpin tidak resmi para penjinak. Dia berkhayal tentang Guilmon dan menghidupkannya setelah menmukan D-Arc miliknya.
Makino Ruki (牧野 留姫) Renamon Fumiko Orikasa Wanita tomboy dan keras kepala yang memenangkan Kejuaraan Kartu Digimon dan pada mulanya dia adalah yang paling berpengalaman dalam pertarungan digimon. Dia memilih Renamon sesuai keinginannya untuk jadi partner terkuat.
Li Jianliang/Ri Jenrya (李 健良) Terriermon Mayumi Yamaguchi Anak blasteran Jepang-Cina, orang yang paling berpikir logis dalam tim dan mahir kung-fu. Dia memilih Terriermon sebagai partnernya dalam video game.
Shiota Hirokazu (塩田 博和) Guardromon Yukiko Tamaki Penjinak yang humoris dan berteman baik dengan Takato dan Kenta, kadang-kadang mengalahkan mereka dalam Permainan Kartu Digimon. Dia juga mengidolakan Ryo.
Katō Juri (加藤樹莉) Leomon Yoko Asada Penjinak wanita yang juga teman Takato disekolah. Dia memiliki hubungan yang kurang baik dengan ayahnya, setelah kematian ibunya
Kitagawa Kenta (北川 健太) MarineAngemon Tōko Aoyama Seorang penjinak yang merupakan teman baik Takato dan Hirokazu. Dia adalah orang yang mudah menyerah dan kurang pandai.
Akiyama Ryō (秋山 遼) Cyberdramon Junichi Kanemaru Seorang penjinak yang misterius yang menghilang setelah mengalahkan Ruki dan menjadi juar pertama di Turnamen Kartu Digimon.
Li Shaochung/Ri Shiuchon (李 小春) Lopmon Ai Nagano Adiknya Li dan penjinak ketiga termuda (setelah Ai dan Makoto). Pada awalnya tidak tahu bahwa Terriermon itu hidup, dia merawat digimon seperti boneka, sering menyebabkan terriermon kesal.
Ai (アイ) and Makoto (マコト) Impmon Haruhi Terada & Miwa Matsumoto Dua anak kecil yang Impmon temui saat pertama kali ke dunia manusia. Pengalamannya bersama mereka membuatnya tidak menyukai manusia. Mereka akhirnya rukun kembali dengan Impmon di akhir cerita.

Karakter Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Culumon
  • Alice McCoy dan Dobermon
  • Grani
  • Monster Makers - Grup para programmer komputer dan sains yan menciptakan digimon. Dipertemukan kembali oleh Yamaki.
    • Gorou Mizuno (水野 悟郎 Mizuno Gorō): Nama panggilan "Shibumi". Orang yang melanjutkan proyek digimon setelah di tutup pada 1986. Dia kemudian dapat menolong anak-anak saat anak-anak sedang di dunia digital, sebaik menyatukan kembali Monster Makers di Shinjuku untuk membantu melawan D-Reaper
    • Janyu Lee (李 鎮宇 Rī Janyū):Nama panggilan "Tao", ayahnya Li.
    • Rob McCoy:Nama panggilan "Dolphin". kakeknya Alice dan professor di Univeristas Palo Alto
    • Rai Aishuwarya:Nama panggilan "Curly", professor di Universitas Miscatonic
    • Babel:Nama asli tidak diketahui
    • Daisy:Nama asli tidak diketahui

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • D-Reaper:Sebuah program komputer tak terkendali.Antagonis utama. Dikalahkan oleh MegaGargomon dan dikembalikan ke dunia digital (Meski dalam versi bahasa inggrisnya dikatakan oleh Janyu bahwa dia telah hilang selamanya)
  • Hypnos
    • Mitsuo Yamaki - Kepala Hypnos. Pada mulanya dia musuh para penjinak dan berniat memusnahkan semua digimon, tapi kemudian menjadi teman mereka.
    • Reika Ootori - Operator sistem utama
    • Megumi Onodera - Operator sistem
  • Pria Berbaju Hitam - Agen Hypnos yang tidak diketahui namanya dan agen lapangan yang terlihat beberapa kali di serial ini.
  • Zhuqiaomon - Salah satu dari 4 raja. Awalnya merupakan antagonis, tapi kemudian mengesampingkan niatnya untuk menghancurkan manusia. Membantu menarik D-Reaper kembali ke dunia digital bersama raja yang lain....

Media[sunting | sunting sumber]

Serial Televisi Anime[sunting | sunting sumber]

Digimon Tamers ditayangkan dengan total 51 episode di Fuji TV di Jepang dari 1 April 2001 sampai 31 Maret 2002. Versi bahasa inggrisnya diproduksi oleh Saban Entertainment dan mengudara di Fox Kids di Amerika dari 1 september 2001 sampai 8 Juni 2002 dengan perubahan nama karakter dan musik. Digimon Tamers versi jepang (dengan subtitle bahasa Inggris) dirilis di Hulu pada Februari 2011. Pada Juni 2015, Digimon Tamers (Dinamai Digimon sesaon 3) tersedia di Netflix untuk ditonton dalam format subtitle ataupun sulih suara.

Lagu Tema Lagu pembuka

Lagu Penutup

  • "My tomorrow" dari AiM
    • Episode 1-23
  • "Days -Aijō to Nichijō-" (Days-愛情と日常-?, "Days (Love and Everyday)") by AiM
    • Episode 24-51

Lagu Sisipan

  • "Slash" by Michihiko Ohta
  • "EVO" by Wild Child Bound
  • "One Vision" by Takayoshi Tanimoto
  • "3 Primary Colors" by Tamers
  • "Kaze" (風?, "Wind") by Koji Wada
  • "Starting Point" by Kōji Wada, AiM and Michihiko Ohta

Film Anime[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini ada dua buah film yang telah dibuat ya'itu Battle of Adventures dan Runaway Locomon.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. (Inggris) Digimon Tamers: DVD Talk Review. Dvdtalk.com. Diakses 03-09-2013
  2. (Inggris) Early Planning. Konaka. Diakses 25 November 2013
  3. (Inggris) Lovecraftian Anime Diakses 20 Februari 2015