Marsupilami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marsupilami
Berkas:Marsupilami 1.jpg
Patung Marsupilami

Marsupilami adalah spesies fiksi buku komik yang diciptakan oleh André Franquin, yang pertama kali diterbitkan pada 31 Januari 1952 di majalah Spirou.[1] Sejak saat itu, Marsupilami muncul secara teratur dalam seri buku komik Belgia yang populer, Spirou et Fantasio, sampai Franquin berhenti bekerja untuk seri tersebut pada tahun 1968.

Pada akhir 1989, Marsupilami meraih kesuksesan sendiri dalam seri album komik, Marsupilami, Greg, Yann, dan Dugomier yang digambar oleh Batem, dengan meluncurkan rumah penerbitan Marsu Productions. Kedua animasi tersebut menunjukkan tampilan karakter ini, serta permainan video Sega Genesis, dan berbagai barang dagangan lainnya. Asteroid 98494 Marsupilami dinamai untuk menghormatinya.

Di Indonesia, ada beberapa stasiun televisi yang pernah menayangkan animasi ini. RCTI adalah stasiun TV pertama yang menayangkan kartun Marsupilami pada era tahun 2000-an. Marsupilami kemudian tayang di MNCTV pada tahun 2012, kembali lagi ke RCTI pada tahun 2014, dan RTV pada tahun 2017.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ franquin.com. "Franquin-Une vie-1952". (Prancis)