Princess Comet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Princess Comet
PrincessCometMangaCover.jpg
Sampul manga yang pertama.
コメットさん
(Kometto-san)
GenreKomedi, magical girl, Fiksi ilmiah, slice of life
Manga
PengarangMitsuteru Yokoyama
PenerbitShueisha
DemografiShōjo
MajalahMargaret
TerbitJuli 1967November 1967
Drama televisi
SutradaraMitsuteru Yokoyama
Ōtsuki Yoshikazu
MusikJoji Yuasa
Masashi Tashiro
Saluran
asli
Tokyo Broadcasting System
Tayang 3 Juli 1967 30 Desember 1968
Episode79
Drama televisi
Princess Comet: Season 2
SutradaraNoriaki Yuasa
Yoshiharu Tomita
MusikMasaaki Hirao
Hiroaki Hagiwara
Saluran
asli
Tokyo Broadcasting System
Tayang 12 Juni 1978 24 September 1979
Episode68
Seri anime
Cosmic Baton Girl Princess Comet
SutradaraMamoru Kanbe
SkenarioAkira Okeya
MusikMoka
StudioNippon Animation
Saluran
asli
TV Osaka
TV Tokyo
Animax
Tayang 1 April 2001 27 Januari 2002
Episode43
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Princess Comet (Cosmic Baton Girl, コメットさん, Kometto-san) adalah sebuah seri manga karya Mitsuteru Yokoyama, pembuat Tetsujin 28-go dan Giant Robo. Yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah seri anime. Seri animanga menceritakan mengenai kisah seorang puteri dari kerajaan bintang Harmonika yang datang ke planet Bumi untuk mencari pangeran yang hilang disini. Disutradai oleh Mamoru Kanbe, seri anime ini pertama ditayangkan di TV Tokyo sejak 1 April 2001 hingga 27 Januari 2002. Seri ini juga telah ditayangkan oleh Animax juga beberapa negara seperti Hong Kong, Taiwan, Asia Tenggara dan Korea Selatan. Diartikan dan dialih-suarakan ke bahasa Inggris, dengan judul Princess Comet.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah ini bercerita tentang Comet, seorang gadis kecil berusia 12 tahun (umur manusia Bumi) dari kerajaan bintang Harmonika, yang letaknya jauh dari Bumi. Dia seharusnya bertemu dengan pangeran dari kerajaan Tambourine Star di sebuah pesta, tetapi ternyata sang pangeran malah kabur ke Bumi. Hasilnya, Comet dikirim ke Bumi untuk menemukannya, meskipun ia belum pernah melihat jelas seperti apa rupa sang pangeran. "Dia bisa kau kenali dengan matanya yang bercahaya" hanya itulah petunjuk yang diberikan padanya untuk menemukan pangeran. Di samping itu, Meteor mengetahui rencana Comet untuk mencari sang pangeran ke Bumi, iapun ikut mencari dan berencana menemukannya lebih dulu dari Comet, karena Meteor ingin menikahi sang pangeran. Kedua puteri pun dikirim ke Bumi dengan seorang rekan atau tepatnya semacam mahkluk peliharaan. Perliharaan Comet adalah seekor anak anjing dengan sebuah bintang di ujung ekornya bernama Rubba Ball (ラバボウ, Rababou) (Rubber ball / Bola karet). Peliharaan Meteor adalah seekor burung ungu bundar bernama Mook (ムウク, Muuku).

Tanpa diketahui Comet, ternyata bibinya, Spica juga sebelumnya pernah mengunjungi Bumi dan sekarang tinggal di sana lalu memutuskan untuk menikah. Peliharaan Bibi Spica adalah Rabapyon (ラバピョン), seekor kelinci putih dengan bentuk hati kecil di ujung ekornya.

Cerita utama ini mengisahkan petualangan Princess Comet mencari pangeran di Bumi, juga aktivitasnya dengan orang-orang baru yang ia temui di sana. Seri ini mengambil tempat di Kamakura, Kanagawa, Jepang.

Media[sunting | sunting sumber]

Drama[sunting | sunting sumber]

Drama televisi Jepang Princess Comet pertama kali disiarkan oleh Tokyo Broadcasting System sampai dengan dua musim. Musim pertama mengudara dari 3 Juli 1967 sampai 30 Desember 1968 dengan total 79 episode. Sedangkan musim kedua mengudara dari 12 Juni 1978 sampai 24 September 1979 dengan total 68 episode. Kedua musim tersbut dialihsuarakan ke dalam bahasa Spanyol dan disiarkan di Meksiko, Venezuela, Kosta Rika dan berbagai negara yang menggunakan bahasa Spanyol, pada tahun 1970an. Para pengsi suara seperti Yumiko Kokonoe dan Kumiko Ohba mengisi suara untuk serial anime ini. Aktris suara yang mengisi suara sang "Ratu" (ibu Comet), Yumiko Kokonoe, adalah pemain karakter Comet dari drama Pincess Comet yang mengudara tahun 60-an.

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri manga pertama kali dicantumkan di majalah bulanan Margaret Shueisha dari bulan Juli sampai November tahun 1967, menandakan sebagai salah satu seri Magical Girl Jepang yang pertama kali diproduksi. Ilustrasi manga dilakukan oleh Mitsuteru Yokoyama.

Anime[sunting | sunting sumber]

Tokoh-tokoh dalam seri anime.

Serial anime yang diadaptasi dari seri drama berjudul Cosmic Baton Girl Princess Comet (Cosmic Baton Girl コメットさん☆, Cosmic Baton Girl Kometto-san) dianimasikan oleh Nippon Animation. Seri ini ditayangkan perdana di TV Osaka dan TV Tokyo dari 1 April 2001 sampai 27 Januari 2002, dengan total 43 episode.[1] Seri anime ini menggabungkan antara karakter versi drama yang di desain ulang dan disertai dengan konsep baru. Di Indonesia sendiri, serial anime Princess Comet ditayangkan di Spacetoon.

Empat lagu tema utama yang digunakan dalam anime:

  • Smile For You (君にスマイル, Kimi ni sumairu) oleh Nayu Nibori, sebagai lagu pembuka pada musim pertama (episode 1 - 27).
  • Twinkle☆Star (トゥインクル☆スター, Touinkuru ☆ sutā) oleh Saeko Chiba, sebagai lagu penutup pada musim pertama (episode 1 - 27).
  • Miracle Power ~Stardust Version~ (ミラクルパワー 〜スターダスト・バージョン〜, Mirakuru pawā 〜sutādasuto bājon〜) oleh Shizuka Nakayama sebagai lagu pembuka pada musim kedua (episode 28 - 43).
  • Parade of Stars☆ (星のパレード☆, Hoshi no parēdo☆) oleh Sayuri Tanaka sebagai lagu penutup pada musim kedua (episode 28 - 43).


Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Comet-san☆Star Diary (コメットさん☆ スター・ダイアリー, Kometto-san☆Sutā daiarī). 7 Agustus 2002. ISBN ISBN 4-7511-0333-4 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). [2]
  • Comet-san☆Memoire de l'étoile (コメットさん☆ メモワール・ド・エトワール, Kometto-san☆Memowāru do etowāru). 23 Juli 2003. ISBN ISBN 4-8443-5698-4 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). [3]

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Comet merupakan salah satu karakter yang dapat dimainkan dalam Magical Heroines Plus dan Magical Chaser: Stardust of Dreams. Meteor merupakan karakter pendukung Comet dalam Magical Heroines Plus, tetapi dalam Magical Chaser: Stardust of Dreams ia merupakan karakter individu yang dapat dimainkan. Dalam MUGEN, Meteor dan Comet dapat dimainkan secara individual, tetapi unsur grafis dan jurusnya sebagian besar masih mengambil dari Magical Heroines Plus dan Magical Chaser: Stardust of Dreams.

Semua permainan video di atas merupakan permainan video buatan fans (dōjin). Permainan tersebut merupakan permainan bertarung dua dimensi untuk PC, tetapi bisa menggunakan kontrol konsol bila diinginkan. Semua permainan video tersebut merupakan perangkat lunak open source, sehingga gratis untuk digunakan, dimodifikasi, ataupun disebarkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cosmic Baton Girl Comet-san (TV)". Diakses tanggal 09 September 2006. 
  2. ^ "コメットさん☆スター・ダイアリー". Diakses tanggal 2 april 2012. 
  3. ^ "2F コミックスコーナー「コメットさん メモワール・ド・エトワール」入荷しました". 19 september 2010. Diakses tanggal 2 april 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]