Sailor Moon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sailor Moon
Volume tankōbon pertama, dirilis di Jepang pada tanggal 6 Juli 1992.
美少女戦士セーラームーン
(Pretty Guardian Sailor Moon)
GenreRomantis, Komedi, Shojo
Manga
Pretty Soldier Sailor Moon
PengarangNaoko Takeuchi
PenerbitJepangKodansha
Amerika SerikatTokyopop
Anime
Pretty Soldier Sailor Moon (SM, SM:R, SM:S, SM:Super S, SM:Sailor Stars)
SutradaraJun'ichi Satoh, Kunihiko Ikuhara, Takuya Igarashi
StudioToei Animation
Film
 Portal anime dan manga

Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン, Bishōjo Senshi Sērā Mūn, dikenal juga dengan nama Pretty Guardian Sailor Moon) adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan Tata Surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bishojo Senshi Sailor Moon atau Kesatria Cantik Sailor Moon atau Pretty Soldier Sailor Moon berawal dari manga yang kemudian dibuat dalam bentuk anime. Kesuksesan serial ini membawanya ke layar lebar walau masih berupa anime. Terakhir dibuat dalam bentuk tokusatsu.

Anime[sunting | sunting sumber]

Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor V, berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan seekor kucing yang bisa berbicara bernama Luna serta membuat Usagi berubah menjadi Sailor Moon, pahlawan pembela cinta dan keadilan. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman-teman baru yang juga termasuk para pengawal kerajaan Bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor V yang ternyata adalah Sailor Venus, pemimpin dari para pengawal kerajaan bulan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita, dia bertemu dengan "Sailor" lainnya hingga bertemu dengan anaknya pada masa depan, Chibiusa (pada season 2: Sailor Moon R)

Setelah berbagai pertempuran dan cerita yang panjang, akhirnya hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, bahkan Sailor Moon bertemu dengan "Sailor" dari galaksi lain.

Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Dark Kingdom, Black Moon Clan, Death Bustress, Dead Moon Circus, dan Shadow Galactica. Musuh-musuh yang dilawan pasukan "Sailor" tersebut berasal dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar Kristal Perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.

Di Indonesia, seri ini ditayangkan di indosiar sejak Desember 1994 hingga pertengahan 2000, dari semua seri termasuk Sailor Moon, R, S, SuperS dan Sailor Stars dengan nama Sailormoon. Seri ini ditayangkan lagi di Indosiar pada bulan Juli 2013, dengan dubbing yang baru.

Tokusatsu[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, hampir mendekati cerita di anime season pertama. Perbedaan yang mencolok adalah rambut para pahlawan "Sailor" (kecuali Sailor Luna yang merupakan siluman kucing Luna) tidak berwarna warni seperti di anime, tetapi rambut mereka berwarna layaknya rambut wanita Jepang pada umumnya. Di saat berubah, rambut mereka barulah berbeda. Beberapa karakter seperti Sailor Luna, dan Kuroki Mio merupakan karakter yang benar-benar baru dan tidak pernah muncul pada versi manga, maupun anime. Bahkan saat pertengahan cerita, sempat muncul karakter Dark Mercury yang merupakan sisi jahat dari Sailor Mercury, yang telah dicuci otaknya oleh Kunzite. Jika di versi manga dan anime, Minako atau Sailor Venus bercita-cita ingin menjadi seorang idola, maka pada versi tokusatsu ia diceritakan sudah menjadi seorang idol yang sukses, tetapi menderita penyakit mematikan. Bahkan pada episode 46, diceritakan Minako meninggal. Namun pada episode terakhir, keenam Sailor Senshi (termasuk Sailor Luna) muncul dengan formasi lengkap untuk mengalahkan Queen Metalia.

Manga[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa perbedaan antara versi manga dan anime 90s, latar belakang para Shittenou (season 1), dalam versi manga, mereka sebenarnya adalah prajurit pelindung Pangeran Endymion di masa lalu, kemudian mereka dicuci otak setelah Queen Beryl menginvasi kerajaan bumi, mereka juga muncul sekilas dalam suatu adegan di season 2 dan 4 dalam versi manga. Namun, dalam versi anime, mereka merupakan bawahan langsung Queen Beryl. Kemunculan Makaiju Aliens pada 13 episode pertama di anime season 2 yang tidak diceritakan pada versi manga. Empat bersaudara Spectre yang awalnya merupakan musuh, diceritakan berubah menjadi baik pada versi anime. Pada season 3, terdapat perbedaan adegan henshin antara Inner Senshi dan Outer Senshi. Jika Inner Senshi tetap mempertahankan adegan henshin yang sama pada season 2 dengan menggunakan Star Power Stick dan meneriakkan "(nama planet masing-masing) Star Power, Make Up!", maka Outer Senshi (kecuali Sailor Saturn) menggunakan Lip Rod dan meneriakkan "(nama planet masing-masing) Planet Power, Make Up!". Amazoness Quartet yang tadinya merupakan musuh, pada versi manga diceritakan planet asal mereka disucikan oleh Sailor Saturn, dan mereka menjadi 4 Sailor Senshi pelindung Sailor Chibi Moon setelah para Sailor Senshi berhasil mengalahkan Queen Nehelenia, tetapi tidak diceritakan di versi anime. Bahkan keempat Sailor Quartet tidak pernah muncul dalam seri Sailor Stars. Perbedaan yang lain hanya di saat Sailor Stars, yang seharusnya semua Sailor Senshi selain Sailor Moon muncul dengan mengenakan kostum eternal, tetapi di versi anime semua sailor kecuali Sailor Moon tetap mengenakan kostum super (khusus Sailor Chibi Moon hanya muncul pada 6 episode pertama sebelum akhirnya ia diceritakan berpulang ke abad 30, dan Outer Senshi, mereka hanya muncul secara sekilas). Selain itu, penggambaran hubungan asmara Usagi dan Mamoru dikisahkan lebih dewasa dan romantis dalam manga daripada dalam anime-nya, bahkan dalam versi manga Usagi diceritakan sudah hamil di hari pernikahannya dengan Mamoru.

Super-Vilains[sunting | sunting sumber]

Diurutkan dari yang pertama hingga terakhir, lawan Sailor Moon adalah:

  • Dark Kingdom
  • Makaiju Aliens (Anime)
  • Black Moon
  • Death Busters
  • Dead Moon Circus
  • Shadow Galactica & Chaos

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Sailor Uranus & Sailor Neptune muncul dalam kabut

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Usagi Tsukino (月野 うさぎ, Tsukino Usagi)
Usagi adalah seorang gadis yang ceroboh dan cengeng, tetapi bila berubah menjadi Sailor moon, ia menjadi pahlawan pembela cinta, kebenaran, dan keadilan. Pada awalnya, Usagi tidak suka menjadi Sailor Moon, ia ingin sekali menjadi gadis normal, tetapi setelah melihat teman-temannya melindunginya, serta menyadari seberapa pentingkah teman-teman yang harus ia lindungi, maka Usagi pun berubah, dan ia pun menyadari ia harus menjadi Sailor Moon.
  • Sailor Moon. Pahlawan no. 2 yang muncul setelah Sailor-V, pada awalnya bentuk dan kostum Sailor Moon mirip dengan Sailor-V, tetapi setelah proses perubahan dan peningkatan kekuatan, kostumnya menjadi sama seperti di anime. Level atau tingkatan dari Sailor Moon dapat dilihat dari brosnya, pada awalnya berbentuk bulat, perlahan berbentuk hati, dan terakhir menjadi bintang.
  • Princess Serenity (lampau). Selalu penasaran dengan hal baru membuat dia tak sengaja bertatapan dengan seorang pria. Pria yang menggetarkan hatinya. Tetapi para pengawalnya memperingati Serenity akan tugasnya. Mendadak terjadi pemberontakan ketika Endimion yang berada di pihak Bumi hendak menyerang Bulan. Tetapi Endimion tidak hadir untuk menyerang atau menghancurkan Bulan melainkan untuk menyelamatkan sang putri dan berakhir tewas. Serenity yang melihat tak kuat menerima cintanya mati pun turut bersama Endimion.
Mamoru Chiba (地場 衛, Chiba Mamoru)
Mamoru adalah seorang pemuda tampan berambut hitam yang pada awal seri sering menggoda Usagi dengan mengomentari nilainya jatuh dan kepribadian menjengkelkan lain miliknya, meskipun sebagai waktu berlalu mereka menjadi lebih dan lebih terikat satu sama lain. Hal ini terungkap kemudian di seri bahwa ia sebenarnya misterius Tuxedo Mask yang membantu Sailor Moon melawan kekuatan jahat. Dalam kehidupan masa lalunya Mamoru adalah putra mahkota Golden Millenium (sebuah kerajaan di Bumi), Endymion, yang jatuh cinta dengan putri Serenity. Kasih ini melewati lanjut ke inkarnasi saat ini mereka juga.
  • Topeng Tuxedo (Tuksedo Bertopeng). Wujud yang mendekati ke bentuk Endimion. Memakai tuksedo perlente dan jubah hitam yang melambai di kegelapan malam. Tokoh ini mengawali kemunculannya dengan mencuri permata-permata yang dia duga sebagai Kristal Perak. Tetapi Sailor-V berusaha mencegahnya di salah satu aksinya.
  • Endimion (lampau). Jatuh cinta pada seorang gadis dari bulan bernama Serenity membawanya pada kisah Romeo dan Juliet. Perang terjadi antara Bulan dan Bumi karena pengaruh jahat membuat kedua kekasih ini kebingungan akan cintanya. Tak terduga Endimion tewas di tangan pasukannya sendiri yang dikuasai kejahatan. Pengawalnya terkejut dan tak dapat berbuat apa-apa, berikutnya ingatan Endimion dikunci hingga dirinya kembali berada di kondisi hampir mati, sama saat dirinya menyelamatkan Serenity.

Para Sailor[sunting | sunting sumber]

Ami Mizuno (水野亜美, Mizuno Ami)
Sailor Mercury. Sailor berelemental air yang genius dan baik hati. Ia adalah putri dari Saeko Mizuno, sedangkan ayahnya sudah lama bercerai dari ibunya. Ia ingin menjadi dokter hebat seperti ibunya, jadi ia selalu belajar dengan keras. IQ nya adalah 200, dan ia adalah murid terpintar di SMP Juuban, tetapi karena ia sangat pemalu, orang-orang mengomentarinya sebagai gadis sombong, tetapi Usagi yang baik hati pun menjadi teman pertamanya. Ami bisa keras bila teman-temannya malas belajar, tetapi setelah itu ia selalu meminta maaf. Di anime, Ami terilhat menyukai seorang cowok sekelasnya bernama Ryo Urawa, yang merupakan reinkarnasi dari monster. Walau hubungan mereka terlihat tidak begitu romantis, Ami sangat peduli dengannya. Di Manga Stars / Season terakhir, Ami juga terlihat dekat dengan Kou Taiki, Sailor Star Healer, yang memiliki kepribadian yang mirip, pendiam, dewasa dan cerdas. Namun hal ini tidak resmi.
Rei Hino (火野レイ, Hino Rei)
Sailor Mars Sailor berelemental api yang memiliki persona yang berbeda di anime dan manga. Dia adalah pendeta wanita di kuil Hikawa, tinggal bersama kakeknya. Ibunya meninggal saat ia masih kecil, sedangkan ayah tidak peduli dengannya, oleh karena itu ia sangat menyayangi kakeknya yang genit itu. Di Anime, Rei adalah gadis galak, pemarah, dan sangat ingin menjadi idola terkenal yang memiliki pacar ganteng, ini semua ditunjukan kalau ia ingin berpacaran dengan Mamoru di awal episode. Di manga, ia adalah gadis pendiam, dingin, yang cocok dengan perannya sebagai pendeta wanita. Di PGSM ia juga lebih mirip dalam sosok manganya, dekat dengan Sailor Venus/Ai Minako. Sedangkan peran musikalnya lebih cenderung ke anime.
Makoto Kino (木野まこと, Kino Makoto)
* Sailor Jupiter. Sailor berelemental listrik dan tumbuhan. Ia adalah gadis tangguh, tomboy dan keras, tetapi ia bisa genit dan peduli dengan penampilannya, bila ia bertemu cowok yang mirip dengan mantan pacarnya, seorang kakak kelas. Ia bisa olahraga, karate, tetapi juga suka memasak, bersih-bersih dan segala aktitivitas feminin. Ia memiliki banyak cowok yang ditaksir dalam anime dan manga, salah satunya adalah Motoki Furuhata, sahabat Mamoru yang dulunya disukai Usagi dan Ai.
Aino Minako (愛野美奈子, Aino Minako)

Sang gadis ceria yang merupakan decoy princess. Pemimpin Inner Senshi

Setsuna Meiou (冥王せつな, Meiō Setsuna)

Penjaga pintu waktu, namun pada Season S dia menyamar menjadi seorang mahasiswi bernama Setsuna Meioh. Ia sangat baik, berbicara sangat halus, dan ia sangat peduli kepada Chibiusa, memanggilnya "Small Lady", layaknya orang tua Chibiusa pada masa depan. Ia dekat dengan Haruka Tenoh dan Michiru Kaioh. Mereka bertiga takut akan kebangkitan Sailor Saturn, yang ternyata merupakan reinkarnasi Hotaru Tomoe. Namun pada arc ke 5 mereka pindah rumah dan tinggal bersama Hotaru, merawat mereka.

Chibiusa (ちびうさ)

Anak masa depan Usagi dan Mamoru, dalam versi Amerika biasa dianggap Rini. Dimasa depan ia dipanggil Small Lady oleh para prajurit serta orangtuanya. Ia pertama kali muncul dalam Sailor Moon R, sebagai anak kecil nakal yang ingin membuat Usagi dan Mamoru berpisah, serta mengambil kristal perak dari Usagi. Seiring berjalannya waktu, ChibiUsa berubah menjadi lebih dewasa dan hubungannya dengan Usagi dan Mamoru semakin baik, walau terkadang masih suka bertengkar dengan Usagi.

Haruka Tenou (天王はるか, Tenō Haruka)

Gadis kelas 10 Mugen Gakuen, memiliki cara pandang maskulin serta bersikap, berpakaian, dan berbicara layaknya pria. Memiliki hubungan istimewa dengan Michiru, serta merupakan racer dan pianis terkenal. Haruka digambarkan setahun lebih tua dari Usagi dan geng, yaitu 16-17 tahun.

Michiru Kaioh (海王みちる, Kaiō Michiru)

Michiru dan Haruka bahkan digambarkan memiliki "hubungan istimewa" yang lebih dari sekadar sahabat, hal ini dibuktikan melalui petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Naoko Takeuchi dalam beberapa kesempatan pada manga maupun anime-nya. Michiru pintar bermain biola dan melukis, dan ia berharap menjadi pemain biola pada masa depan.

Hotaru Tomoe (土萠ほたる, Tomoe Hotaru)

Reinkarnasi Sailor Saturn, tetapi juga diposesi oleh Mistress 9, messiah kegelapan. Merupakan siswi kelas 6 SD dan putri dari Professor Tomoe yang hampir meninggal dalam kecelakaan lab, tetapi hidup kembali karena dijadikan siborg. Setelah melepaskan Mistress 9, Hotaru digantikan oleh Sailor Saturn yang nantinya akan menggunakan Death Reborn Revolution.

Sailor Stars
Sailor ini berasal dari luar angkasa/galaksi lain. Datang untuk mencari Sailor Moon dan memperingatkan dia tentang serangan dari galaksi lain. Walau lawannya itu sendiri juga memakai titel Sailor, yang dibahas adalah Sailor yang membantu para Prajurit Cantik saja.
  • Sailor Star Maker
  • Sailor Star Healer
  • Sailor Star Fighter

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

Luna, Artemis, dan Diana
Luna adalah kucing hitam, sedangkan Artemis kucing putih. Mereka berasal dari Planet Mau, dan mereka berdua adalah kucing-kucing yang bertugas melindungi Putri Serenity dan Ratu Serenity di Kerajaan Bulan. Mereka pun lahir kembali, dan Luna memberi bros spesial untuk Usagi, dan menemukan Ami, Rei dan Makoto sebagai Pretty Soldier disaat mereka berusia 14 tahun. Sedangkan Artemis bertemu Ai yang masih berusia 13 tahun. Sedangkan Diana adalah anak masa depan Artemis dan Luna pada masa depan, Diana tinggal di Crystal Tokyo bersama Chibiusa, King Endymion dan Neo-Queen Serenity
Luna-P
Boneka yang selalu dibawa ke mana-mana oleh sang putri cilik (Chibiusa) Pada Super S, boneka ini pun digantikan dengan Diana.
Ikuko & Kenji Tsukino
Orangtua dari Usagi Tsukino. Walau terkadang baik, kadang mereka suka menyeloteh kepribadian Usagi.
Naru Osaka
Naru adalah sahabat Usagi. Dia adalah gadis periang, baik dan kadang-kadang bisa pemarah. Di anime, ia memiliki hubungan khusus dengan Nephrite. Sedangkan karakternya tidak begitu diekspos jauh di manga.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Dalam manga, ada beberapa karakter yang hanya muncul sekali kemudian langsung menghilang. Ada yang tetap ada dan menjadi pusat cerita seperti Helios.

  • Super-S
    • Helios. Unicorn yang mencari-cari putri yang memiliki mimpi indah dan melihat semua itu pada Chibiusa.

Karakter seputar Super-Vilains[sunting | sunting sumber]

  • Dark Kingdom
    • Queen Metalia
    • Queen Beryl
    • Shittenou (dalam versi manga, tokusatsu, crystal anime, dan eternal anime, mereka adalah prajurit pelindung Endymion, namun dalam versi anime 90s mereka merupakan bawahan langsung Queen Beryl)
      • Jadeite
      • Nephrite
      • Zoisite
      • Kunzite
    • Youma (monster ciptaan para Shittenou)
    • Kuroki Mio (tokusatsu)
    • Dark Mercury (tokusatsu)
  • Makaiju Aliens (90s anime)
    • Ail
    • Ann
  • Black Moon Clan
    • Prince Demande
    • Sapphire (dalam versi 90s anime, dia merupakan karakter protagonis dari kelompok terebut)
    • Rubeus
    • Spectre Sisters
      • Petz
      • Calaveras
      • Berthier
      • Koan
    • Esmeraude
    • Droid (monster ciptaan Sapphire, Spectre Sisters dan Esmeraude)
    • Chiral dan Achiral (anime 90s)
    • Black Lady (Chibiusa dibawah pengaruh kekuatan jahat Wiseman)
    • Death Panthom
  • Death Bustress
    • Profesor Tomoe
    • Kaolinite
    • Witchess 5
      • Eudial
      • Mimette
      • Tellu
      • Villuy
      • Cyprine dan Ptilol
    • Daimon (monster ciptaan Kaolinite dan Witchess 5)
    • Master Pharaoh 90
    • Mistress 9 (Hotaru dibawah pengaruh kekuatan jahat ayahnya)
  • Dead Moon Circus
    • Queen Nehelenia
    • Zirconia
    • Amazoness Trio
      • Tiger Eye
      • Hawk Eye
      • Fish Eye
    • Amazoness Quartet Quartet (dalam versi manga dan eternal anime, mereka sebenarnya adalah Sailor Quartet, 4 sailor senshi yang ditugaskan untuk mengawal Eternal Sailor Chibi Moon): Dalam versi anime, Amazoness Quartet yang awalnya musuh, tersadar oleh kekuatan kristal perak, dan mereka diberi pilihan untuk menghancurkn Batu Amazon mereka dan membantu Sailor Senshi, atau tetap berwujud anak-anak selamanya, dan mereka memilih untuk menghancurkan Batu Amazon mereka dan menjadi dewasa. Kemudian mereka ikut membantu dalam perang melawan Nehelenia dengan mengganti kristal emas dengan nanas dan memberikannya kepada Sailor Moon. Setelah Nehelenia dikalahkan dan meninggalkan Bumi, mereka memutuskan untuk pergi diam-diam tanpa membuat keributan dan berharap akan kembali bertemu Sailor Senshi lagi seteah mereka dewasa nanti.
      • CereCere/ Sailor Ceres (manga dan eternal anime)
      • PallaPalla/ Sailor Pallas (manga dan eternal anime)
      • JunJun/ Sailor Juno (manga dan eternal anime)
      • VesVes/ Sailor Vesta (manga dan eternal anime)
    • Lemures (monster ciptaan Amazoness Trio dan Amanozess Quartet)
  • Shadow Galactica
    • Sailor Galaxia
    • Sailor Animamates
      • Sailor Iron Mouse
      • Sailor Aluminum Siren
      • Sailor Lead Crow
      • Sailor Tin Nyanko
      • Sailor Heavymetal Papillon (manga)
      • Sailor Pewter Fox (drama musikal)
      • Sailor Titanium Kerokko (drama musikal)
    • Phage (monster ciptaan Sailor Animamates, anime 90s)
    • Star Gardener
      • Sailor Phi (anime dan musikal)
      • Sailor Chi (anime dan musikal)
      • Sailor Theta (hanya muncul di drama musikal)
    • Sailor Lethe (manga)
    • Sailor Mnemosyne (satu-satunya karakter protagonis dari Shadow Galactica, hanya muncul dalam versi manga)
    • Sailor Buttress (drama musikal)
    • Chaos Galaxia (anime 90s, episode 200)
    • Sailor Chaos (manga)
    • McFly (drama musikal)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Muncul di sailor R
  2. ^ a b c Muncul di sailor S