Ghost at School

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ghost at School (学校の怪談, Gakkō no Kaidan, lit."Hantu di Sekolah".), juga disebut Ghost Stories, adalah serial anime berjumlah 20 episode yang dibuat pada tahun 2000 oleh studio animasi Pierrot dan Aniplex untuk Fuji Television yang berdasarkan seri buku karangan Tōru Tsunemitsu. Seri ini telah dibuat lisensinya untuk pasar Amerika Utara oleh ADV Films. Seri ini juga ditayangkan di Amerika Latin oleh Cartoon Network. Di Indonesia seri ini ditayangkan oleh Trans7.

Jalan Cerita[sunting | sunting sumber]

Ghost at School menceritakan kisah dari Miyanoshita Satsuki yang pindah dengan keluarganya ke kampung halaman almarhum ibunya. Pada hari pertamanya di sekolah, Satsuki, adiknya Keiichirou (kelas satu SD), tetangga mereka Aoyama Hajime, senior mereka Momoko Koigakubo dan teman sekelasnya Aoyama, Leo Kakinoki yang memiliki kecenderungan pada hal-hal yang berbau paranormal mendatangi gedung sekolah lama yang sudah ditinggalkan dan dekat dengan sekolah mereka saat ini dan menemukan bahwa bangunan itu ternyata berhantu. Segera mereka juga mengungkap bahwa ternyata almarhum ibu Satsuki dulu yang bertanggung jawab menyegel beberapa hantu yang tidak hanya ada di sekolah tetapi juga di seluruh kota dan sekarang mereka semua sudah terbebas karena urbanisasi yang membuat pohon di bukit belakang sekolah mereka ditebang. Ibu Satsuki meninggalkan sebuah buku yang berisi cara menyegel hantu-hantu sekali dan selamanya. Dalam aksi pertamanya, Satsuki menghadapi Iblis bernama Amanojaku, tetapi dalam prosesnya Amanojaku malah tersegel dalam tubuh kucing peliharaan Satsuki, Kaya. Walaupun Amanojaku tidak ingin menolong Satsuki pada awalnya, bahaya semakin besar menyelubungi kota dan membuat Satsuki, teman-temannya dan Amanojaku menghentikan hantu-hantu itu. Pada akhirnya, dengan bantuan Amanojaku, teman-temannya akhirnya menyegel hantu-hantu itu. Mereka harus mengorbankan Amanojaku dalam prosesnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Satsuki Miyanoshita (宮ノ下 さつき, Miyanoshita Satsuki)

Satsuki adalah karakter utama acara ini. Dia pindah dengan ayah dan adiknya Keiichirou ke kampung halaman almarhum ibunya, dimana ia mengetahui kalau ibunya dulu menghadapi beberapa Iblis yang menghantui kota termasuk Amanojaku dan menulis semua pengalaman supranaturalnya dalam sebuah ‘‘diary’’ yang bernama Jurnal Hantu. Satsuki sangat kuat, berani dan nekat, tetapi kadang-kadang ia suka murung, terutama karena kelakuan ceroboh Hajime. Nama pendeknya di dub Animax adalah Suki (dari Satsuki). Namanya berarti bulan Mei.

  • Momoko Koigakubo (恋ヶ窪 桃子, Koigakubo Momoko)

Momoko adalah murid kelas 6 dan teman baik Satsuki. Dia kelihatannya tidak takut apapun, bahkan dalam situasi berbahaya dan sangat berani ketika bahaya datang untuk menolong Satsuki dan kelompoknya menghadapi hantu-hantu. Dia juga kadang suka kerasukan roh ibunya Satsuki. Dia pernah bertemu dengan ibunya Satsuki dulu saat sedang dirawat di sebuah rumah sakit. Namanya berarti Buah Persik.

  • Hajime Aoyama (青山 ハジメ, Aoyama Hajime)

Hajime adalah tetangga Satsuki. Dia kuat dan berani, tetapi punya kecenderungan berhati kecil. Walaupun begitu, dia adalah salah satu teman Satsuki yang paling bisa dipercaya. Namanya berarti "Permulaan".

  • Leo Kakinoki (柿ノ木 レオ, Kakinoki Reo)

Leo adalah teman Hajime dan memiliki obsesi besar dengan hal yang berkaitan dengan paranormal dan mencanangkan dirinya sebagai penyelidik hal gaib nomor satu di sekolah. Bagaimanapun juga, kapanpun Leo menemukan petunjuk yang berhubungan dengan keberadaan hal supranatural, petunjuk-petunjuk itu tampak malah menjadi senjata makan tuan baginya. Seperti Hajime, dia mencoba jadi berani, tetapi sering kali terlihat jadi pengecut. Namanya berarti "Singa".

  • Keiichirou Miyanoshita (宮ノ下 敬一郎, Miyanoshita Keiichirō)

Keiichirou adalah adiknya Satsuki. Dia mudah takut dan kadang menangis, tetapi kadang menunjukkan keberanian dalam melawan hantu. Dia membuat persahabatan yang erat dengan hantu Amanojaku. Namanya berarti "Banyak".

  • Amanojaku (天の邪鬼)

Amanojaku adalah Iblis yang dulunya pernah disegel oleh ibu Satsuki di sebuah pohon di bukit belakang sekolah, tetapi pada akhirnya terbebas dari penjara sihirnya karena pohonnya ditebang. Sayangnya, kebebasannya ini tidak berlangsung lama karena Satsuki menyegelnya lagi dalam tubuh kucing peliharaannya, Kaya. Awalnya, Amanojaku tidak bersahabat dengan mereka dan jadi sangat gembira saat melihat mereka dalam masalah, tetapi lama-kelamaan dia jadi dekat dengan mereka (terutama Satsuki dan Keiichirou).

  • Sakata (坂田)

Sakata adalah wali kelas Satsuki, Hajime dan Leo. Walaupun tidak percaya hantu, dia sering jadi korban insiden supranatural seperti kerasukan, dikutuk dan diculik hantu.

  • Reiichirou Miyanoshita (宮ノ下 礼一郎, Miyanoshita Reiichirō)

Reiichirou adalah ayah Satsuki. Dia tidak mengetahui tentang tugas supranatural anaknya dan juga tak percaya hantu.

  • Kayako Miyanoshita (宮ノ下 佳耶子, Miyanoshita Kayako)

Kayako adalah ibunya Satsuki dan Keiichirou. Melalui ‘‘diary’’nya terungkap bahwa dia adalah seorang penyegel selama masih kecil. Dia merasuki Momoko 2 kali selama keseluruhan seri untuk menolong Satsuki melawan Hantu Piano dan Kutabe dan sekali menolong Satsuki dan yang lainnya keluar dari sarang hantu yang disebut Anamnaneki. Nama gadisnya adalah Kamiyama.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

  • Tema Pembuka "Grow up"
    • Musik dan Lirik: Takuya
    • Aransemen: Sakuma Masahide, Hysteric Blue
    • Lagu: Hyisteric Blue
  • Tema Penutup "Sexy Sexy"
    • Lirik: MASASHI, TAMA
    • Komposer: MASASHI
    • Aransemen: CASCADE, Cozy Kubo
    • Lagu: CASCADE

Lagu Pembuka Versi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Saat ditayangkan di Indonesia melalui Trans 7 anime ini menggunakan lagu pembuka dan penutup versi bahasa Indonesia yang liriknya merupakan terjemahan dari lagu tema originalnya.

  • Lirik lagu pembuka

Tentang dirimu Tentang diriku Tentang siapapun Tentang semuanya Ceritakanlah kisah yang belum diketahui Agar bersama Memahaminya Tlah kubuka hatiku Meski kesepian tetapi entah mengapa Tak bisa katakan yang sesungguhnya padahal kalau bilang hal yang sebaliknya Bisa ucap begitu saja Bila hidup dengan hati yang berat Hanya rintangan yang akan terlihat Saat kusadar sudah tersesat Hidup seperti itu Ku tak mau Andaikan itu adalah diriku yang lain Maka esok hari pastikan Jadi lebih baik Kutahu itu Kuyakin itu

  • Lirik lagu penutup

Ilusi dari langit senja di dunia sana I miss you 2x I need you 2x Seksi seksi Hey maukah kesini Akan ku ceritakan Kisah rahasia padamu Malam yang berkilauan Membasahi hatiku Waktu tak bisa kembali Come back 3x Ilusi yang membara dari dunia sana Bergoyang 4x Rasanya bagai di surga Andaikan kita bisa berjumpa di tempat itu Bergoyang 4x Seksi 2x

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website Ghost at School Studio Pierrot