Soul Eater

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Soul Eater
ソウルイーター
(Sōru Ītā)
GenreLaga, Petualangan, Gaib
Manga
PengarangAtsushi Ōkubo
PenerbitSquare Enix
Penerbit
Indonesia
Level Comics
DemografiShōnen
ImprintGangan Comics
MajalahMonthly Shōnen Gangan
Seri anime
SutradaraTakuya Igarashi
ProduserAya Yoshino
Taihei Yamanishi
Yoshihiro Oyabu
SkenarioAkatsuki Yamatoya
MusikTaku Iwasaki
StudioBones
Related
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Soul Eater (bahasa Jepang: ソウルイーター, Hepburn: Sōru Ītā) (Bahasa Jepang: ソウルイーター Sōru Ītā) adalah serial manga dan anime yang dibuat oleh Atsushi Ōkubo. Berlokasi di "Sekolah Pengendali Senjata Shinigami", serial ini mengisahkan tiga tim, setiap tim terdiri atas pengendali senjata dan (setidaknya satu) senjata yang dapat berubah bentuk menjadi manusia. Mereka berusaha membuat si senjata menjadi "sabit kematian" yang kemudian akan dapat digunakan oleh kepala sekolah mereka, Shinigami (personifikasi dari kematian). Mereka harus mengumpulkan 99 jiwa dari manusia jahat dan satu jiwa penyihir secara berurutan, jika tidak mereka harus mengulang dari awal.

Manga Soul Eater diterbitkan di Jepang oleh Square Enix tahun 2004. Sedangkan di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Level Comics. Anime dari serial ini diproduksi oleh Bones dan Aniplex, disutradarai oleh Takuya Igarashi dan ditayangkan oleh TV Tokyo. Manga sampingan berjudul Soul Eater Not! mulai diserialisasikan tahun 2011.

Plot[sunting | sunting sumber]

Soul Eater berlatar belakang di Sekolah Pengendali Senjata Shinigami, Death City[1] di Nevada, United States.[2] Sekolah ini dijalankan oleh Shinigami, yang juga dikenal sebagai Kematian, sebagai fasilitas pelatihan untuk manusia yang memiliki kemampuan berubah wujud menjadi senjata, dan untuk para pemegang manusia senjata, yang disebut pengendali senjata. Tokoh-tokoh utama yang bersekolah di sini adalah[1] pengendali senjata Maka Albarn and pasangan senjata sabitnya Soul Eater; pembunuh Black Star dan pasangannya Tsubaki Nakatsukasa, yang dapat berubah wujud menjadi senjata seperti kusarigama, shuriken, and ninjatō; dan putra dari Shinigami, Death the Kid dan pasangan senjata pistolnya Liz dan Patty Thompson. Tujuan para siswa pengendali senjata adalah mengalahkan 99 jiwa manusia jahat dan satu jiwa penyihir dengan senjata mereka. Kemudian para senjata akan menyerap jiwa-jiwa itu. Jika semua jiwa itu sudah terkumpul, si senjata dapat berubah menjadi sabit kematian, senjata yang dapat digunakan oleh Shinigami.[1]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Maka Albarn[sunting | sunting sumber]

Maka Albarn (マカ・アルバーン Maka Arubān) adalah protagonis utama dalam serial Soul Eater. Dia adalah siswi muda yang berdedikasi. Maka terinspirasi oleh ibunya, seorang pengendali senjata. Namun dia sering bersitegang dengan ayahnya Spirit, karena kebiasaan ayahnya yang suka merayu wanita sehingga membuat orang tuanya bercerai. Karena itu, Maka sangat terobsesi untuk mengubah senjatanya menjadi senjata kematian yang lebih kuat dari ayahnya.

Maka digambarkan sebagai seorang dengan rasa keadilan dan moralitas yang kuat. Dia juga karakter yang paling dewasa dan sederhana. Dia berani, bertekad kuat, pekerja keras, baik hati, ceria, cerdas, penuh rasa tanggung jawab, dan blak-blakan. Sebagai seorang teman, Maka sangat setia dan sangat peduli pada mereka.

Dia suka membaca buku dan menyelesaikan teka-teki. Dia sangat rajin belajar untuk mempertahankan labelnya sebagai siswa teladan. Dia bergantung banyak pada buku untuk membantunya memahami hal-hal. Kadang-kadang Soul suka mengejeknya dan menyebut dirinya kutu buku.

Soul Eater Evans[sunting | sunting sumber]

Soul "Eater" Evans, juga dikenal sebagai Soul Eater (ソ ウ ル イ ー タ ー, Souruītā) adalah salah satu protagonis utama. Soul memiliki kemampuan berubah menjadi senjata dan merupakan senjata serta Sabit Kematian Maka Albarn.

Soul berasal dari keluarga musisi yang sangat kaya. Dia memiliki kakak bernama Wes yang merupakan seorang pemain biola. Soul merasa rendah diri atas prestasi dan kemampuan yang dimiliki kakaknya meskipun dia sendiri memiliki bakat bermain piano. Walaupun begitu, Soul eenggan menunjukkan bakat bermain pianonya karena dia yakin Wes lebih baik darinya. Setelah mengetahui bahwa dia adalah seorang Senjata Iblis, dia menyadari bahwa dia dapat melarikan diri dari tradisi keluarga musisinya dan berusaha untuk menjadi Sabit Kematian. Dan tampaknya, bukti-bukti menunjukkan bahwa dia adalah yang pertama Senjata Iblis pertama di keluarga Evans.

Soul digambarkan bersikap santai dan acuh tak acuh pada awal seri, di mana dia berusaha membentuk karakter "keren" dalam dirinya namun seringnya malah berakibat mempermalukan dirinya sendiri. Sifat Soul, berkebalikan sama sekali dengan Maka. Dia sering bertengkar dengan Maka karena hal-hal yang tidak penting, tetapi di balik itu semua, dia sangat setia pada teman-temannya dan lebih dari sekali, dia rela mati untuk melindungi teman-temannya.

Black Star[sunting | sunting sumber]

Black Star (ブラック☆スター Burakku Sutā, atau "Black☆Star") adalah salah satu protagonis utama, seorang pengendali senjata. Black☆Star adalah salah satu anggota Klan Bintang yang selamat. Dia dilahirkan di dalam klan pembunuh yang terkenal membunuh orang-orang yang tidak bersalah dengan tujuan untuk mencuri dan merampok harta mereka. Pada akhirnya semua anggota klan itu, kecuali Black☆Star yang saat itu masih bayi, dimusnahkan oleh Shinigami. Pasangan Senjata Iblis Black☆Star adalah Tsubaki Nakatsukasa.

Pada awal seri, Black☆Star merupakan anak yang agak sombong, berisik dan egois. Meskipun ia bertarung sebagai seorang pembunuh, dia suka berteriak dan membuat kehadirannya diketahui, alasannya adalah karena dia adalah seorang pencari perhatian. Dia tidak tahan melihat orang lain mendapatkan perhatian lebih dari dirinya, dan akan mengalahkan siapapun yang lebih populer darinya sehingga dia bisa populer lagi. Kenyaringannya sering ditampilkan dalam kecenderungan untuk berteriak ketika ia berbicara dan tertawanya yang khas.

Tsubaki Nakatsukasa[sunting | sunting sumber]

Tsubaki Nakatsukasa (中 務 椿, Nakatsukasa Tsubaki) adalah pasangan senjata Black Star. Tsubaki adalah anggota dari Klan Nakatsukasa, keluarga Senjata Iblis terkenal dari Jepang. Dalam setiap generasi Klan Nakatsukasa, akan ada anggota keluarga yang memiliki kemampuan khusus untuk berubah wujud menjadi beberapa senjata Ninja. Dan pada generasi ini, Tsubaki diberkahi kemampuan khusus itu.

Sebagai salah satu yang tertua dari para karakter utama, Tsubaki adalah salah satu karakter paling dewasa, bersama dengan Maka. Namun, dia tidak pemarah seperti pengendali senjata. Dia sangat sabar dan pemaaf. Dia, seperti Maka, menunjukkan kepribadian yang yang lebih tenang dari sebagian besar karakter lain. Dia memiliki kepribadian yang sangat murah hati, sopan, lembut dan selalu mencoba untuk membantu atau menghibur teman-temannya bahkan ketika dia tidak tahu bagaimana cara membantu mereka. Dia peduli dan pengertian dan kadang-kadang bertindak sebagai mediator ketika teman-temannya bertengkar, dan dia seringkali menjadi tempat bersandar bagi teman-temannya jika mereka sedang tertimpa masalah.

Death the Kid[sunting | sunting sumber]

Death the Kid (デ ス · ザ · キ ッ ド, Desu za Kiddo), atau yang biasa disebut sebagai "Kid", adalah shinigami yang kuat dan pengendali senjata dari senjata iblis kembar Liz dan Patty Thompson. Sebagai anak kedua dari Death, dia mewarisi tanggung jawab ayahnya sebagai Shinigami.

Walaupun Kid memiliki kekuatan yang pantas diperhitungkan, ia memiliki satu kelemahan psikologis menyiksa dirinya serta fisik handicap dia di kesempatan. Dia adalah penderita gangguan kepribadian obsesif-kompulsif, atau OCPD, yang dimanifestasikan sebagai obsesi atas kesimetrisan. Benda dan lingkungan yang tidak simetris dapat mengalihkan perhatiannya dari misi dan Kid akan menolak melanjutkan pekerjaannya jika dia melihat benda-benda asimetris di sekitarnya. Jadi, jika ada sesuatu yang salah sedikit saja, aia akan segera berusaha memperbaikinya, bahkan jika dia harus mengorbankan misinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Story section at the anime's official website" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 2008-04-20.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "story" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Ōkubo, Atsushi (2006). "Chapter 23". Soul Eater (dalam bahasa Japanese). 7. Square Enix. ISBN 978-4-7575-1774-5.