Josee, the Tiger and the Fish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Josee, the Tiger and the Fish
SutradaraIsshin Inudo
ProduserOsamu Kubota
SkenarioAya Watanabe
Berdasarkan
Josee, the Tiger and the Fish
oleh Seiko Tanabe
PemeranSatoshi Tsumabuki, Chizuru Ikewaki
Penata musikQuruli
Tanggal rilis
  • 13 Desember 2003 (2003-12-13) (Japan)
Durasi116 minutes
NegaraJapan
BahasaJapanese

Josee, the Tiger and the Fish (ジョゼと虎と魚たち, Joze to Tora to Sakana-tachi) adalah film Jepang produksi tahun 2003 yang disutradarai oleh Isshin Inudo, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Aya Watanabe, diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Seiko Tanabe.[1] Film yang dirilis pada 13 Desember 2003, ini dibintangi oleh Satoshi Tsumabuki dan Chizuru Ikewaki.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tsuneo, seorang mahasiswa dengan yang mengambil pekerjaan sampingan, menjadi saksi ketika ada kereta dorong bayi bergulir di jalan saat mengambilkan anjing milik bosnya untuk diajak berjalan-jalan. Setelah memeriksa kereta dorong itu, Tsuneo melihat bayi perempuan itu memegang pisau. Dia mengayun-ayunkan pisau di depan muka Tsuneo dan tidak mengenai. Tsuneo berusaha mencari-cari, siapa orang yang meninggalkan bayi dalam kereta dorong itu di jalan. Nenek Josee melihat mereka, dan mereka berjalan kembali ke rumahnya, di mana Josee sedang memasakkan mereka. Tsuneo datang berkunjung ke rumah Josee secara rutin dengan harapan dapat membikinkan masakan dan mulai tumbuh suatu perasaan. Setelah konflik antara Tsuneo dan Josee, mereka berhenti melihat satu sama lain untuk sementara waktu, sampai Tsuneo selama wawancara pekerjaan menemukan bahwa nenek Josee telah meninggal baru-baru ini. Dia tiba-tiba meninggalkan wawancara untuk menemui Josee. Josee memprsilakan dia masuk, dan mereka minum teh bersama-sama. Setelah Tsuneo menunjukkan ketidaksetujuan dengan sesuatu yang dikatakan Josee bahwa dia telah melakukan, Josee meminta Tsuneo meninggalkannya. Selama Tsuneo bersiap pergi, Josee memeluknya, dan mengatakan padanya untuk tinggal bersamanya selamanya, yang dengan senang hati menyetujuinya. Mereka hidup bersama selama beberapa bulan sebelum Tsuneo putus dengan Josee. Setelah meninggalkan Josee untuk terakhir kalinya, Tsuneo bertemu dengan mantan pacarnya, Kanae, dan mereka berjalan bersama-sama. Tsuneo tiba-tiba mulai menangis ketika ia menyadari ia mungkin tidak pernah melihat Josee lagi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Awards[sunting | sunting sumber]

  • Inudō menerima penghargaan dari The Minister of Education New Director Award untuk Fine Art,[2]
  • Satoshi Tsumabuki memenangi kategori Aktor Terbaik dari Kinema Junpo[3] dan Hochi Film Awards.[4]
  • Film ini masuk peringkat ke-empat Film Jepang Terbaik dalam Kinema Junpo poll of film critics.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Josee The Tiger And The Fish [Japanese Edition]". Goodreads. Diakses tanggal January 7, 2013. 
  2. ^ 平成15年度芸術選奨 受賞者及び贈賞理由 (dalam bahasa Japanese). Agency for Cultural Affairs. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-06. Diakses tanggal 7 January 2013. 
  3. ^ 妻夫木聡のヒストリー (dalam bahasa Japanese). Oricon. Diakses tanggal 7 January 2013. 
  4. ^ "2004". 報知映画賞ヒストリー (dalam bahasa Japanese). Hochi Shinbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-31. Diakses tanggal 7 January 2013. 
  5. ^ 1位「美しい夏キリシマ」 キネマ旬報ベストテン (dalam bahasa Japanese). 47 News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-21. Diakses tanggal 7 January 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]