Goodreads

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Goodreads
Goodreads.png
URL www.goodreads.com
Jenis situs Katalogisasi buku sosial
Pemilik Otis Chandler
Dibuat oleh Otis Chandler
Diluncurkan 30 Januari 2007

GoodReads merupakan situs jaringan sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Sama seperti situs jaringan sosial lain, GoodReads mempunyai konten friend, group, maupun discussion. Bedanya, GoodReads memungkinkan anggota untuk menampilkan daftar buku sudah dibaca (read), buku yang sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to read). Dalam situs ini, pengguna dapat saling berbagi rekomendasi buku bacaan dengan memberikan review maupun komentar.

Awal berdirinya[sunting | sunting sumber]

GoodReads didirikan pada Desember 2006, resmi dirilis pada 30 Januari 2007 oleh Otis Chandler dan Elizabeth Khuri. Komunitas Goodreads sebenarnya adalah komunitas baca internasional yang digagas Otis Chandler pada tahun 2006. Otis adalah pemilik perusahaan penerbitan di Amerika Serikat yang juga menerbitkan Los Angeles Times. Seperti halnya situs-situs jaringan sosial lain, GoodReads juga memungkinkan penggunanya untuk memberi peringkat dan menulis ulasan mengenai suatu buku serta berdiskusi dengan pengguna lainnya. Selain mengambil informasi buku dari situs Amazon.com, situs ini juga mengizinkan penggunanya untuk memasukkan informasi untuk buku yang belum tersedia dari Amazon.com, seperti misalnya kebanyakan buku-buku terbitan Indonesia. Sejak pertama kali diresmikan situs ini belum pernah mendapat bantuan, namun pada Desember 2007, GoodReads menerima bantuan dari angel investors sebesar 750 ribu dollar.[1]

Sebelum GoodReads didirikan, para pecinta buku sebenarnya telah mempunyai pilihan jejaring sosial yang mengkhususkan pada katalogisasi buku. Namun di antara situs sejenis, GoodReads merupakan yang paling populer. GoodReads membuat anggota dapat berbagi rekomendasi buku dengan sesama anggota, mencari informasi lebih tentang buku maupun penulis, serta dapat terhubung dengan orang yang mempunyai ketertarikan yang sama pada buku.

GoodReads menjadi salah satu jejaring sosial terbesar di dunia untuk memfasilitasi para pembaca. Pada 2009, GoodReads telah mempunyai lebih dari 3,6 juta anggota dan menambah daftar koleksi buku sebanyak lebih dari 110 juta buku.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

  • Pengguna dapat membuat akun pribadi
  • Pengguna yang terdaftar sebagai anggota GoodReads dapat melampirkan dan memberikan peringkat pada buku yang pernah atau sedang dibaca
  • Mengetahui buku yang sedang dibaca oleh teman
  • Mendapatkan rekomendasi buku[2]

Menu[sunting | sunting sumber]

Profil pengguna[sunting | sunting sumber]

Menampilkan nama pengguna, alamat website , aktifitas, penulis favorit, keterangan diri, serta foto yang berguna untuk pengguna lain mengidentifikasi siapa pemilik akun tersebut. Fitur ini menampilkan daftar bacaan anggota, buku yang saat ini sedang dibaca, update terbaru, kutipan favorit , group yang diikuti, serta hasil review dari anggota. Contoh, dalam profil Adhika terdapat keterangan diri dan daftar buku yang telah dibaca atau sedang dibaca oleh pengguna tersebut.

Friends[sunting | sunting sumber]

Anggota GoodReads dapat menambah teman sehingga dapat melihat daftar buku yang telah atau sedang dibaca oleh sesama anggota. Selain itu saat teman merekomendasikan atau meringkas buku, anggota lain dapat berkomentar dan memberikan peringkat pada buku tersebut. Anggota GoodReads juga dapat melihat koleksi daftar buku yang telah dibaca oleh teman.

Mybooks[sunting | sunting sumber]

Dalam fitur ini, pembaca dapat menambah daftar buku yang pernah dibaca, sedang dibaca, atau berencana untuk dibaca. Dalam fitur mybook, anggota dapat memberikan review dari buku yang telah dibaca sehingga dapat dilihat oleh anggota GoodReads yang lain.

Find books[sunting | sunting sumber]

Para pengunjung situs GoodReads dapat mencari buku yang diinginkan dengan mengetikkan judul maupun penulis buku. Dalam fitur ini, GoodReads juga menampilkan daftar buku yang paling populer menurut genre masing-masing, misalnya daftar buku dengan genre komik, fantasi, fiksi, misteri, dan lain sebagainya.

Anggota juga dapat membeli maupun bertukar buku secara online yang disediakan dalam sub-fitur swap. Selain penjualan secara online, para anggota juga berkesempatan untuk mendapatkan buku secara cuma-cuma yang diberikan oleh anggota GoodReads yang lain. Hanya saja para anggota GoodReads harus berebut untuk dapat memenangkan buku yang terdapat dalam sub-fitur giveaway. Selain itu, anggota juga dapat mengunduh e-book yang ada dalam daftar koleksi e-book GoodReads secara gratis.

Explore[sunting | sunting sumber]

Dalam fitur explore para pengunjung situs GoodReads dapat menjawab pertanyaan trivia yang berkaitan dengan buku, selain itu terdapat fitur kuis yang memungkinkan pengunjung mengikuti kuis tentang buku tertentu. Fitur explore juga dilengkapi informasi dan hyperlink tentang penulis terkenal, berbagi video maupun quotes, dan menginformasikan event yang diadakan oleh GoodReads maupun anggota group GoodReads.

Group[sunting | sunting sumber]

Fitur ini memungkinkan anggota GoodReads untuk menjadi bagian dari group tertentu sesuai yang diinginkan. Group tersebut dibuat berdasarkan kategori misalnya demografi, geografi maupun ketertarikan akan genre tertentu. Setiap anggota boleh mengikuti beberapa group sekaligus. Di dalam group tersebut para anggota bisa saling berbagi rekomendasi maupun review buku. Anggota juga dapat membuka diskusi pada masing-masing group yang diikuti.

GoodReads Indonesia[sunting | sunting sumber]

Salah satu grup yang bergerak di dunia perbukuan di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrani dan ditujukan untuk para pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku tersebut serta berupaya untuk mengumpulkan buku-buku berbahasa Indonesia.[3]

GoodReads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. GoodReads Indonesia tidak mau berhenti hanya pada tahapan sebagai komunitas pembaca pasif. Komunitas ini berkehendak untuk menjadi komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan baik kegiatan di dunia maya maupun di dunia nyata. Kegiatan secara online tersebut beranekaragam mulai dari diskusi tentang Buku dan Membaca, kegiatan klub buku, dan lain sebagainya. Sementara kegiatan di dunia nyata misalnya kopi darat, diskusi buku bulanan, acara tahunan Festival Pembaca Indonesia, nonton bareng, ngabuburit, klub siaran, dan lain sebagainya.

Menjalani tahun ke-6, komunitas pencinta buku ini semakin aktif berkegiatan dalam dunia literasi. Dengan berinteraksi di dunia maya, mereka menggelar kegiatan baca buku bersama, lomba meresensi buku bulanan, dan diskusi buku. Melalui dunia maya, GoodReads Indonesia juga menggalang relawan untuk mengaktifkan perpustakaan di sekitar pembaca dengan membentuk wadah Sobat Perpus. Sobat Perpus bertujuan untuk mendata perpustakaan mana saja yang perlu dihidupkan lagi lalu mencari donasi untuk berkegiatan di perpustakaan tersebut atau untuk menambah koleksi buku.[4]

Sampai April 2013, group ini mampu menjaring anggota sebanyak 9,384 orang dari Indonesia, dengan koleksi buku sebanyak 6364 buah buku.

Saat ini, GoodReads Indonesia dimoderatori oleh empat orang yaitu Aditya Hadi Pratama, Sukma Rezany, Rahmad Harun, Roos Wijayanti, serta didukung oleh lima orang koordinator yaitu Merry Riansyah (Koordinator Sosial Media), Farah Lestari (Koordinator Siaran), Didiet Prihastuti (Koordinator Klub Buku Online), Nur Asiah (panggilan: Nura, Koordinator Klub Buku Offline), Novrina (panggilan: Anop, Koordinator Keuangan dan Merchandise).

Aplikasi GoodReads untuk IPhone[sunting | sunting sumber]

Saat ini Apple inc. telah menciptakan aplikasi GoodReads yang kompatibel dengan produk-produknya, termasuk IPhone. Pengguna produk seperti MacBook, IPhone, maupun Ipad dapat mengunduh gratis aplikasi GoodReads. Sehingga pengguna dapat membaca e-book langsung dari gadget menggunakan GoodReads Reader. Pada akhir 2010, GoodReads telah menyediakan 2.000 buku untuk publik yang dapat diakses secara gratis.

Aplikasi ini membuat pengguna dapat menikmati fitur dalam situs GoodReads secara lebih mudah apalagi jika pengguna terdaftar sebagai anggota GoodReads. Aplikasi GoodReads for Apple ini menawarkan manfaat seperti pengguna dapat memeringkat dan mereview lebih dari 8juta buku serta membaca dan mengunduh buku secara langsung dari IPhone.

Situs Sejenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]