Kekkai Sensen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kekkai Sensen
Berkas:Blood Blockade Battlefront.jpg
Sampul volume pertama manga, menampilkkan Klaus V Reinherz
血界戦線
(Kekkai Sensen)
GenreAksi, Supernatural
Manga
PengarangYasuhiro Nightow
PenerbitShueisha
Penerbit
Inggris
Dark Horse Comics
DemografiMale
MajalahJump SQ.19
Jump SQ.Crown
Terbit2009 – sekarang
Volume10
Seri anime
SutradaraRie Matsumoto
SkenarioKazunao Furuya
MusikTaisei Iwasaki
StudioBones
Lisensor
Madman Entertainment
Funimation
Anime Limited
Saluran
asli
MBS, Tokyo MX, BS11
Tayang 4 April 2015 4 Oktober 2015
Episode12
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Kekkai Sensen (血界戦線), dikenal juga sebagai Blood Blockade Battlefront, adalah sebuah serial manga shonen Jepang yang dibuat oleh Yasuhiro Nightow. Cerita ini mengisahkan seorang fotografer muda bernama Leonardo Watch yang mendapatkan "All Seeing Eyes". Ia pindah ke kota Hellsalem's Lot untuk bergabung dengan sebuah organisasi yang bernama Libra untuk bertarung menghadapi beberapa moster dan teroris. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Bones tayang perdana pada awal tahun 2015, Funimation mendapatkan lisensi untuk penayangan serial ini di Amerika Utara.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kekkai Sensen berfokus pada organisasi "Libra" yang bertarung melawan kejahatan di kota Hellsalem's Lot, yang sebelumnya dikenal sebagai Kota New York. Hellsalem's Lot terbentuk setelah portal ke dunia tak terlihat terbuka, sehingga kota ini menjadi titik pertemuan antara monster, sihir, dan kehidupan duniawi. Libra berusaha untuk menyelasaikan masalah di kota tersebut dan mencegah kengerian kota ini menyebar ke dunia luar.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Libra[sunting | sunting sumber]

Leonardo Watch (レオナルド・ウォッチ, Reonarudo Wotchi)
Pengisi suara: Daisuke Sakaguchi
Seorang fotografer muda yang baik dan rendah hati, datang ke Hellsalem's Lot untuk membantu adiknya yang sakit. Sesuatu yang misterius memberinya "All Seeing Eyes of God", membuat dirinya memiliki kekuatan mata yang beragam, sebagai ganti dari penglihatan adiknya. Ia sering dibully oleh Zapp. Karena kemampuan bertarungnya yang rendah, ia sering berada dalam keadaan berbahaya terutama saat menghadapi orang-orang yang menginginkan kekuatan matanya.
Klaus V Reinherz (クラウス・V・ラインヘルツ, Kurausu Fon Rainherutsu)
Pengisi suara: Rikiya Koyama
Pemimpin Libra. Seseorang dengan tubuh besar dan kuat, namun memiliki hati yang baik, sopan, dan jujur akan suatu kesalahan. Ahli dari gaya bertarung Brain Grid blood, yang memungkinkan dirinya untuk membuat persenjataan besar berbentuk salib dan menyegel musuh. Klaus juga sangat pintar.
Zapp Renfro (ザップ・レンフロ, Zappu Renfuro)
Pengisi suara: Kazuya Nakai
Seorang anggota Libra yang suka bermain wanita. Ia merupakan ahli teknik bertarung Big Dipper blood aliran Kagutsuchi, yang memungkinkan dirinya memanipulasi darahnya menjadi pedang atau ledakan. Dia adalah mitra Leonardo dan meskipun hanya bersikap biasa, dia peduli terhadap Leonardo.
Chain Sumeragi (チェイン・皇, Chein Sumeragi)
Pengisi suara: Yū Kobayashi
Seorang werewolf berpakaian rapi dengan kekuatan membuat dirinya tak terlihat. Dia dapat bergerak dengan kecepatan tinggi dan melakukan sebagian besar tugas pengintaian di Libra. Kepribadiannya sadis, sering menyebabkan bahaya fisik kepada orang lain.
Steven A. Starphase (スティーブン・A・スターフェイズ, Sutībun Ē Sutāfeizu)
Pengisi suara: Mitsuru Miyamoto
Merupakan orang kedua di Libra. Seorang pria licik yang memiliki banyak koneksi. Ahli dari Esmerelda Blood Freeze, gaya bertarung berbasis pada tendangan yang membekukan musuh.
K.K.
Pengisi suara: Ai Orikasa
Sorang anggota Libra yang periang dengan enutup mata. Ia bertarung dengan menggunakan pistol dan senapan yang dapat memberikan sengatan listrik pada musuhnya.
Deldro Brody & Dog Hummer (デルドロ・ブローディ & ドグ・ハマー, Derudoro Burōdi & Dogu Hamā)
Pengisi suara: Keiji Fujiwara & Mamoru Miyano
Dua orang dalam satu tubuh. Dog Hummer adalah seorang pria tampan yang darahnya diganti dengan tubuh seorang pembunuh bayaran Deldro Brody yang sudah dicairkan. Brody dapat membentuk dirinya menjadi pelindung raksasa yang menyelubungi tubuh Hummer, memberinya kekuatan fisik yang besar.
Zed O'Brien (ツェッド・オブライエン, Tseddo Oburaien)
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa
Seorang manusia ikan yang memiliki kekuatan yang sama dengan Zapp. Bergabung dengan Libra setelah ditinggal oleh gurunya, yang juga merupakan guru dari Zapp. Zed dilatih menggunakan aliran Shinatobe dari teknik bertarung Big Dipper blood, yang dapat membuat trisula dan benang dari darahnya.
Gilbert F. Altstein (ギルベルト・F・アルトシュタイン, Giruberuto Efu Arutoshutain)
Pengisi suara: Banjō Ginga
Seorang butler yang juga merupakan anggota Libra. Wajahnya ditutupi perban, membuatnya tampak seperti mumi. Ia dikenal akan kemampuan pertarungnya dan kekuatan beregenerasi. Ia sering mengemudikan kendaraan khusus yang dilengkapi banyak persenjataan.
Blitz T. Abrams (ブリッツ・T・エイブラムス, Burittsu Tī Eiburamusu)
Pengisi suara: Akio Ōtsuka
Mantan mentor Klaus dan seorang pemburu vampir terkenal. Julukannya sebagai Lucky Abrams (豪運のエイブラムス, Gōun no Eiburamusu) merupakan ironi, karena keberuntungannya sangat buruk. Hal ini sering memicu kekacauan untuk orang di sekitarnya, karena dia telah dikutuk berulang kali, tetapi kutukan-kutukan tersebut biasanya berakhir membatalkan satu sama lain.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

White (ホワイト, Howaito)
Pengisi suara: Rie Kugimiya
Merupakan karakter asli anime. White adalah seorang gadis cantik dan misterius yang tiba-tiba muncul di hadapan Leo lalu menjadi temannya. Nama aslinya adalah Mary Macbeth.
Black (ブラック, Burakku)
Pengisi suara: Rie Kugimiya
Merupakan karakter asli anime. Black adalah saudara kembar White yang berbagi tubuhnya dengan King of Despair (絶望王, Zetsubō-ō), satu dari Tiga Belas Raja yang memiliki ketertarikan pada Leo. Nama aslinya adalah William Macbeth.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini awalnya dirilis pada tahun 2008 sebagai sebuah one-shot chapter dengan judul Kekkai Senso, yang memiliki perbedaan pada jumlah anggota yang sangat sedikit dan perbedaan gaya cerita, hanya berfokus pada cerita perburuan vampir. Publikasi dimulai pada 5 Januari 2009 di majalah Jump Square dengan judul Kekkai Sensen - Mafugai Kessha (血界戦線 -魔封街結社-) yang terbit hingga 4 Maret 2009, diikuti one-shot lainnya pada Oktober 2009 di majalah Jump SQ.M.[1] Pada Mei 2010 manga ini berpindah ke majalah Jump SQ.19. Majalah ini berhenti terbit pada 19 Februari 2015,[2] dan serialisasi dilanjutkan pada Juli 2015 di majalah baru Jump SQ Crown.

Volume tankobon pertama diterbitkan pada 4 Januari 2010.[3]

Anime[sunting | sunting sumber]

Manga ini diadaptasi ke dalam serial televisi anime oleh studio Bones dan didireksi oleh Rie Matsumoto.[4][2] Adaptasi anime ini tayang perdana pada 4 April 2015. Serial ini dilisensi oleh Madman Entertainment dan AnimeLab untuk edisi bahasa Inggris.[5][6] Anime ini menggunakan 2 lagu tema: lagu tema embuka "Hello, World!" oleh Bump of Chicken dan lagu tema penutup "Sugar Song to Bitter Step" oleh Unison Square Garden.[7] Episode terakhir awalnya dijadwalkan pada tanggal 4 Juli,[8] namun ditunda karena memiliki panjang yang melebihi durasi normal 30 menit.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Trigun's Nightow to End Kekkai Sensen Manga". Diakses tanggal May 4, 2015. 
  2. ^ a b "Nightow's Blood Blockade Battlefront Manga Gets Anime". Diakses tanggal May 4, 2015. 
  3. ^ 血界戦線 1 (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal May 3, 2015. 
  4. ^ "Blood Blockade Battlefront TV Anime's BONES Staff, Cast Unveiled". Anime News Network. October 30, 2014. Diakses tanggal October 30, 2014. 
  5. ^ (April 7, 2015). Madman's April Acquisitions.. Siaran pers.
  6. ^ "AnimeLab Announces New Titles for Spring Simulcasts". April 8, 2015. 
  7. ^ "Unison Square Garden Performs Blood Blockade Battlefront Anime's Ending Theme". Anime News Network. April 10, 2015. 
  8. ^ "Delayed Blood Blockade Battlefront Finale Conflicts With Durarara!!x2 Season 2 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal June 9, 2015. 
  9. ^ "Blood Blockade Battlefront Finale Delayed Until Further Notice". Anime News Network. June 30, 2015. Diakses tanggal June 30, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]