Gosick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gosick
Gosick vol 1.jpg
sampul depan "Gosick" volume 1 diterbitkan oleh Fujimi Shobo
GOSICK -ゴシック-
(Goshikku)
Genre Misteri, Historical, Drama
Manga
Pengarang  Kazuki Sakuraba
Penerbit  Kadokawa Shoten
(changed from Fujimi Shobo)
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit lainnya Bendera Republik Tiongkok Bendera Hong Kong Kadokawa Media
Bendera Korea Selatan Daiwon C.I.
Bendera Jerman Tokyopop
Demografi Shōnen
Imprint Kadokawa Beans Bunko
(changed from Fujimi Mystery Bunko)
Tanggal Terbit December 10, 2003July 23, 2011
Volume 13[1] (Daftar volume)
Manga
Pengarang  Kazuki Sakuraba
Ilustrator  Sakuya Amano
Penerbit  Fujimi Shobo
Demografi Shōnen
Majalah Monthly Dragon Age
Tanggal Terbit July 9, 2008 – sekarang
Volume 6 (Daftar volume)
Seri anime TV
Sutradara  Hitoshi Nanba
Penulis  Mari Okada
Studio Bones
Pelisensi  Bendera Australia Templat:Country data NZ Madman Entertainment
Jaringan AT-X, TV Tokyo
Tayang perdana January 7, 2011July 2, 2011
Episode 24 (Daftar episode)
Portal Anime dan Manga

Gosick (GOSICK -ゴシック- GOSICK -Goshikku-?) adalah sebuah serial novel ringan yang ditulis oleh Kazuki Sakuraba dan diterbitkan oleh Fujimi Shobo. Terletak di Eropa tahun 1924, seorang mahasiswa pertukaran Jepang bertemu dengan seorang gadis misterius jenius yang hanya pergi ke perpustakaan untuk tidur. Kakak lelakinya, seorang detektif bergantung pada pikiran luar biasanya untuk memecahkan misteri yang sulit. Tokyopop merilis seri pertama novel dalam bahasa Inggris pada bulan April 2008[2] dan yang kedua pada Maret 2010. Seri ini telah dipublikasikan di Jerman oleh Tokyopop sejak November 2006 [3]. Sebuah manga adaptasi mulai diserialisasikan di majalah shōnen manga bulanan Dragon Age pada tanggal 6 Desember 2007. Sebuah anime adaptasi oleh Bones dimulai tanggal 7 Januari 2011. Simulkasi anime Crunchyroll menyiarkannya selama siaran di Jepang berlangsung[4] Pada Otakon 2011 Bandai Entertainment mengungumkan bahwa mereka akan merilis seri di Amerika Utara. Pada Januari 2012 Bandai Entertainment mengungumkan bahwa mereka akan menarik diri dari Pasar Amerika Utara, dan GOSICK rilis Amerika Utara dibatalkan.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Latar GOSICK adalah sebuah negara kecil di Eropa bernama Sauville yang berbahasa Prancis.Sang tokoh utama, Kujo Kazuya, anak ketiga dari pegawai tingkat tinggi Imperial Army Jepang, yang merupakan murid pertukaran di St.Marguerite Academy, yang terkenal dengan cerita horornya. Lalu, ia bertemu dengan Victorique (baca : Victorica), seorang gadis cantik yang misterius dan memiliki otak jenius yang tidak pernah masuk kelas dan selalu menghabiskan waktunya dengan membaca buku di perpustakaan atau memecahkan misteri yang bahkan seorang detektif pun tak bisa memecahkannya. Seiring dengan cerita, Kazuya dan Victorique terus terlibat berbagai kasus, dan seiring waktu, tercipta ikatan yang kuat di antara mereka.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Kazuya Kujo (久城 一弥 Kujō Kazuya?)
Suara oleh: Miyu Irino (Drama CD), Takuya Eguchi (Anime)
Protagonis lelaki di cerita ini. Sebenarnya adalah pribadi yang baik dan tak segan untuk melindungi orang lain yang kesusahan. Sayangnya, penampilannya yang berambut dan bermata hitam yang dipercaya oleh para murid di akademi sebagai "Pelancong yang datang di Musim Semi yang membawa kematian bersamanya" membuatnya dijuluki "Shinigami" oleh teman sekelasnya. Takdir lalu mempertemukannya dengan Victorique, awalnya ia kurang menyukai pribadi Victorique yang dinilainya sombong tapi akhirnya ia menjadi perhatian dan selalu menjaga Victorique. Telihat dari caranya yang selalu mengambil resiko atas nyawanya demi melindungi Victorique. Menurut Victorique, dia adalah orang yang baik dan berjiwa tulus.
Victorique de Blois (ヴィクトリカ・ド・ブロワ Vikutorika do Burowa?)
Suara oleh: Chiwa Saitō (Drama CD), Aoi Yūki (Anime)
Protagonis perempuan dalam cerita. Victorique yang berukuran tubuh kecil tampak seperti boneka, gadis yang berambut emas dan bermata emerald ini, dan bersifat tsundere ini selalu menghabiskan waktunya di perpustakaan dan membaca buku. Gadis yang bermulut tajam ini memiliki keceradasan yang tinggi yang membuatnya menjadi konsultan detektif, Grevil de Blois. Salah satu ciri khasnya adalah ceret/ pipa yang selalu ia bawa dan digunakan ketika berpikir. Dia juga sangat menyukai makanan manis. Pada awalnya ketika ia bertemu Kazuya, ia kurang menyukai Kazuya dan berpendapat bahwa Kazuya sangat mengganggu dan bodoh karena menaiki semua tangga di perpustakaan (padahal ada lift). Dia sering mempermainkan Kazuya, tapi lama-kelamaan ia bersikap hangat, dan mulai mempercayai dan menghargai Kazuya. Meskipun sering kali bersikap kasar pada Kazuya, tapi terlihat jelas bahwa dia sangat peduli pada Kazuya saat Kazuya dalam bahaya.

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

Grevil de Blois (グレヴィール・ド・ブロワ Gurevīru do Burowa?)
Suara oleh: Takehito Koyasu (Drama CD), Hidenobu Kiuchi (Anime)
Grevil adalah kakak Victorique, namun beda ibu. Ciri khasnya adalah rambutnya yang mirip bor yang dianggap Kazuya dapat digunakan sebagai senjata mematikan. Meskipun ia adalah detektif menyedihkan yang selalu bergantung pada Victorique untuk memecahkan suatu kasus, dia tetap tak mau mengakui Victorique. Bahkan keluarganya tak pernah mengakui satu sama lain di depan umum. Namun ia telah ditunjuk ayahnya untuk merawat dan mengawasi Victorique. Sebagai anak dari Istri resmi ayahnya, dialah yang akan memiliki semua harta dan kehormatan yang dimiliki Ayahnya jika Ayahnya mati. Gaya rambutnya yang mirip bor adalah bayaran untuk membuat Victorique memecahkan misteri demi dirinya.
Avril Bradley (アブリル・ブラッドリー Aburiru Buraddorī?)
Suara oleh: Tomoko Kawakami (Drama CD), Noriko Shitaya (Anime)[6][7]
Seorang siswi dari Inggris Raya. Karena sama-sama siswa pindahan, ia cepat akrab dengan Kazuya dan tampaknya memiliki perasaan khusus terhadapnya. Dia sangat menyukai cerita hantu dan ingin menjadi penjelajah seperti kakeknya. Awalnya ia diculik oleh Keiran II dan keberadaannya digantikan oleh Keiran II. Akhirnya ia diselamatkan oleh Kazyua dan memanggilnya "Pangeran berambut hitam". Tapi kepribadian Avril yang asli sedikit membuat Kazuya kesulitan beradaptasi dengannya. Pada episode 14, Avril mengatakan perasaannya pada Kazuya untuk Victorique, namun Victorique akhirnya pergi sebelum ia bisa mendengar pengakuan Avril.
Cecile Lafitte (セシル・ラフィット Seshiru Rafitto?)
Suara oleh: Yui Horie (Drama CD), Yui Kano (Anime)
Dia adalah wali kelas Kazuya, Avril dan Victorique. Seorang wanita mungil dengan baby-face-nya yang khas ini sangat takut pada hantu. Dia selalu mendukung Kazuya untuk dapat berteman dengan yang lain. Dia juga sering mengunjungi Victorique ke rumahnya dan menjaga Victorique ketika sakit.
Brian Roscoe (ブライアン・ロスコー Buraian Rosukō?)
Suara oleh: Tōru Ōkawa (Anime)
Seorang pesulap terkenal. Setelah Victorique membuktikan bahwa Cordelia tidah bersalah, Brian tampak berada di samping Cordelia dan berkata padanya bahwa "dosa" Cordelia telah hilang terbakar bersama jembatan yang menghubungkan desa "Haiiro Ookami" dengan dunia luar.

Saat Perang Dunia pertama, ia menggunakan kemampuannya sebagai ilusionis dengan lentera ajaibnya untuk menghancurkan tentara Jerman yang menggempur "Beelzebub's Skull" di Lithuana. Dan dia adalah orang yang membantu Cordelia untuk melarikan diri dari sanitarium setelah Cordelia melahirkan Victorique. Belakangan, terungkap bahwa Biran Roscoe tidak hanya seorang, melainkan sepasang kembar identik yang nama dan penampilannya sama. Keduanya sangat peduli pada Cordelia dan bersedia melakukan apapun baginya.

Cordelia Gallo (コルデリア・ギャロ Koruderia Gyaro?)
Suara oleh: Miyuki Sawashiro (Anime)
Ibu Victiroque yang berasa dari "Desa Serigala Abu-abu", sebuah desa terpecil yang kemudian dinyatakan sebagai negara kecil oleh tetua desa. Dihuni oleh orang-orang komunal - bertubuh mungil, berambut pirang, bermata coklat dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Dia diusir dari desa atas tuduhan pembunuhan terhadap salah satu pemimpin desa. Dia sangat mirip dengan anaknya, Victorique., bahkan Kujo sempat mengira dirinya adalah Victorique ketika pertama kali melihatnya. Setelah melahirkan Vctorique, ia ditempatkan di sanitarium oleh Marquis dan akhirnya diselamatkan oleh Brian. Cordelia sangat menyayangi putrinya dan selalu mengawasinya biarpun dari jauh. Dia bahkan meresikokan dirinya demi memberikan sebuah Liontin untuk Viqtorique bahkan jika ia ketahuan oleh Marquis.
Marquis Albert de Blois (アルベール・ド・ブロワ侯爵 Arubēru do Burowa Kōshaku?)
Suara oleh: Takayuki Sugō (Anime)
Dia adalah antagonis utama dalam cerita ini dan merupakan ayah dari Grevil dan Victorique. Terkesan dengan trik Leviathan untuk membuat raja dan ratu Subure terkesan, ia menawarkan perlindungan dengan menciptakan homunculus untuk tentara. Pada saat-saat terakhir Leviathan, ia menyarankan agar pasangan Albert adalah seorang wanita dengan kekuatan yang luar biasa untuk menghasilkan seorang anak yang mampu mencapai tujuannya. Sesuai saran ini, Albert kemudian melanjutkan untuk menculik Cordelia Gallo untuk menghasilkan Victorique. Dia melihat Victorique sebagai alat belaka. Berkat upaya Victorique, Albert berhasil mendapatkan informasi berharga untuk menggulingkan oppositor utamanya dalam pemerintahan, Menteri Sains, Jupiter Roget dan memeras Raja untuk mengangkatnya sebagai Perdana Menteri. Dia juga berhasil mengumpulkan legiun pengikut dengan membuat orang percaya bahwa putrinya adalahmakhluk legendaris "Monstre Charmant".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GOSICK VII was released on the 25th of March 2011
  2. ^ "News: Tokyopop Confirms 38 Upcoming Manga, Manhwa, Novels". Anime News Network. June 18, 2007. Diakses February 12, 2011. 
  3. ^ TOKYOPOP - Bücher: Romane: Gosick
  4. ^ "Crunchyroll Confirms Gosick Simulcast". Anime News Network. January 4, 2011. Diakses February 12, 2011. 
  5. ^ "News: Bandai Entertainment to Stop Releasing New DVDs, BDs, Manga". Anime News Network. January 2, 2012. Diakses January 3, 2012. 
  6. ^ "スタッフ・キャスト" [Staff and Cast] (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diakses February 7, 2011. 
  7. ^ "スタッフ・キャスト" [Staff and Cast] (dalam bahasa Japanese). Gosick Official Website. Diakses February 7, 2011.