Gosick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gosick
sampul depan "Gosick" volume 1 diterbitkan oleh Fujimi Shobo
GOSICK -ゴシック-
(Goshikku)
GenreMisteri, Historical, Drama
Manga
PengarangKazuki Sakuraba
PenerbitKadokawa Shoten
(changed from Fujimi Shobo)
Penerbit bahasa Inggris
DemografiShōnen
TerbitDecember 10, 2003July 23, 2011
Volume13[1] (Daftar volume)
Manga
PengarangKazuki Sakuraba
IlustratorSakuya Amano
PenerbitFujimi Shobo
MajalahMonthly Dragon Age
DemografiShōnen
TerbitJuly 9, 2008 – sekarang
Volume6 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraHitoshi Nanba
SkenarioMari Okada
StudioBones
Saluran
asli
AT-X, TV Tokyo
Tayang January 7, 2011 July 2, 2011
Episode24 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Gosick (GOSICK -ゴシック-, GOSICK -Goshikku-) adalah sebuah serial manga yang ditulis oleh Kazuki Sakuraba yang diterbitkan oleh Fujimi Shobo. Berlatar tempat di Eropa tahun 1924, seorang mahasiswa pertukaran pelajar dari Jepang bertemu dengan seorang gadis misterius dengan otak jenius di perpustakaan. Mereka berdua sering terlibat dalam memecahkan kasus-kasus misterius di sekitar mereka.

Tokyopop merilis seri pertama novel ini dalam bahasa Inggris pada bulan April 2008[2] dan yang kedua pada bulan Maret 2010. Seri ini telah dipublikasikan di Jerman oleh Tokyopop sejak November 2006.[3] Manga adaptasi ini mulai diterbitkan di majalah shōnen manga bulanan Dragon Age pada tanggal 6 Desember 2007.

Sebuah anime adaptasi Bones ini mulai disiarkan di Jepang tanggal 7 Januari 2011. Simulasi anime Crunchyroll mulai disiarkan di televisi Jepang.[4] Pada Otakon 2011, Bandai Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan merilis serial ini di Amerika Utara. Namun pada Januari 2012, Bandai Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari Pasar Amerika Utara sehingga perilisan GOSICK dibatalkan.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

GOSICK berlatar di sebuah negara kecil di Eropa bernama Sauville yang berbahasa Prancis. Sang tokoh utama adalah Kujo Kazuya, anak ketiga dari pegawai tingkat tinggi Imperial Army Jepang, sekaligus murid pertukaran di St.Marguerite Academy yang terkenal dengan cerita horornya. Lalu, ia bertemu dengan Victorique (baca: Victorica), seorang gadis misterius dan jenius yang tidak pernah masuk kelas dan selalu menghabiskan waktunya dengan membaca buku di perpustakaan atau memecahkan misteri, yang seorang detektif pun tak bisa memecahkannya. Seiring waktu, Kazuya dan Victorique terus terlibat berbagai kasus dan ikatan di antara mereka pun semakin kuat.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Kazuya Kujo (久城 一弥, Kujō Kazuya)
Pengisi suara: Miyu Irino (Drama CD), Takuya Eguchi (Anime)
Protagonis lelaki di cerita ini adalah pribadi yang baik dan tak segan untuk melindungi orang lain yang kesusahan. Sayangnya, penampilan Kazuya yang berambut dan bermata hitam diyakini oleh para murid di akademi sebagai "Pelancong yang datang di Musim Semi dan membawa kematian bersamanya" sehingga membuatnya dijuluki "Shinigami". Lalu, takdir mempertemukannya dengan Victorique. Awalnya, ia kurang menyukai pribadi Victorique yang terlihat sombong, tetapi akhirnya malah memberikan perhatian lebih dan selalu menjaga Victorique. Hal itu terlihat dari caranya yang selalu berani mengambil resiko demi melindungi Victorique. Menurut Victorique, dia adalah orang yang baik dan berjiwa tulus.
Victorique de Blois (ヴィクトリカ・ド・ブロワ, Vikutorika do Burowa)
Pengisi suara: Chiwa Saitō (Drama CD), Aoi Yūki (Anime)
Protagonis perempuan dalam cerita. Victorique memiliki tubuh kecil tampak seperti boneka. Gadis yang berambut emas, bermata emerald, dan bersifat tsundere ini selalu menghabiskan waktunya di perpustakaan dan membaca buku. Victorique yang bermulut tajam ini memiliki kecerdasan tinggi yang membuatnya menjadi konsultan detektif, Grevil de Blois. Salah satu ciri khasnya adalah ceret/pipa yang selalu ia bawa dan digunakan ketika berpikir. Dia juga sangat menyukai makanan manis. Pada awalnya, ketika ia bertemu Kazuya, ia kurang menyukai Kazuya dan berpendapat bahwa Kazuya sangat mengganggu dan bodoh. Terlihat dari Kazuya yang menaiki semua tangga di perpustakaan, meskipun ada lift. Awalnya ia mempermainkan Kazuya, tetapi lama-kelamaan mulai bersikap hangat, mempercayai dan menghargai Kazuya. Meskipun sering kali bersikap kasar pada Kazuya, terlihat jelas bahwa dia sangat peduli pada Kazuya saat Kazuya dalam bahaya.

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

Grevil de Blois (グレヴィール・ド・ブロワ, Gurevīru do Burowa)
Pengisi suara: Takehito Koyasu (Drama CD), Hidenobu Kiuchi (Anime)
Grevil adalah kakak Victorique, tetapi beda ibu. Ciri khasnya adalah rambutnya yang mirip bor yang dianggap Kazuya dapat digunakan sebagai senjata mematikan. Meskipun ia adalah detektif menyedihkan yang selalu bergantung pada Victorique untuk memecahkan suatu kasus, dia tetap tak mau mengakui Victorique, bahkan keluarganya tak pernah mengakui satu sama lain di depan umum. Namun, ia telah ditunjuk ayahnya untuk merawat dan mengawasi Victorique. Sebagai anak dari istri resmi ayahnya, dialah yang akan memiliki semua harta dan kehormatan yang dimiliki ayahnya setelah ayahnya mati. Gaya rambutnya yang mirip bor adalah bayaran untuk membuat Victorique memecahkan misteri demi dirinya.
Avril Bradley (アブリル・ブラッドリー, Aburiru Buraddorī)
Pengisi suara: Tomoko Kawakami (Drama CD), Noriko Shitaya (Anime)[6][7]
Seorang siswi dari Inggris Raya yang merupakan siswa pindahan sehingga ia cepat akrab dengan Kazuya dan tampaknya memiliki perasaan khusus terhadapnya. Dia sangat menyukai cerita hantu dan ingin menjadi penjelajah seperti kakeknya. Awalnya, ia diculik oleh Keiran II dan keberadaannya digantikan oleh Keiran II. Akhirnya ia diselamatkan oleh Kazuya dan memanggilnya "Pangeran berambut hitam". Akan tetapi, kepribadian Avril yang asli sedikit membuat Kazuya kesulitan beradaptasi dengannya. Pada episode 14, Avril mengatakan perasaannya pada Kazuya untuk Victorique, tetapi Victorique akhirnya pergi sebelum ia bisa mendengar pengakuan Avril.
Cecile Lafitte (セシル・ラフィット, Seshiru Rafitto)
Pengisi suara: Yui Horie (Drama CD), Yui Kano (Anime)
Dia adalah wali kelas Kazuya, Avril, dan Victorique. Seorang wanita mungil dengan "wajah bayi"-nya yang khas ini sangat takut pada hantu. Dia selalu mendukung Kazuya untuk dapat berteman dengan yang lain. Dia juga sering mengunjungi Victorique ke rumahnya dan menjaga Victorique ketika sakit.
Brian Roscoe (ブライアン・ロスコー, Buraian Rosukō)
Pengisi suara: Tōru Ōkawa (Anime)
Brian Roscoe merupakan seorang pesulap terkenal. Setelah Victorique membuktikan bahwa Cordelia tidak bersalah, Brian tampak berada di samping Cordelia dan berkata padanya bahwa "dosa" Cordelia telah hilang terbakar bersama jembatan yang menghubungkan desa Haiiro Ookami dengan dunia luar. Saat Perang Dunia I, ia menggunakan kemampuannya sebagai ilusionis dengan lentera ajaibnya untuk menghancurkan tentara Jerman yang menggempur "Beelzebub's Skull" di Lithuana. Dia adalah orang yang membantu Cordelia untuk melarikan diri dari sanitarium setelah Cordelia melahirkan Victorique. Belakangan, terungkap bahwa Biran Roscoe tidak hanya seorang, melainkan sepasang kembar identik yang nama dan penampilannya sama. Keduanya sangat peduli pada Cordelia dan bersedia melakukan apa pun baginya.
Cordelia Gallo (コルデリア・ギャロ, Koruderia Gyaro)
Pengisi suara: Miyuki Sawashiro (Anime)
Ibu Victorique yang berasa dari "Desa Serigala Abu-abu", sebuah desa terpencil yang kemudian dinyatakan sebagai negara kecil oleh tetua desa. Desa tersebut dihuni oleh orang-orang komunal bertubuh mungil, berambut pirang, bermata coklat, dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Dia diusir dari desa karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap salah satu pemimpin desa. Cordelia sangat mirip dengan anaknya, Victorique, bahkan Kujo sempat mengira dirinya adalah Victorique ketika pertama kali melihatnya. Setelah melahirkan Victorique, ia ditempatkan di sanitarium oleh Marquis dan akhirnya diselamatkan oleh Brian. Cordelia sangat menyayangi putrinya dan selalu mengawasinya biarpun dari jauh. Dia bahkan rela menempatkan dirinya dalam bahaya demi memberikan sebuah Liontin untuk Victorique bahkan jika ia ketahuan oleh Marquis.
Marquis Albert de Blois (アルベール・ド・ブロワ侯爵, Arubēru do Burowa Kōshaku)
Pengisi suara: Takayuki Sugō (Anime)
Dia adalah antagonis utama dalam cerita ini dan merupakan ayah dari Grevil dan Victorique. Terkesan dengan trik Leviathan untuk membuat raja dan ratu Subure terkesan, ia menawarkan perlindungan kepadanya dengan menciptakan tentara homunculus. Pada saat-saat terakhir Leviathan, ia menyarankan agar Albert berpasangan dengan seorang wanita dengan kekuatan yang luar biasa untuk menghasilkan seorang anak yang mampu mencapai tujuannya. Sesuai saran ini, Albert lanjut menculik Cordelia Gallo untuk menghasilkan Victorique. Dia melihat Victorique sebagai alat belaka. Berkat upaya Victorique, Albert berhasil mendapatkan informasi berharga untuk menggulingkan oppositor utamanya dalam pemerintahan, Menteri Sains, Jupiter Roget, dan memeras Raja untuk mengangkatnya sebagai Perdana Menteri. Dia juga berhasil mengumpulkan legiun pengikut dengan membuat orang percaya bahwa putrinya adalah makhluk legendaris "Monstre Charmant".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GOSICK VII was released on the 25th of March 2011
  2. ^ "News: Tokyopop Confirms 38 Upcoming Manga, Manhwa, Novels". Anime News Network. June 18, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-03-18. Diakses tanggal February 12, 2011. 
  3. ^ "TOKYOPOP - Bücher: Romane: Gosick". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-02. Diakses tanggal 2012-05-18. 
  4. ^ "Crunchyroll Confirms Gosick Simulcast". Anime News Network. January 4, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-07. Diakses tanggal February 12, 2011. 
  5. ^ "News: Bandai Entertainment to Stop Releasing New DVDs, BDs, Manga". Anime News Network. January 2, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-03. Diakses tanggal January 3, 2012. 
  6. ^ "スタッフ・キャスト" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-20. Diakses tanggal February 7, 2011. 
  7. ^ "スタッフ・キャスト" (dalam bahasa Japanese). Gosick Official Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal February 7, 2011.