Noragami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Noragami
BerkasNoragami volume 1 cover.jpg
Sampul manga volume pertama, menampilkan Yato dan Hiyori Iki
ノラガミ
GenreSupernatural[1]
Manga
PengarangAdachitoka
PenerbitKodansha
Penerbit
Indonesia
Elex Media Komputindo
Seri anime
SutradaraKotaro Tamura
SkenarioDeko Akao
MusikTaku Iwasaki
StudioBones
Saluran
asli
Bendera Indonesia GTV (Indonesia) Bendera Jepang Tokyo MX, MBS, BS11, TVA
Tayang Bendera Jepang 5 Januari 2014 Bendera Indonesia 19 April 2018 – sekarang
Episode12
Animasi DVD orisinal
SutradaraKotaro Tamura
SkenarioDeko Akao
MusikTaku Iwasaki
StudioBones
Rilis 17 Februari 2014 17 Juli 2014
Episode2
Seri anime
Noragami Aragato
SutradaraKotaro Tamura
SkenarioDeko Akao
MusikTaku Iwasaki
StudioBones
Saluran
asli
MBS, Tokyo MX, BS Fuji, RKK, AT-X
Tayang 2 Oktober 2015 25 Desember 2015
Episode13 + 2 OVA
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Noragami (ノラガミ) adalah sebuah serial manga Jepang karya Adachitoka yang memulai serialisasi di Monthly Shōnen Magazine pada Januari 2011. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Bones tayang di Jepang sejak 5 Januari hingga 23 Maret 2014. Season kedua dengan judul Noragami Aragoto tayang di Jepang sejak 2 Oktober hingga 25 Desember 2015.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hiyori Iki adalah seorang siswi SMP biasa hingga dirinya tertabrak sebuah bus saat hendak menyelamatkan nyawa seseorang yang mengenakan jaket olahraga bernama Yato. Insiden ini mengubah dirinya menjadi setengah-hantu. Segera setelah ia tahu bahwa Yato adalah dewa. Ia akhirnya terseret ke dunia para Dewa dan di saat yang sama harus mempertahankan keberadaannya di dunia manusia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Yato (夜ト)
Pengisi suara: Hiroshi Kamiya
Yato adalah dewa perang yang sedang berusaha membangun kuilnya sendiri. Pada masa lalu ia dikenal sebagai dewa bencana. Ia mengenakan jaket olahraga dan fluffy scarf. Ia menyebut dirinya sebagai "Yato God". Shinki (senjata yang dimiliki para dewa) miliknya pergi untuk mencari pekerjaan lain, ia menjadi tak bersenjata hingga bertemu Hiyori dan Yukine. Ia menyebut dirinya "delivery god" dan sering menempelkan atau menuliskan nomor teleponnya di area publik bagi orang-orang yang perlu pertolongan. Ia biasanya meminta bayaran 5 yen - nilai yang biasa diberikan orang Jepang saat berdoa di kuil - dan ia akan melakukan apapun untuk 5 yen. Ia memiliki kemampuan yang baik dalam bidang akademik dan olahraga. Sejak ia berhenti menjadi dewa bencana karena ketidaksukaannya terhadap kekerasan, ia sering dilupakan oleh manusia. Hal ini membuat dirinya takut menjadi dewa yang terlupakan, karena hal inilah ia sangat menghargai keberadaan Hiyori. Setelah menerima pekerjaan dari Hiyori untuk mengembalikan dirinya menjadi normal kembali, Hiyori menjadi sering terllibat dalam aktivitas Yato dan Yukine, dan bahkan menyelamatkan keduanya dari tindakan Yukine yang menyebabkan hawar pada Yato. Seiring waktu berjalan, Yato menjadi khawatir kepada kehidupan Hiyori, namun di saat yang sama ia juga takut akan dilupakan olehnya, hingga sampai pada titik dimana Yato terus membuntutinya dan merasa cemburu terhadap interaksinya dengan orang lain. Meskipun menjadi kesempatan terbaiknya untuk menjadi normal kembali, Hiyori menolak untuk memutus ikatannya dengan Yato, ia berjanji tidak akan melupakan dirinya dan membangun kuil kecil untuknya. Yato berjanji bahwa dirinya akan menjadi sosok yang membuat Hiyori bahagia.
Hiyori Iki (壱岐 ひより, Iki Hiyori)
Pengisi suara: Maaya Uchida
Hiyori adalah seorang pelajar biasa kelas tiga SMP (kemudian kelas satu SMA). Setelah menyelamatkan Yato dari sebuah kecelakaan mobil, ia memiliki masalah tertidur secara tiba-tiba karena rohnya keluar dari tubuhnya dan menjadi setengah hantu. Hiyori menjadi sering terllibat dalam aktivitas Yato dan Yukine. Ia sangat terikat dengan Yato, bahkan bisa mengenalinya hanya dari aromanya saja. Meskipun memiliki kesempatan untuk menjadi normal kembali, Hiyori menolak untuk memutus ikatannya dengan yato karena ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi bersamanya. Ia bahkan berjanji untuk tidak melupakannya dan akan membuatkan kuil kecil untuk Yato.
Yukine (雪音)
Pengisi suara: Yūki Kaji
Ia adalah shinki Yato saat ini. Namanya sebagai shinki adalah "Sekki" (雪器),yang mengambil bentuk sebagai sebuah katana. Ia meninggal dalam usia dengan. Ia bertemu dengan Yato di sebuah pinggiran jalan yang masih berbentuk seperti bola api atau roh hal itu membuat dirinya belum sempat merasakan kehidupan masa sekolah. Walaupun Yato merupakan tuannya, ia tidak menunjukan sikap hormat kepadanya, namun di dalam hatinya ia sangat menghormatinya. Setelah diselamatkan Hiyori, ia menjadi lebih penurut.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Noragami dimulai sebagai sebuah serial manga, dibuat oleh Adachitoka dan diterbitkan oleh Kodansha. Serial ini muncul pertama kali pada Monthly Shōnen Magazine edisi Januari 2011 issue, yang terbit pada 6 Desember 2010.[2] Bab ekstra diterbitkan dalam sebuah majalah spin-off, Monthly Shōnen Magazine + sejak 2011dan dikompilasi menjadi sebuah volume dengan judul Noragami Shūishū (ノラガミ拾遺集).[3] Serial ini dilisensi untuk Amerika Utara oleh Kodansha Comics USA, dengan judul Noragami: Stray God.[4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial adaptasi anime televisi Noragami diproduksi oleh Bones, didireksi oleh Kotaro Tamura dengan naskah oleh Deko Akao dan desain karakter oleh Toshihiro Kawamoto.[1] Sebelum tayang perdana di televisi, episode pertama sudah ditayangkan di Anime Festival Asia 2013 pada tanggal 10 November 2013.[5] Anime ini tayang perdana di Jepang pada 5 Januari 2014, di Tokyo MX lalu kemudian di stasiun televisi lainnya. Episode terakhirnya tayang pada 23 Maret 2014. Dua episode tambahan dirilis dalam bentuk DVD yang disertakan dalam edisi terbatas manga volume 10 dan 11, yang diterbitkan pada 17 Februari dan 17 Juli 2014.[1] Lagu tema pembukanya adalah "Goya no Machiawase" (午夜の待ち合わせ) dengan lirik oleh Shuntarō dan dibawakan oleh Hello Sleepwalkers. Lagu tema penutupnya adalah "Heart Realize" (ハートリアライズ) dengan lirik dan aransemen oleh Supercell dan dibawakan oleh Tia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Funimation to Stream Noragami Supernatural Anime". Anime News Network. December 24, 2013. Diakses tanggal December 24, 2013. 
  2. ^ 「アライブ」あだちとか新連載、主人公は気分屋の自称"神" (dalam bahasa Japanese). Natalie.mu. 6 Desember 2010. Diakses tanggal 28 November 2013. 
  3. ^ ノラガミ拾遺集 壱 (月刊マガジンコミックス) (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 17 Februari 2014. 
  4. ^ "Kodansha Comics Adds Fairy Tail Ice Trail, Noragami: Stray Stories Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Agustus 2015. 
  5. ^ "AFA : Anime Festival Asia 2013". Anime Festival Asia. Diakses tanggal 29 November 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]