Tokyo Mew Mew

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tokyo Mew Mew
Mewmew.jpg
Volume pertama Tokyo Mew Mew yang diterbitkan di Jepang oleh Kodansha pada 6 Februari 2001 yang menampilkan Ichigo Momomiya dalam bentuk Mew Mew-nya.
東京ミュウミュウ
(Tōkyō Myū Myū)
GenreGadis penyihir
Manga
PengarangReiko Yoshida
IlustratorMia Ikumi
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
DemografiShōjo
MajalahNakayoshi
TerbitSeptember 2000February 2003
Volume7 (Daftar volume)
Seri anime televisi
SutradaraNoriyuki Abe
ProduserAkifumi Takayanagi
Hideyuki Kachi
Ken Hagino
Noboru Yamada
SkenarioMasashi Sogo
MusikTakayuki Negishi
StudioPierrot
Tokyu Agency
AEON (Ep.1–35)
We've (Ep.36–52)
Lisensor
4Kids Entertainment (2004–2010)
Saluran
asli
TV Aichi (2002–2003)
Saluran
bahasa Inggris
YTV (2005)
Pop Girl (2005)
4Kids TV (2005)
Tayang 6 April 2002 29 Maret 2003
Episode52 (Daftar episode)
Permainan
Hamepane Tokyo Mew Mew
PengembangWinkysoft
PenerbitTakara
GenrePermainan puzzle
PlatformGame Boy Advance
Rilis11 Juli 2002
Permainan
Tokyo Mew Mew – Tōjō Shin Mew Mew! – Minna Issho ni Gohōshi Suru Nyan
PengembangWinkysoft
PenerbitTakara
GenrePermainan video bermain peran
PlatformPlayStation
Rilis5 Desember 2002
Manga
Tokyo Mew Mew à la Mode
PengarangMia Ikumi
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
DemografiShōjo
MajalahNakayoshi
TerbitApril 2003Februari 2004
Volume2 (Daftar volume)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Tokyo Mew Mew (東京ミュウミュウ, Tōkyō Myū Myū) adalah sebuah serial manga shōjo Jepang yang ditulis oleh Reiko Yoshida dan diilustrasikan oleh Mia Ikumi. Serial tersebut aslinya diserialisasikan dalam Nakayoshi dari September 2000 sampai Februari 2003, dan kemudian diterbitkan dalam tujuh volume tankōbon oleh Kodansha dari Februari 2001 sampai April 2003. Film tersebut berkisah tentang lima gadis yang terinfus dengan DNA hewan-hewan terancam yang memberikan mereka kekuatan khusus dan menjadikan mereka berubah menjadi para "Mew Mew." Dipimpin oleh Ichigo Momomiya, gadis-gadis tersebut melindungi bumi dari alien-alien yang ingin "mengklaim kembali" planet tersebut.

Serial tersebut diadaptasi dalam serial anime 52 episode oleh Studio Pierrot dan Nippon Animation. Serial tersebut debut di Jepang pada 6 April 2002, di TV Aichi dan TV Tokyo; episode terakhirnya ditayangkan pada 29 Maret 2003. Sekuel dua volume dari manga tersebut, Tokyo Mew Mew a la Mode, diserialisasikan dalam Nakayoshi dari April 2003 sampai Februari 2004. Sekuel tersebut memperkenalkan Mew Mew baru, Berry Shirayuki (artinya "Beri Salju Putih"), yang menjadi pemimpin sementara para Mew Mew, saat Ichigo (artinya "Stroberi") pergi ke Inggris. Dua permainan video juga dibuat untuk serial tersebut: sebuah permainan petualangan puzzle untuk sistem Game Boy Advance dan permainan video bermain peran untuk PlayStation.

Tokyopop awalnya melisensikan serial manga tersebut untuk publikasi berbahasa Inggris di Amerika Utara dan merilis serial asli lengkapnya serta sekuelnya, dengan Kodansha Comics USA berencana menerbitkan kembali serial tersebut dengan terjemahan baru pada September 2011. 4Kids Entertainment melisensikan serial anime tersebut untuk disiarkan di Amerika Utara dengan nama Mew Mew Power. Sangat edited dan dialihbahasakan, 23 episode dari Mew Mew Power disiarkan pada saluran 4Kids TV di Amerika Serikat dan 26 episode disiarkan di YTV di Kanada. 4Kids Entertainment tidak meraih lisensi untuk 26 episode lainnya dari serial tersebut, sehingga tidak menyelesaikan penyiarannya. Mereka tak pernah merilis serial tersebut untuk video rumah.

Meraih sambutan baik dari para pembaca berbahasa Inggris, beberapa volume dari serial manga masuk dalam daftar 50 penjualan terbesar untuk novel grafis dalam bulan perilisan mereka masing-masing. Kritikus memuji manga tersebut karena imut dan menghibur dengan rancangan karakter dan gaya pembawaan yang bebas. A la mode meraih pujian sebagai kelanjutan yang baik dari serial tersebut, namun juga dikritik karena tidak menawarkan hal baru. Adaptasi anime tersebut meraih rating tinggi saat disiarkan di Jepang, menghasilkan sejumlah pemasaran tie-ins. Disamping kritikan karena penyuntingan besar-besaran yang menghilangkan sebagian besar unsur Jepang, pengalihan bahasa Mew Mew Power menjadi acara 4Kids berating tertinggi saat disiarkan. Serial tersebut dilisensikan untuk perilisan regional di beberapa negara lainnya selain serial Jepang aslinya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tokyo Mew Mew adalah sebuah kelompok pemberantas kejahatan yang beranggotakan 5 gadis berkekuatan hewan, diantaranya Ichigo Momomiya, Minto Aizawa, Retasu Midorikawa, Bu-Ling Huang, dan Zakuro Fujiwara. Tugas dari Tokyo Mew Mew adalah menghancurkan alien yang ingin menguasai Bumi. Setiap anggota diberi kekuatan khusus oleh Shirogane dan Keichiro. Di Tokyo Mew Mew Ala Mode anggotanya bertambah satu, menjadi 6 orang.

Catatan[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Gaffney, Sean (11 November 2011). "Tokyo Mew Mew Omnibus, Vol. 1". A Case Suitable for Treatment. Diakses tanggal 26 November 2011. 
  • Santos, Carlo (23 November 2011). "The Princess Diaries". Right Turn Only!!!. Anime News Network. Diakses tanggal 26 November 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]