Pernikahan anak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pernikahan anak dan pertunangan anak adalah kebiasaan dimana anak-anak di bawah umur, sering sebelum masa pubertas, dinikahkan atau ditunangkan dengan orang lain yang lebih tua atau dengan anak di bawah umur lainnya. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002, anak didefinisikan sebagai seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk yang masih di dalam kandungan.[1] Anak-anak secara otomatis tidak memiliki kemampuan untuk memberikan persetujuan sehingga pernikahan anak dianggap menyalahi aturan pernikahan yang mengharuskan persetujuan secara sadar dari kedua belah pihak. Wilayah dengan prevalensi pernikahan anak tertinggi adalah Afrika Barat dan Afrika Sub-Sahara, sementara jumlah kasus pernikahan anak terbesar ada di Asia Selatan.[2]

Biasanya pernikahan anak identik dengan perjodohan yang dilakukan oleh orang tua dengan alasan ekonomi. Anak-anak perempuan dari keluarga miskin beresiko dua kali lebih besar terjerat dalam pernikahan anak.[3] Dalam beberapa kasus hanya satu saja pasangan pada saat pernikahan adalah anak-anak, biasanya perempuan, karena pentingnya ditempatkan pada keperawanan perempuan, ketidakmampuan wanita untuk bekerja untuk mendapatkan uang dan untuk masa reproduksi perempuan yang lebih pendek bila dibandingkan terhadap laki-laki. Perkembangan dalam pembelaan hak asasi manusia, baik sebagai hak-hak perempuan atau hak-hak anak, telah menyebabkan tradisi pernikahan anak menurun di banyak daerah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kampanye melawan pernikahan anak: http://childmarriage.hpage.com

  1. ^ Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [www.depkes.go.id "InfoDATIN Kondisi Pencapaian Program Kesehatan Anak Indonesia"] Check |url= scheme (bantuan). 
  2. ^ International Center for Research on Women (ICRW). "Child Marriage Around the World". 
  3. ^ International Center for Research on Women (ICRW). "Poverty and Child Marriage".