Balika Vadhu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Balika Vadhu
Balika Vadhu.png
Nama alternatif
  • Balika Vadhu – Kacchi Umar Ke Pakke Rishte
  • Balika Vadhu – Lamhe Pyaar Ke
GenreDrama
Pengarang
Sutradara
Pengarah kreatifSiddhartha Vankar
Lagu pembukaLagu Chhoti si Umar
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim2
Jmlh. episode2248
Produksi
Produser eksekutif
  • Zakir Shaikh
  • Sachin Chavan
  • Fuzel Khan
Produser
  • Sunjoy Waddhwa
  • Comall Sunjoy W.
Lokasi produksiJaitsar
Jodhpur
Mumbai
Udaipur
Srinagar
Jaipur
Naigaon
New Delhi
Sinematografi
  • Sanjay K. Memane
  • Anil Katke
Penyunting
  • Santosh Singh
  • Janak Chauhan
KameraMulti-camera
Durasi20 menit
Rumah produksiSphere Origins
Rilis
Jaringan asliColors TV (2008–2016)
ANTV (2016–2017, 2021–2022)
Format gambar
Tanggal tayang asli21 Juli 2008 (2008-07-21) –
31 Juli 2016 (2016-7-31)
Kronologi
Acara terkaitBalika Vadhu 2
Chhoti Anandi
Pranala luar
Situs web

Balika Vadhu (Bahasa Indonesia: Pengantin Anak) adalah serial yang diproduksi oleh Sphere Origins. Serial televisi India ini ditayangkan di Colors TV dari 21 Juli 2008 dan 31 Juli 2016 dan berlangsung selama 2248 episode menjadi televisi India terlama serial di Colors TV.

Cerita diatur di pedesaan Rajasthan dan berkisar pada kehidupan seorang pengantin anak yang beralih dari masa kecil ke masa dewasa.

Pertunjukan musim pertama berfokus pada Anandi dan Jagdish, yang menikah pada masa kecil. Musim kedua mencerminkan kehidupan putri Anandi, Dr. Nandini (alias Nimboli) yang juga seorang pengantin anak.[2] Balika Vadhu dikreditkan sebagai drama India pertama yang menyelesaikan 2000 episode.

Pertunjukan dibagi menjadi dua bagian berjudul Balika Vadhu – Kacchi Umar Ke Pakke Rishte (Bahasa Indonesia: Pengantin Anak – Hubungan Kuat dengan Usia Lembut), dan Balika Vadhu – Lamhe Pyaar Ke (Bahasa Indonesia: Pengantin Anak – Saat-saat Cinta).[3]

Musim kedua, Balika Vadhu 2 ditayangkan pada 9 Agustus 2021.[4] Dibintangi oleh Shivangi Joshi, Samridh Bawa dan Randeep Rai.[5]

Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Disiarkan
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 2,248 21 Juli 2008 (2008-07-21) 31 Juli 2016 (2016-7-31)
2 167 9 Agustus 2021 (2021-08-09) 29 Maret 2022 (2022-3-29)

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Musim Jumlah episode Saluran TV Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan Keterangan
2016-2017 Anandhi 1 498 antv 15 Maret 2016 02 Agustus 2017 Tayang Perdana
2021-2022 Balika Vadhu 1 357 19 April 2021 11 April 2022 Tayang Ulang
2022 Balika Vadhu Episode Baru 1 94 antv 12 April 2022 15 Juli 2022 Tayang Perdana (Episode Baru)

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah Anandhi dimulai dalam kehidupan yang jauh dari sederhana di sebuah desa kecil di kawasan Rajastan. Ia tinggal bersama keluarga kecilnya, tentu saja kesempatan Anandhi untuk bersekolah tertutup rapat, tidak ada kata lain selain menerima tawaran ini, ia dipaksa menikah dengan Jagdish, anak dari Sumitra dan Bhairon, Bhairon adalah anak dari Kalyani Devi, seorang terpandang di kawasan tersebut, Karena itulah Anandhi harus mau menjadi anggota keluarga tersebut, karena kedua orang tuanya tidak mampu lagi membiayai kebutuhan hidupnya

Pasca menikah, hidup Anandhi tidaklah mudah, kendati memiliki suami yang menyayangi dan memberikan tanggung jawab penuh kepadanya, Anandhi mendapat banyak tekanan dari mertua dan Kalyani Devi, apalagi saat Anandhi membutuhkan biaya tambahan untuk merawat kedua orang tuanya yang tengah membutuhkan biaya pengobatan, karena Kalyani tak memberikannya pinjaman, terpaksa Anandhi memohon kepada tuan Mahavir Singh, Mahavir Singh bukannya seorang konglomerat yang suka beramal, tetapi, apapun yang diberikannya, harus mendapatkan imbalan yang ia inginkan, Mahavir Singh mengincar properti milik ayah dan ibu Anandhi, dan ia berharap bahwa kedua ortu Anandhi tidak dapat mengembalikan pinjaman untuk biaya pengobatan tersebut, tetapi Anandhi punya keinginan untuk membayar hutang-hutang tersebut dengan bekerja di rumah itu, ternyata keputusan Anandhi ini membuahkan konflik baru antara dirinya dan Kalyani, Adik Mahavir Singh adalah suami Kalyani, dan Vasant ternyata adalah anak dari Mahavir Singh yang di bawa Kalyani, tak lama Mahavir Singh di penjara.

Jagdish dan Anandhi menyelesaikan ujian akhir, dan Jagdish mengganti kertasnya dengan kertas Anandi tapi ketahuan oleh Bhairon, ia melarikan diri ke Mumbai, di mana dia diculik, dan Anandi ditembak.

Kalyani menjodohkan Jagdish kembali dengan orang lain bernama Gudiya, dan perjodohan tersebut batal, Sumitra dan Bhairon mengirim Anandhi kembali ke desanya.

5 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Anandhi yang sudah remaja terus belajar dan mengajak rekan-rekan sebayanya untuk tetap mengenyam pendidikan dasar, yang tidak sempat mereka nikmati saat baru saja menikah, perjuangannya mendapatkan dukungan penuh dari suaminya, Jagdish. Keduanya tak lelah berjuang.

Jagdish pergi ke Mumbai untuk kuliah, di mana ia jatuh cinta dengan orang lain, Gauri, dan ia menghina Anandi karena tidak berpendidikan.

Setelah empat tahun, Jagdish menyelesaikan MBBS-nya dan ingin menikahi Gauri, menyebabkan ayahnya, Bhairon, untuk mematahkan semua hubungan dengannya, Gauri mengetahui bahwa Jagdish dan Anandi sudah menikah dan memutuskan untuk meninggalkannya, namun, mereka segera mendamaikan, dan Jagdish menikahi Gauri, Anandhi menyadari pernikahan harus didasarkan pada cinta dan bukan paksaan.

Anandhi mulai mendidik gadis -gadis desa, berjuang melawan perjodohan anak, Gauri hamil, namun tak lama ia keguguran, Anandhi disalahkan atas kegugurannya, dan ia menceraikan Jagdish.

Anandhi di pilih menjadi kepala desa, sementara itu, Jagdish mengetahui kejahatan Gauri, dan dia menceraikannya, Anandhi bertemu dengan kolektor bernama Shivraj Shekhar atau Shiv, Kalyani menjodohkan Anandhi dan Shiv, ia melakukan segala cara agar Anandhi dapat menikah dengan Shiv.

Jagdish kembali ke rumahnya dan sangat sedih melihat Anandhi menikah dengan Shiv, Jagdish menemukan seorang wanita bernama Gangga, dia memiliki suami Ratan Singh yang sangat jahat, Jagdish membuat Gangga tinggal di rumahnya, Sumitra membenci Gangga.

Jagdish membantu korban pernikahan anak lain, Gangga, mengakses pendidikan dan menjadi perawat, ia menceraikan suaminya dan menikahi Jagdish, dan mereka memiliki anak bersama, Anandi dan Shiv mengadopsi anak yatim, Amol, yang menderita osteoartritis .

Tak lama setelah itu Shiv meninggal saat mencoba melarikan diri dari serangan teroris, Anandhi melahirkan anak kembar mereka Nandini dan Shivam.

Setelah Anandhi mencegah pernikahan Kundan Singh dengan seorang anak perempuan, ayah Kundan, Akhiraj menculik Nandini dan mengganti namanya menjadi Nimboli, dalam tindakan pembalasan terhadap Anandhi, Akhiraj memaksa Nimboli untuk menikahi Kundan.

11 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Nandini, yang dikenal sebagai Nimboli, menghadapi kesulitan perjodohan anak dan kekerasan dalam rumah tangga, Anandhi dan Jagdish terus mencarinya, Kundan menikah lagi dengan gadis lain, Urmi.

Jagdish akhirnya menemukan Nandini, yang awalnya menolak untuk bertemu ibunya. Namun, setelah mengetahui tentang penculikannya, dia berubah pikiran dan bersatu kembali dengan keluarganya.

Akhiraj mencoba membunuh Kalyani, Anandhi, Jagdish, Nandini dan Shivam, dia menembak Kalyani yang melindungi Anandhi, dalam aksi berikutnya, dia menembak Anandhi, Jagdish menembak Akhiraj dan Akhiraj meninggal, Nandini dan Shivam jatuh ke sungai bersama Anandhi, Jagdish dan Gangga menganggap mereka bertiga mati, Nandini dan Shivam melakukan perjalanan untuk merendam abu Anandhi dan akhirnya ditempatkan di panti asuhan, beberapa hari kemudian, Shivam membunuh seorang pria yang mencoba memperkosa Nandini, akibatnya mereka terpisah.

15 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Nandini telah tumbuh dewasa dan menjadi dokter, ia bertekad mendirikan rumah sakit Anandhi Memorial, memenuhi janjinya kepada Anandhi.

Shivam, sekarang seorang gangster, marah karena Nandini memintanya untuk pergi setelah upaya pemerkosaan di panti asuhan, Nandini jatuh cinta dengan mahasiswa kedokteran Krish Malhotra dan mereka menikah, Nandini mengetahui bahwa Kundan adalah ayah tiri Krish, dan bahwa pengantin pria yang dia pilih untuk saudara perempuan angkatnya Sudha sebenarnya adalah Shivam.

Nandini bersatu kembali dengan Shivam, Polisi membunuh Kundan setelah dia menculik Nandini untuk menikah lagi dengan paksa sambil mengancam nyawa Sudha, Nandini merangkum keseluruhan cerita dan menuliskannya dalam sebuah buku bernama Balika Vadhu .

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Pratyusha Banerjee / Toral Rasputra sebagai Anandhi Khajaan Singh Kumar /Anandhi Jagdish Singh Kumar / Anandi Shivraj Shekhar: Putri Khajaan Singh dan Baghwati; Mantan Istri Jagdish; Istri Shiv; Ibu Angkat Amol; Ibu Nandini dan Shivam (2010–2013)/(2013-2016)
    • Avika Gor sebagai Anandi Khajaan Singh kecil / Anandi Jagdish Singh kecil: Putri Khajaan Singh dan Baghwati; Istri Jagdish (2008–2010)
  • Shashank Vyas / Shakti Anand sebagai Dr. Jagdish Bhairon Singh/Jagya/Jagat: Putra Bhairon dan Sumitra; Saudara Laki-Laki Sugna; Mantan Suami Anandhi; Mantan Suami Gauri; Mantan Tunangan Sanchi; Suami Gangga; Ayah Angkat Mannu; Ayah Abhimanu (2010–2015)/(2015–2016)
    • Avinash Mukherjee sebagai Jagdish Bhairon Singh kecil: Putra Bhairon dan Sumitra; Saudara Laki-Laki Sugna; Suami Anandhi (2008–2010)
  • Sidharth Shukla sebagai Shivraj Alok Shekhar/Shivraj Anoop Shekhar/Shiv: Putra Meenu dan Anoop; Putra angkat Iravati dan Alok; Suami Anandhi; Ayah Angkat Amol; Ayah Nandini dan Shivam; Kakak sepupu Sanchi; Kakak Mahi (2012–2015)
  • Mahhi Vij sebagai Dr. Nandini Shekhar Malhotra: Putri Anandhi dan Shiv; Anak Angkat Naren dan Jamuna; Saudari Shivam; Istri Krish (2016)
    • Gracy Goswami sebagai Nandini "Nimboli" Shekhar kecil (2015–2016)
  • Ruslaan Mumtaz sebagai Dr. Krish Malhotra: Anak Angkat Kundan; Suami Nandini (2016)
  • Surekha Sikri sebagai Kalyani Devi Singh – Janda Dharamveer; Ibu Bhairon dan Vasant; Nenek Jagdish dan Sugna (2008–2016)
  • Sriti Jha / Sargun Mehta / Aasiya Kazi sebagai Gangga Singh: Istri Pertama Ratan; Istri Ketiga Jagdish; Ibu Mannu dan Abhimanyu (2013–2015)/(2015–2016)
  • Anjum Farooki / Deblina Chatterjee sebagai Dr. Gauri Jagdish Singh Kumar - Mantan Istri Jagdish (2010–2012) (2014)
  • Anup Soni sebagai Bhairon Singh: Suami Sumitra; Ayah Jagdish dan Sugna (2008–2014)
  • Smita Bansal sebagai Sumitra Singh: Istri Bhairon; Ibu Jagdish dan Sugna (2008–2014)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Dishank Arora sebagai Shivam Shekhar/Shankar: Putra Anandhi dan Shiv; Saudara Laki-Laki Nandini; (2016)
  • Vineet Kumar Chaudhary sebagai Kundan Singh/Abhiram: Putra Akhiraj dan Harki; Saudara Laki-Laki Kamli; Mantan Suami Urmila; Suami Kedua Karuna; Ayah Angkat Krish (2016)
  • Sonia Shah sebagai Karuna: Istri Abhiram; Ibu Krish (2016)
  • Satyajit Sharma sebagai Vasant Dharamveer Singh/Vasant Mahaveer Singh: Putra Mahaveer Singh; Putra Angkat Kalyani Devi; Kakak Tiri Bhairon Singh; Mantan Suami Gehna; Ayah Nandikishor Singh/Nandu dan Bhairavi; (2008-2014)
  • Neha Marda/Sheetal Khandal sebagai Gehna Vasant Singh/Gehna Niranjan: Mantan Istri Vasant Singh; Istri Niranjan; Ibu Nandikishor Singh/Nandu dan Bhairavi (2008-2012)/(2012-2015)
  • Sanjay Basak sebagai Nandikishor Vasant Singh/Nandu: Putra Vasant dan Gehna; Cucu Tiri Kalyani Devi; Cucu Mahaveer Singh; Saudara Laki-Laki Bhairavi (2012-2015)
  • Yukti Kapoor sebagai Sudha Shekhawat/Sudha Premal Singh: Putri Naren dan Jamuna; Saudara Tiri Nandini; Istri Premal (2016)
  • Shahab Khan sebagai Naren Shekhawat: Suami Jamuna; Ayah Angkat Nandini; Ayah Sudha (2016)
  • Neetu Pandey sebagai Jamuna Shekhawat: Istri Naren; Ibu Angkat Nandini; Ibu Sudha (2016)
  • Vibha Anand / Janvi Chheda sebagai Sugna Singh/Sugna Shyam Singh: Putri Bhairon dan Sumitra; Cucu Kalyani Devi; Saudara Perempuan Jagdish; Mantan Istri Pratap Singh; Istri Shyam; Ibu Varun dan Shagun (2008–2010) (2011–2013)
  • Vikrant Massey / Sachin Shroff as Shyam Singh: Putra Madan Singh; Suami Sugna; Ayah Angkat Varun; Ayah Shagun (2009–2010) (2011–2013)
  • Shivansh Kotia / Rudra Soni sebagai Varun Singh: Putra Pratap dan Sugna; Anak Angkat Shyam; Saudara Laki-Laki Shagun (2010) (2011–2013)
  • Shubham Jha sebagai Amol Shekhar: putra angkat Shiv dan Anandhi (2014-2015)
  • Mamta Chaturya sebagai Phooli Singh: Teman Anandhi (2010–2012)
    • Faiza Faiz sebagai Phooli Singh Kecil: Teman Anandhi (2008–2010)
  • Nidhi Jha / Sonam Lamba sebagai Gulli: Putri Champa (2011–2013) (2014)
  • Sunil Singh sebagai Akhiraj Singh: Suami Harki; Ayah Kundan dan Kamli (2015-2016)
  • Rudrakshi Gupta sebagai Harki Singh: Istri Akhiraj; Ibu Kundan dan Kamli (2015–2016)
  • Tisha Kapoor sebagai Urmila Kundan Singh: Mantan Istri Kundan Singh (2015)
  • Sudhir Pandey sebagai Premkishore Shekhar; Ayah Anoop dan Alok; Kakek Shiv, Mahi dan Sanchi (2012-2015)
  • Sushmita Mukherjee sebagai Subhadra; Adik Premkishore Shekhar (2014-2015)
  • Avinash Wadhawan/Akshay Anand sebagai Anoop Premkishore Shekhar: Putra Premkishore Shekhar; Saudara Laki-Laki Alok: Suami Meenakshi; Ayah Shiv dan Mahi (2012-2015)
  • Anita Kulkarni sebagai Meenakshi Anoop Shekhar: Istri Anoop; Ibu Shiv dan Mahi (2012-2015)
  • Jaineeraj Rajpurohit sebagai Alok Shekhar: Putra Premkishore; Saudara Laki-Laki Anoop; Suami Iravati; Ayah Angkat Shiv; Ayah Sanchi (2012–2015)
  • Sonal Jha sebagai Iravati Alok Shekhar: Istri Alok; Ibu Sanchi Shekhar (2012-2015)
  • Abhishek Tiwari sebagai Mahi Anoop Shekhar: Putra Anoop dan Meenakshi; Saudara Laki-Laki Shiv dan Shanci (2012-2014)
  • Roop Durgapal sebagai Sanchi Alok Shekhar/Sanchi Vivek Kabra: Putri Alok dan Iravati; Istri Advocate Vivek Roshan; Saudara Perempuan Shiv dan Mahi (2012-2015)
  • Vimarsh Roshan sebagai Advocate Vivek Roshan Kabra: Putra Roshan dan Suman; Saudara Laki-Laki Saurabh dan Rakhi; Suami Sanchi Shekhar (2013-2015)
  • Mohit Abrol sebagai Anuj: Mantan Pacar Sanchi Shekhar (2014)
  • Bobby Parvez sebagai Roshan Kabra: Suami Suman; Ayah Vivek, Saurabh dan Rakhi (2014)
  • Shalini Arora sebagai Suman Roshan Kabra: Istri Roshan; Ibu Vivek, Saurabh dan Rakhi (2014–2015)
  • Sonal Handa sebagai Saurabh Roshan Kabra; Putra Roshan dan Suman; Saudara Laki-Laki Vivek dan Rakhi (2013–2014)
  • Farhina Parvez sebagai Rakhi Roshan Kabra; Putri Roshan dan Suman; Saudara Perempuan Vivek dan Saurabh (2014)
  • Reena Aggarwal sebagai Ashima; Teman Shiv (2012–2013)
  • Chandresh Singh sebagai Ratan Singh: Mantan Suami Gangga; Ayah Mannu (2013-2015)
  • Rajeshwari Sachdev sebagai Mangala Devi Singh/Disa: Kakak Ipar Akhiraj; Bibi Kundan dan Kamli; Bibi Terobsesi pada Nandini/Nimboli (2015-2016)
  • Farah Hussain sebagai Kamli Akhiraj Singh/Kamli Pushkar Singh: Putri Akhiraj dan Harki; Istri Pushkar Singh; (2015-2016)
  • Parichay Sharma sebagai Pushkar Jata Shankar Singh: Suami Kamli Singh (2015-2016)
  • Rishi Dev sebagai Gopal: Mantan Kekasih Kamli Singh (2015)
  • Rajendra Gupta sebagai Mahaveer Singh: Ayah Vasant Singh; Kakek Nandu (2009-2012)
  • Hiten Tejwani sebagai Dr. Anant (2015-2016)
  • Chetanya Adib sebagai Khajan Singh: Suami Bhagwati Singh; Ayah Anandhi; Kakek Nandini dan Shivam (2008-2015)
  • Bhairavi Raichura sebagai Bhagwati Khajaan Singh: Istri Khajan Singh; Ibu Anandhi; Nenek Nandini dan Shivam (2008-2012)
  • Amar Sharma sebagai Madan Singh: Suami Radha; Ayah Shyam (2008–2014)
  • Asmita Sharma sebagai Radha Singh: Istri Madan; Ibu Shyam (2008–2010)
  • Ankit Gupta sebagai Abhishek Singh: Suami Asha (2012–2013)
  • Neha Gosain sebagai Asha Singh: Istri Abhisek (2011–2013)
  • Farida Jalal sebagai Vsundhara Devi/Badi Jiji: Kakak Kalyani Devi (2009, 2012)
  • Farnaz Shetty sebagai Kanchan: Mantan Istri Manish Singh; Adik Gehna Vasant Singh (2013)
  • Nivedita Bhattacharya sebagai Shivani Rajadhyaksha: Teman Gauri Singh (2011, 2014)
  • Harsh Chhaya sebagai Palash Scindia: Pelukis Rekan Kerja Shivraj Shekhar; Pengobsesi Anandhi Shekhar/Venus (2014)
  • Kamalika Guha Thakurta sebagai Pramila: Pemimpin Klub Menari (2014)
  • Sadiya Siddiqui sebagai Sandhya: Guru Anandhi (2008-2014)
  • Sakshi Tanwar sebagai Teepri: Pengobsesi Bhairon Singh (2010)
  • Shivshakti Sachdev sebagai Champa: Teman Masa Kecil Anandhi: Ibu Gulli (2008-2010)
  • Nimisha Vakharia sebagai Triveni: Saudara Perempuan Karuna (2016)
  • Prithvi Sankhala sebagai Dr. Naresh Goel: Ayah Dr.Amit (2016)
  • Avinash Sachdev sebagai Dr.Amit Naresh Goel: Suami Vandana (2016)
  • Smriti Khanna sebagai Vandana Amit Goel/Vandana Mittal: Istri Dr.Amit (2016)
  • Ayush Anand sebagai Premal; Suami Sudha (2016)
  • Hetal Yadav sebagai Ibu Premal (2016)

Penyiaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Kirgizstan Serial tersebut ditayangkan dengan judul Келин dan disiarkan di KTRK.
  • Kazakhstan Serial tersebut ditayangkan dengan judul Келін dan disiarkan di Kazakhstan.
  • Vietnam Di Vietnam, drama tersebut mulai ditayangkan dengan judul Cô Dâu 8 Tuổi di TodayTV pada 11 November 2014. Drama tersebut meraih ketenaran di Vietnam dan membuat aktris dari acara tersebut, Avika Gor meraih sebuah penghargaan dari kepala saluran TodayTV.[6] Gor juga mengunjungi Vietnam pada sebuah kunjungan selama dua hari ke negara tersebut karena keberhasilan acara tersebut, anggota pemeran lainnya yakni Avinash Mukherjee dan Smita Bansal juga mengunjungi negara tersebut.[7] Acara tersebut merupakan bahan paling dicari kesembilan pada 2015 di Vietnam di Google seperti yang dikonfirmasikan oleh laporan tahunan akhir tahun Google Trends.[8]
  • Indonesia Di Indonesia, Serial ini disiarkan di ANTV dengan judul Anandhi pada 15 Maret 2016 hingga 2 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Pada 19 April 2021, Serial ini ditayangkan kembali di ANTV dengan judul Balika Vadhu.
  • Turki Di Turki disiarkan di Kanal 7 dengan judul Ikimizin Yerine dan menyelesaikan 562 episode.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Chhoti Anandi adalah sebuah serial animasi yang bertama kali ditayangkan di Colors TV pada 17 Januari 2016. Serial tersebut merupakan salah satu dari beberapa serial animasi India yang menampilkan protagonis perempuan.[9]

Seri Reboot[sunting | sunting sumber]

Sebuah reboot dari acara tersebut, bernama Balika Vadhu 2 , ditayangkan di saluran yang sama dari 9 Agustus 2021 hingga 29 Maret 2022. Seri itu menyelesaikan 167 episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]