Daftar bab Naruto (Bagian II, volume 28-48)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sampul volume dua puluh delapan dari manga Naruto, juga tankōbon pertama dari alur cerita Bagian II, dirilis di Amerika Serikat oleh Viz Media pada 4 Maret 2008.

Seri manga Naruto, ditulis dan diilustrasikan oleh Masashi Kishimoto, dibagi dalam dua bagian untuk memisahkan alur cerita ;bagian kedua hanya dikenal sebagai Bagian II.[1][2] Alur ceritanya mengikuti kembalinya ninja Naruto Uzumaki ke Konohagakure, setelah dua setengah tahun pelatihan kemudian meninggalkan rekan tim Sakura Haruno dan Kakashi Hatake, dan upaya selanjutnya untuk memastikan sahabatnya, Sasuke Uchiha, kembali dengan dia dan teman-temannya. Namun, kelompok kejahatan Akatsuki mulai mengejar Naruto untuk mendapatkan Siluman Serigala Ekor Sembilan yang disegel dalam dirinya.

Bagian II dimulai pada bab 245 dan ditetapkan dalam dua setengah tahun setelah akhir dari bab 238 di Bagian I. Bab 239 sampai 244 merupakan gaiden yang dikeluarkan sebelum manga Naruto dan detil bagian dari sejarah Kakashi Hatake. Semua bab-bab berikutnya dianggap sebagai bagian dari alur cerita Part II. Naruto diterbitkan dalam bab-bab individu dtersendiri dengan Shueisha di Shōnen Jump Mingguan dan kemudian dikumpulkan dalam format tankōbon dengan berbagai tambahan. Sementara seri mulai diserialkan dalam edisi 43 tahun 1999, Bagian II dimulai pada edisi 19 tahun 2005.[1] Volume 28, volume pertama Bagian II, dirilis pada 3 Juni 2005, sementara volume 48 dirilis pada 4 November 2009.[3][4]

Adaptasi anime Bagian II, diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo, mulai disiarkan pada 15 Februari 2007, di TV Tokyo dengan nama Naruto Shippuden (NARUTO -ナルト- 疾風伝 Naruto Shippūden?, literally, Naruto: Hurricane Chronicles). Episode ini mulai disiarkan setelah akhir dari anime asli Naruto, yang telah menunjukkan episode filler untuk memperluas kesenjangan alur cerita antara anime dan manga.[5]

Serialisasi bahasa Inggris dari manga Naruto ini dilisensi oleh Viz Media dan saat ini diterbitkan secara bersamaan di Amerika Utara pada majalah digital Shonen Jump Mingguan.[6] pada awalnya serial di majalah cetak bulanan Shonen Jump sekarang sudah tidak berfungsi. Volume bahasa Inggris diterbitkan baik di media cetak dan digital melalui situs web Viz Media VIZ MANGA. Guna untuk mengkompensasi kesenjangan antara manga Jepang dan Inggris, Viz Media secara berkala mengumumkan kampanye khusus di mana mereka merilis beberapa volume dalam waktu yang relatif singkat.[2][7] Volume 28 dirilis dalam bahasa Inggris oleh Viz Media pada 4 Maret 2008, dan volume 48 dirilis pada 1 Juni 2010.[8][9] Set kotak kedua berisi volume-volume dari paruh pertama Bagian II dirilis di Amerika Serikat oleh Viz Media pada 7 Juli 2015.[10]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No. Judul Rilis Jepang Rilis Bahasa Inggris
28 Homecoming
Naruto no kikyō!! (ナルトの帰郷!!)
3 Juni 2005[3]
ISBN 978-4-08-873828-4
4 Maret 2008[8]
ISBN 978-1-4215-1864-0
  1. "Homecoming!!" (ナルトの帰郷!! "Naruto no kikyō!!"?)
  2. "My, How They've Grown!!" (二人の成長!! "Futari no seichō!!"?)
  3. "Intruders in the Sand" (砂への侵入者たち "Suna e no shinnyūsha-tachi"?)
  4. "The Sand Strike Back...!!" (迎えうつ砂...!! "Mukaeutsu suna...!!"?)
  5. "The Kazekage Stands Tall...!!" (風影として...!! "Kazekage to shite...!!"?)
  6. "New Squad, First Mission!!" (新チーム、初任務!! "Shin chīmu, hatsu ninmu!!"?)
  7. "To the Sand...!!" (砂へ...!! "Suna e...!!"?)
  8. "Feelings Run Wild...!!" (想い、駆ける...!! "Omoi, kakeru...!!"?)
  9. "Reinforcements...!!" (頼れる加勢...!! "Tayoreru kasei...!!"?)
Setelah dua setengah tahun berlatih di luar, Naruto Uzumaki kembali ke kota asalnya Konohagakure. Bertepatan dengan kepulangannya, organisasi kejahatan Akatsuki menjadi makin aktif dalam niatnya untuk menangkap seluruh monster berekor. Untuk tugas ini para anggota Akatsuki Sasori dan Deidara menangkap Gaara dari Sunagakure. Mereka berhasil menjalankan tugas mereka dan kabur dari desa tersebut dengan Gaara. Setelah mendengar kabar tersebut, Naruto bergabung lagi dengan Sakura Haruno dan mentor mereka Kakashi Hatake, grup mereka berganti nama menjadi Tim Kakashi, pada sebuah misi untuk menyelamatkan Gaara.
29 Kakashi vs. Itachi!!
カカシVSイタチ!!
4 Agustus 2005[11]
ISBN 978-4-08-873849-9
6 Mei 2008[12]
ISBN 978-1-4215-1865-7
  1. "Siblings...!!" (兄弟...!! "Kyōdai...!!"?)
  2. "Approach...!!" (接近...!! "Sekkin...!!"?)
  3. "Enemies!!" (立ちはだかる者たち!! "Tachi wa dakaru mono-tachi!!"?)
  4. "Kakashi Comes Through" (カカシの経験値 "Kakashi no keiken atai"?)
  5. "Guy vs. Kisame!!" (ガイVS鬼鮫!! "Gai VS Kisame"?)
  6. "The Power of Itachi...!!" (イタチの力...!! "Itachi no chikara...!!"?)
  7. "Kakashi vs. Itachi!!" (カカシVSイタチ!!?)
  8. "Jinchûriki Host...!!" (人柱力...!! "Jinchūriki...!!"?)
  9. "Naruto Charges On...!!" (駆ける思い...!! "Kakeru omoi...!!"?)
Saat pemberhentian singkat di Sunagakure, Tim Kakashi bertemu dengan Chiyo, nenek Sasori. Kelompok tersebut mengikuti perjalanan para anggota Akatsuki dari Sunagakure sementara Konoha mengirim Tim Guy untuk bantuan. Berniat menjauhkan diri dari dua kelompok tersebut untuk menyarikan Shukaku Ekor Satu dari tubuh Gaara, doppelgänger-doppelgänger anggota Akatsuki Itachi Uchiha dan Kisame Hoshigaki dikirim untuk menjauhkan mereka, dan berhasil menjalankan waktu yang dibutuhkan. Ninja Daun Tersembunyi kemudian memutuskan keluar dari persembunyian Akatsuki saat penyarian Shukaku sudah dirampungkan.
30 Puppet Masters
Chiyo-bā to Sakura (チヨバアとサクラ)
4 November 2005[13]
ISBN 978-4-08-873881-9
1 Juli 2008[14]
ISBN 978-1-4215-1942-5
  1. "Rage...!!" (大声で怒れ...!! "Ōgoe de ikare...!!"?)
  2. "Sasori's Masterpiece...!!" (サソリの芸術...!! "Sasori no geijutsu...!!"?)
  3. "Granny Chiyo & Sakura" (チヨバアとサクラ "Chiyo-bā to Sakura"?)
  4. "Sasori Revealed...!!" (サソリ、現る...!! "Sasori, arawaru...!!"?)
  5. "Fierce Determination...!!" (激しき決意...!! "Hageshiki ketsui...!!"?)
  6. "Puppet Masters!!" (傀儡師VS傀儡師!! "Kugutsushi VS kugutsushi"?)
  7. "What Can I Do...?!" (出来ること...!! "Dekiru koto...!!"?)
  8. "Miscalculation...!!" (誤算...!! "Gosan...!!"?)
  9. "Unknown Power...!!" (未知の能力...!! "Michi no chikara...!!"?)
Dalam rangka agar Tim Kakashi dapat masuk liang Akatsuki, Tim Guy terpaksa berpecah dalam rangka mengambil sebuah terowongan menuju bagian utama. Meskipun mereka menyertai tugas ini, para anggota Tim Guy terpaksa berhadapan dengan sejumlah jebakan. Sementara pada Tim Kakashi, mereka menemukan Sasori dan Deidara bersama dengan Gaara dalam keadaan tak bernyawa. Deidara melarikan diri dengan jasad Gaara, membuat Naruto dan Kakashi mengejarnya sementara Sakura dan Chiyo berhadapan dengan Sasori dan berbagai bonekanya. Namun, kekuatan Sakura dan kemampuan Chiyo dengan boneka-boneka tersebut dapat mengalahkan boneka-boneka Sasori.
31 Final Battle
Takusareta omoi!! (託された想い!!)
26 Desember 2005[15]
ISBN 978-4-08-874002-7
2 September 2008[16]
ISBN 978-1-4215-1943-2
  1. "Granny Chiyo vs. Sasori...!!" (チヨバアVSサソリ...!! "Chiyo-bā VS Sasori...!!"?)
  2. "Final Battle...!!" (ラストバトル!! "Rasuto batoru!!"?)
  3. "Impossible Dream" (叶わぬ夢 "Kanawanu yume"?)
  4. "Reward...!!" (褒美...!! "Hōbi...!!"?)
  5. "New Sharingan!!" (新しい写輪眼!! "Atarashii Sharingan!!"?)
  6. "The Ultimate Art...!!" (究極の芸術!! "Kyūkyōku no geijūtsu!!"?)
  7. "The Death of Gaara" (我愛羅の死 "Gaara no shi"?)
  8. "Power & Miracles...!!" (不思議な力...!! "Fushigi na chikara...!!"?)
  9. "Trust!!" (託された想い!! "Takusareta omoi!!"?)
Kembali bertarung, Sasori mengeluarkan Jurus Seratus Boneka-nya terhadap Sakura dan Chiyo. Namun saat Sakura memblok sebuah serangan yang menyerangnya, Chiyo memutuskan untuk menyerang Sasori lewat jantungnya sebelum menyembuhkan luka-luka Sakura. Sebagai bayaran kepada Sakura atas penyelamatannya, Sasori berkata kepadanya dalam napas sekaratnya bahwa ia telah berketerikatan dengan Orochimaru saat ia bertemu dengannya. Di tempat lain, Naruto dan Kakashi berhasil merebut jasad Gaara dari Deidara, yang lari dari mereka dengan memalsukan kematiannya. Setelah mereka kembali bergabung dengan Chiyo, Sakura, dan Tim Guy, Sakura berusaha untuk membangkitkan Gaara, meskipun penyarian Shukaku menyebabkan ia mati. Saat Naruto berkabung untuk Gaara, Chiyo mulai mentransefer energi kehidupannya ke tubuh Gaara, mengembalikan kehidupannya dengan bayaran nyawanya sendiri. Kelompok tersebut menghormati kenangan Chiyo dan kemudian kembali pulang. Namun kemudian, cincin Sasori ditemukan oleh Tobi yang ingin bergabung dengan Akatsuki.
32 The Search for Sasuke
Sasuke e no michi!! (サスケへの道!!)
4 April 2006[17]
ISBN 978-4-08-874039-3
4 November 2008[18]
ISBN 978-1-4215-1944-9
  1. "The Search for Sasuke!!" (サスケへの道!! "Sasuke e no michi!!"?)
  2. "Team Kakashi Returns" (カカシ班帰還 "Kakashi han kikan"?)
  3. "Team Members Wanted!!" (メンバー探し!! "Menbā sagashi!!"?)
  4. "The New Cell...!!" (新しい仲間...!! "Atarashii nakama...!!"?)
  5. "The Foundation" (“根”の者!! "'Ne' no mono!!"?)
  6. "Naruto, Sasuke & Sakura" (ナルトとサスケとサクラ "Naruto to Sasuke to Sakura"?)
  7. "Untitled" (無題 "Mudai"?)
  8. "Feelings...?" (分からない感情 "Wakaranai kanjō"?)
  9. "The Akatsuki Spy!!" (“暁”のスパイ!! "'Akatsuki' no supai!!"?)
Meskipun Kakashi meninggalkan rancang setelah ia pulang ke Konoha dari pertempurannya dengan Deidara, ia berencana agar Naruto dan Sakura bertemu dengan mata-mata Sasori dalam harapan agar mereka dapat meraih kembali anggota terakhir dari Tim 7 asli: Sasuke Uchiha. Danzo Shimura dari dewan Konoha, yang mengkhawatirkan Akatsuki berupaya untuk menangkap Naruto untuk Rubah Ekor Sembilan yang tersegel didalamnya, membujuk Sai untuk bergabung dengan Tim Kakashi dengan Tsunade menanggapinya dengan membantu Yamato sebagai pemimpin sementara dari grup tersebut. Namun, Yamato bersitegang dengan penolakan Naruto untuk pergi bersama dengan jasad Sai secara emosional. Kemudian, msaat mereka datang ke tujuan mereka, Yamato bertemu mata-mata tersebut sendirian dengan sisa Tim Kakashi yang masih dalam bayang-bayang sebagai bekingan. Namun, saat Yamato mulai menanyani mata-mata tersebut, Kabuto Yakushi, tentang markas operasi Orochimaru, Orochimaru sendiri muncul pada ujung diskusi mereka.
33 The Secret Mission
Gokuhi ninmu...!! (極秘任務...!!)
2 Juni 2006[19]
ISBN 978-4-08-874108-6
16 Desember 2008[20]
ISBN 978-1-4215-2001-8
  1. "Consequences!!" (裏切りの結末!! "Uragiri no ketsumatsu!!"?)
  2. "Rage Trigger!!" (怒りの引き金!! "Ikari no hikigane!!"?)
  3. "The Third Tail...!!" (三本目...!! "Sanhonme...!!"?)
  4. "Rampage...!! (暴走...!!" "Bōsō...!!"?)
  5. "The Fourth Tail...!!" (四本目...!! "Yonhonme...!!"?)
  6. "Toward Nine Tails...!!" (九尾へ...!! "Kyūbi e...!!"?)
  7. "The Sad Conclusion" (悲しき決着 "Kanashiki ketchaku"?)
  8. "Sai's Mission!!" (サイの任務!! "Sai no ninmu!!"?)
  9. "The Secret Mission...!!" (極秘任務...!! "Gokuhi ninmu...!!"?)
  10. "The Source of Strength...!!" (強さの源...!! "Tsuyosa no minamoto...!!"?)
Kabuto, yang selalu setia dengan Orochimaru, menghancurkan jasad Hiruko dari Sasori dengan meledakkan Yamato, memaksanya untuk memanggil Naruto, Sakura dan Sai. Kemudian, Naruto bertempur dengan Orochimaru, kemudian disantap oleh Ekor Sembilan saat ia berubah menjadi perwujudan ekor empat. Disantap secara mental, Naruto menyerang Orochimaru atas perencanaan organisasi Danzo, The Foundation, dan mengawal Orochimaru dengan Tim Kakashi membuntutinya.
34 The Reunion
Saikai no toki...!! (再会の時...!!)
4 Agustus 2006[21]
ISBN 978-4-08-874138-3
3 Februari 2009[22]
ISBN 978-1-4215-2002-5
  1. "Sai's Picture Book!!" (サイの絵本...!! "Sai no ehon...!!"?)
  2. "Sai & Sasuke!!" (サイとサスケ!! "Sai to Sasuke!!"?)
  3. "Infiltration...!!" (潜入...!! "Sennyū...!!"?)
  4. "Sai's Betrayal!!" (サイの裏切り!! "Sai no uragiri!!"?)
  5. "Behind the Betrayal!!" (裏切りの裏側!! "Uragiri no uragawa!!"?)
  6. "Our Bond" (キミとのつながり "Kimi to no tsunagari"?)
  7. "The Reunion...!!" (再会の時...!! "Saikai no toki...!!"?)
  8. "On a Whim...!!" (気まぐれ...!! "Kimagure...!!"?)
  9. "Sasuke's Strength!!" (サスケの力!! "Sasuke no chikara!!"?)
  10. "A Conversation with Nine Tails!!" (九尾との対話!! "Kyūbi to no taiwa!!"?)
Yamato, Naruto, dan Sakura menemukan Sai dan menahannya karena pengkhianatannya, meskipun misinya adalah untuk membunuh Sasuke ketimbang mengambilnya dalam keadaan hidup-hidup. Saat mereka bersiap untuk mencari Sasuke, Sai menanyai alasan Naruto yang ingin Sasuke kembali, dimana Naruto menjawabnya dengan berkata bahwa keduanya membentuk sebuah ikatan yang enggan ia putus. Diintrikkan oleh konsep ikatan ini, Sai bergabung kembali dengan mereka, bahkan membantu menangkap Kabuto. Kelompok tersebut dipecah, dan Sai mula-mula menemukan Sasuke. Meskipun Sai berupaya untuk menangkapnya atas perantaraan Naruto, Sasuke dianggap terlalu kuat karena ia memberatkan Tim Kakashi yang terhimpun. Disamping kejadian tersebut, Naruto enggan memasukkan kekuatan Ekor Sembilan ke pikiran Sasuke dan menghalangi Monster Berekor tersebut. Saat Sasuke bersiap untuk membunuh mereka semua, Orochimaru dan Kabuto menghampirinya untuk membiarkan mereka hidup sehingga mereka dapat melepaskan Akatsuki dari sorotan mereka sebelum ketiganya hengkang dengan misi gagal.
35 The New Two
Aratanaru futarigumi!! (新たなる二人組!!)
2 November 2006[23]
ISBN 978-4-08-874273-1
3 Februari 2009[24]
ISBN 978-1-4215-2003-2
  1. "The Title" (タイトル "Taitoru"?)
  2. "Nicknames" (あだ名 "Adana"?)
  3. "The Impending Menace!!" (忍び寄る脅威!! "Shinobiyoru kyōi!!"?)
  4. "The New Two!!" (新たなる二人組!! "Aratanaru futarigumi!!"?)
  5. "The Akatsuki Strikes...!!" (“暁”侵攻...!! "'Akatsuki' shinkō...!!"?)
  6. "Special Drills!!" (特別な修業!! "Tokubetsu na shugyō!!"?)
  7. "Let the Training Begin!!" (修行、始め!! "Shugyō, hajime!!"?)
  8. "Nightmares!!" (悪夢の始まり!! "Akumu no hajimari!!"?)
  9. "Smooth Training" (順調なる修業 "Junchō naru shugyō"?)
  10. "Driving Force" (つき動かすもの "Tsukiugokasumono"?)
Kakashi, yang berharap untuk membantu Naruto agar bertanding lebih baik melawan Sasuke pada pertemuan mereka berikutnya, mulai melatihnya dengan membuat serangan baru. Saat menyadari bahwa Naruto memiliki chakra alami yang liar, Kakashi membantunya memberi kemampuan untuk mengendalikan keliarannya. Untuk mewujudkan proses ini, Kakashi meminta agar Naruto memakai jurus Seribu Bayangannya untuk melatih ratusan jiplakannya, membolehkan pengetahuan kolektif mereka menyelesaikan pelatihan (yang seharusnya membutuhkan waktu setahun) dalam beberapa hari. Sementara itu, setelah mengalahkan Ekor Dua Jinchuriki Yugito Nii, duo Akatsuki Hidan dan Kakuzu datang ke Konoha untuk meneruskan tujuan organisasi mereka. Tsunade, yang memutuskan untuk menangkap atau menumpas keduanya, memajukan Niju Shotai, sebuah kelompok dari dua puluh skuat dari empat ninja yang ditugaskan untuk menjalankan tugas untuk menemukan keduanya.
36 Cell Number 10
Daijippan (第十班)
27 Desember 2006[25]
ISBN 978-4-08-874288-5
3 Februari 2009[26]
ISBN 978-1-4215-2172-5
  1. "Bounties...!!" (賞金首...!! "Shōkin kubi...!!"?)
  2. "Honey-Tongued...!!" (口上手...!! "Kuchijōzu...!!"?)
  3. "Unkillable" (あいつは殺せない "Aitsu wa korosenai"?)
  4. "Judgment!!" (神の裁き!! "Kami no sabaki!!"?)
  5. "Shikamaru's Analysis!!" (シカマルの分析!! "Shikamaru no bunseki!!"?)
  6. "There Won't Be a Later...!" (後は無い...!! "Ato wa nai...!!"?)
  7. "The Pain You Desire...!!" (望んだ痛み...!! "Nozonda itami...!!"?)
  8. "Amidst Despair..." (絶望の中に... "Zetsubō no naka ni..."?)
  9. "Cell Number 10" (第十班 "Daijippan"?)
  10. "The Ultimate Goal...!!" (その目的...!! "Sono mokuteki...!!"?)
Setelah Naruto meraih kontrol yang cukup atas elemen liarnya, Kakashi menyuruhnya agar menciptakan serangan uniknya sendiri akan mensyaratkan perpaduan liar dengan Rasengannya. S untuk menjalankan tugas ini, sebuah tim Niju Shotai yang terdiri dari Shikamaru Nara dan Asuma Sarutobi menemukan Hidan dan Kakuzu. Meskipun mereka dengan cepat dapat memberikan ledakan fatal kepada Hidan, ini menjadi tampak bahwa Hidan tak dapat dibunuh oleh cara-cara biasa, karena kemampuannya membuatnya menunjukkan sebuah ritual yang memulihkan luka pada dirinya sendiri dan orang yang ia "kutuk". Hidan meraih keberhasilan dalam melukai Asuma dengan serangan melalui jantung, meskipun upaya Shikamaru untuk menghindari ini. Saat bala bantuan datang, kedua anggota Akatsuki tersebut melarikan diri, dan para anggota Niju Shotai pulang untuk mengubur Asuma.
37 Shikamaru's Battle
Shikamaru no tatakai!! (シカマルの戦い!!)
4 April 2007[27]
ISBN 978-4-08-874338-7
3 Februari 2009[28]
ISBN 978-1-4215-2173-2
  1. "The Heartbreaking Notice...!!" (悲しき報せ...!! "Kanashiki shirase...!!"?)
  2. "Cell Number 10 Sets Out...!!" (第十班が行く...!! "Daijippan ga iku...!!"?)
  3. "Shikamaru's Battle!!" (シカマルの戦い!! "Shikamaru no tatakai!!"?)
  4. "Affinities...!!" (相性...!! "Aishō...!!"?)
  5. "The Black Metamorphoses...!!" (黒き変貌...!! "Kuroki henbō...!!"?)
  6. "The Fearsome Secret!!" (恐るべき秘密!! "Osorubeki himitsu!!"?)
  7. "Turnabout Dilemma...!!" (一転、窮地...!! "Itten, kyūchi...!!"?)
  8. "Shikamaru's Genius!!" (シカマルの才!! "Shikamaru no sai!!"?)
  9. "Payback..." (人を呪わば... "Hito o norowaba..."?)
  10. "The New Jutsu...!!" (新術...!! "Shin jutsu....!!"?)
Shikamaru menghimpun sisa-sisa anggota Tim Asuma untuk menemukan Hidan dan mencari guru untuk mereka. Untuk membantu mereka dalam tugas mereka, Kakashi bergabung dengan mereka sebagai pemimpin, meninggalkan Tamato dalam menggantikan tugas untuk melatih Naruto. Saat mereka menemukan kedua anggota Akatsuki tersebut, Shikamaru melingkupi mereka dengan bayangannya sementara Kakashi menyerang dada Kakuzu. Namun, Kakuzu yang memiliki jantung ekstra, bertahan dari serangan tersebut da membebaskan Hidan, membolehkan keduanya bersatu melawan ninja Konoha. Perlu memisahkan keduanya, Shikamaru menangkap Hidan lagi dan membawanya pergi jauh, dimana ia menyamarkan Asuma dengan meledakkan Hidan dan mengubur sisa-sisa tubuhnya di hutan klannya dimana Hidan tak akan pernah ditemukan. Kakashi dan lainnya mengalami waktu yang lebih sulit dengan Kakuzu dan jantung ekstranya sebelum Naruto datang dengan Yamato, Sakura, dan Sai.
38 Practice Makes Perfect
Shugyō no seika...!! (修業の成果...!!)
4 Juni 2007[29]
ISBN 978-4-08-874364-6
3 Maret 2009[30]
ISBN 978-1-4215-2174-9
  1. "The Perilous Bridge" (危ない橋 "Abunai hashi"?)
  2. "Practice Makes Perfect...!!" (修業の成果...!! "Shugyō no seika...!!"?)
  3. "The Black King...!!" (玉...!! "Gyoku...!!"?)
  4. "Merciless..." (非情に... "Hijō ni..."?)
  5. "The Snake..." (蛇と... "Hebi to..."?)
  6. "The Ritual...!!" (儀式...!! "Gishiki...!!"?)
  7. "The Secret of the New Jutsu!!" (新術の秘密!! "Shin jutsu no himitsu!!"?)
  8. "A Detour!!" (寄り道!! "Yorimichi!!"?)
  9. "And One Makes Three!!" (次なる一人!! "Tsugi naru hitori!!"?)
  10. "The Northern Hideout" (北のアジトにて "Kita no ajito nite"?)
Memajukan pelatihannya untuk membentuk serangan berguna, Naruto memakai Rasengan Shuriken untuk menyerang Kakuzu dengan kerusakan masif sebelum Kakashi mendaratkan ledakan kematian. Di tempat lain, memutuskan agar ia memahami apa yang ia dapat dari Orochimaru, Sasuke berupaya untuk membunuh bekas mentornya karena ia berniat untuk menginisiasikan proses pencurian tubuh. Melalui pemakaian Sharingan, Sasuke datang menjalani proses tersebut dan membuat Orochimaru merasukki tubuhnya sendiri. Dapat bertindak atas kekuatannya, Sasuke memutuskan untuk mengakhiri rencananya untuk membunuh Itachi. Pada akhirnya, ia merekrut Suigetsu Hozuki dan Karin dan Jugo untuk membantunya dalam perburuannya.
39 On the Move
Ugokidasumono-tachi (動き出す者たち)
3 Agustus 2007[31]
ISBN 978-4-08-874397-4
3 Maret 2009[32]
ISBN 978-1-4215-2175-6
  1. "News of the Clash...!!" (衝撃の報せ...!! "Shōgeki no shirase"?)
  2. "The Man-to-Man Talk!!" (男との対話!! "Otoko to no taiwa"?)
  3. "His Plan...!!" (目的は...!! "Mokuteki wa...!!"?)
  4. "The Akatsuki Assembles...!!" (“暁”集合...!! "'Akatsuki' shūgō...!!"?)
  5. "On the Move" (動き出す者たち "Ugokidasumono-tachi"?)
  6. "Where to...?!" (どっちへ...!? "Docchi e...!?"?)
  7. "Collision...!!" (衝突...!! "Shōtotsu...!!"?)
  8. "Deidara vs. Sasuke!!" (デイダラVSサスケ!!?)
  9. "Chasing C2!!" (追いつめるC2!! "Oitsumeru C2!!"?)
  10. "Those Eyes...!!" (その眼...!! "Sono me...!!"?)
Dengan Jugo bergabung dengan kelompoknya, Hebi, Sasuke dan para rekannya dan dipecah untuk mencari petunjuk-petunjuk tentang keberadaan Itachi. Saat kabar kekalahan Orochimaru oleh Sasuke mencapai Konoha, Naruto menganggap bahwa ini akan menjadi kesempatan bagus untuk memulangkan Sasuke lagi. Menyadari bahwa Sasuke menghadap Itachi, Naruto bersama dengan Sakura, Sai, Kakashi, Yamato, dan para anggota Tim 8 mencari kakak beradik Uchiha. Akatsuki juga mengetahui kekalahan Orochimaru, dan memajukan Deidara dan anggota setim barunya Tobi untuk bekerjasama dengan Sasuke. Keduanya kemudian menemukan Sasuke, dan Deidara menemuinya dalam pertempuran, meskipun kemampuan Sasuke kemudian dapat melebihi pertandingan untuk bom-bom Deidara.
40 The Ultimate Art
Kyūkyoku geijutsu!! (究極芸術!!)
2 November 2007[33]
ISBN 978-4-08-874432-2
3 Maret 2009[34]
ISBN 978-1-4215-2841-0
  1. "The C4 Karura" (C4カルラ "C4 Karura"?)
  2. "Achilles' Heel...!!" (弱点...!! "Jakuten...!!"?)
  3. "The Ultimate Art!!" (究極芸術!! "Kyūkyoku geijutsu!!"?)
  4. "Sasuke's Death...!!" (サスケの死...!! "Sasuke no shi...!!"?)
  5. "The Target...!!" (狙いは...!! "Nerai wa...!!"?)
  6. "Pursue Itachi!" (イタチを追え "Itachi o oe"?)
  7. "Brothers" (兄弟 "Kyōdai"?)
  8. "Itachi and Sasuke" (イタチとサスケ "Itachi to Sasuke"?)
  9. "Intel" (情報収集 "Jōhōshūshū"?)
  10. "Regarding Pain" (ペインについて "Pein ni tsuite"?)
Sasuke selamat dari serangan-serangan terkuat Deidara, memaksa anggota Akatsuki untuk membuat dirinya sendiri menjadi pengebom bunuh diri untuk mengeluarkan lawannya. Namun, Sasuke melarikan diri dari ledakan tersebut dengan mengeluarkan jurus ular Manda, meskipun memaksa para anggota Hebi lainnya bergabung kembali. Saat keadaan berbalik, mereka menuju ke liang Akatsuki terdekat dimana Sasuke dapat bertemu dengan Itachi. Saat Sasuke menunjukkan peningkatan kemampuannya, Itachi memutuskan agar ia menemuinya di sebuah tempat Uchiha untuk pertarungan terakhir mereka. Sementara itu, Deidara selamat dari ledakan dan mengklaim dirinya sendiri menjadi pemimpin sebenarnya dari Akatsuki sesambil menyebut dirinya sendiri Madara Uchiha, Tobi mendorong pemimpin utama Akatsuki, Pain, untuk menangkap Naruto. Namun, sebelum Pain dapat menyelesaikan misi ini, Jiraiya menginfiltrasi Amegakure, dan Pain terpaksa berhadapan dengannya sebelum ia dapat mendatangi Naruto.
41 Jiraiya's Decision
Jiraiya no sentaku!! (自来也の選択!!)
4 Februari 2008[35]
ISBN 978-4-08-874472-8
3 Maret 2009[36]
ISBN 978-1-4215-2842-7
  1. "Unease" (胸騒ぎ "Munasawagi"?)
  2. "Old Acquaintances!!" (旧知...!! "Kyūchi...!!"?)
  3. "The Weeping Land!!" (泣いている国!! "Naiteiru kuni!!"?)
  4. "Back in the Day...!!" (師弟時代...!! "Shitei jidai...!!"?)
  5. "Advancement!!" (神への成長!! "Kami e no seichō!!"?)
  6. "Two Great Sages...!!" (二大仙人...!! "Ni Daisennin...!!"?)
  7. "Child of Prophecy!!" (予言の子!! "Yogen no ko!!"?)
  8. "Honored Sage Mode!!" (仙人モード!! "Sennin mōdo!!"?)
  9. "One to One...!!" (一対一...!! "Ittai'ichi!!"?)
  10. "Jiraiya's Decision!!" (自来也の選択!! "Jiraiya no sentaku!!"?)
Setelah mengumpulkan beberapa intelijensi pada Pain, Jiraiya pergi untuk bertarung dengannya. Namun, sebelum ia dapat melakukannya, ia ditemukan oleh mitra Pain, Konan, mantan muridnya. Pada pertarungan singkat, Jiraiya mulai menduga bahwa Pain juga adalah bekas muridnya, Nagato, sebuah keyakinan yang dikonfirmasikan atas kedatangan pemimpin Akatsuki tersebut. Konan mundur saat Pain bertarung dengan Jiraiya, dan keduanya saling berbalas ledakan dengan jurus-jurus mereka. Saat katak-katak Jiraiya mulai dimunculkan, Pain memunculkan dua Pain tambahan untuk bertarung dengannya. Meskipun tak dapat membalikkan keadaan dan kalah jumlah, Jiraiya dapat menghabisi tiga tubuh tersebut. Meyakini memenangkan pertarungan tersebut, Jiraiya melanjutkan perjalanannya, hanya luka berat oleh kemunculan tiga Pain lainnya selain tiga yang ia bunuh.
42 The Secret of the Mangekyo
Mangekyō no himitsu...!! (万華鏡の秘密...!!)
2 Mei 2008[37]
ISBN 978-4-08-874512-1
7 April 2009[38]
ISBN 978-1-4215-2843-4
  1. "Faces...!!" (その面影...!! "Sono omokage...!!"?)
  2. "True Identities...!!" (その正体...!! "Sono shōtai...!!"?)
  3. "The True Choice!!" (本当の選択!! "Hontō no sentaku!!"?)
  4. "The Final Chapter, and...!!" (最終章、そして...!! "Saishūshō, soshite...!!"?)
  5. "Two Paths..." (二つの道... "Futatsu no michi..."?)
  6. "The Secret of the Mangekyo...!!" (万華鏡の秘密...!! "Mangekyō no himitsu...!!"?)
  7. "New Light...!!" (新たな光...!! "Aratana hikari...!!"?)
  8. "Reality...!!" (現実...!! "Genjitsu...!!"?)
  9. "Variance of Strength...!!" (力の差...!! "Chikara no sa...!!"?)
  10. "Sasuke's Flow!!" (サスケの流れ! "Sasuke no nagare!"?)
Meskipun dapat menangkap salah satu dari enam tubuh Pain, Jiraiya tak dapat mengalahkan lima lainnya. Mengetahui ini akan menjadi satu-satunya kesempatan untuk mempelajari kebenaran di balik Pain, ia mengirim tubuh yang ditangkap kepada Tsunade dan bergi untuk menyelidiki rahasia pemimpin Akatsuki tersebut. Jiraiya berhasil dan mengirim temuannya ke Naruto dan warga Konoha. Di tempat lain, Sasuke bertemu Itachi, meninggalkan Hebi dibalik kesepakatan dengan mitranya, Kisame. Saat Naruto dan rombongannya berada di dekat lokasi mereka, Tobi maju untuk menghadapi mereka sehingga dua kakak beradik tersebut dapat bertarung tanpa diganggu. Pertarungan antara Sasuke dan Itachi terjadi, dan Sasuke dapat memakai tahun-tahun pelatihannya untuk menekan Itachi ke batas-batasnya.
43 The Man with the Truth
Shinjitsu o shiru mono (真実を知る者)
4 Agustus 2008[39]
ISBN 978-4-08-874552-7
7 April 2009[40]
ISBN 978-1-4215-2929-5
  1. "The Final Jutsu...!!" (最後の術...!! "Saigo no jutsu...!!"?)
  2. "Thunderclap...!!" (雷鳴と共に...!! "Raimei to tomo ni...!!"?)
  3. "Susano'o...!!" (須佐能乎...!! "Susano'o...!!"?)
  4. "My Eyes...!!" (オレの眼...!! "Ore no me...!!"?)
  5. "Sasuke's Victory" (サスケの勝利 "Sasuke no shōri"?)
  6. "The Mystery of Tobi" (トビの謎 "Tobi no nazo"?)
  7. "Self-Intro" (自己紹介 "Jikoshōkai"?)
  8. "The Man with the Truth" (真実を知る者 "Shinjitsu o shiru mono"?)
  9. "The Origin of Konoha" (木ノ葉のはじまり "Konoha no hajimari"?)
  10. "How It All Begins!!" (すべての始まり!! "Subete no hajimari!!"?)
  11. "Living a Nightmare" (地獄の中で "Jigoku no naka de"?)
  12. "Illusions" (幻術 "Maboroshi"?)
  13. "Final Words" (最後の言葉 "Saigo no kotoba"?)
Untuk membuat pertempuran tersebut berakhir, Sasuke mengeluarkan petir untuk menyerang Itachi. Itachi selamat dari serangan tersebut, namun setelah melepaskan Orochimaru dari tubuh Sasuke dan berkata selamat tinggal kepada adiknya, ia tewas. Tobi menemui Sasuke untuk memulihkan luka-lukanya, dan Naruto, yang kehilangan jejak Sasuke, terpaksa pulang. Saat Sasuke meraih kembali hati nurani, Tobi mengisahkannya sejarah Uchiha: bahwa setelah ia, Madara Uchiha, membantu mendirikan Konoha bersama dengan kelak Hokage pertama Hashirama Senju, sebuah ketidakpercayaan antara pemimpin Konoha dan Uchiha tercipta sepanjang generasi ke generasi dengan Ekor Sembilan yang memperburuknya. Bertahun-tahun kemudian, Uchiha mulai berencana melengserkan kepemimpinan tersebut, Itachi diperintah oleh Konoha untuk memusnahkan klannya sendiri untuk menghindari pemberontakan klan Uchiha. Saat Itachi melaksanakan perintah tersebut, ia memilih untuk membiarkan Sasuke dan hidup sebagai penjahat sesambil membuat Sasuke agar ia suatu hari dapat membunuhnya untuk pembalasan keluarga mereka. Di beberapa titik, Itachi membuat dirinya sakit agar ia memperpendek umurnya sebisa mungkin, sehingga ia memaksa dirinya sendiri untuk tetap hidup saat ia mati di tangan Sasuke. Menyadari bahwa Itachi adalah korban, Sasuke berniat untuk menghancurkan Konoha.
44 Senjutsu Heir
Senjutsu Denshō...!! (仙術伝承...!!)
4 November 2008[41]
ISBN 978-4-08-874589-3
7 April 2009[42]
ISBN 978-1-4215-3134-2
  1. "Tears" ( "Namida"?)
  2. "Taka & Akatsuki" (“鷹”と“暁” "'Taka' to 'Akatsuki'"?)
  3. "Inheritance" (遺されたもの "Nokosaretamono"?)
  4. "The Key to the Future" (未来への鍵 "Mirai e no kagi"?)
  5. "Addressee: Naruto" (ナルトに宛てて "Naruto ni atete"?)
  6. "Fukasaku's Proposition" (フカサクの提案 "Fukasaku no teian"?)
  7. "Senjutsu Heir...!!" (仙術伝承! "Senjutsu Denshō!"?)
  8. "The Battle at Storm Cloud Ravine!!" (雲雷峡の闘い!! "Unraikyō no tatakai!!"?)
  9. "Eight Tails vs. Sasuke!!" (八尾VSサスケ!! "Hachibi VS Sasuke!!"?)
  10. "Quivers of Anticipation" (かつてない戦慄 "Katsutenai senritsu"?)
Setelah pulang ke Konoha, Naruto mengetahui kematian Jiraiya. Mengetahui bahwa Akatsuki akan mendatanginya dan ingin mengambil masternya, Naruto memutuskan untuk mempelajari cara memakai senjutsu untuk menyiapkan dirinya sendiri untuk melawan Pain. Ia pergi ke rumah katak-katak untuk berlatih, seperti yang Jiraiya lakukan beberapa tahun sebelumnya, dan memberitahukan identitas Pain kepada para temannya di Konoha. Di tempat lain, Sasuke bersepakat dengan Hebi, yang sekarang berganti nama menjadi "Taka", untuk bekerjasama dengan Akatsuki sebagai balasan atas bantuan mereka dalam menghancurkan Konoha. Taka dikirim untuk menangkap monster ekor delapan dan setelah menemukan pemiliknya, Killer Bee, mereka bertarung. Meskipun Killer Bee mengeluarkan lebih dari empat jurus dalam pertarungan tersebut, ia memutuskan untuk tak mengeluarkan monster yang ada di dalamnya.
45 Battlefield, Konaha
Senjō, Konoha!! (戦場、木ノ葉!!)
4 Februari 2009[43]
ISBN 978-4-08-874627-2
7 Juli 2009[44]
ISBN 978-1-4215-3135-9
  1. "Crumbling" (崩落 "Hōraku"?)
  2. "Raging Bull" (暴れ牛 "Abare ushi"?)
  3. "New Powers!!" (新しき力!! "Atarashiki chikara!!"?)
  4. "Tales of a Gutsy Shinobi" (ド根性忍伝 "Dokonjō ninden"?)
  5. "Raikage on the Move!!" (雷影、動く!! "Raikage, ugoku!!"?)
  6. "Sage Naruto!!" (仙人ナルト!! "Sennin Naruto!!"?)
  7. "Raid!!" (襲来!! "Shūrai!!"?)
  8. "Battlefield, Konoha!!" (戦場、木ノ葉!! "Senjō, Konoha!!"?)
  9. "Recall Naruto!!" (ナルトを呼び戻せ!! "Naruto o yobimodose!!"?)
  10. "Kakashi vs. Pain!!" (カカシVSペイン!! "Kakashi VS Pein!!"?)
Dengan kekuatan penuh monster ekor delapan, Killer Bee dapat menyudutkan Taka. Khawatir akan kematian para teman setimnya, Sasuke mengeluarkan Mangekyo Sharingan barunya untuk mengejutkan pengaruh makhluk tersebut dan menangkap Killer Bee. Saat Raikage, pemimpin Kumogakure dan saudara Killer Bee, mengetahui hal ini, ia memutuskan untuk mendatangani lima Kage untuk membahas cara menghadapi pertumbuhan ancaman yang merupakan Akatsuki. Saat perkataan dari pertemuan tersebut bocor, Akatsuki berupaya untuk menyarikan monster ekor delapan dari jasad Killer Bee, hanya untuk menemukan bahwa jasad tersebut palsu dan bahwa Killer Bee masih berkeliaran. Di tempat lain, Naruto menguasai senjutsu dan mulai mempelajari pengajarannyakepada beberapa teknik lamanya. Saat ia melakukannya, enam tubuh Pain datang ke Konoha dan menyerang desa tersebut untuk mencarinya. Terkejut, Konoha memajukan pasukannya, Kakashi bahkan sempat berhadapan dengan dua tubuh Pain.
46 Naruto Returns
Naruto kikan!! (ナルト帰還!!)
1 Mei 2009[45]
ISBN 978-4-08-874663-0
6 Oktober 2009[46]
ISBN 978-1-4215-3304-9
  1. "Tendo's Ability!!" (天道の能力!! "Tendō no nōryoku!!"?)
  2. "Determination!!" (決断!! "Ketsudan!!"?)
  3. "Hatake Kakashi" (はたけカカシ?)
  4. "Naruto & Konoha!!" (ナルトと木ノ葉!! "Naruto to Konoha!!"?)
  5. "Reunion" (再会 "Saikai"?)
  6. "Discourse" (対談!! "Taidan!!"?)
  7. "Know Pain" (傷みを "Itami o"?)
  8. "Naruto Returns!!" (ナルト帰還!! "Naruto kikan!!"?)
  9. "Naruto's Magnificent Explosion!!" (ナルト大噴火!! "Naruto daifunka!!"?)
  10. "Return of the Rasen-Shuriken!!" (螺旋手裏剣再び!! "Rasenshuriken futatabi!!"?)
Meskipun ia dapat mengalahkan salah satu tubuh Pain, Kakashi tak dapat mendaratkan sebuah ledakan ke yang lainnya dan meninggalkan jurang kematian. Setelah satu upaya valian terakhir untuk mewujudkan agar intel yang mengumpulkan Pain tidak terbuang, ia mati dan bersatu kembali dengan ayahnya di kehidupan setelah kematian. Di sepanjang desa, ninja Konoha lainnya memiliki kesulitan serupa dengan sisa-sisa tubuhnya, semuanya berjuang untuk melakukan yang mereka bisa terhadap Pain dan melindungi lokasi Naruto. Pain kemudian menemukan keberadaan Naruto dan menghancurkan Konoha untuk mengajari para warga desa soal luka pertarungan. Naruto kembali dari pelatihannya tak lama setelah serangan Pain, dan menyadari bahwa desa dan para penduduknya telah dirusak. Memakai kemampuan senjutsu barunya, Naruto mengurangi jumlah tubuh Pain menjadi dua.
47 The Seal Destroyed
Fūin hakai!! (封印破壊!!)
4 Agustus 2009[47]
ISBN 978-4-08-874711-8
2 Februari 2010[48]
ISBN 978-1-4215-3305-6
  1. "Sage Jutsu, a Mistake...?!" (仙術失敗...!? "Senjutsu shippai...!?"?)
  2. "Naruto vs. Tendo!!" (ナルトVS天道!! "Naruto VS Tendō!!"?)
  3. "Banshoten'in! Universal Pull!!" (万象天引 "Banshō Ten'in"?)
  4. "Peace" (平和 "Heiwa"?)
  5. "Confessions" (告白 "Kokuhaku"?)
  6. "The Seal Destroyed!!" (封印破壊!! "Fūin hakai!!"?)
  7. "Catastrophic Planetary Construction" (地爆天星 "Chibaku Tensei"?)
  8. "The Conversation with Lord Fourth!!" (四代目との会話!! "Yondaime to no kaiwa!!"?)
  9. "Rasen-Shuriken vs. Almighty Push!!" (螺旋手裏剣VS神羅天征!! "Rasenshuriken VS Shinra Tensei!!"?)
  10. "The Final Gamble!!" (最後の賭け!! "Saigo no kake!!"?)
Naruto dapat menyelesaikan salah satu dari dua tubuh yang tersisa dari Pain, namun dikalahkan dan diredam oleh satu tubuh yang terakhir. Pain menjelaskan niatnya dan membujuk agar Naruto berdamai, namun Naruto tak menjawab. Hinata ikut campur untuk mati mempertahankan Naruto, menyatakan cinta kepadanya, dan hampir terbunuh. Dalam kemurkaannya atas semua yang telah terjadi, Naruto hampir mengeluarkan rubah iblis dari tubuhnya, namun dihentikan oleh jiwa Hokage Keempat Minato Namikaze, yang mengaku bahwa ia adalah ayah Naruto. Minato mengirim Naruto kembali ke esensinya dan, pada pertemuan singkat, menyatakan bahwa Pain dan Akatsuki hanya dimanipulasi oleh Tobi. Sebelum lenyap, ia terkejut akan pengaruh rubah tersebut dan mempercayakan Naruto untuk menemukan sebuah cara untuk mengirim perdamaian. Direvaitalisasi, Naruto menghadapi tubuh terakhir Pain, yang kemudian terkalahkan.
48 The Cheering Village
Kanko no sato!! (歓呼の里!!)
4 November 2009[4]
ISBN 978-4-08-874748-4
1 Juni 2010[9]
ISBN 978-1-4215-3474-9
  1. "The Interview!!" (対面!! "Taimen!!"?)
  2. "The Response" ( "Kotae"?)
  3. "Top of the World" (世界の天辺 "Sekai no teppen"?)
  4. "I Just Want to Protect Them" (ただ二人を守もりたい "Tada futari o mamoritai"?)
  5. "I Believe" (信じる "Shinjiru"?)
  6. "Heirloom...!!" (形見...!! "Katami...!!"?)
  7. "The Blossom of Hope" (希望の花 "Kibō no hana"?)
  8. "The Cheering Village!!" (歓呼の里!! "Kanko no sato!!"?)
  9. "Sasuke's Disposal!!" (サスケの処分!! "Sasuke no shobun!!"?)
  10. "Pressured by Danzo!!" (ダンゾウに迫る!! "Danzō ni semaru!!"?)
  11. "Gokage Summit's Eve" (五影会談前夜...!! "Gokage kaidan zen'ya...!!"?)
Memakai pengetahuan yang dikumpulkan dari Jiraiya dan ninja Konoha lainnya, Naruto memergoki Nagato, seorang pria yang mengkontrol seluruh tubuh Pain. Sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu terhadapnya, Naruto menanyai Nagato, seorang murid sejawat dari Jiraiya, soal cara melakukannya. Nagato menjelaskan bagaimana berbagai yang ia alami dalam hidupnya membuatnya memutuskan berdamai melalui perang. Naruto menolak pengakuannya karena berbeda dari gagasan-gagasan Jiraiya dan memutuskan untuk mencari perdamaian dengan beberapa cara lainnya, sebuah mimpi Nagato dan Jiraiya terjadi. Pada akhirnya, ia membebaskan Nagato, karena kematiannya hanya akan menghasilkan perang lainnya. Terkejut, Nafato memutuskan untuk meyakini metode Naruto dan mencurahkan hidupnya untuk membangkitkan setiap orang yang meninggal dalam mempertahankan Konoha. Setelah itu, Naruto akhirnya dihormati sebagai pahlawan, desa mulai dibangun kembali, dan Tsunade, yang menghabiskan seluruh kekuatannya untuk melindungi para warga desa dari Pain, jatuh koma. Danzo Shimura, petinggi Sai, menggantikannya sebagai Hokage dan perintah pertamanya memerintahkan agar Sasuke dieksekusi karena menjadi pengkhianat dari desa tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kishimoto, Masashi (2009). NARUTO-ナルト-[秘伝・皆の書]オフィシャルプレミアムファンBOOK. Shueisha. hlmn. 8–9. ISBN 978-4-08-874834-4. 
  2. ^ a b Alverson, Brigid (May 1, 2007). "Viz Speeds Up Naruto Releases - 5/1/2007 - Publishers Weekly". Publishers Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2008. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  3. ^ a b "Naruto 28" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  4. ^ a b "Naruto 48" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 28, 2009. 
  5. ^ "Naruto Filler to End". Anime News Network. December 4, 2006. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  6. ^ "All New SHONEN JUMP ALPHA Coming Soon!". VIZ Media. November 26, 2012. Diakses tanggal November 26, 2012. 
  7. ^ "A new generation, a new destiny". Viz Media. November 17, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2009. Diakses tanggal November 17, 2008. 
  8. ^ a b "Naruto, Vol. 28". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  9. ^ a b "Naruto, Vol. 48". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  10. ^ "Naruto Box Set 2: Volumes 28-48 with Premium". Amazon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-08. Diakses tanggal April 18, 2017. 
  11. ^ "Naruto 29" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  12. ^ "Naruto, Vol. 29". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  13. ^ "Naruto 30" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  14. ^ "Naruto, Vol. 30". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  15. ^ "Naruto 31" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  16. ^ "Naruto, Vol. 31". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  17. ^ "Naruto 32" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  18. ^ "Naruto, Vol. 32". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  19. ^ "Naruto 33" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  20. ^ "Naruto, Vol. 33". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  21. ^ "Naruto 34" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  22. ^ "Naruto, Vol. 34". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  23. ^ "Naruto 35" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  24. ^ "Naruto, Vol. 35". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  25. ^ "Naruto 36" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  26. ^ "Naruto, Vol. 36". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  27. ^ "Naruto 37" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  28. ^ "Naruto, Vol. 37". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  29. ^ "Naruto 38" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  30. ^ "Naruto, Vol. 38". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  31. ^ "Naruto 39" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  32. ^ "Naruto, Vol. 39". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  33. ^ "Naruto 40" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 31, 2007. 
  34. ^ "Naruto, Vol. 40". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  35. ^ "Naruto 41" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal January 30, 2008. 
  36. ^ "Naruto, Vol. 41". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  37. ^ "Naruto 42" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal April 28, 2008. 
  38. ^ "Naruto, Vol. 42". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  39. ^ "Naruto 43" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal July 30, 2008. 
  40. ^ "Naruto, Vol. 43". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  41. ^ "Naruto 44" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal October 31, 2008. 
  42. ^ "Naruto, Vol. 44". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  43. ^ "Naruto 45" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal January 2009.  Check date values in: |access-date= (help)
  44. ^ "Naruto, Vol. 45". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  45. ^ "Naruto 46" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal April 29, 2009. 
  46. ^ "Naruto, Vol. 46". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 
  47. ^ "Naruto 47" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal July 29, 2009. 
  48. ^ "Naruto, Vol. 47". Viz Media. Diakses tanggal January 8, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]