We Never Learn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
We Never Learn
We never learn (manga).jpg
Gambar sampul manga volume pertama
ぼくたちは勉強ができない
(Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai)
GenreHarem,[1] Komedi romantis[2]
Manga
PengarangTaishi Tsutsui
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaM&C!
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
Majalah bahasa Inggris
DemografiShōnen
Terbit6 Februari 201721 Desember 2020
Volume21 (Daftar volume)
Novel ringan
Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai hi Nichijō no Reidai-shū
PengarangHamu Bane
IlustratorTaishi Tsutsui
PenerbitShueisha
ImprintJUMP j-Books
DemografiMale
Terbit4 April 2019
Seri anime
SutradaraYoshiaki Iwasaki
SkenarioGō Zappa
MusikMasato Nakayama
StudioStudio Silver
Arvo Animation
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, GTV, GYT, BS11, AT-X, MBS, TVA
Tayang 7 April 2019 – sekarang
Episode26 + 2 OVA (Daftar episode)
Novel ringan
Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai: Mitaiken no Jikanwari
PengarangHamubane
IlustratorTaishi Tsutsui
PenerbitShueisha
ImprintJUMP J-Books
DemografiMale
Terbit9 Desember 2019
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai (bahasa Jepang: ぼくたちは勉強ができない, terj. har. Kami Tidak [Bisa] Belajar), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul We Never Learn, adalah sebuah seri manga manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Taishi Tsutsui. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak bulan Februari 2017 dan bab-bab tunggalnya telah dibundel dan diterbitkan oleh Shueisha menjadi dua puluh satu volume tankōbon hingga bulan Maret 2021.[3] Ceritanya mengisahkan tentang Nariyuki Yuiga, seorang siswa SMA yang diberi tugas untuk menjadi tutor tiga siswi yang kemudian mulai jatuh cinta padanya.

Viz Media telah melisensi manga ini di Amerika Utara dan memuatnya dalam majalah digital mereka, Weekly Shonen Jump.[4] Pada tanggal 30 Maret 2018, Viz Media mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan manga ini dalam bentuk cetak pada tahun yang sama.[5] Shueisha mulai merilis seri ini dalam bahasa Inggris secara serentak dengan perilisannya di Jepang melalui platform Manga Plus pada bulan Januari 2019. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Studio Silver dan Arvo Animation ditayangkan sejak tanggal 7 April hingga 30 Juni 2019. Musim keduanya mulai tayang sejak tanggal 6 Oktober 2019. Seri ini telah dilisensi oleh Aniplex of America.[6] Dua novel ringan dalam bentuk spin-off dirilis pada tahun 2019.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ceritanya mengisahkan tentang Nariyuki Yuiga, ketika dirinya mengajari tiga orang jenius dari berbagai mata pelajaran di sekolahnya demi mendapatkan beasiswa. Fumino Furuhashi adalah seorang yang jenius dalam bidang sastra tetapi payah dalam bidang matematika, Ogata Rizu adalah orang yang jenius dalam bidang matematika dan sains tetapi sastra dan seni adalah mata pelajaran yang mengerikan baginya, serta Uruka Takemoto yang hebat pada bidang atletik tetapi benar-benar buruk pada mata pelajaran yang lain. Bersama-sama, mereka belajar sangat keras dan ingin menjadi yang terbaik pada mata pelajaran terburuk bagi mereka, sementara Fumino dan Ogata ingin kuliah dan bekerja pada bidang tersebut seumur hidup. Di saat mereka bekerja keras bersama dengan Nariyuki demi mencapai tujuan akademik mereka, mereka juga harus menghadapi perasaan mereka yang semakin besar terhadapnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Nariyuki Yuiga (唯我 成幸, Yuiga Nariyuki)
Pengisi suara: Ryōta Ōsaka[7]
Tokoh protagonis pria utama dari seri ini dan seorang siswa kelas tiga. Dalam rangka untuk menerima beasiswa khusus, ia ditugaskan untuk meloloskan 3 siswi jenius ke kampus pilihan mereka.
Fumino Furuhashi (古橋 文乃, Furuhashi Fumino)
Pengisi suara: Haruka Shiraishi[7]
Salah satu tokoh protagonis wanita dan siswi kelas tiga. Orang yang jenius dalam bidang sastra dan seni, namun gampang panik terhadap soal-soal matematika paling sederhana.
Rizu Ogata (緒方 理珠, Ogata Rizu)
Pengisi suara: Miyu Tomita[7]
Salah satu tokoh protagonis wanita dan siswi kelas tiga. Orang yang jenius dalam bidang matematika dan sains, namun kesulitan dalam bidang sastra dan seni.
Uruka Takemoto (武元 うるか, Takemoto Uruka)
Pengisi suara: Sayumi Suzushiro[7]
Salah satu tokoh protagonis wanita dan siswi kelas tiga. Orang yang jenius dalam bidang atletik, khususnya renang, namun payah dalam semua mata pelajaran yang lain.
Mafuyu Kirisu (桐須 真冬, Kirisu Mafuyu)
Pengisi suara: Lynn[8]
Seorang guru di Akademi Ichinose, serta tutor pertama dari Rizu dan Fumino.
Asumi Kominami (小美浪 あすみ, Kominami Asumi)
Pengisi suara: Madoka Asahina[8]
Seorang alumni dari Akademi Ichinose. Ia mencoba masuk ke dalam program sekolah kedokteran nasional meskipun memiliki nilai sains yang kurang.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Sawako Sekijou (関城佐和子, Sekijou Sawako)
Pengisi suara: Saori Ōnishi
Seorang siswi kelas tiga di Akademi Ichinose sekaligus ketua klub kimia. Dia mengagumi Rizu Ogata.
Miharu Kirisu (桐須美春, Kirisu Miharu)
Adik perempuan Mafuyu Kirisu. Dia adalah seorang pemain skate amatir yang perfeksionis.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ditulis dan diilustrasikan oleh Taishi Tsutsui, Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai diluncurkan pada edisi ke-10 dari majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha pada tanggal 6 Februari 2017.[9] Viz Media mengumumkan bahwa mereka telah melisensi manga ini untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara pada bulan April 2017, dan memuatnya secara digital dalam majalah Weekly Shonen Jump milik mereka.[4] Shueisha mulai merilis seri ini dalam bahasa Inggris secara serentak dengan perilisannya di Jepang melalui platform Manga Plus pada bulan Januari 2019.

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi novel ringan berjudul Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai hi Nichijō no Reidai-shū (ぼくたちは勉強ができない 非日常の例題集), yang ditulis oleh Hamubane da diilustrasikan oleh Taishi Tsutsui, diterbitkan pada tanggal 4 April 2019 oleh Shueisha di bawah imprint JUMP j-BOOKS milik mereka.[10] Novel ringan kedua berjudul Bokutachi wa Benkyō ga Dekinai: Mitaiken no Jikanwari dengan penulis dan ilustrator yang sama diterbitkan pada tanggal 4 Desember 2019 oleh Shueisha melalui imprint JUMP J-BOOKS mereka.[11]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime untuk seri ini diumumkan dalam edisi ke-39 dari majalah Weekly Shōnen Jump pada tanggal 27 Agustus 2018. Seri ini disutradarai oleh Yoshiaki Iwasaki dan skenarionya ditulis oleh Gō Zappa, menampilkan animasi hasil kerja sama Studio Silver dan Arvo Animation, serta desain karakter karya Masakatsu Sasaki.[12] Masato Nakayama bertugas sebagai penggubah musiknya.[7] Seri ini ditayangkan sejak tanggal 6 April hingga 30 Juni 2019 pada saluran Tokyo MX, Gunma TV, Tochigi TV, BS11, AT-X, MBS, dan TV Aichi.[8][13][a] Lagu tema pembukanya adalah "Seishun Seminar" (セイシュンゼミナール) dan lagu tema penutupnya adalah "Never Give It Up!!"; yang sama-sama dibawakan oleh Haruka Shiraishi, Miyu Tomita, dan Sayumi Suzushiro di bawah nama Study.[14] Aniplex of America melisensi seri ini untuk didistribusikan dengan nama We Never Learn: BOKUBEN, dan menayangkan seri ini secara streaming di Crunchyroll, Hulu, dan FunimationNow.[15] Di wilayah Australia dan Selandia Baru, AnimeLab menayangkan seri ini secara streaming.[16]

Setelah episode terakhir disiarkan, musim keduanya diumumkan dan direncanakan untuk tayang pada bulan Oktober 2019.[17][18][b] Lagu tema pembuka kedua berjudul "Can now, Can now", yang dibawakan oleh Study, sementara lagu tema penutupnya adalah "Hōkago no Liberty" (放課後のリバティ), yang dinyanyikan oleh Halca.[19] Musim kedua ditayangkan sebanyak 13 episode.[20] Sebuah episode OVA ikut dibundel bersama dengan volume ke-14 yang dirilis pada tanggal 1 November 2019.[21] Episode OVA lainnya dibundel bersama dengan volume ke-16 yang dirilis pada tanggal 3 April 2020.[22]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2018, manga ini telah terjual sebanyak 1 juta kopi. Pada bulan Februari 2019, manga ini terjual sebanyak 2 juta kopi, termasuk penjualan digital.[23][24]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seri ini tayang perdana pada tanggal 6 April 2019 pada pukul 24.30, dengan demikian tanggal yang tepat adalah 7 April 2019.
  2. ^ Musim kedua ditayangkan sejak tanggal 5 Oktober 2019 pada pukul 24.30, yang lebih tepatnya sudah memasuki tanggal 6 Oktober 2019.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Spring 2019 Anime Preview Guide - We Never Learn: BOKUBEN". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Mei 2019. Diakses tanggal 12 Mei 2019. 
  2. ^ Loveridge, Lynzee (30 Agustus 2018). "Watch We Never Learn's Taishi Tsutsui Celebrate TV Anime Announcement". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Agustus 2018. Diakses tanggal 31 Agustus 2018. 
  3. ^ "Shonen Jump Magazine to Launch 6 New Series By Kuroko's Basketball, Beelzebub, More Authors". Anime News Network. 26 Januari 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Maret 2017. Diakses tanggal 24 Maret 2017. 
  4. ^ a b "Viz's Shonen Jump Adds Robot × Laserbeam, We Never Learn Manga". Anime News Network. 17 April 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2019. Diakses tanggal 9 Desember 2018. 
  5. ^ "Viz Licenses Dragon Ball's Yamcha Spinoff, Ao Haru Ride, Radiant Manga, More". Anime News Network. 30 Maret 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2018. Diakses tanggal 9 Desember 2018. 
  6. ^ Aniplex of America [@aniplexUSA] (2 April 2019). "Adapted from the hit romantic comedy serialized in Weekly Shonen Jump, We Never Learn: BOKUBEN begins streaming April 6, 2019 on Hulu, Crunchyroll, and FunimationNow! For more information, visit bokuben-anime.com !" (Tweet) – via Twitter. 
  7. ^ a b c d e "We Never Learn Anime Reveals Main Cast". Anime News Network. 24 November 2018. Diakses tanggal 24 November 2018. 
  8. ^ a b c "'We Never Learn' TV Anime Reveals New Promo Video, More Cast, April Premiere". Anime News Network. 22 Desember 2018. Diakses tanggal 22 Desember 2018. 
  9. ^ "Shonen Jump Magazine to Launch 6 New Series By Kuroko's Basketball, Beelzebub, More Authors". Anime News Network. 26 Januari 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Juni 2018. Diakses tanggal 11 Juli 2018. 
  10. ^ "ぼくたちは勉強ができない 非日常の例題集". Shueisha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 April 2019. Diakses tanggal 4 April 2019. 
  11. ^ Pineda, Rafael Antonio (6 November 2019). "We Never Learn Manga Gets 2nd Novel on December 4". Anime News Network. Diakses tanggal 10 November 2019. 
  12. ^ Pineda, Rafael Antonio (26 Agustus 2018). "Taishi Tsutsui's 'We Never Learn' Manga Gets TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Agustus 2018. Diakses tanggal 26 Agustus 2018. 
  13. ^ "'We Never Learn' Anime Premieres on April 6". Anime News Network. 24 Februari 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Februari 2019. Diakses tanggal 24 Februari 2019. 
  14. ^ "MOVIE | TVアニメ「ぼくたちは勉強ができない」公式サイト". Aniplex (dalam bahasa Jepang). 25 Maret 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Maret 2019. Diakses tanggal 2 April 2019. 
  15. ^ Sherman, Jennifer (2 April 2019). "Aniplex of America Licenses We Never Learn: BOKUBEN, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 April 2019. Diakses tanggal 4 April 2019. 
  16. ^ "We Never Learn: BOKUBEN". AnimeLab. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2019. Diakses tanggal 5 April 2019. 
  17. ^ "We Never Learn: BOKUBEN Anime Gets 2nd Season in October". Anime News Network. 29 Juni 2019. Diakses tanggal 29 Juni 2019. 
  18. ^ "We Never Learn: BOKUBEN Anime's 2nd Season's Promo Video Reveals October 5 Premiere". Anime News Network. 21 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Agustus 2019. Diakses tanggal 21 Agustus 2019. 
  19. ^ "Halca Performs Ending Theme for We Never Learn: BOKUBEN Anime's 2nd Season". Anime News Network. 7 September 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 September 2019. Diakses tanggal 7 September 2019. 
  20. ^ "We Never Learn: BOKUBEN 2nd Season Anime to Have 13 Episodes". Anime News Network. 6 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Oktober 2019. Diakses tanggal 6 Oktober 2019. 
  21. ^ "We Never Learn Gets Video Anime Bundled With Manga's 14th Volume". Anime News Network. 12 Mei 2019. Diakses tanggal 12 Mei 2019. 
  22. ^ "We Never Learn: BOKUBEN Gets 2nd Video Anime Bundled With Manga's 16th Volume". Anime News Network. 6 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Oktober 2019. Diakses tanggal 6 Oktober 2019. 
  23. ^ Hodgkins, Crystalyn. "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series (March - May 2018)". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Mei 2018. Diakses tanggal 6 Mei 2019. 
  24. ^ Sherman, Jennifer; Ressler, Karen; Hodgkins, Crystalyn. "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series - February 2019 (Updated)". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Maret 2019. Diakses tanggal 6 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]