Classroom Crisis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Classroom Crisis
Classroom Crisis promotional image.jpg
Gambar promosional
クラスルーム☆クライシス
(Kurasurūmu Kuraishisu)
GenreKomedi romantis, Fiksi ilmiah[1]
Manga
IlustratorMasaharu Takano
PenerbitMedia Factory
DemografiSeinen
MajalahMonthly Comic Alive
Terbit27 June 2015 – sekarang
Seri anime
SutradaraKenji Nagasaki
SkenarioFumiaki Maruto
MusikYūki Hayashi
StudioLay-duce
Lisensor
Aniplex of America
Saluran
asli
TBS, MBS, CBC, BS-TBS
Saluran
bahasa Inggris
Aniplex Channel, Crunchyroll
Tayang 3 Juli 2015 25 September 2015
Episode13
Novel ringan
PengarangHajime Taguchi
IlustratorRin
Lay-duce
DemografiMale
ImprintMF Bunko J
Terbit24 Juli 2015
Novel ringan
PengarangHajime Asano
IlustratorKingin
DemografiMale
ImprintMF Bunko J
Terbit24 Juli 2015
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Classroom Crisis (クラスルーム☆クライシス) adalah sebuah serial anime televisi yang diproduksi oleh Lay-duce dan Aniplex. Serial ini didireksi oleh Kenji Nagasaki dengan desain karakter oleh Hiro Kanzaki. Serial ini tayang perdana pada 3 Juli 2015.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita mengambil latar di masa depan dimana penerbangan antar-planet sudah dimungkinkan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang aeronautika bernama Kirishina Corp. membuka sebuah akademi di Mars, dan sebuah kelas khusus di akademi tersebut, bernama A-TEC (Advanced Technological Development Department, Educational Development Class) yang berisi siswa-siswa berbakat khusus, menghabiskan waktu mereka dengan belajar sekaligus bekerja untuk mengembangkan mesin roket.

Cerita ini mengikuti anggota kelas A-TEC, dan perjalanan mereka dalam mengembangkan mesin baru, yang disebut X-2, di saat yang bersamaan mereka harus berhadapan dengan masalah yang dialami sebagai siswa sekolah dan karyawan perusahaan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Nagisa Kiryuu (霧羽 ナギサ, Kiryū Nagisa)
Pengisi suara: Yūma Uchida
Seorang siswa kelas tiga pindahan dan sekaligus pemimpin baru A-TEC. Ia adalah adik dari Kazuhisa dan Yūji. Setelah mendapatkan kesuksesan dalam berbagai tugas perusahaan di tata surya, perusahaan membawanya kembali ke Mars untuk menangani rencana penutupan divisi A-TEC. Meskipun begitu, A-TEC tetap berjuang untuk menghindari penutupan ini, dan ia mulai terpengaruh dengan perjuangan mereka. Seiring berjalannya waktu, Nagisa perlahan jatuh cinta kepada Mizuki.
Kaito Sera (瀬良 カイト, Sera Kaito)
Pengisi suara: Shōtarō Morikubo
Kaito merupakan insinyur senior muda yang sekaligus wali kelas dari kelas A-TEC. Dia bercita-cita untuk membuat mesin baru bersama murid-muridnya, inspirasinya untuk menjaga A-TEC dan memungkinkan siswa untuk tetap bekerja berasal dari para pendiri perusahaan. Ia memberikan kesan bahwa ia dapat dengan mudah populer dengan murid-muridnya karena jarak usia mereka tidak jauh, namun pada kenyataannya, ia menjadi orang yang menjengkelkan saat sedang berpidato.
Iris Shirasaki (白崎 イリス, Shirasaki Iris)
Pengisi suara: Sora Amamiya
Iris adalah seorang siswi tahun ketiga sekaligus pilot uji coba A-TEC. Dia memiliki kemampuan terbang yang luar biasa, tetapi tidak sadar akan keselamatannya dan dikenal ceroboh dalam mengoperasikan kendaraan apapun. Dia adalah teman Mizuki, dan bergabung A-TEC karena saran Mizuki. Dia memiliki sifat pendiam.
Mizuki Sera (瀬良 ミズキ, Sera Mizuki)
Pengisi suara: Ari Ozawa
Mizuki adalah adik Kaito dan siswa tahun ketiga sekaligus teknisi di A-TEC. Ia merupakan anggota komite kelas. Ia berharap dapat mengikuti jejak orang tuanya menjadi seorang insinyur. Dia ramah dan selalu berpikir positif. Ia mencoba untuk melibatkan Nagisa dalam kegiatan-kegiatan A-TEC. Dengan berjalannya waktu, akhirnya ia jatuh cinta kepada Nagisa.
Angelina (アンジェリーナ, Angerina)
Pengisi suara: Yū Kobayashi
Seorang anggota departemen akuntansi. Dia diperintahkan oleh Nagisa untuk mengelola keuangan A-TEC ketika kelas berada dalam kesulitan keuangan dan memerintahkan kelas untuk pindah kembali ke pabrik lama. Dia juga diperintahkan untuk mengawasi Yuji. Nama sebenarnya adalah Hanako Hattori.

Media[sunting | sunting sumber]

Media cetak[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi mangadari serial ini, diilustrasikan oleh Masaharu Takano, memulai serialisasi di majalah Monthly Comic Alive pada 27 Juni 2015 dengan sebuah prolog.[2]

Sebuah adaptasi novel dari serial ini, ditulis oleh Hajime Taguchi dan dilustrasikan oleh Rin dan Lay-duce, terbit pada 24 Juli 2015. Sebuah novel spin-off, menceritakan seputar kehidupan sehari-sehari anggota A-TEC, juga terbit pada 24 Juli. Novel ini ditulis oleh Hajime Asano dan dilustrasikan oleh Kingin.[2]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial anime televisi ini dianimasikan oleh Lay-duce dan diproduksi oleh Aniplex. Berdasarkan naskah cerita asli oleh Montwo, serial ini didireksi oleh Kenji Nagasaki, dengan musik oleh Yūki Hayashi.[1][2][3][4] Serial ini tayang perdana di jepang pada 3 Juli 2015.[5] Lagu tema pembukanya adalah "Cobalt" (コバルト) oleh TrySail, dan lagu tema penutupnya adalah "Anemone" (アネモネ) oleh ClariS.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Classroom Crisis anime TV ad reveals staff, premise, July premiere". Anime News Network. 26 Maret 2015. Diakses tanggal 11 Juli 2015. 
  2. ^ a b c "Classroom Crisis Anime's Ad Reveals More Cast". Anime News Network. 29 Mei 2015. Diakses tanggal 2 Juni 2015. 
  3. ^ 新アニメーションプロジェクト始動 キャラクター原案 かんざきひろ (dalam bahasa Japanese). Aniplex. 21 Maret 2015. Diakses tanggal 21 Maret 2015. 
  4. ^ "Oreimo's Kanzaki Designs Characters for Classroom Crisis Anime". Anime News Network. 20 Maret 2015. Diakses tanggal 21 Maret 2015. 
  5. ^ "On Air". TVアニメ「Classroom☆Crisis」 (dalam bahasa Japanese). Aniplex. Diakses tanggal 8 Agustus 2015. 
  6. ^ "TrySail, ClariS Perform Classroom Crisis Anime's Themes". Anime News Network. 24 mei 2015. Diakses tanggal 27 Mei 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]