Kōya no Kotobuki Hikōtai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kōya no Kotobuki Hikōtai
Visual utama
荒野のコトブキ飛行隊
(Kōya no Kotobuki Hikōtai)
GenrePerang udara[1]
Seri anime
SutradaraTsutomu Mizushima
Produser
  • Shōhei Itō
  • Kensuke Ōtani
  • Ryōya Arisawa
  • Yasuhiro Ebinuma
SkenarioMichiko Yokote
MusikShirō Hamaguchi
StudioGEMBA (produksi animasi)
Digital Frontier (produksi)
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, TVA, MBS, BS11
Tayang 13 Januari 2019 31 Maret 2019
Episode12
Novel ringan
Kōya no Kotobuki Hikōtai Sen Ichiya
PengarangAndou Keiji
IlustratorTasuku Sugie
PenerbitShueisha
ImprintJump J-Books
DemografiPria
Terbit19 Juni 2019
Manga
PengarangMuneaki Taoka
IlustratorTasuku Sugie
PenerbitShueisha
MajalahShonen Jump+
DemografiShōnen
Terbit24 April 2019 – sekarang
Film anime
The Magnificent Kotobuki Complete Edition
SutradaraTsutomu Mizushima
SkenarioMichiko Yokote
MusikShirō Hamaguchi
StudioGEMBA (produksi animasi)
Digital Frontier (produksi)
Pelisensi
Sentai Filmworks
Tayang11 September 2020
Durasi119 menit
 Portal anime dan manga

Kōya no Kotobuki Hikōtai (Jepang: 荒野のコトブキ飛行隊, terj. Skuadron Kotobuki di Hutan Belantara), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul The Magnificent Kotobuki, adalah seri televisi anime yang diproduksi oleh GEMBA dan ditayangkan mulai tanggal 13 Januari hingga tanggal 31 Maret 2019. Sebuah permainan ponsel cerdas berjudul Kōya no Kotobuki Hikōtai - Ōzora no Take Off Girls! akan dirilis pada bulan Februari 2019.[2] Film kompilasi berjudul The Magnificent Kotobuki Complete Edition tayang perdana pada tanggal 11 September 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di tanah terpencil, orang-orang berdagang barang satu sama lain untuk bertahan hidup. Barang diangkut melalui pesawat zeppelin besar yang menyewa skuadron pilot pesawat tempur untuk pertahanan melawan bajak laut dan membawa pesawat tempur bermesin tunggal mereka ke atas kapal. Salah satunya adalah Skuadron Kotobuki, sebuah tim yang terdiri dari enam wanita muda: Kylie, Emma, Kate, Reona, Zara dan Chika.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Skuadron Kotobuki[sunting | sunting sumber]

Kylie (キリエ, Kirie)
Pengisi suara: Sayumi Suzushiro[3]
Seorang pilot dengan keterampilan yang sangat baik, bakat alami untuk terbang dan menyukai panekuk. Ia pertama kali terbang dengan Ol' Sab (Shioyama) ketika ia masih kecil. Setiap anggota skuadron memiliki lambang pribadi yang dilukis di ekor pesawat mereka dan variasinya di ujung sayap mereka. Lambang pribadinya adalah burung pemangsa dalam warna pribadinya, merah. Pemintal skuadron juga dicat dengan warna pribadi mereka. Ia berambut hitam pendek dan mengenakan mantel merah berkancing.
Emma (エンマ, Enma)
Pengisi suara: Eri Yukimura[3]
Teman masa kecil Kylie sekaligus seorang pilot dengan naluri pertempuran udara yang unggul dan keterampilan pengamatan. Ia memiliki reputasi yang disebut "Emma the Fierce". Lambang pribadinya adalah sabit dan mawar, dengan duri mawar di sepanjang badan pesawat belakang dan ujung sayap. Warna pribadinya adalah biru, meskipun bagian mawarnya berwarna putih. Rambut pirangnya diikat menjadi sanggul, meskipun ia membiarkan poni sebahunya terurai. Ia memakai baju biru.
Kate (ケイト, Keito)
Pengisi suara: Sayaka Nakaya[3]
Seorang pemikir logis dan umumnya lebih memilih untuk tetap diam. Lambang pribadinya adalah panah yang menunjuk ke arah yang berlawanan berwarna ungu. Ia berambut perak panjang diikat ke belakang menjadi dua ekor kuda dan memakai baju putih dengan pita biru di kerahnya.
Reona (レオナ, Reona)
Pengisi suara: Asami Seto[3]
Seorang komandan unit dan pilot yang paling berpengalaman dan bijaksana. Di antara gadis-gadis, ia pernah memiliki reputasi disebut "Reona the Tenacious". Lambang pribadinya adalah bentuk zig-zag di atas tiga garis horizontal dan juga memiliki garis diagonal di bagian dalam sayap, semuanya berwarna hijau. Ia berambut merah pendek diikat dan memakai pakaian putih lengan pendek di bawah atasan hijau.
Zara (ザラ, Zara)
Pengisi suara: Hibiku Yamamura[3]
Seorang pejabat eksekutif unit dan umumnya mengawasi anggota skuadron. Ia adalah anggota pendiri skuadron bersama dengan Reona. Ia memiliki pola cat paling personal yang menampilkan pola pusaran emas di sebagian besar lambang pribadinya. Ia adalah satu-satunya anggota skuadron yang ujung sayapnya tidak dicat. Ia berambut cokelat panjang dan pakaian kuning dan putihnya menunjukkan perutnya.
Chika (チカ, Chika)
Pengisi suara: Miyu Tomita[3]
Seorang anggota termuda skuadron dan cenderung bertindak tanpa berpikir. Meskipun perawakannya kecil, ia bisa mengalahkan pria dua kali ukuran tubuhnya dalam perkelahian. Lambang pribadinya menampilkan pola petir merah muda di bagian belakang badan pesawat dan ujung sayap, serta penggambaran kekanak-kanakan dari beberapa jenis hewan di bagian ekor (yang tidak berwarna merah muda). Ia berambut cokelat pendek yang diikat menjadi dua ekor kuda dan mengenakan mantel merah muda tanpa kancing.

Kru Hagoromo[sunting | sunting sumber]

Madam Loulou (マダム・ルゥルゥ)
Pengisi suara: Akiko Yajima[4]
Presiden Perusahaan Ōni yang terlibat dalam pengangkutan bahan dan barang jadi. Ia memproyeksikan sosok yang percaya diri dan mengesankan.
Saneatsu (サネアツ)
Pengisi suara: Keiji Fujiwara[4]
Komandan yang ragu-ragu dari kapal udara Hagoromo dan diintimidasi oleh Madam Loulou.
Anna (アンナ)
Pengisi suara: Misaki Yoshioka[5]
Seorang anggota senior awak kapal udara Hagoromo. Ia seorang gadis keras kepala dan gigih yang bisa kritis terhadap Saneatsu.
Maria (マリア)
Pengisi suara: Miho Okasaki[5]
Salah satu pilot pesawat Hagoromo dan pendiam daripada Anna. Ia selalu berbicara tentang berbelanja.
Addie (アディ)
Pengisi suara: Miyuri Shimabukuro[5]
Salah satu dari tiga gadis berpenampilan serupa yang menjadi kru di kapal udara Hagoromo. Ia bermata merah dan memakai dasi yang serasi.
Betti (ベティ)
Pengisi suara: Aoi Koga[5]
Salah satu dari tiga gadis berpenampilan serupa yang menjadi kru di kapal udara Hagoromo. Ia bermata kuning dan memakai dasi yang serasi.
Cindi (シンディ)
Pengisi suara: Natsumi Kawaida[5]
Salah satu dari tiga gadis berpenampilan serupa yang menjadi kru di kapal udara Hagoromo. Ia bermata hijau dan memakai dasi yang serasi.
Natsuo (ナツオ)
Pengisi suara: Rumi Ōkubo[6]
Kepala kru pemeliharaan pesawat tempur. Meskipun ia terlihat seperti anak kecil, ia adalah orang dewasa yang berpikir jernih dan tidak takut untuk mengungkapkan pikirannya, tetapi ia juga cenderung menjadi orang yang suka buang air besar.
Johnny (ジョニー)
Pengisi suara: Yōji Ueda[6]
Pemilik dan bartender kedai di atas Hagoromo yang sering dikunjungi para pilot. Ia menyajikan minuman, memasak makanan dan memiliki kepribadian yang tenang dan pendiam. Ia juga seorang penembak jitu yang sangat baik dan mantan tentara bayaran yang berhenti setelah ia bertemu dan jatuh cinta dengan Miki.
Ririko (リリコ)
Pengisi suara: Nao Tōyama[6]
Pelayan di bar Johnny dan bertindak tidak tertarik pada pekerjaannya, tetapi ia sangat cakap dalam krisis.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Penasihat Julia (ジュリア評議員)
Seorang politisi kaya dan anggota dewan di kota Aleshma di Ikesuka. Ia memiliki salah satu hotel mewah kota yang disebut "Ocean Sunfish Hotel". Sama seperti Loulou, ia juga keras kepala dan sangat mengesankan. Namun, mereka berdua saling membenci satu sama lain bahwa mereka tidak melihat mata ke mata.
Isao (イサオ)
Kepala perusahaan View Trading yang kemudian menjadi Walikota Aleshma di Ikesuka. Untuk beberapa alasan Julia tidak mempercayai dan membencinya karena trik sulapnya yang murah. Ia sering ditemani pelayannya dan ia pernah menjadi pilot andalan yang bertarung dalam pertempuran Rinouche delapan tahun yang lalu di mana pada suatu saat ia menyelamatkan nyawa Reona.
Skuadron Nazarin
Adolfo Yamada (アドルフォ山田) dan Fernando Utsumi (フェルナンド内海)
Pengisi suara: Matsumoto Shinobu (Adolfo), Satoru Yamamoto (Fernando)
Skuadron Nazarin awalnya terdiri dari lima pilot: Adolfo, Fernando, Ismael, Miguel dan Rodriguez. Namun setelah pertemuan pertama mereka dengan bajak laut dalam cerita, hanya Adolfo dan Fernando yang tersisa. Di masa lalu, Fernando adalah seorang pendeta.

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri televisi anime ini disutradarai oleh Tsutomu Mizushima dan skenarionya ditulis oleh Michiko Yokote dan mereka berdua sebelumnya pernah bekerja sama untuk seri televisi anime Shirobako, dan menampilkan desain karakter karya Hidari. Seri ini mulai tayang sejak tanggal 13 Januari 2019 di Tokyo MX, TVA, MBS, dan BS11.[3] Animasi seri ini diproduksi oleh GEMBA, sedangkan Digital Frontier menangani produksinya serta Wao World dan Actas menangani animasi 2D. Shirō Hamaguchi bertugas sebagai penyusun musiknya. Lagu tema pembuka seri ini berjudul "Sora no Ne" (ソラノネ) yang dibawakan oleh ZAQ,[7] sedangkan lagu tema penutup seri ini berjudul "Tsubasa o Motsu Mono-tachi" (翼を持つ者たち) yang dibawakan oleh para pengisi suara utama Skuadron Kotobuki.[8] Lisensi seri ini didapatkan oleh Sentai Filmworks.[9]

Sebuah film kompilasi berjudul The Magnificent Kotobuki Complete Edition tayang perdana pada tanggal 11 September 2020.[10] Film ini termasuk rekaman baru yang tidak terlihat dalam seri ini.[11]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"Moonlit Guns For Hire"
Transkripsi: "Tsukiyo no yōjinbō" (月夜の用心棒)
13 Januari 2019 (2019-01-13)
Skuadron Kotobuki dan pejuang Hayabusa mereka disewa oleh komandan pesawat zeppelin untuk melindunginya dari bajak laut, yang membuat cemas Skuadron Nazarin yang semuanya laki-laki, meskipun para wanita muda memiliki 200 bintang yang dikonfirmasi di antara mereka. Ketika zeppelin diserang oleh bajak laut A6M2b Zero, kedua skuadron itu diacak dan Skuadron Kotobuki menunjukkan kemampuan bertarungnya, sedangkan Skuadron Nazarin kehilangan tiga pejuangnya di pesawat Kawanishi N1K1-j Shiden. Selama serangan bajak laut yang menegangkan, Kylie melihat lencana khas pada musuh A6M3 Zero, seekor ular melilit di sekitar jantungnya dan mengejarnya. Namun, pejuang musuh mengecoh Kylie dan ia hanya diselamatkan ketika pejuang musuh kehabisan bahan bakar dan mundur. Zeppelin mencapai tujuannya dengan selamat dan Skuadron Kotobuki pergi.
2"The Wandering Six"
Transkripsi: "Sasurai no Roku-nin" (さすらいの6人)
20 Januari 2019 (2019-01-20)
Setelah kembali ke markas, Reona mencaci maki Kylie karena melanggar formasi, sesuatu yang biasa dilakukan. Sementara itu, Tokiwagi, kapten cabang ketiga Penjaga Rahama berdebat dengan Chika dan mereka terlibat perkelahian yang dimenangkan oleh Skuadron Kotobuki. Madam Loulou menawarkan gaji tambahan kepada skuadron untuk mengambil pekerjaan baru untuk mengawal Anggota Dewan Julia dari Dewan Keamanannya dan zeppelinnya ke Gador. Reona menyebut Julia memiliki banyak musuh karena usulnya untuk mengintegrasikan mantan bajak laut ke dalam masyarakat. Dalam perjalanan mereka, mereka diserang oleh tampaknya lima bajak laut Shirokuma di pesawat tempur berbasis Kapal Induk Tipe 96 mereka. Namun, para perompak terbang dalam formasi yang ketat dan sebenarnya ada empat kali lebih banyak pesawat terbang Hiens yang jauh lebih tangguh. Penyergapan menimbulkan kerusakan besar pada 8 pejuang Keamanan Dewan Shoki yang tiba lebih dulu. Meskipun kalah jumlah, Skuadron Kotobuki yang datang kemudian berhasil mengusir para perompak dan kembali ke zeppelin yang berhasil mengantarkan Penasihat Julia dan kemudian mereka merayakan kemenangan mereka. Sementara itu, sebuah bangunan di kampung halaman mereka, Rahama, dibakar.
3"Rahama's Longest Day"
Transkripsi: "Rahama no nagai hi" (ラハマの長い日)
27 Januari 2019 (2019-01-27)
Skuadron Kotobuki kembali ke Rahama untuk menemukan kota telah diserang oleh sekelompok perompak udara yang menyebut diri mereka "Industri Elit". Torihei, CEO Industri Elit, menawarkan lukisan ukiyo-e reproduksi sebagai imbalan atas pejuang Raiden yang berharga di kota itu, mengancam akan kembali dan menyerang dengan kekuatan jika Raiden tidak diserahkan. Loulou menolak untuk melindungi Rahama tanpa pembayaran, tetapi walikota menolak keras harga dirinya, memicu perdebatan sengit di antara penduduk kota tentang apakah akan melawan atau menyerah pada tuntutan Industri Elit. Loulou setuju menurunkan harganya jika kota berpartisipasi aktif dalam pertahanan dan setelah pidato Emma yang berapi-api, walikota setuju untuk melawan. Ketika Industri Elit kembali, Kotobuki dan Rahama Vigilantes di Nakajima Ki-27 mereka melawan bajak laut Nakajima Ki-43-III Hayabusa dalam pertempuran sengit dan menimbulkan kerugian besar, namun Industri Elit berhasil mencuri Raiden menggunakan D4Y2 Suisei dan melakukan pembajakan di udara, lalu mereka melarikan diri. Masih di bawah kontrak untuk melindungi Raiden, Loulou memerintahkan Skuadron Kotobuki untuk mengejar bajak laut dan memulihkan para pejuang.
4"Elite Stronghold"
Transkripsi: "Erīto toride" (エリート砦)
3 Februari 2019 (2019-02-03)
Skuadron Kotobuki terbang keluar untuk menyerang tempat persembunyian Industri Elit dan memulihkan Raiden. Namun, pangkalan tersebut berada di benteng gunung yang sangat kokoh, sehingga sulit untuk diserang. Skuadron bertemu dengan sekelompok penghibur keliling yang menuju Industri Elit dan Zara bergabung dengan mereka untuk menyusup ke markas mereka. Begitu masuk, Zara berteman dengan seorang gadis muda dan artis berbakat yang dilindungi oleh CEO, Torihei. Sementara itu, Skuadron Kotobuki lainnya melakukan serangan mendadak di pangkalan, menarik pilot Industri Elit, termasuk CEO, Torihei. Namun, di udara, bosnya dikhianati oleh Kepala SDM Hideaki dan Divisi Penjualan, yang berniat untuk mengundurkan diri dan membuat kelompok bajak laut mereka sendiri. Menyadari Torihei dalam bahaya, gadis itu memberi Zara kunci Raiden dengan syarat ia membantu bos itu. Dengan Raiden mengudara, Zara dan Skuadron Kotobuki mampu memaksa Kepala SDM dan anak buahnya untuk melarikan diri. Torihei dan beberapa pilot Industri Elit yang tersisa berterima kasih kepada Skuadron Kotobuki atas bantuan dan janji mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih jujur. Skuadron Kotobuki kemudian terbang dengan Raiden kembali ke Rahama.
5"The Splendid Aleshma"
Transkripsi: "Kareinaru areshima" (華麗なるアレシマ)
10 Februari 2019 (2019-02-10)
Skuadron Kotobuki berada di kota Aleshma di Ikesuka ketika mereka menerima pesan dari Perwira Pertama Saneatsu untuk pergi ke Hotel Ocean Sunfish untuk bertemu Anggota Dewan Julia. Ia melibatkan mereka untuk memberikan dukungan udara untuk konferensi resminya dengan Isao, kepala View Trading yang kemungkinan akan menjadi kepala Ikesuka berikutnya, dan seorang pria yang tidak dipercayai dan tidak suka, terutama untuk trik sulapnya yang murah. Reona menerima pekerjaan yang bertentangan dengan keinginan anggota lain dan mereka berspekulasi bahwa Reona mungkin menyukai Isao. Selama konferensi, Aleshma diserang oleh sejumlah besar perompak udara yang menerbangkan Zero dan Skuadron Kotobuki, dengan dua pilot tersisa dari Skuadron Nazarin di pesawat tempur Shinden mereka, terbang untuk mencegat mereka. Selama pertempuran udara sengit, Kate dipukul karena membela Reona dan ia kembali ke Aleshma. Isao tiba-tiba memutuskan untuk bergabung dalam pertempuran, sedangkan Skuadron Kotobuki fokus menghancurkan dua pengebom Mitsubishi Ki-67 yang mendekat. Saat mereka menembak jatuh satu pengebom, Isao bergabung dalam pertempuran dengan mengemudikan Aichi B7A dan Reona memberitahu rekan-rekan lain bahwa ia adalah mantan pilot jagoan yang menyelamatkannya selama pertempuran udara di Rinouche delapan tahun lalu. Akhirnya, Isao menembak jatuh pengebom yang tersisa yang berhenti di gedung tempat Anggota Dewan Julia menunggu hasil pertempuran.
6"No Place to Return"
Transkripsi: "Kaerazaru mushuku" (帰らざる無宿)
17 Februari 2019 (2019-02-17)
Anggota Dewan Julia mengungkapkan kemarahannya pada reputasi Isao yang meningkat saat ia membayar Kylie secara tunai untuk pembelaan skuadron terhadap Aleshma. Kemudian, saat Kylie keluar terbang sendirian, ia bertemu pejuang musuh dengan lencana ular dan hati yang mengejarnya. Setelah pertarungan udara yang berkepanjangan melalui awan, pesawat lain merusak mesin Kylie, tetapi ia berhasil mendarat di dataran tinggi yang diidentifikasi sebagai Ofukouyama, bekas tempat pelatihan pilot. Kylie mengingat masa mudanya di Shioyama ketika ia bertemu pertapa Ol' Sab, yang telah ditinggalkan oleh Yufang. Yufang membawa Kylie terbang untuk pertama kalinya dengan pesawat tempur lamanya. Namun, setelah kunjungan dari orang asing dari Yufang, Ol' Sab menghancurkan gubuk kecil dan tertinggal di pesawatnya, lalu Kylie tidak pernah melihatnya lagi. Sementara itu, Loulou dan anggota skuadron lainnya bersiap untuk mencari Kylie yang telah hilang selama 44 jam dan masih memiliki uang. Kembali di Ofukouyama, Kylie berhasil memperbaiki dan menghidupkan kembali mesinnya dan terbang kembali ke Aleshma, bertemu Skuadron Kotobuki dalam perjalanan.
7"Blood for a Nazarin Pound"
Transkripsi: "Nasarin no ichi pondo kōka" (ナサリンの1ポンド硬貨)
24 Februari 2019 (2019-02-24)
Tujuh puluh tahun setelah hilangnya Yufang, saudara laki-laki Kate, Allen, sedang mencari bukti, tetapi ia diserang dan pesawatnya ditembak jatuh. Sementara itu, Kylie dan Kate menguji bahan bakar yang lebih murah dari Standon Oil Company untuk Natsuo, tetapi mereka menemukan bahwa bahan bakar itu lebih rendah. Kate meminta hari libur dan mengunjungi Allen yang lumpuh di rumah sakit tempat Kylie dan Chika bertemu dengannya untuk pertama kalinya. Kemudian, Adolfo dan Fernando dari Skuadron Nazarin, mengunjungi sumur minyak kecil dan kilang di Nanko yang memasok bensin berkualitas tinggi. Mereka menemukan bahwa Standon membeli semua minyak dan mencoba memonopoli pasokan ketika beberapa tangki penyimpanan tiba-tiba meledak. Adolfo dan Fernando mencari bantuan dari Loulou yang setuju untuk mengirim Skuadron Kotobuki untuk memadamkan api dengan bahan peledak untuk jaminan pasokan bensin di masa depan. Saat dua skuadron mendekati Nanko, mereka bertemu dengan empat Hayate Tipe 4. Mereka terlibat dalam pertempuran udara sengit melawan Hayate lapis baja yang lebih cepat dan lebih baik yang diterbangkan oleh pilot berpengalaman. Pesawat Zara ditembak jatuh, tetapi Kylie berhasil menjatuhkan bom dan memadamkan api dengan bantuan Kate. Kembali di pangkalan mereka berspekulasi bahwa serangan itu adalah bagian dari rencana untuk mengontrol pasokan minyak. Sementara itu, seorang pria tak dikenal melapor kepada atasannya bahwa Skuadron Kotobuki telah mengganggu rencana mereka lagi.
8"The Great Airship Robbery"
Transkripsi: "Daihikōsen gōtō" (大飛行船強盗)
3 Maret 2019 (2019-03-03)
Isao, walikota baru Ikesuka, membeli ikan langka untuk dipajang di depan umum dan menyewa perusahaan Loulou untuk mengangkutnya, tetapi ditahan oleh Skuadron Kotobuki. Dalam perjalanan, mereka bertemu sekelompok besar pejuang dan skuadron terbang untuk melawan mereka, tetapi bajak laut berhasil mengalahkan mereka dan naik ke Hagoromo dan menyandera para kru. Para perompak menuntut Isao mengundurkan diri dan ia membubarkan Persaudaraan Kebebasan atau mereka akan menabrakkan Hagoromo ke Ikesuka. Sementara itu, Saneatsu berhasil memanggil Skuadron Kotobuki dan memberitahu mereka tentang situasi di kapal. Emma berhasil menjatuhkan Reona dan Kylie ke Hagoromo dan mereka meluncurkan serangan balik yang mengejutkan. Dengan bantuan Ririko dan Johnny, yang sebenarnya adalah pensiunan tentara bayaran, mereka mengalahkan para perompak, tetapi kontrolnya rusak dan pesawatnya penuh dengan bahan peledak. Loulou kemudian meminta Reona dan Kylie mengambil salah satu petarung dua kursi pesawat Toryu milik bajak laut dan menggunakannya untuk menonaktifkan Hagoromo dan membiarkannya turun ke daratan dengan aman sebelum angkatan udara Ikesuka yang menerbangkan Fighter Tipe 5 dapat menembak jatuh mereka. Setelah memberi Isao tagihan untuk transportasi dan kerusakan, Loulou mengatakan ia tidak akan pernah menerima pekerjaan lain darinya.
9"The Vagabond Leader"
Transkripsi: "Akatonbo no fūraibō" (赤とんぼの風来坊)
10 Maret 2019 (2019-03-10)
Anggota Skuadron Kotobuki terbang keluar untuk melakukan pekerjaan terpisah, sedangkan Kylie tetap tinggal di Rahama. Sementara itu, Julia digulingkan dari posisinya sebagai anggota dewan Gadoll ketika kota memilih untuk bergabung dengan Persaudaraan Kebebasan dan ia terpaksa meninggalkan kota. Kylie kemudian diberi pekerjaan untuk menerbangkan Allen dalam perjalanan wisata, meskipun Loulou juga memberitahunya bahwa perusahaan yang dimiliki Isao ingin membeli skuadron, tetapi ia memutuskan untuk menyerahkan keputusan kepada pilot. Saat Kylie membawa Allen dalam penerbangannya dengan pesawat dua pasang sayap Intermediate Trainer Tipe 95 tua, ia menjelaskan teorinya bahwa lubang yang sama yang pernah melewati Yufang telah terbuka di tempat dan waktu lain. Saat Allen pergi, Hideaki masuk ke kamar rumah sakit dan mencuri penelitiannya. Allen menyuruh Kylie terbang ke lokasi tertentu di langit di mana mereka melihat tiga lingkaran tumpang tindih yang menunjukkan sebuah lubang, namun mereka diserang oleh pejuang Shiden-kai hijau. Kylie dan Allen ditembak jatuh, tetapi mereka berhasil melarikan diri dengan berpura-pura mati. Mereka akhirnya diselamatkan oleh Chika dan Kylie memberitahu Loulou bahwa ia tidak ingin skuadron itu bekerja untuk perusahaan yang berbeda. Sementara itu, Isao mulai memperluas pengaruhnya dengan mengebom kota-kota yang menolak untuk bergabung dengan Persaudaraan Kebebasan dan membuat rencana ketika lubang itu dibuka kembali.
10"The Aggressive Bombers"
Transkripsi: "Nasake-yō mu no bakugeki-ki" (情け用無の爆撃機)
17 Maret 2019 (2019-03-17)
Di atas Hagoromo, semua orang mendengarkan teori Allen tentang lubang misterius ketika mantan Anggota Dewan Julia datang mengeluh bahwa Persaudaraan Kebebasan Isao adalah taktik untuk merebut kekuasaan. Pada saat itu, mereka melihat sebuah lubang terbuka di atas Rahama. Tiba-tiba, Camilla, kepala Penjaga Shouto, terbang setelah ditembak oleh pejuang Ikesuka Isao ketika mereka mengebom Shouto. Allen menduga Isao juga berusaha mengontrol akses ke lubang. Sementara itu, Hideaki menuntut agar Rahama bergabung dengan Persaudaraan Kebebasan atau dibom, tetapi walikota dan warga menolak. Keesokan harinya, Hagoromo dan Skuadron Kotobuki turun ke langit untuk mempertahankan Rahama melawan 5 pembom berat Nakajima G10N1 yang dikawal oleh 25 pejuang N1K2-J Shiden Kai dari Ikesuka. Menggunakan keunggulan ketinggian, mereka menyerang pengebom yang datang dari Isao dengan roket dari atas, sedangkan Skuadron Nazarin dan penjaga lainnya menargetkan para pejuang yang datang. Satu pengebom berhasil melewati blokade dan menjatuhkan bomnya, namun bom tersedot ke dalam lubang di mana mereka meledak dan lubang menghilang. Kylie kembali melihat petarung dengan lencana ular dan hati, tetapi mereka berdua kehabisan bahan bakar dan terpaksa mendarat. Kylie menemukan pilotnya adalah Naomi dan memiliki banyak kesamaan, termasuk mereka berdua dilatih untuk terbang oleh Ol' Sab.
11"Duel in Ikesuka"
Transkripsi: "Ikesuka no kettō" (イケスカの決闘)
24 Maret 2019 (2019-03-24)
Pada rapat umum Persaudaraan Kebebasan, Isao memuji keutamaan lubang yang membawa Yufang, yang menyebut diri mereka orang Jepang, minuman keras mereka, pesawat terbang, artileri anti-udara, kari, nasi dan kue dadar. Ia menyatakan perang terhadap Rahama dan Porokka yang mengaku menginginkan lubang itu untuk diri mereka sendiri. Sementara itu, Tuan Gaudreau dari Porokka menghubungi Shotou dan Julia, lalu mereka menyusun rencana untuk membuat pengalihan dengan skuadron Ofukouyama untuk memancing para pejuang Ikesuka. Pada saat yang sama, armada zeppelin yang mengangkut Skuadron Kotobuki dan pejuang anti-Ikesuka lainnya, terbang untuk menargetkan pabrik konstruksi Fugaku milik Isao sejauh 25 ​​kilometer selatan Ikesuka. Namun, mereka menemukan pabrik itu jebakan berdasarkan informasi palsu dan diserang oleh lebih dari 100 pejuang dan memutuskan untuk mundur. Zeppelin andalan Gaudreau ditembak jatuh dan Isao ikut menyerang dalam eksperimen J7W "Magnificent Lightning". Reona menawarkan Isao gencatan senjata dan ia setuju, tetapi ia menggandakannya dan menembak jatuh Zara. Kylie mengejar Isao dan setelah ia mengenali simbol burung di ekornya, ia mengungkapkan bahwa ia menembak jatuh Ol' Sab. Mereka kalah dalam pertempuran meskipun Torihei, CEO Industri Elit, bergabung dalam pertarungan dan memberikan bantuan. Sementara itu, Kate menembak jatuh pesawat Isao dan saat skuadron Kotobuki dan pasukan anti-Ikesuka lainnya berkumpul kembali, Allen memperkirakan bahwa lubang lain akan terbuka di atas Ikesuka.
12"Kotobuki of the Setting Sun"
Transkripsi: "Yūhi no Kotobuki hikō-tai" (夕陽のコトブキ飛行隊)
31 Maret 2019 (2019-03-31)
Sisa-sisa pasukan anti-Ikesuka melancarkan satu serangan putus asa terakhir di kota Ikesuka itu sendiri dengan harapan dapat menutup lubang dan melenyapkan Isao. Namun, pasukan Ikesuka jauh melebihi jumlah mereka dan memiliki F-86D yang mereka miliki. Skuadron Kotobuki menyamakan peluang dengan melakukan pertempuran langsung ke kota di mana mereka mampu mengatasi manuver dan menembak jatuh pesawat Ikesuka dan F-86D. Namun, Isao kemudian bergabung dalam pertarungan dengan J7W-nya, yang sekarang ditingkatkan dengan mesin jetnya sendiri. Semua anggota Kotobuki kecuali Kylie ditembak jatuh atau mundur dari pertarungan saat lubang terbuka di atas Ikesuka. Sementara itu, pasukan anti-Ikesuka lainnya menjalankan rencana mereka yang sebenarnya dan meluncurkan Hagoromo yang sarat bahan peledak langsung ke lubang dalam upaya untuk menghancurkannya. Meskipun pesawatnya rusak berat, Kylie mengingat pelajaran Ol' Sab kepadanya bahwa "Kamu tidak menerbangkan pesawat, merekalah yang terbang sendiri". Ia mampu merusak pesawat Isao, mencegahnya mencegat Hagoromo. Hagoromo menabrak lubang dan meledak, meruntuhkannya. Dalam kemarahannya, Isao terbang langsung ke lubang runtuh dan menghilang. Dengan menghilangnya Isao dan lubang itu, angkatan udara Ikesuka dan bajak laut yang disewa akan pergi dan membubarkan diri. Perang berakhir, Skuadron Kotobuki dan sekutu mereka kembali ke Rahama di mana mereka berbicara tentang rencana mereka untuk masa depan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari HIDIVE.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anime Spotlight - The Magnificent KOTOBUKI". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 Mei 2019. 
  2. ^ "最新情報 | 荒野のコトブキ飛行隊 大空のテイクオフガールズ!" (dalam bahasa Jepang). Bandai Namco Entertainment. 13 Februari 2019. Diakses tanggal 25 Februari 2019. 
  3. ^ a b c d e f g "Shirobako Creators Unveil Air Combat TV Anime Kōya no Kotobuki Hikōtai". Anime News Network. 13 September 2018. Diakses tanggal 13 September 2018. 
  4. ^ a b "Kōya no Kotobuki Hikōtai TV Anime Casts Akiko Yajima, Keiji Fujiwara". Anime News Network. 13 November 2018. Diakses tanggal 13 November 2018. 
  5. ^ a b c d e "Kōya no Kotobuki Hikōtai TV Anime Adds 5 More Cast Members". Anime News Network. 27 November 2018. Diakses tanggal 27 November 2018. 
  6. ^ a b c "Kōya no Kotobuki Hikōtai TV Anime Casts Rumi Okubo, Yōji Ueda, Nao Tōyama". Anime News Network. 20 November 2018. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  7. ^ "Kōya no Kotobuki Hikōtai TV Anime's 2nd Promo Video Reveals January 13 Premiere". Anime News Network. 6 Desember 2018. Diakses tanggal 6 Desember 2018. 
  8. ^ "スタッフ | TVアニメ『荒野のコトブキ飛行隊』公式サイト" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 16 Maret 2019. 
  9. ^ Ressler, Karen (8 Januari 2019). "Sentai Filmworks Licenses The Magnificent Kotobuki Original TV Anime (Updated)". Anime News Network. Diakses tanggal 8 Januari 2019. 
  10. ^ "The Magnificent KOTOBUKI Compilation Film Reveals Video, September Premiere". Anime News Network. 16 Juli 2020. Diakses tanggal 16 Juli 2020. 
  11. ^ "The Magnificent KOTOBUKI TV Anime Gets Compilation Film With New Footage this Fall". Anime News Network. 1 Februari 2020. Diakses tanggal 1 Februari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]