Dandadan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dandadan
Sampul
ダンダダン
Genre
Manga
PengarangYukinobu Tatsu [ja]
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
ImprintJump Comics+
MajalahShōnen Jump+
DemografiShōnen
Terbit6 April, 2021 – sekarang
Volume14
Seri anime
Dan Da Dan
SutradaraFūga Yamashiro
SkenarioHiroshi Seko
MusikKensuke Ushio
StudioScience Saru
Pelisensi
Saluran
asli
JNN (MBS, TBS)
Tayang Oktober 2024 dijadwalkan
 Portal anime dan manga

Dandadan (ダンダダン) adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yukinobu Tatsu [ja]. Sudah diserialkan di aplikasi Shueisha dan situs web Shōnen Jump+ sejak April 2021, dan berhasil mengumpulkan 13 jilid tankōbon per Januari 2024. Sebuah serial anime yang diproduksi oleh Science Saru dijadwalkan tayang perdana pada Oktober 2024.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Momo Ayase adalah gadis SMA yang percaya pada hantu tapi bukan alien, sedangkan teman sekelasnya Okarun percaya pada alien tapi bukan hantu. Mereka bertaruh menentukan siapa yang benar, keduanya lantas memutuskan mengunjungi lokasi yang terkait dengan okultisme dan supernatural secara terpisah—Ayase mengunjungi yang pertama dan satunya mengunjungi tempat terakhir. Ketika keduanya mencapai tempat masing-masing ternyata mereka setengah benar, baik alien maupun hantu memang ada.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Momo Ayase (綾瀬 桃, Ayase Momo)
Pengisi suara: Shion Wakayama[4]
Seorang gadis SMA yang percaya pada hantu dan hal-hal gaib. Setelah diculik oleh alien Serpo, dia sadar kalau dia punya kekuatan psikokinetik, memungkinkan dia untuk memvisualisasikan "aura" dari manusia dan benda, dan memvisualisasikan kekuatannya sebagai tangan raksasa untuk "meraih" dan mengendalikan auranya. Dia naksir sama aktor Ken Takakura dan berkencan dengan pria mana pun yang mirip dengannya. Karena itu, dia menolak memanggil Okarun dengan namanya karena dia tidak mirip dengannya. Sepanjang cerita, dia punya perasaan yang kuat sama Okarun.
Ken Takakura (高倉 健, Takakura Ken)
Pengisi suara: Natsuki Hanae[4]
Seorang anak SMA pemalu dan tidak punya teman yang mencoba berhubungan dengan Ayase karena ketertarikan mereka pada hal supernatural. Dia memanggilnya Okarun (オカルン) dari "okultisme", karena dia punya nama yang sama dengan aktor Ken Takakura, selebritis yang disukainya. Setelah dirasuki oleh Turbo-Granny, Ken memperoleh kemampuan untuk memasuki kondisi iblis yang kuat, memberinya kecepatan luar biasa.
Seiko Ayase (綾瀬 星子, Ayase Seiko)
Seorang cenayang dan nenek dari Momo Ayase, yang tinggal bersamanya, meskipun tampak berusia 20-an. Dia membantu Ayase dan Okarun menghadapi roh berbahaya dan yōkai. Meskipun dia tidak punya kekuatan bawaan, dia memperoleh pengetahuan luas tentang entitas supernatural dan kutukan, dan menggunakan berbagai artefak dan kekuatan pinjaman dari dewa yang berada di kota mereka untuk menyegel dan mengusir yōkai, meskipun kekuatannya terbatas di kota itu sendiri.
Turbo-Granny (ターボババア, Tābo Babā)
Pengisi suara: Mayumi Tanaka[4]
Seorang yōkai yang berwujud seperti wanita tua yang kejam dan bermulut kotor, Turbo-Granny biasa menghibur arwah gadis-gadis yang meninggal karena kematian mengerikan, namun mulai mengutuk dan mencuri alat kelamin siapa pun yang memasuki wilayahnya. Setelah Ayase dan Okarun mengalahkannya, Seiko menyegel rohnya di dalam boneka maneki neko, dan dia setuju untuk membantu mereka untuk sementara waktu sampai dia bisa mendapatkan kembali kekuatannya sepenuhnya.
Aira Shiratori (白鳥 愛羅, Shiratori Aira)
Siswa satu sekolah dengan Ayase dan Okarun. Setelah menyadari keberadaan supernatural, Shiratori menyatakan dirinya sebagai "yang terpilih" dalam misi melindungi dunia dari kejahatan dan mengarahkan perhatiannya kepada Ayase, percaya kalau dia iblis yang harus dihentikan. Mirip dengan Okarun, dia bisa berubah jadi wujud iblis dengan kekuatan yang diwarisi dari yōkai yang disebut Acrobatic Silky (アクロバティックさらさら, Akurobatikku Sarasara), memberinya ketangkasan luar biasa dan rambut yang bisa diatur. Dia naksir Okarun.
Jin Enjoji (円城寺 仁, Enjōji Jin)
Teman masa kecil dan cinta pertama Ayase. Dia menggunakan nama Jiji (ジジ). Setelah orang tuanya dirawat di rumah sakit karena rumahnya dihantui, Enjoji pindah bersama Ayase dan Seiko sebelum pindah ke sekolah Ayase. Okarun merasa cemburu atas hubungannya dengan Ayase, tapi Jiji mencoba berteman dengannya. Dia dirasuki Mata Jahat, yang mengamuk secara membabi buta saat mengendalikan tubuh Jiji.
Mata Jahat (邪視, Jashi)
Yōkai kuat dan menyeramkan yang lahir dari pengorbanan manusia di masa feodal. Dia menyimpan kebencian terhadap seluruh umat manusia dan menipu Jiji untuk membuat kontrak sehingga dia bisa membasmi mereka. Si Mata Jahat yang punya kemampuan fisiknya yang luar biasa, juga menggunakan dendam para korban pengorbanan untuk membentuk konstruksi yang kuat dan hampir tak terkalahkan yang sering kali bermanifestasi menjadi sesuatu yang mirip dengan bola sepak.
Tn. Mantis Shrimp (シャコさん, Shako-san)
Alien yang menyerupai udang belalang yang menyerang Momo, Okarun, dan Aira namun berubah jadi berteman setelah mereka membantunya menyembuhkan penyakit putranya, Chiquitita. Dia sekarang bekerja di sebuah peternakan dan masih membantu geng itu dengan segala cara yang dia bisa. Dia punua daya tahan yang luar biasa, dapat berubah jadi bentuk yang lebih kuat, seperti udang mantis, yang menyerang dengan pukulan bak berkecepatan peluru.
Alien Serpo (セルポ星人, Serupo Seijin)
Pengisi suara: Kazuya Nakai

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 「ダンダダン」2巻発売で江口拓也、高橋李依がナレーション担当のPV4種公開. Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. October 4, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 30, 2021. Diakses tanggal October 5, 2021. 
  2. ^ "The Official Website for Dandadan". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 2, 2022. Diakses tanggal July 2, 2022. 
  3. ^ Loo, Egan (November 27, 2023). "Yukinobu Tatsu's Dandadan Manga Gets TV Anime by Science Saru in 2024". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 27, 2023. Diakses tanggal November 27, 2023. 
  4. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (December 15, 2023). "Dandadan TV Anime Reveals Main Cast, October 2024 Debut". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2023. Diakses tanggal December 16, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]