Irozuku Sekai no Ashita kara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Irozuku Sekai no Ashita kara
色づく世界の明日から
(Irozuku Sekai no Ashita kara)
GenrePerjalanan waktu[1]
PenciptaNatsuka Yashio
Seri anime
SutradaraToshiya Shinohara
Produser
  • Hiroshi Kawamura
  • Mitsutoshi Ogura
  • Toshihiro Maeda
  • Fuminori Yamazaki
  • Tsuyoshi Aida
  • Yūichi Izumi
  • Mitsuhito Tsuji
  • Yutaka Kashiwagi
  • Hiroyuki Aoi
  • Shōta Tanaka
SkenarioYūko Kakihara
MusikYoshiaki Dewa
StudioP.A.Works
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS, AT-X, TUT, ATV
Tayang 6 Oktober 2018 29 Desember 2018
Episode13
 Portal anime dan manga

Irozuku Sekai no Ashita kara (Jepang: 色づく世界の明日から), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Iroduku: The World in Colors, adalah seri televisi anime yang diproduksi oleh Natsuka Yashio. Seri ini diproduksi oleh P.A. Works dan disutradarai oleh Toshiya Shinohara, dengan Yūko Kakihara berperan sebagai penulis naskah, Fly berperan sebagai perancang karakter dan Yoshiaki Dewa sebagai penyusun musik. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 6 Oktober hingga tanggal 29 Desember 2018 pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS, BS-TBS, AT-X, TUT, ATV.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2078, Hitomi Tsukishiro adalah seorang gadis remaja dari keluarga penyihir yang kehilangan indra warna karena kehilangan orang-orang yang dicintainya. Tak ingin melihat cucunya menderita lagi, nenek Hitomi, Kohaku Tsukishiro, mengirim Hitomi ke 60 tahun yang lalu di tahun 2018 untuk bertemu dengan dirinya yang berusia 17 tahun.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Hitomi Tsukishiro (月白 瞳美, Tsukishiro Hitomi)
Pengisi suara: Kaori Ishihara[2]
Seorang gadis buta warna yang merupakan keturunan dari keluarga penyihir. Meskipun dirinya seorang penyihir, ia membenci sihir. Seiring bertambahnya usia, ia kehilangan indra warna serta "orang-orang di sekitarnya". Ia dikirim kembali ke masa 60 tahun yang lalu oleh neneknya, Kohaku. Di sana, ia bertemu Kohaku muda dan mendapat teman baru. Ia memiliki perasaan terhadap Yuito dan mempelajari arti cinta.
Kohaku Tsukishiro (月白 琥珀, Tsukishiro Kohaku)
Pengisi suara: Kaede Hondo, Sumi Shimamoto (tua)[2][3]
Nenek Hitomi yang mengirim Hitomi untuk tinggal bersama dirinya yang berusia 17 tahun. Ia adalah seorang gadis pembuat masalah yang sering melakukan eksperimen dengan sihirnya di sekolah sehingga menimbulkan ketakutan akan sihir di antara teman-teman sekelasnya. Ia awalnya berada di luar negeri ketika Hitomi tiba dari masa depan dan bergabung dengan Klub Seni dan Fotografi Ajaib setelah ia kembali. Ia bekerja sangat keras untuk menyempurnakan keajaiban waktu untuk mengirim Hitomi kembali ke zamannya. Ia menemukan kebahagiaan dengan melakukan sihir yang membuat orang lain bahagia.
Yuito Aoi (葵 唯翔, Aoi Yuito)
Pengisi suara: Shōya Chiba[2]
Anggota Klub Seni dan Fotografi Ajaib yang memiliki hobi menggambar. Entah kenapa, Hitomi bisa melihat warna pada gambarnya. Ia adalah seorang yang tertutup dan menemukan dirinya mirip dengan Hitomi. Ia akhirnya jatuh cinta pada Hitomi dan membantunya kembali ke masanya. Setelah Hitomi kembali ke masa depan, ia akhirnya menulis dan mengilustrasikan buku bergambar yang dibaca Hitomi saat kecil.
Asagi Kazeno (風野 あさぎ, Kazeno Asagi)
Pengisi suara: Kana Ichinose[4]
Anggota Klub Seni dan Fotografi Ajaib yang suka memotret kelinci. Ia diam-diam menyukai teman masa kecilnya, Shō.
Kurumi Kawai (川合 胡桃, Kawai Kurumi)
Pengisi suara: Nao Tōyama[4]
Wakil ketua Klub Seni dan Fotografi Ajaib. Ia adalah orang pertama yang memperhatikan dan mengambil video Hitomi menyelinap keluar dari kamar Yuito dan bersikeras bahwa Hitomi sedang menjalin hubungan dengan Yuito atau Yuito mungkin akan memaksakan diri pada Hitomi. Ia juga bertanggung jawab mengunggah video tersebut ke media sosial. Ia adalah gadis ceria yang penyayang dan menyenangkan. Ia sangat mengagumi kakak perempuannya dan ingin menjadi sepertinya.
Shō Yamabuki (山吹 将, Yamabuki Shō)
Pengisi suara: Seiji Maeda[4]
Ketua Klub Seni dan Fotografi Ajaib yang fokus dalam mengambil gambar skala abu-abu. Skeptis terhadap dugaan hubungan antara Hitomi dan Yuito, ia adalah orang pertama yang mendekati dan memastikannya setelah menyadari Hitomi tampak tersesat dan tidak pada tempatnya. Rasa sungkannya yang tinggi terhadap Hitomi membuat Asagi iri. Ia akhirnya mengaku kepada Hitomi, tetapi ia ditolak. Ia menerima penolakan itu dengan sangat baik dan tetap mendukungnya.
Chigusa Fukasawa (深澤 千草, Fukazawa Chigusa)
Pengisi suara: Ayumu Murase[4]
Siswa tahun pertama dan anggota termuda dari Klub Seni dan Fotografi Ajaib. Ia sangat ramah dan terutama dengan Kurumi. Mereka selalu bertengkar satu sama lain.

Produksi dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Seri televisi anime orisinal ini dibuat oleh Natsuka Yashio dan dianimasikan oleh P.A.Works. Seri ini disutradarai oleh Toshiya Shinohara, dengan Yūko Kakihara berperan sebagai penulis naskah, Fly berperan sebagai perancang karakter dan Yoshiaki Dewa sebagai penyusun musik.[4][5][6] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 6 Oktober hingga tanggal 29 Desember 2018[a] pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS, BS-TBS, AT-X, TUT, ATV.[4][7] Lagu tema pembuka seri ini berjudul "17-sai" (17才, Jū-nana-sai, "17-years-old") yang dibawakan oleh Haruka to Miyuki, sedangkan lagu tema penutup seri ini berjudul "Mimei no Kimi to Hakumei no Mahō" (未明の君と薄明の魔法) yang dibawakan oleh Nagi Yanagi.[8]

Pada bulan Agustus 2021, Sentai Filmworks mengumumkan akuisisi seri ini untuk rilis digital di Amerika Utara.[9] Seri ini disiarkan secara eksklusif di Amazon Video di seluruh dunia kecuali di Tiongkok hingga tanggal 29 Desember 2021, ketika Hidive mulai menyiarkan seri ini di seluruh dunia (kecuali Asia).[4] Sulih suara berbahasa Inggris ditayangkan perdana di Hidive pada tanggal 19 Juni 2022.[10]

No.Judul [11][b]Tanggal tayang asli [12]
1"Where You Belong"
Transkripsi: "Kimi no Ikubeki Tokoro" (キミノイクベキトコロ)
6 Oktober 2018 (2018-10-06)
Hitomi Tsukishiro, seorang siswa SMA yang lahir dalam keluarga penyihir, telah kehilangan indra warna secara misterius hingga ia menarik diri dari teman-temannya. Neneknya, Kohaku, menggunakan sihir untuk membawa Hitomi kembali ke masa lalu untuk bertemu dengan dirinya yang berusia 17 tahun, dengan harapan dapat mengakhiri penderitaan cucunya. Sihir itu membawa Hitomi ke 60 tahun yang lalu di tahun 2018 dan tiba di kamar seorang anak laki-laki di mana Hitomi segera melarikan diri dari jendela. Namun, hal ini terekam dalam video oleh tiga anggota klub fotografi dan seni di SMA Minamigaoka, sekolah Hitomi di masa datang dan diunggah ke internet. Tiga siswa tersebut bertemu dengan Hitomi yang tersesat di jalan dan menawarkan bantuan untuk menemukan toko sihir. Mereka bertiga memperkenalkan diri mereka, Asagi Kazeno, Kurumi Kawai dan Shō Yamabuki, yang secara keliru percaya bahwa Hitomi adalah kekasih Yuito Aoi setelah ia terlihat keluar dari jendela rumah Yuito. Dipandu ke toko sihir, Hitomi menemukan neneknya telah pergi ke Inggris untuk belajar sihir dan malah bertemu dengan nenek buyutnya, yang dengan murah hati menyediakan makanan dan tempat tinggal. Hitomi menunjukkan padanya anting-anting azurit yang diberikan oleh Kohaku padanya di masa depan untuk membuktikan hubungannya dengan garis keturunan mereka, tetapi ia malah menjatuhkannya saat dia bersembunyi di bawah tempat tidur Yuito.
2"I Can't Stand Magic"
Transkripsi: "Mahō Nante Daikirai" (魔法なんて大キライ)
13 Oktober 2018 (2018-10-13)
Hitomi mengikuti Yuito saat ia pergi keesokan harinya dan berhenti di taman tempat Yuito mulai menggambar. Yang mengejutkannya, Hitomi bisa melihat warna-warna dalam karya seni Yuito, yang tampak menjadi hidup dan ia tiba-tiba menampakkan dirinya kepada Yuito. Yuito menanyainya tentang video itu dan Hitomi berusaha menjelaskan sihir yang menyebabkannya, menjadikan dirinya seorang penyihir dan meminta untuk melihat lebih banyak tentang gambar itu, tetapi Yuito pergi. Kembali ke toko sihir, keluarga Kohaku mendaftarkan Hitomi di SMA Minamigaoka, berharap agar ia terus menjalani kehidupan meskipun telah melakukan perjalanan dari masa depan dan sebelum ia menyadarinya, ia sudah berada di SMA Minamigaoka dan bertemu kembali dengan anggota klub fotografi dan seni, termasuk Yuito, bersama Asagi dan Kohaku, yang dijadwalkan akan segera kembali, yang satu kelas dengannya. Di tengah lorong, Yuito meminta Hitomi menunjukkan kepadanya sihir untuk meredam rumor bahwa ia adalah kekasihnya. Meskipun Hitomi membuat kilauan bintang dari tangannya, Hitomi teringat akan ketidaksukaannya terhadap sihir. Meskipun kualitas sihirnya buruk, Yuito ingin melihatnya sekali lagi dan sebagai imbalannya, ia mengizinkan Hitomi melihat gambarnya lagi. Senang bahwa sihirnya bisa membuat seseorang bahagia, Shō Yamabuki melihat Hitomi berlatih sihir untuk menciptakan hujan bintang di halaman sekolah saat larut malam.
3"No Rain, No Rainbow"
20 Oktober 2018 (2018-10-20)
Berbagai klub di SMA Minamigaoka mulai mengadakan presentasi sekaligus pameran untuk merekrut siswa tahun pertama. Karena menjadi murid pindahan, Hitomi mulai melihat-lihat dan ia memasuki ruang klub fotografi dan seni, yang telah digabung karena Yuito menjadi satu-satunya anggota di bagian seni, sedangkan bagian fotografi kekurangan anggota. Yuito pertama kali memperkenalkan Hitomi ke bagian seni dan memberinya kesempatan untuk menggambar bebas. Namun, karena kurangnya kemampuan melihat warna, Hitomi akhirnya melukis lukisan boneka kelinci yang sangat berani dan berwarna-warni yang menurut Yuito sangat menarik. Kemudian, anggota lain memperkenalkan Hitomi ke bagian fotografi melalui sesi langsung, tetapi ketika presentasi klub drama dimajukan, Shō Yamabuki harus pergi mengambil foto, meninggalkan klub singkat dan Hitomi terpaksa menjadi model. Dengan efek es kering di kolam renang, ia diminta oleh Kurumi untuk menggunakan bintang pasir warna biru, yang dijual di toko sihir, untuk menciptakan sihir berjalan di atas air, sedangkan anggota baru mengambil foto dengan kamera yang disediakan klub. Sekali lagi, kurangnya kemampuan Hitomi untuk melihat warna membuatnya menggunakan bintang pasir yang salah dan malah menyebabkan salju turun, namun meskipun Hitomi mampu berjalan di atas air hingga Kurumi memanggilnya dan membuat Hitomi kehilangan konsentrasi dan jatuh ke kolam. Dua kejadian ini membuat Yuito menyadari bahwa Hitomi buta warna, lalu Hitomi meminta Yuito untuk tidak memberitahu siapa pun, meminta maaf atas apa yang terjadi dan berterima kasih padanya karena membiarkan Hitomi mengingat warna melalui gambarnya.
4"Stop Calling Me Granny!"
Transkripsi: "Obaachan wa Yamete!" (おばあちゃんはヤメテ!)
27 Oktober 2018 (2018-10-27)
Hitomi bergabung dengan klub fotografi dan seni. Kohaku akhirnya kembali dari Inggris dengan kapal dan menggunakan sihirnya untuk menciptakan ilusi sekolahnya di London menggunakan beberapa foto, tetapi kereta yang melaju tiba-tiba menyebabkan banyak debu hitam ke semua orang dan gurunya. Sepulang sekolah, Kohaku memberitahu Hitomi bahwa kereta itu disebabkan oleh Hitomi dan mencurigai bahwa Hitomi memiliki kekuatan yang tidak aktif di dalam dirinya. Untuk kegiatan klub selanjutnya, Hitomi, ditemani oleh Kohaku, pergi ke atap sekolah bersama para anggota klub untuk mengambil foto cakrawala malam dan ingin membuat tema baru dengan presentasi yang lebih menarik yang menggabungkan fotografi dan seni untuk festival budaya mendatang. Sebagai siswa tahun pertama, Chisuga Fukasawa tetap tinggal bersama Kurumi setelah menceritakan beberapa cerita hantu dan membuatnya takut, sedangkan para anggota lainnya melanjutkan ke atap sekolah di mana Shō Yamabuki membedakan dua anggota keluarga Tsukishiro dengan memanggil mereka melalui nama depan mereka, tetapi Yuito hanya memanggil Kohaku dengan nama depannya saja sebagai pembeda. Setelah pemotretan, Hitomi mengumpulkan keberanian untuk memberitahu semua orang bahwa ia sebenarnya berasal dari masa depan dan Kohaku sebagai neneknya. Mereka berdua menggunakan sihir untuk membuat kereta api di langit berdasarkan gambar Yuito dan mereka semua kembali ke rumah setelah mengambil gambar yang memuaskan ini.
5"A Modest Recipe"
Transkripsi: "Sasayaka na Reshipi" (ささやかなレシピ)
3 November 2018 (2018-11-03)
Kohaku bergabung dengan klub fotografi dan seni sebagai cara untuk menggabungkan klub sihir yang dibubarkan beberapa waktu lalu, mengubah nama menjadi klub seni dan fotografi ajaib. Asagi memendam perasaan sepihaknya terhadap Shō Yamabuki, terutama setelah Kohaku memberitahunya bahwa keberuntungan romantisnya berada pada titik terburuknya dengan kedatangan saingannya, sedangkan Hitomi terus-menerus berlatih dengan sihirnya untuk mencapai hasil yang memuaskan setelah menyadari bahwa hal itu membuat Yuito senang, tetapi Yuito mengalami kesulitan mengekspresikan pemikirannya melalui seni setelah memilih mencari pekerjaan daripada melanjutkan sekolah seni. Keesokan harinya, Kohaku mengadakan pesta makan-makan seadanya di kediaman Tsukishiro dan membuat kesempatan bagi Yuito dan Hitomi untuk berduaan agar Hitomi memberikan hadiah bintang pasir buatan sendiri kepada Yuito. Namun, Asagi cemburu ketika Shō Yamabuki terkesan dengan Hitomi yang mencoba melakukan yang terbaik dalam segala hal. Asagi mencoba membuat kartu pos menggunakan foto bertema kelinci dengan bantuan Shō Yamabuki, mengingat bagaimana mereka dulu adalah sahabat masa kecil dan masih menyimpan perasaannya untuk saat ini. Setelah pesta, Yuito menggunakan bintang pasir setelah mematikan lampu dan bermandikan cahaya bintang, bersama dengan seekor ikan emas yang melompat ke alat menggambarnya.
6"Golden Fish"
Transkripsi: "Kin'iro no Sakana" (金色のサカナ)
10 November 2018 (2018-11-10)
Yuito memberitahu Hitomi tentang ikan emas yang muncul, mengingat bagaimana ikan itu muncul dalam beberapa gambarnya sebelumnya, namun kemunculan pertamanya adalah dalam kompetisi seni SD di mana ia memenangkan peringkat pertama dengan ikan itu. Mengenal Yuito sejak SD, Shō Yamabuki menunjukkan fotonya kepada Hitomi, namun hal ini tiba-tiba membuat Asagi cemburu lagi setelah melihat mereka berdua berjalan bersama dan ia membuat Shō Yamabuki melihatnya sebagai seorang wanita. Keesokan harinya, Kurumi mengadakan pemotretan di mana semua anggota klub memakai pakaian Barat dan mengambil foto di taman, tetapi Hitomi tidak sengaja melihat dan masuk ke gambar Yuito. Di sana, di tengah pemandangan warna-warni garis langit malam yang terpantul di air tempat ikan emas berenang, ia melanjutkan perjalanan lebih dalam hingga pemandangan tiba-tiba berubah melewati serangkaian awan menjadi gurun yang sepi. Gambar di sekitarnya telah terkubur serta ikan emas besar yang mati tersangkut jaring. Hitomi juga menyaksikan sosok bayangan yang mencoba menangkap ikan emas itu dan bergegas menghentikannya, tetapi ia terbangun di bangku cadangan di dunia nyata setelah diduga pingsan. Namun, ketika Hitomi ditanya tentang hal itu, Yuito membentak Hitomi dan hal ini menyebabkan perselisihan antara mereka berdua, yang saling menghindar hingga mereka tidak sengaja bertemu satu sama lain saat Yuito baru saja selesai melihat pameran yang diadakan oleh sahabatnya dan Hitomi dalam perjalanan pulang bersama Kohaku. Hitomi melarikan diri dan Yuito mengejarnya ke halte bus, lalu ia berjanji padanya bahwa ia akan membiarkan Hitomi melihat karya terbarunya, membangkitkan kembali ikan emas hingga Hitomi menyadari bahwa indra warnanya tiba-tiba kembali.
7"The Burden of Venus"
Transkripsi: "Vīnasu no Omoni" (ヴィーナスの重荷)
17 November 2018 (2018-11-17)
Namun keesokan harinya, indra warna Hitomi hilang lagi. Saat Shō Yamabuki dan Kurumi bersiap menghadapi ujian masuk, mereka mempercayakan perencanaan perkemahan liburan musim panas kepada ketua berikutnya Asagi dan wakil ketua Hitomi. Namun, Chisuga mengungkit kakak perempuan Kurumi, yang bekerja sebagai koki pastry terkenal di sebuah toko bernama Multique Roll, membuat Kurumi rendah diri terhadap kakaknya. Ketika Hitomi mengkhawatirkannya, Kurumi memberitahu Hitomi bahwa Shō Yamabuki ingin melanjutkan fotografi di universitas, sedangkan Yuito juga ingin masuk universitas nasional, mungkin untuk mengejar seni, dan mengakui bahwa mereka memiliki motivasi dan semangat yang sama seperti kakak perempuannya. Kurumi meminta agar Hitomi menyimpan percakapan ini di antara mereka, tetapi Chisuga mendengarnya dan menunjukkan padanya berbagai foto yang diambil selama kegiatan klub, mendorongnya bahwa ia pasti akan menemukan hal-hal yang disukainya di masa depan. Kurumi memutuskan bahwa fotografi adalah prioritas pertamanya saat ini dan akan bekerja keras. Kemudian, Yuito menunjukkan kepada Hitomi sepotong tangan manusia baru yang meraih pemandangan bola transparan yang dipenuhi benda berwarna-warni, yang membangkitkan kerinduannya yang hilang untuk melihat warna. Saat melihat cakrawala malam, Hitomi berterus terang kepada semua anggota klub tentang kurangnya kemampuannya melihat warna.
8"Fragile Fragments"
Transkripsi: "Hokorobi no Kakera" (ほころびのカケラ)
24 November 2018 (2018-11-24)
Kohaku berteori bahwa Hitomi secara tidak sadar menggunakan sihir pada dirinya sendiri yang menghasilkan dunia monokromatiknya dan meminta bantuan Yuito melakukan segala macam eksperimen yang memalukan dengan Hitomi untuk mendapatkan petunjuk tentang bagaimana Kohaku dapat mematahkan mantranya, seperti memanggilnya dengan nama depannya dan membuat mereka dekat satu sama lain. Eksperimen ini terbukti gagal besar dan Kohaku mempraktikkan sihir waktu untuk mengembalikan Hitomi ke waktu aslinya. Namun, para anggota klub merasakan kesedihan mengingat kepergian Hitomi yang akan segera terjadi, sedangkan Hitomi sendiri tidak mau kembali.
9"Wandering Words"
Transkripsi: "Samayou Kotoba" (さまよう言葉)
1 Desember 2018 (2018-12-01)
Shō Yamabuki mengajak Hitomi berkeliling sesuai permintaannya untuk mengambil foto kota di era ini dan mengakui perasaan pada Hitomi setelah itu, tetapi Hitomi malah melarikan diri dengan panik. Hitomi meminta nasihat Kohaku keesokan harinya sambil menghindari Shō Yamabuki dan melewatkan aktivitas klub. Asagi juga mulai mendapat kabar bahwa ada sesuatu yang terjadi dan memberitahu Hitomi bahwa ia harus memberikan jawaban yang tepat kepadanya, yang dilakukan Hitomi keesokan harinya. Namun, Asagi segera menyadari apa yang terjadi dan memberitahu Hitomi bahwa Asagi menyukai Shō Yamabuki dan ia sudah lama berteman sejak mereka masih kecil sebelum Asagi melarikan diri.
10"Monochromatic Crayon"
Transkripsi: "Monokuro no Kureyon" (モノクロのクレヨン)
8 Desember 2018 (2018-12-08)
Asagi dan Hitomi berdamai dengan makan parfait bersama. Untuk kegiatan klub selanjutnya, Kohaku menggunakan sihir dengan membawa para siswa yang datang untuk melihat antologi klub fotografi dan seni ke dalam foto dan gambar, tetapi di tengah perjalanan pulang, Kohaku mengungkapkan kepada Hitomi bahwa Hitomi yang akan melakukan sihir. Ingin membuat semua orang merasakan pemandangan cerah dan penuh warna yang sama, Hitomi berlatih tanpa henti dan kembali ke rumah dengan pesawat kertas dan foto Kohaku tentang Inggris. Setelah menguasai sihir yang bertahan selama 3 menit, para anggota klub memasuki salah satu gambar Yuito yang menggambarkan dunia fantasi, di mana Yuito dan Hitomi bertemu dengan ikan emas sekali lagi. Mereka berdua mengikutinya ke dalam kegelapan, tetapi Yuito segera menyadari bahwa Hitomi hilang dan berubah menjadi patung batu di samping pintu bambu yang berat. Saat membukanya, Yuito melihat Hitomi kecil menggambar dengan warna monokromatik sungai yang memisahkan ratu dan putri yang menangis. Yuito mencoba menggambar perahu, burung dan kemudian jembatan pelangi untuk diseberangi sang putri, tetapi Hitomi menolak semuanya. Kembali ke masa kini, Hitomi memberitahu Aoi tentang masa lalunya bahwa ibunya adalah orang pertama dari keluarga Tsukishiro yang tidak bisa menggunakan sihir dan malah melahirkan seorang putri yang bisa menggunakan sihir. Suatu hari, ibunya pergi meninggalkan Hitomi dan hal itu membuat Hitomi percaya bahwa kepergian ibunya adalah hukuman baginya agar bisa bahagia dengan kemampuannya, tetapi ia tidak mampu menyadari kesedihan ibunya dan membuatnya bahagia kembali sehingga Hitomi percaya bahwa sihir adalah sesuatu yang merusak hubungan mereka dan mengarah pada kebenciannya.
11"The Waning Moon"
Transkripsi: "Kaketeiku Tsuki" (欠けていく月)
15 Desember 2018 (2018-12-15)
Yuito mengantarnya pulang setelah Hitomi menangis. Beberapa hari kemudian, para anggota klub seni dan fotografi ajaib melakukan persiapan, tetapi saat mereka bersih-bersih, Hitomi tiba-tiba menghilang dan muncul kembali, berkomentar seolah-olah waktu berhenti sejenak dan membuat Kohaku khawatir. Kohaku mengirim surat kepada Profesor Uttley dari sekolah sihirnya di Inggris, lalu ia mendapat kabar bahwa sihir waktu tidak permanen dan karena kehadiran Hitomi adalah sebuah anomali, hal itu pasti akan menyebabkan perbedaan dalam perjalanan masa lalu dan menciptakan "celah waktu" yang tak terelakkan di mana orang atau objek yang dipermasalahkan bisa terjebak di sana jika dibiarkan terlalu lama. Dengan diri mudanya yang masih kekurangan kekuatan sihir, Kohaku meminta agar Hitomi bekerja sama dengannya untuk mengirimnya kembali ke waktu aslinya dan berusaha menemukan bintang pasir berkualitas tinggi yang paling murni dan kemungkinan meminta bantuan para anggota klub. Sementara itu, Hitomi berusaha dengan kurangnya motivasinya untuk kembali ke rumah dan mulai lebih sering menghilang. Kohaku memutuskan bahwa Hitomi akan pergi dalam dua hari di malam festival budaya, di mana bulan baru akan muncul untuk memaksimalkan kekuatan bintang dan pasir. Malam itu, Hitomi mengirimkan pesawat kertas ke Yuito di malam hari dan mereka berpelukan setelah bertemu, membenarkan perasaan mereka satu sama lain.
12"On the Bright, Shining Day"
Transkripsi: "Hikaru Hikaru Kono Ichinichi ga Hikaru" (光る光るこの一日が光る)
22 Desember 2018 (2018-12-22)
Hitomi berbicara dengan Yuito, yang memberitahunya bahwa Yuito senang bertemu dengannya dan Hitomi mencari tahu alasan dirinya dibawa kembali ke masa ini. Keesokan harinya, semua orang menghadiri festival dan bersenang-senang, sedangkan pada malam hari keluarga Kohaku mengadakan pesta untuk mengucapkan selamat tinggal. Hari kedua festival budaya mengingatkan Asagi pada hari terakhir Hitomi dan ia meyakinkan Shō Yamabuki untuk membiarkan Yuito dan Hitomi memiliki waktu berduaan menjelajahi festival bersama, tetapi Yuito ragu untuk mengakuinya dengan benar. Malam itu, semua siswa mengadakan pesta di halaman sekolah setelahnya di mana Kohaku dan Hitomi menyulap kembang api ajaib. Dalam kebahagiaannya yang luar biasa, Hitomi menyadari bahwa sekali lagi, ia telah mendapatkan kembali indra warnanya, tetapi juga hanya untuk sesaat. Semua orang kemudian menuju ke taman setelah hari yang memuaskan, tetapi kesedihan mereka kembali saat Kohaku bersiap mengirim Hitomi kembali ke masa depan.
13"The World in Colors"
Transkripsi: "Irozuku Sekai no Ashita kara" (色づく世界の明日から)
29 Desember 2018 (2018-12-29)
Para anggota klub membuat bintang pasir dan jejak mereka sendiri agar Hitomi dapat menggabungkan sihir. Karena masih ada sedikit waktu tersisa sebelum bulan benar-benar matang, masing-masing anggota memutuskan untuk meninggalkan pesan pribadi mereka kepada Hitomi: Shō Yamabuki berharap agar ia lebih percaya diri, Chigusa ingin ia lebih banyak tersenyum, Kurumi berterima kasih padanya karena telah bergabung dengan klub. Asagi berjanji untuk menulis suratnya bertanggal masa depan, Kohaku memberinya cintanya dan Yuito mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan dan berjanji tidak akan pernah melupakannya. Hitomi juga memberitahu betapa dirinya telah berubah sejak datang ke masa ini dan berterima kasih kepada mereka atas semua perasaan dan kenangan yang tak tergantikan ini. Namun di tengah pernyataan perasaannya, sihir Hitomi mengganggu dan mematahkan sihir waktu. Yuito melompat ke dalam lingkaran sihir untuk menyelamatkannya, tetapi mereka kembali ke kamar Hitomi yang berisi gambar monokromatik. Mereka berdua akhirnya mengakui perasaan mereka setelah menyadari bahwa mereka selalu serupa dalam menutup diri dari emosi mereka sendiri dan saling berpelukan. Bagi mereka yang sama-sama membawa warna ke masa depan satu sama lain, Hitomi mendapatkan kembali indra warnanya dan mereka berhasil dibawa kembali ke masa kini. Selanjutnya, Hitomi telah kembali ke masa depan setelah semua orang mengucapkan selamat tinggal, tetapi hanya Kohaku yang mengetahui bahwa sihir waktu yang digunakannya tidak berhasil, sebaliknya penghapusan warna secara tidak sadar yang dilakukan oleh Hitomi dari penglihatannya adalah batas yang telah menghancurkan sihir waktu milik Kohaku. Pada tahun 2078, Kohaku tua memberi Hitomi kapsul waktu yang dibuat semua orang yang menggunakan keterampilan fotografi mereka, tetapi ia sangat tersentuh oleh buku bergambar berjudul "Penguin Tujuh Warna" yang merupakan satu-satunya buku berwarna yang dibacanya saat masih kecil, terungkap ditulis oleh Yuito Aoi sendiri dan merinci perubahan penguin monokromatik (Hitomi) menjadi berwarna-warni dengan bantuan kelinci (Asagi), tupai terbang (Kurumi), beruang (Yuito), anjing (Shō Yamabuki), kucing (Chigusa) dan burung beo (Kohaku). Hitomi, setelah mendapatkan kembali orang-orang dan emosi yang hilang sejak kecil, kembali ke kehidupannya dengan semangat dan kebahagiaan baru.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seri ini dijadwalkan akan tayang perdana pada tanggal 5 Oktober pukul 25:55 yang sama dengan tanggal 6 Oktober pukul 01:55 JST.[7]
  2. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Amazon Video.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Fall 2018 Anime Preview Guide - IRODUKU: The World in Colors". Anime News Network. Diakses tanggal 17 April 2019. 
  2. ^ a b c Ressler, Karen (23 Maret 2018). "P.A. Works' Iroduku Sekai no Ashita kara. Anime Promo Video Reveals Staff, Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 23 Maret 2018. 
  3. ^ "Cast & Staff". 色づく世界の明日から 公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 6 Oktober 2018. 
  4. ^ a b c d e f g Loo, Egan (9 Agustus 2018). "P.A. Works' Iroduku Sekai no Ashita kara. Anime Lists More Cast, Song Artists, Composer, Amazon Streaming in 2nd Video". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Agustus 2018. 
  5. ^ Hodgekins, Crystalyn (16 Maret 2018). "P.A. Works Reveals Iroduku Sekai no Ashita kara Anime Project". Anime News Network. Diakses tanggal 16 Maret 2018. 
  6. ^ Sherman, Jennifer (12 Oktober 2018). "IRODUKU : The World in Colors Anime Listed With 13 Episodes". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2018. 
  7. ^ a b Ressler, Karen (10 September 2018). "P.A. Works' Iroduku Sekai no Ashita kara. Anime Reveals October 5 Premiere, Character Designs". Anime News Network. Diakses tanggal 10 September 2018. 
  8. ^ "P.A. Works' Iroduku Sekai no Ashita kara. Anime Lists More Cast, Song Artists, Composer, Amazon Streaming in 2nd Video". Anime News Network. 9 Agustus 2018. Diakses tanggal 6 November 2018. 
  9. ^ Hazra, Adriana (21 Agustus 2021). "Sentai Filmworks Licenses 8 Anime Including Kakegurui, Made in Abyss Season 2". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Agustus 2022. 
  10. ^ "Iroduku: The World in Colors English Dub Streams on Hidive June 19!". Hidive. 16 Juni 2022. Diakses tanggal 16 Juni 2022. 
  11. ^ "Story" (dalam bahasa Jepang). P.A. Works. Diakses tanggal 28 November 2018. 
  12. ^ "放送情報" (dalam bahasa Jepang). MBS. Diakses tanggal 28 November 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]