Shiroi Suna no Aquatope

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shiroi Suna no Aquatope
白い砂のアクアトープ
(Shiroi Suna no Akuatōpu)
Seri anime
SutradaraToshiya Shinohara
SkenarioYūko Kakihara
MusikYoshiaki Dewa
StudioP.A.Works
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, BS Fuji, AT-X, MBS, RBC
Tayang 9 Juli 2021 17 Desember 2021
Episode24
 Portal anime dan manga

Shiroi Suna no Aquatope (Jepang: 白い砂のアクアトープ, Hepburn: Shiroi Suna no Akuatōpu, terj. Aquatope di Atas Pasir Putih), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul The Aquatope on White Sand, adalah seri televisi anime yang diproduksi oleh P.A.Works. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 9 Juli hingga tanggal 17 Desember 2021. Seri ini mendapatkan lisensi di wilayah Amerika Utara oleh Crunchyroll.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlatar di kota Nanjō, Okinawa,[1] seri ini menceritakan tentang kisah dua gadis. Kukuru Misakino mengejar mimpinya dengan bekerja di akuarium dan Fūka Miyazawa, seorang idola dari Tokyo, yang telah melepaskan posisinya dan melakukan perjalanan ke Okinawa untuk mencari sesuatu yang baru.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Kukuru Misakino (海咲野くくる, Misakino Kukuru)
Pengisi suara: Miku Itō[2]
Seorang siswa SMA yang bekerja di Akuarium Gama Gama sebagai wakil direktur. Ia bertekad untuk menyelamatkan akuarium dengan kreativitas dan kerja keras. Kecintaannya pada makhluk laut tidak mengenal batas. Ia tinggal bersama kakek dan neneknya karena orang tuanya meninggal ketika ia masih kecil. Setelah penutupan Akuarium Gama Gama, ia lulus SMA dan mendapatkan pekerjaan di Akuarium Tingarla atas rekomendasi kakeknya, tetapi ia ditempatkan di divisi humas dan pemasaran oleh direkturnya. Saat bekerja di Akuarium Tingarla, ia dijuluki "Plankton" oleh wakil direktur.
Fūka Miyazawa (宮沢風花, Miyazawa Fūka)
Pengisi suara: Rikako Aida[2]
Seorang mantan idola yang telah menyerah pada mimpinya demi anggota lain dan melarikan diri ke Okinawa. Ketenarannya sebelumnya sangat mengganggunya, seperti keputusannya untuk mengorbankan karier idolanya, tetapi Akuarium Gama Gama segera menjadi tempat yang aman dan gairah barunya. Setelah penutupan Akuarium Gama Gama, ia kembali ke kampung halamannya di Iwate. Meskipun ia ditawari peran film untuk menghidupkan kembali karier hiburannya, ia malah kembali ke Okinawa untuk bekerja di Akuarium Tingarla sebagai penjaga di divisi hewan akuatik.
Tsukimi Teruya (照屋月美, Teruya Tsukimi)
Pengisi suara: Azumi Waki[3]
Sahabat masa kecil Kukuru. Ia membantu ibunya menjalankan restoran lokalnya bernama "Kamee". Ia dijuluki "Udon-chan" karena namanya adalah tipe udon, Tsukimi Udon. Setelah lulus, ia bekerja paruh waktu di restoran bernama "Ohana" sebagai magang, sedangkan ibunya mengambil alih Kamee.
Karin Kudaka (久高夏凛, Kudaka Karin)
Pengisi suara: Lynn[3]
Seorang wanita yang bekerja untuk membantu kota dengan meningkatkan turisnya. Ia dekat dengan Kukuru dan akrab dengan Fūka setelah pertemuan pertama mereka. Setelah penutupan Akuarium Gama Gama, ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendapatkan pekerjaan di Akuarium Tingarla hingga ia berada di divisi yang sama dengan Kukuru.
Kai Nakamura (仲村櫂, Nakamura Kai)
Pengisi suara: Shimba Tsuchiya[4]
Sahabat masa kecil Kukuru. Ia sering membantu ayahnya yang seorang nelayan dan memutuskan untuk bekerja paruh waktu di Akuarium Gama Gama, membantu Kukuru dalam usahanya untuk mencegah penutupan. Setelah lulus, ia mendapatkan pekerjaan di Akuarium Tingarla bersama dengan Kukuru di divisi hewan akuatik. Sangat tersirat bahwa ia memiliki perasaan terhadap Kukuru. Ia juga memiliki seorang adik perempuan bernama Maho.
Kūya Yakamashi (屋嘉間志空也, Yakamashi Kūya)
Pengisi suara: Yōhei Azakami[4]
Seorang karyawan di Akuarium Gama Gama. Ia sangat dingin dan suka menyendiri. Meskipun ia sering mengeluh tentang beban kerja yang diberikan oleh Kukuru, ia sangat bersemangat dengan pekerjaannya, meskipun ia tidak menunjukkannya setiap saat. Karena keadaan masa lalu, ia juga dikenal buruk dalam berurusan dengan wanita dan sering lebih energik saat mengonsumsi alkohol atau berada di sekitar pria. Setelah penutupan Akuarium Gama Gama, ia pindah ke Akuarium Tingarla atas rekomendasi direktur Akuarium Gama Gama.

Karyawan Akuarium Tingarla[sunting | sunting sumber]

Chiyu Haebaru (南風原知夢, Haebaru Chiyu)
Pengisi suara: Yui Ishikawa[5]
Seorang karyawan di Akuarium Tingarla, akuarium yang dijadwalkan dibuka di pusat kota setelah penutupan Akuarium Gama Gama. Ia ditugaskan untuk magang di Akuarium Gama Gama. Setelah berusaha bertahan dengan perilaku bias Kukuru, ia menyimpulkan bahwa magang di Akuarium Gama Gama tidak efektif untuknya sebagai seseorang yang melakukan magang berjam-jam untuk mencapai pekerjaan impiannya. Ia akhirnya memutuskan pindah ke akuarium lain untuk melanjutkan magangnya karena hal ini. Terungkap kemudian bahwa keputusasaannya terhadap pekerjaannya berasal dari pengalaman masa lalunya di mana ia kehilangan pekerjaannya di akuarium lain karena ia tidak dapat mengelola pekerjaan penuh waktu sambil membesarkan anaknya sebagai ibu tunggal.
Kaoru Shimabukuro (島袋薫, Shimabukuro Kaoru)
Pengisi suara: Mikako Komatsu[6][7]
Seorang pemelihara ikan di Akuarium Tingarla yang pernah belajar bersama dengan Chiyu. Ia sering disangka laki-laki karena penampilan dan perilakunya yang tomboi. Ia juga bersemangat tentang masalah lingkungan dan ia akhirnya dipilih untuk kursus pelatihan khusus di Hawaii.
Akari Maeda (真栄田朱里, Maeda Akari)
Pengisi suara: Kiyono Yasuno[6][7]
Seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Akuarium Tingarla dan memiliki kepribadian yang ramah.
Marina Yonekura (米倉マリナ, Yonekura Marina)
Pengisi suara: Nao Tōyama[6][7]
Seorang gadis yang bekerja sebagai pemberi makan penguin. Ia berketurunan Venezuela yang awalnya kesulitan berbicara dalam bahasa Jepang sehingga ia memilih untuk bekerja di akuarium karena ia tidak perlu berbicara sekaligus dapat berkomunikasi dengan makhluk laut.
Eiji Higa (比嘉瑛士, Higa Eiji)
Pengisi suara: Yūsuke Nagano[6][7]
Seorang pemberi makan ikan di Akuarium Tingarla yang baru mendapatkan pekerjaan di akuarium setelah menyelesaikan sekolah pascasarjana. Ia sering menghubungkan orang-orang di sekitarnya dengan makhluk laut dan melihat hal-hal dalam konteks kehidupan laut.
Akira Hoshino (星野晃, Hoshino Akira)
Pengisi suara: Masaki Terasoma[6][7]
Direktur Akuarium Tingarla dari Hawaii dan kenalan kakek Kukuru, yang memiliki kepribadian ceria terhadap karyawan dan wisatawan.
Tetsuji Suwa (諏訪哲司, Suwa Tetsuji)
Pengisi suara: Satoshi Hino[6][7]
Wakil direktur Akuarium Tingarla yang tangguh dan tanpa basa-basi yang bekerja di divisi penjualan dan tidak menunjukkan banyak emosi. Ia adalah mantan bankir.
Bondo Garandо̄ (雅藍洞凡人, Garandо̄ Bondo)
Pengisi suara: Shūhei Sakaguchi[6][7]
Manajer peternakan yang tenang dan ramah serta sangat kontras dengan sikap serius wakil direktur selama jam kerja.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Kakek (おじい, Ojī)
Pengisi suara: Hiroshi Yanaka[4]
Direktur Akuarium Gama Gama dan kakek Kukuru. Ketika ia mengambil alih Akuarium Gama Gama, ia tidak pernah tahu apa yang harus dilakukan dengan tempat itu. Sambil berniat untuk melepaskan akuarium, ia juga mempertimbangkan untuk membiarkan Kukuru mengambil kesempatan untuk menghidupkan kembali tempat itu.

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri televisi anime Shiroi Suna no Aquatope diumumkan pada tanggal 15 Januari 2021. Seri ini disutradarai oleh Toshiya Shinohara dan ditulis oleh Yūko Kakihara. U35 dan Yuki Akiyama berperan sebagai perancang karakter, sedangkan Yoshiaki Dewa berperan sebagai penyusun musik. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 9 Juli hingga tanggal 17 Desember 2021 di Tokyo MX dan saluran lainnya.[2][4] Lagu tema pembuka pertama, "Tayutae, Nanairo" (たゆたえ、七色, lit. "Sway, Seven Colors"), dibawakan oleh Arcana Project,[8] sedangkan lagu tema penutup pertama, "Tsukiumi no Yurikago" (月海の揺り籠, lit. "Moon Ocean's Cradle"), dibawakan oleh Mia Regina.[3] Lagu tema pembuka kedua, "Tomedonai Shiosai ni Bokutachi wa Nani o Utau darō ka" (とめどない潮騒に僕たちは何を歌うだろうか, lit. "What We Sing in the Unstoppable Tide"), dibawakan oleh Arcana Project, sedangkan lagu tema penutup kedua, "Shingetsu no Da Capo" (新月のダ・カーポ, lit. "New Moon's Da Capo"), dibawakan oleh Risa Aizawa dari Dempagumi.inc.[5] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini di luar Asia.[9] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Asia Tenggara.[10] Seri ini berjalan selama 24 episode.[11]

No.Judul [12][a]Sutradara [b]Penulis skenarioStoryboardTanggal tayang asli [14]
1"The Tropical Fish Ran Away"
Transkripsi: "Nettaigyo, Nigeta" (熱帯魚、逃げた)
Yasuo FujiiYūko KakiharaToshiya Shinohara9 Juli 2021 (2021-07-09)
Kukuru Misakino adalah seorang gadis SMA yang senang dengan makhluk lautan. Isi kepalanya penuh dengan pikiran tentang Akuarium Gama Gama di mana ia bekerja sebagai wakil direktur di sana. Untuk melindungi akuarium yang akan ditutup itu, ia bekerja sangat giat, bahkan saat liburan musim panas. Di sisi lain, Fūka Miyazawa, yang berhenti dari pekerjaannya sebagai idola, datang ke Okinawa tanpa memiliki tujuan untuk kedepannya, tetapi ia diantarkan ke Akuarium Gama Gama oleh Karin Kudaka, anggota asosiasi turis yang kebetulan lewat dan berjumpa dengannya. Ketika Fūka mengalami hal aneh saat berada di depan akuarium, Kukuru bertanya kepadanya.
2"Getting Wet Is Part Of the Job"
Transkripsi: "Nureru no mo Shigoto no Uchi" (Jepang: 濡れるのも仕事のうち)
Tomoaki ŌtaYūko KakiharaMasahiro Andō16 Juli 2021 (2021-07-16)
Kakek dan nenek Kukuru menyambut Fūka yang bekerja di Akuarium Gama Gama dan ia pun bergabung bersama keluarga Misakino. Karena akuariumnya mendekati masa penutupan, Kukuru semakin menunjukkan semangatnya dalam bekerja dan memberitahu bahwa libur musim panas ini adalah kesempatan terakhirnya untuk menghidupkan kembali akuarium. Esoknya, Fūka mengetahui dari Kukuru bahwa bekerja di akuarium adalah pekerjaan yang sulit. Mereka berdua akhirnya memutuskan untuk mengadakan acara memberi makan penguin.
3"Life Begins In the Ocean"
Transkripsi: "Inochi wa, Umi Kara" (いのちは、海から)
Tetsuo IchimuraYūko KakiharaTetsuo Ichimura23 Juli 2021 (2021-07-23)
Kukuru dan Fūka semakin mengenal satu sama lain. Saat kakek Kukuru pergi karena urusan kerja, mereka berdua sepakat untuk mengurus penguin bersama. Fūka melakukan pekerjaannya dengan sangat baik agar ia tidak dihantui perasaan aneh saat memberi makan penguin. Sementara itu, Kukuru malah merasakan ada sesuatu yang aneh dengan penguin. Karena kecemasannya yang harus berurusan dengan nyawa makhluk lain, ia pun menjadi tidak sabar agar kakeknya segera pulang. Akhirnya, ia memutuskan untuk berkonsultasi dengan Ibu Takeshita, seorang dokter hewan yang tengah cuti hamil.
4"Tropical Fish In Boots"
Transkripsi: "Nagagutsu o Haita Nettaigyo" (長靴をはいた熱帯魚)
Yuriko AbeMisuzu ChibaTensai Okamura30 Juli 2021 (2021-07-30)
Akuarium Gama Gama mengadakan acara kolam sentuh di mana para pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan makhluk laut. Kukuru sangat antusias untuk mengadakan acara tersebut. Kemudian ia menjadikan acara tersebut sebagai acara utama di liburan musim panas. Ia memberitahu para karyawannya, Kūya Yakamashi, dan sahabat masa kecilnya, Kai Nakamura. Di sisi lain, Fūka ditugaskan menjadi seorang pemandu dan ia pun bekerja keras agar acaranya berjalan sukses. Meskipun ia merasa kurang percaya diri untuk berdiri di depan khalayak ramai. Saat itu, Gousuke Guden, salah satu karyawan akuarium yang telah kembali dari cuti sakitnya, mengetahui bahwa Fūka adalah mantan idola.
5"Mother Arrives"
Transkripsi: "Haha no Raihō" (母の来訪)
Shuu HonmaYūko KakiharaTensai Okamura6 Agustus 2021 (2021-08-06)
Eri, ibunda Fūka, datang untuk membawa pulang putrinya dari Akuarium Gama Gama. Namun, Fūka belum mau pulang. Berkat bantuan Kukuru, Fūka pun bisa kabur dari ibunya. Karena Fūka tidak punya tempat tujuan ke mana ia akan pergi, Fūka berhenti di Kedai Kamee. Di kedai tersebut, Tsukimi Teruya, yang merupakan sahabat Kukuru, ikut membantunya. Sementara itu, Kukuru yang tertinggal sedang merencanakan strategi untuk menghentikan Eri.
6"Sweets Rhapsody"
Transkripsi: "Suītsu Rapusodi" (スイーツラプソディ)
Yasuyuki ŌishiMisuzu ChibaToshiya Shinohara13 Agustus 2021 (2021-08-13)
Kukuru mulai cemas karena Akuarium Gama Gama akan tutup di akhir Agustus. Ia memikirkan berbagai cara untuk menarik pengunjung, namun apa daya. Lalu, perkataan Fūka tentang memotivasinya untuk mencoba membuat manisan khas sebagai ciri keunikan Akuarium Gama Gama. Dengan bantuan Tsukimi, mereka bertiga berusaha keras untuk membuat sesuatu yang khas pada Akuarium Gama Gama. Setelah itu, mereka mencari ide untuk susunan menunya dan tampaknya ide mereka berjalan lancar.
7"Ice Cream Toast"
Transkripsi: "Aisu de Kanpai" (アイスで乾杯)
Mitsutaka NoshitaniYūko KakiharaMasahiro Andō20 Agustus 2021 (2021-08-20)
Berkat upaya Kukuru dan rekan-rekan lainnya, jumlah pengunjung Akuarium Gama Gama semakin meningkat. Kukuru senang dengan hasilnya, bahkan ia semakin bertekad untuk menghentikan penutupan akuarium. Namun, Kūya protes karena usulan Kukuru yang ceroboh. Karena sudah tidak sanggup menyaksikan situasinya, kakek pun memberi hari libur kepada para karyawan untuk bersantai sejenak. Keesokan harinya, mereka pergi ke pantai bersama Karin dan Tsukimi. Mereka menikmati hari libur mereka dengan barbeku dan bermain di laut. Lalu, datanglah tamu tak terduga yang bergabung dengan mereka juga.
8"crab crisis"Yasuo FujiiMisuzu ChibaTetsuo Ichimura27 Agustus 2021 (2021-08-27)
Akuarium Gama Gama mengadakan acara akuarium berjalan yang akan membawa makhluk laut ke suatu rumah sakit. Saat acaranya akan dimulai, para pengurus akuarium mulai mempersiapkannya dengan matang. Saat di perjalanan, Kukuru dan Karin menemui sang kepala perawat, Ibu Kinjo. Namun perkataan yang keluar dari mulut Ibu Kinjo membuat suasana menjadi tidak mengenakkan. Di sisi lain, Fūka yang tengah mempersiapkan acaranya menyadari bahwa ada kepiting, yang sebenarnya tidak boleh dibawa ke akuarium berjalan, masuk ke dalam tangki akuarium. Ia berusaha menangkapnya sebelum para karyawan rumah sakit menemukannya.
9"Cinderella, the Spy"
Transkripsi: "Shikaku no Shinderera" (刺客のシンデレラ)
Akira TakamuraYūko KakiharaMasahiro Andō3 September 2021 (2021-09-03)
Karyawan akuarium baru, Chiyu Haebaru, tiba untuk pelatihan dari Akuarium Tingarla yang sedang dibangun. Atas instruksi kakeknya, Kukuru diberi tugas menjadi pelatih Chiyu. Namun, Kukuru tidak menyetujui akuarium baru dan melihat Chiyu sebagai saingan. Lalu, Kukuru pun menguji kemampuannya. Mereka berdua masih tidak bisa akur satu sama lain. Setelah itu, mereka mulai mengajak penguin berjalan bersama Fūka.
10"Abandoned Illusions"
Transkripsi: "Okizari no Maboroshi" (置き去りの幻)
Noriyoshi SasakiYuka YamadaJong Heo10 September 2021 (2021-09-10)
Saat akuarium akan segera ditutup, Kukuru mencari ide terobosan untuk membalikkan keadaan. Ia mengusulkan untuk mempromosikan ilusi yang terjadi di akuarium yang pernah dilihat Fūka sebelumnya. Namun, Karin dan rekan-rekan lainnya menentang ide tersebut dan memberitahu bahwa mereka tidak dapat mempromosikan sesuatu yang tidak pasti. Meskipun begitu, Kukuru belum menyerah dan mulai mencari cara untuk memastikan ilusi itu bisa dilihat oleh siapa pun. Sementara itu, Fūka bingung mengetahui bahwa ia telah ditawari peran utama dalam sebuah film.
11"At the End of the Siege"
Transkripsi: "Rōjō no Hate" (籠城の果て)
Yuriko AbeMisuzu ChibaYoshiyuki Asai17 September 2021 (2021-09-17)
Suatu hari di bulan Agustus, angin topan mendekati kota Nanjō. Karena tidak terima dengan penutupan akuarium, Kukuru pun mengunci diri di Akuarium Gama Gama. Fūka, yang mencemaskan Kukuru, bergegas ke akuarium dan mengunci dirinya di sana. Namun, Kukuru kesal pada Fūka yang mengkhawatirkan masa depannya. Saat topan semakin besar, listrik di akuarium pun padam dan mereka berdua melihat kondisi akuarium untuk mengecek apakah ada yang salah dengan tangki atau kondisi makhluk laut di sana.
12"Our Oceans are Endless"
Transkripsi: "Watashitachi no Umi wa Owaranai" (私たちの海は終わらない)
Chihaya Tanaka
Tomoaki Ōta
Yūko KakiharaTensai Okamura24 September 2021 (2021-09-24)
Ini hari kerja terakhir bagi Akuarium Gama Gama dan ternyata ada banyak pengunjung yang datang. Akuarium Gama Gama beroperasi penuh dan para karyawan bekerja sebaik mungkin untuk membuat kenangan terakhir. Akuarium kecil itu tutup di tengah senyuman dan kebahagiaan pengunjungnya. Di malam hari setelah acara perpisahan, Fūka dan Kukuru membicarakan soal rencana mereka mendatang.
13"Tingarla in the Far Away Ocean"
Transkripsi: "Umi no Haruka na Tingāra" (海の遥かなティンガーラ)
Tomoaki ŌtaYūko KakiharaMasahiro Andō1 Oktober 2021 (2021-10-01)
Pada musim semi tahun berikutnya, bulan demi bulan pun berlalu sejak penutupan Akuarium Gama Gama. Setelah lulus SMA, Kukuru mendapat pekerjaan di Akuarium Tingarla. Ia ingin menjadi pengurus untuk pekerjaan barunya, tetapi untuk beberapa alasan ia ditugaskan ke divisi penjualan. Mengingat dirinya masih labil dan bingung, Kukuru pun menjalani pekerjaan barunya, lalu ia pun bertemu dengan Tetsuji Suwa, wakil direktur Akuarium Tingarla. Ia juga bertemu Chiyu, karyawan Akuarium Tingarla yang dulu datang ke Akuarium Gama Gama untuk pelatihan.
14"Penguin Chaser"
Transkripsi: "Pengin Cheisā" (ペンギンチェイサー)
Tetsuo IchimuraYuka YamadaTetsuo Ichimura8 Oktober 2021 (2021-10-08)
Fūka, yang sudah kembali ke Okinawa, menemui Kukuru yang sedang frustrasi karena pekerjaannya tidak berjalan mulus. Keesokan harinya, Kukuru diberi tugas oleh Tetsuji Suwa untuk menyiapkan acara tur halaman belakang. Ia meminta Chiyu, Kaoru Shimabukuro dan pengurus lainnya untuk saling membantu dalam mengadakan acara tersebut dalam seminggu.
15"The Great Sea Slug Debate"
Transkripsi: "Umiushi Dai Ronsen" (ウミウシ大論戦)
Akira TakamuraMisuzu ChibaAkira Takamura15 Oktober 2021 (2021-10-15)
Kukuru diperintahkan oleh Tetsuji Suwa untuk memikirkan ide untuk acara spesial yang diputuskan dengan terburu-buru. Fūka berkata bahwa artinya para pengunjung akan dapat melihat lebih banyak makhluk laut dan perkataan itu memicu Kukuru untuk menyelesaikan acara tersebut dengan sepenuh hati. Keesokan harinya, ia mengusulkan berbagai acara kepada Tetsuji Suwa, salah satu di antaranya adalah rencana memamerkan siput laut. Namun, akan ada banyak masalah yang akan datang saat pameran siput laut, salah satunya adalah kepelikan dalam mengurusnya.
16"Shout-Out to The Tattered"
Transkripsi: "Kizu-darake no Kimi ni Ēru o" (傷だらけの君にエールを)
Mitsutaka NoshitaniYūko KakiharaFumie Muroi22 Oktober 2021 (2021-10-22)
Telur-telur penguin di Akuarium Tingarla akan segera menetas. Fūka dan karyawan lain harus berjaga semalaman untuk memantau proses menetasnya. Namun, atas alasan tertentu, hanya Chiyu yang tak mendapat jadwal malam. Kukuru tidak suka hanya Chiyu yang mendapat perlakuan khusus, lalu Kukuru mendapat kabar dari kepala divisi peternakan, Bondo Garandо̄, bahwa Chiyu menyembunyikan sesuatu.
17"Hangout Spot Kuragefuu"
Transkripsi: "Kutsurogi Dokoro Kuragefū" (くつろぎ処 海月風)
Fumihiko SuganumaMisuzu ChibaTensai Okamura29 Oktober 2021 (2021-10-29)
Sudah lama setelah mereka mendapat liburan, akhirnya Kukuru, Fūka dan Tsukimi memutuskan untuk mengadakan perkumpulan bersama para karyawan Akuarium Tingarla. Mereka bertiga menyiapkan makanan untuk Akari Maeda, karyawan paruh waktu di divisi penjualan, dan Marina Yonekura, salah satu pengurus akuarium. Mereka bertiga ingin membuat para karyawan lain lebih santai dan tenang. Kemudian, Chiyu dan Kaoru yang baru saja selesai bekerja, ikut bergabung bersama mereka, termasuk Kūya, Kai dan rekan kerja Kai yaitu Eiji Higa. Mereka sangat menikmati liburan tersebut.
18"When The Light Shines"
Transkripsi: "Akari no Tomoru Toki" (あかりの灯るとき)
Hayato SakaiYuka YamadaMasakazu Hashimoto5 November 2021 (2021-11-05)
Atas usulan Akari, acara cosplay di mana para karyawan memakai kostum yang berhubungan dengan makhluk laut dan menyambut pengunjung pun disetujui. Tetapi Tetsuji Suwa memutuskan untuk menunjuk Kukuru dan Karin sebagai penanggung jawab acaranya dan bukan Akari, yang hanya karyawan paruh waktu. Kukuru berusaha agar Akari bisa menyukai makhluk laut, tetapi Akari sama sekali tidak tertarik dengan mereka. Lalu, semalam sebelum acara, ternyata stiker ikan yang akan dibagikan masih belum dipesan.
19"Goodbye, High Heels"
Transkripsi: "Sayonara Hai Hīru" (さよならハイヒール)
Noriyoshi SasakiHitomi OgawaNoriyoshi Sasaki12 November 2021 (2021-11-12)
Akuarium Tingarla akan menjadi tempat untuk membuat film dokumenter tentang anak penguin. Sehari sebelum syuting, seorang kru televisi sekaligus junior Fūka dari masa idolanya, Luka Shiroi, tiba untuk persiapan awal. Fūka senang melihat Luka lagi, tetapi karena saran sutradara acara televisi tersebut, ia diminta tampil di program acara sebagai reporter bersama Luka. Fūka berniat menolak, tetapi ia melihat Luka yang tampak cemas.
20"Lost Plankton"
Transkripsi: "Maigo no Purankuton" (迷子のプランクトン)
Tetsuo IchimuraYūko KakiharaTetsuo Ichimura19 November 2021 (2021-11-19)
Saat persiapan pembukaan area baru, Kukuru kewalahan dengan banyak pekerjaan. Sementara itu, ia mendengar dari Kūya jika ada lumba-lumba liar yang berkeliaran di pantai terdekat. Saat Kukuru pergi untuk memeriksanya, ia bertemu dengan kakeknya yang juga datang untuk melihat lumba-lumba. Kukuru terkejut saat mendengar dari kakeknya bahwa pembongkaran Akuarium Gama Gama akan segera dimulai. Namun, sebelum Kukuru memiliki waktu untuk meyakinkan perasaannya, Tetsuji Suwa memberikan proyek baru pada Kukuru.
21"Dreams of Blue Turtles"
Transkripsi: "Burū Tātoru no Yume" (ブルー・タートルの夢)
Tomonori MineYasuhiro NakanishiMasahiro Andō26 November 2021 (2021-11-26)
Kukuru menjumpai banyak masalah dalam pekerjaannya. Ketika Kukuru melihat Akuarium Gama Gama yang tinggal puing reruntuhan, ia pun terkejut. Keesokan harinya, Kukuru absen dari pekerjaan tanpa pemberitahuan dan pergi ke pulau terpencil di mana ia bertemu Misaki Guden, seorang peneliti penyu dan ahli konservasi lingkungan, sekaligus istri dari Gousuke Guden. Kukuru kemudian membantu pekerjaan Misaki dan memutuskan untuk mengamati menetasnya telur penyu. Di sisi lain, Fūka tak bisa berkonsentrasi saat bekerja karena ia khawatir dengan Kukuru. Sementara itu, sesuatu yang aneh terjadi pada Penguin Afrika yang diurus oleh Fūka.
22"Ready to Return"
Transkripsi: "Kakugo no Kikan" (覚悟の帰還)
Chihaya TanakaMisuzu ChibaTensai Okamura3 Desember 2021 (2021-12-03)
Setelah menyaksikan penetasan penyu, Kukuru kembali ke Akuarium Tingarla dengan semangat baru. Karin dan Akari menyambutnya dengan hangat dan Tetsuji Suwa memintanya melanjutkan rencana acara pernikahan di area baru. Kukuru sempat kesulitan mencari ide untuk acara pernikahan itu, tetapi dengan bantuan Chiyu dan teman-temannya, ia akhirnya berhasil menyelesaikan proposalnya. Lalu, tibalah hari di mana ia harus mempresentasikan proposalnya pada Miura, sang perencana acara pernikahan.
23"The Future of the Aquarium"
Transkripsi: "Suizokukan no Mirai" (水族館の未来)
Yuriko AbeYuka YamadaYuriko Abe10 Desember 2021 (2021-12-10)
Akira Hoshino, direktur Akuarium Tingarla, mengumumkan proyek besar yang bertujuan mempelajari kehidupan laut lebih lanjut dan mengatasi masalah lingkungan. Fūka sangat tertarik dengan proyek tersebut setelah mendengar dari Ibu Misaki bahwa banyak penyu yang mati karena polusi laut. Namun, ketika ia diberitahu bahwa ia harus mengikuti pelatihan dua tahun di Hawaii agar bisa mengikuti proyek tersebut, ia langsung mempertimbangkan kembali niatnya karena tidak ingin terpisah jauh dari Kukuru. Di sisi lain, Kukuru melakukan wawancara dengan Akira Hoshino untuk membahas pemindahannya ke divisi peternakan. Saat proses wawancara, ia diberitahu tentang masa lalu Tetsuji Suwa.
24"The Aquatope on White Sand"
Transkripsi: "Shiroi Suna no Akuatōpu" (白い砂のアクアトープ)
Tomoaki Ōta
Toshiya Shinohara
Yūko KakiharaYuriko Abe
Toshiya Shinohara
17 Desember 2021 (2021-12-17)
Para karyawan Akuarium Tingarla bekerja keras untuk menyiapkan acara pernikahan dan acara prapembukaan area baru yang direncanakan oleh Kukuru. Persiapannya berjalan lancar, hingga tiba saatnya acara berlangsung, tempat acara tersebut dipenuhi oleh wajah-wajah tersenyum para pengunjung dan pasangan pengantin. Setelah berhasil menyelesaikan proyek besar tersebut, Fūka dan Kukuru berpisah. Selagi mereka menjalani jalan hidup baru, suatu keajaiban terjadi.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.[13]
  2. ^ Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "P.A.WORKS新作アニメ「白い砂のアクアトープ」7月から、伊藤美来・逢田梨香子出演". Natalie.mu. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  2. ^ a b c "P.A Works Reveals Aquatrope of White Sand Original Anime for July". Anime News Network. 15 Januari 2021. Diakses tanggal 15 Januari 2021. 
  3. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (6 April 2021). "Aquatope of White Sand Anime Reveals Promo Video, More Cast, Theme Song Artists". Anime News Network. Diakses tanggal 6 April 2021. 
  4. ^ a b c d Pineda, Rafael Antonio (14 Mei 2021). "P.A. Works' Aquatope of White Sand Anime Unveils More Cast, July 8 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Mei 2021. 
  5. ^ a b "P.A. Works' Aquatope of White Sand Anime Casts Yui Ishikawa, Reveals 2nd Opening/Ending Themes". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 Agustus 2021. 
  6. ^ a b c d e f g Mateo, Alex (23 September 2021). "P.A. Works' Aquatope of White Sand Anime Reveals More Cast, New Promo Video, Visual". Anime News Network. Diakses tanggal 23 September 2021. 
  7. ^ a b c d e f g Dennison, Kara (23 September 2021). "The aquatope on white sand Welcomes 7 New Cast Members for Second Cour". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2021. Diakses tanggal 24 September 2021. 
  8. ^ Harding, Daryl. "Cool Down With The aquatope on white sand Creditless Opening Theme". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Juli 2021. 
  9. ^ Cardine, Kyle (22 Juni 2021). "Crunchyroll Announces Summer 2021 Anime Lineup!". Crunchyroll. Diakses tanggal 22 Juni 2021. 
  10. ^ "【JULY DISTRIBUTION ANNOUNCEMENT】 《The Aquatope on White Sand》 This is not a YouTube upload announcement! A refreshing summer Anime about aquariums is coming up! I want to swim among fishes too~ The visuals looks beautiful already!!". Facebook. 10 Juni 2021. Diakses tanggal 10 Juni 2021. 
  11. ^ "Blu-ray|TVアニメ『白い砂のアクアトープ』". aquatope-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 Agustus 2021. 
  12. ^ "Sutōrī|Terebi Anime "Shiroi Suna no Akuatōpu"" Story|TVアニメ『白い砂のアクアトープ』 [Story|TV Anime "Aquatope of White Sand"]. aquatope-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juli 2021. Diakses tanggal 5 Juli 2021. 
  13. ^ "The aquatope on white sand - Watch on Crunchyroll". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juli 2021. Diakses tanggal 8 Juli 2021. 
  14. ^ "Hōsō Jōhō|Shiroi Suna no Akuatōpu|Anime|Tōkyō Emu Ekkusu" 放送情報|白い砂のアクアトープ|アニメ|TOKYO MX [Broadcast Information|Aquatope of White Sand|Anime|Tokyo MX]. Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Agustus 2021. Diakses tanggal 22 Agustus 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]