Yuki Yuna is a Hero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yuki Yuna is a Hero
Visual promosi yang menampilkan (kiri ke kanan) Inubozaki Itsuki, Inubozaki Fu, Togo Mimori, dan Yuki Yuna.
結城友奈は勇者である
(Yūki Yūna wa Yūsha de Aru)
Genre
PenciptaProject 2H
 Portal anime dan manga

Yuki Yuna Is a Hero (Jepang: 結城友奈は勇者である, Hepburn: Yūki Yūna wa Yūsha de Aru, Indonesia: Yuki Yuna Adalah Pahlawan) adalah sebuah anime Jepang bertema gadis penyihir karya Takahiro, diproduksi oleh Studio Gokumi, dan disutradarai oleh Kishi Seiji sebagai bagian dari karya media bertajuk Takahiro IV Project. Serial ini ditayangkan di Jepang pada 17 Oktober hingga 26 Desember 2014, di MBS. Anime ini telah dilisensikan oleh label Pony Canyon Amerika Utara, Ponycan Amerika Serikat. Berbagai novel ringan dan serial manga telah diterbitkan oleh ASCII Media Works. Sebuah gim dari PlayStation Vita telah dirilis di Jepang pada Februari 2015. Sebuah novel visual untuk Windows telah dirilis pada Desember 2014 bersamaan dengan volume pertama dari DVD dan Blu-ray Disc anime ini, dan perilisan kedua bersamaan dengan volume keenamnya pada Mei 2015. Musim kedua anime ini, yang memuat sebuah prekuel dari novel ringan dan sekuel dari animenya, tayang antara Maret 2017 hingga Januari 2018. Sebuah gim ponsel pintar diluncurkan pada 2017 dan mendapat adaptasi serial animasi singkat berjudul Yuki Yuna Is a Hero: Churutto!, yang ditayangkan dari April hingga Juni 2021. Musim ketiganya ditayangkan pada Oktober hingga Desember 2021.

Alur[sunting | sunting sumber]

Cerita berlatar di sebuah pulau Jepang, Shikoku, tepatnya di sebuah kota khayal bernama Sanshu yang didasarkan pada kota sungguhan yakni Kan'onji di Prefektur Kagawa, pada tahun 300 Era Ilahi (神世紀, Shinseiki). Yuna, Mimori, Fu, dan Itsuki adalah anggota Klub Pahlawan SMP Sanshu (讃州中学勇者部, Sanshū Chūgaku Yūsha-bu) yang membaktikan diri mereka untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Suatu ketika di hari-hari biasa, anggota Klub Pahlawan mendapati cahaya benderang yang menyilaukan dan mereka pun terdampar di sebuah tempat aneh yang mirip hutan. Di sana, mereka menjumpai monster misterius yang dikenal sebagai Vertex, yang berniat menghancurkan Shinju (神樹, "Pohon Ilahi"), sosok ilahiah yang memberkati dan melindungi umat manusia. Dengan menggunakan aplikasi ponsel istimewa yang diberi oleh Taisha, sebuah organisasi pemuja Shinju, Yuna dan teman-temannya harus berubah menjadi "pahlawan" melalui kekuatan ajaib demi melindungi dunia mereka dari marabahaya yang akan datang.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Klub Pahlawan SMP Sanshu[sunting | sunting sumber]

Yuki Yuna (結城 友奈, Yūki Yūna)
Pengisi suara: Haruka Terui[3] (Jepang); Xanthe Huynh[4] (Inggris)
Seorang siswi kelas dua SMP dan anggota Klub Pahlawan. Dia mendambakan dirinya untuk menjadi pahlawan yang bisa membantu sesama dan senantias optimis. Yuna memakai sarung tinju berzirah untuk pertarungan jarak-dekat dalam wujud pahlawannya dan punya seekor familiar mirip sapi bernama Gyūki (牛鬼) yang bisa berkeliaran dengan bebas, tidak seperti familiar lainnya; dia juga kemudian memperoleh familir lain yang mirip kucing bernama Kasha (火車).
Togo Mimori (東郷 美森, Tōgō Mimori) / Washio Sumi (鷲尾 須美, Washio Sumi)
Pengisi suara: Suzuko Mimori[3] (Jepang); Erika Harlacher[4] (Inggris)
Sahabat Yuna sekaligus teman sekelas dan sesama anggota klub yang tinggal bersebelahan dengan Yuna; Mimori lebih suka dipanggil dengan marganya alih-alih nama depannya. Mimori sangat bangga pada warisan budaya bangsanya dan selalu siap sedia untuk mempertahankan negeri serta melindungi orang-orang di dalamnya. Dia kehilangan fungsi kaki dan ingatannya karena mengalami kecelakaan mobil. Dalam wujud pahlawannya, Mimori memakai pistol dan senapan runduk untuk pertarungan jarak-jauh, dan pitanya berfungsi sebagai penopang untuk bergerak. Dia punya tiga familiar, Gyōbudanuki (刑部狸), Aobōzu (青坊主), dan Shiranui (不知火). Nantinya, dia memperoleh familiar baru bernama Kawabataru (川蛍).
Inubozaki Fu (犬吠埼 風, Inubōzaki Fū)
Pengisi suara: Yumi Uchiyama[3] (Jepang); Erica Mendez[4] (Inggris)
Siswa kelas tiga SMP dan ketua Klub Pahlawan. Dia adalah kakak dari Itsuki, yang selalu merawat dirinya setelah kematian orang tua mereka. Dia sangat paham soal Shinju dan Vertex, dialah yang memberikan ponsel dengan aplikasi istimewa kepada para anggota Klub Pahlawan guna melawan Vertex. Fu memakai pedang besar dalam wujud pahlawannya dan punya familiar bernama Inugami (犬神). Nantinya dia juga memperoleh familiar lain bernama Kamaitachi (鎌鼬).
Inubozaki Itsuki (犬吠埼 樹, Inubōzaki Itsuki)
Pengisi suara: Tomoyo Kurosawa[3] (Jepang); Brianna Knickerbocker[4] (Inggris)
Siswi kelas satu SMP dan anggota Klub Pahlawan. Itsuki adalah adik dari Fu, dan dia sangat mengagumi kakaknya.
Miyoshi Karin (三好 夏凛, Miyoshi Karin)
Pengisi suara: Juri Nagatsuma (Jepang); Sarah Anne Williams[4] (Inggris)
Seorang pahlawan yang andal namun kadang keras kepala. Karin pindah ke kelasnya Yuna dan Mimori dan kemudian bergabung ke Klub Pahlawan, bertindak sebagai pengawasnya. Dia memakai sepasang katana sebagai senjata dalam wujud pahlawannya. Familiar miliknya bernama Yoshiteru (義輝, disuarai oleh: Kaneta Kimotsuki).
Nogi Sonoko (乃木 園子, Nogi Sonoko)
Pengisi suara: Kana Hanazawa (Jepang); Christine Marie Cabanos (Inggris)
Teman sekelas Mimori selama di SD yang tampil dalam Washio Sumi wa Yūsha de Aru, ia memakai trisula besar sebagai senjata dalam wujud pahlawannya. Sebagai teman akrab, Sonoko memanggil Mimori dengan panggilan "Wasshi".

Para Pahlawan Lain[sunting | sunting sumber]

Minowa Gin (三ノ輪 銀, Minowa Gin)
Pengisi suara: Yumiri Hanamori
Teman sekelas Mimori dan Sonoko selama di SD yang tampil dalam Washio Sumi wa Yūsha de Aru, ia memakai sepasang parang besar sebagai senjata dalam wujud pahlawannya. Perangkat pahlawan miliknya kelak akan diwariskan pada Karin.
Nogi Wakaba (乃木 若葉, Nogi Wakaba)
Pengisi suara: Ayaka Ōhashi
Leluhur Sonoko dan salah satu pahlawan generasi awal yang terpilih untuk melawan Vertex. Wakaba bertarung menggunakan katana bernama Ikutachi ketika dalam wujud pahlawannya. Mendapat mandat sebagai ketua tim pahlawan, Wakaba selalu berusaha tegar dan bersikap disiplin sepanjang waktu.
Doi Tamako (土居 球子, Doi Tamako)
Pengisi suara: Kaede Hondo
Salah satu pahlawan generasi awal. Tamako menggunakan senjata tameng. Dia sangat protektif terhadap Anzu. Tamako biasanya sangat riang dan bersemangat. Hobinya adalah melakukan kegiatan outdoor.
Iyojima Anzu (伊予島 杏, Iyojima Anzu)
Pengisi suara: Reina Kondō
Salah satu pahlawan generasi awal. Anzu menggunakan senjata busur silang. Hobinya adalah membaca buku. Kepribadian Anzu sangat lemah lembut dan perhatian, terutama terhadap Tamako.
Kori Chikage (郡 千景, Kōri Chikage)
Pengisi suara: Aina Suzuki
Salah satu pahlawan generasi awal. Chikage menggunakan senjata sabit besar layaknya pencabut nyawa. Meski ia adalah yang tertua di antara teman-teman pahlawannya, Chikage menunjukkan aura yang suram dan kurang bersahabat. Hobinya adalah bermain gim video.
Takashima Yuna (高嶋 友奈, Takashima Yūna)
Pengisi suara: Haruka Terui
Salah satu pahlawan generasi awal. Yuna menggunakan sarung tinju besi sebagai senjata. Masih misterius apa hubungan antara dirinya dengan Yuki Yuna,
Uesato Hinata (上里 ひなた, Uesato Hinata)
Pengisi suara: Marika Kouno
Seorang miko (gadis kuil) yang juga merupakan sahabat Wakaba sejak kecil. Hinata cukup terpandang dan terhormat di kalangan miko karena wataknya yang tenang, berwibawa, dan dewasa.

Anggota Sentinel[sunting | sunting sumber]

Kusunoki Mebuki (楠 芽吹, Kusunoki Mebuki)
Pengisi suara: Minami Tanaka
Komandan Pasukan Sentinel sekaligus penyandang peringkat 1 di antara seluruh anggota Sentinel. Mebuki adakah pribadi yang tekun dan disiplin, serta sangat keras terhadap dirinya sendiri. Mebuki, dan beberapa anggota Sentinel, memakai bayonet yang telah diberkati dengan kekuatan dari Shinju, sebagai senjata perlindungan diri ketika menjalankan tugas di luar dinding.
Kokudo Aya (国土 亜耶, Kokudo Aya)
Pengisi suara: Yūko Ōno
Seorang miko yang menjadi pendamping Pasukan Sentinel. Aya bertugas memberikan dukungan moral terhadap anggota Sentinel dan membantu misi mereka dalam pengintaian daerah luar dinding. Kepribadiannya sering disetarakan dengan sosok malaikat.
Kagajo Suzume (加賀城 雀, Kagajō Suzume)
Pengisi suara: Atsumi Tanezaki
Anggota Sentinel peringkat 32 yang memiliki sifat pengecut, cengeng, sering merengek, dan terkadang seperti seorang penjilat. Suzume menggunakan perisai besar sebagai senjata perlindungan. Meski ia menempati peringkat terbawah, kemampuannya sebagai regu pertahanan dapat dibilang hebat. Bahkan, Mebuki mengakui kemampuannya.
Miroku Yumiko (弥勒 夕海子, Miroku Yumiko)
Pengisi suara: Naomi Ōzora
Anggota Sentinel peringkat 20 yang punya perangai layaknya tuan putri atau bangsawan. Sikap sok-bangsawan Yumiko terkadang membuat teman-temannya prihatin sekaligus kesal. Meski bertingkah seperti itu, nyatanya Yumiko tidak sungkan untuk mengerjakan misi yang remeh-temeh seperti pengintaian ke luar dinding.
Yamabushi Shizuku & Yamabushi SHIZUKU (山伏 しずく& 山伏 シズク, Yamabushi Shizuku & Yamabushi SHIZUKU)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami
Anggota Sentinel peringkat 9 yang sangat irit bicara dan jarang menampakkan emosinya. Shizuku, meski tampak seperti gadis lemah, ia bisa menduduki peringkat 9 dalam Pasukan Sentinel. Hal itu berkat dirinya punya kepribadian ganda. Kepribadian lain Shizuku adalah sosok gadis yang kasar, ganas, dan bermulut kotor, serta nekat. Kepribadian lain ini diidentifikasi dengan penulisan nama depannya dalam huruf Katakana (dalam bahasa Jepang) atau huruf kapital (dalam huruf Latin).

Media[sunting | sunting sumber]

Cetak[sunting | sunting sumber]

Sebuah prekuel novel ringan berjudul Washio Sumi wa Yūsha de Aru (鷲尾須美は勇者である, lit. Washio Sumi Adalah Pahlawan), yang ditulis oleh Takahiro dan diilustrasikan oleh BUNBUN, telah diterbitkan sebagai cerita bersambung dalam Dengeki G's Magazine oleh ASCII Media Works sejak 30 April 2014[5] hingga 29 November 2014.[6] Novel ini berlatar waktu dua tahun sebelum lini masa dalam animenya, berkisah tentang kelompok pahlawan sebelum Yuna dan teman-temannya.[7] Serial novel ringan lain, berjudul Nogi Wakaba wa Yūsha de Aru (乃木若葉は勇者である, lit. Nogi Wakaba Adalah Pahlawan), yang ditulis oleh Aoi Akashiro dan diilustrasikan oleh BUNBUN, mulai diterbitkan sebagai cerbung dalam Dengeki G's Magazine pada 30 Juli 2015.[8] Kisah Nogi Wakaba mengambil latar waktu 300 tahun sebelum lini masa animenya, ketika serangan Vertex pertama terjadi di dunia. Novel ini bercerita tentang leluhur Nogi Sonoko, yakni Nogi Wakaba sebagai tokoh utama bersama kelompok pahlawan pertama dari Shikoku yang beranggotakan dirinya, Uesato Hinata, Takashima Yuna, Kori Chikage, Doi Tamako, dan Iyojima Anzu.[9] Novel ringan lain yang ditulis oleh Akashiro, Kusunoki Mebuki wa Yūsha de Aru, memulai serialisasi dalam Dengeki G's Magazine pada 30 Juni 2017.[10] Novel ini berlatar setelah lini masa pada musim pertama animenya dan sebelum Hero Chapter, bercerita tentang pasukan Sentinel yang diketuai oleh Kusunoki Mebuki.

Adaptasi manga Washio Sumi wa Yūsha de Aru, diilustrasikan oleh Mottsun*, mulai diserialisasikan di Dengeki G's Comic-nya ASCII Media Works sejak 30 Juni 2014.[11] Sebuah manga berjudul Yūki Yūna wa Yūsha-bu Shozoku (結城友奈は勇者部所属, lit. Yuki Yuna Adalah Anggota Klub Pahlawan), ditulis oleh Takahiro dan diilustrasikan oleh Kotamaru, memulai serialisasi di Dengeki G's Magazine sejak 30 Juli 2014. Selain itu, volume pertama dari manga berjudul Yūki Yūna wa Yūsha de Aru yang diilustrasikan oleh Tōko Kanno, dirilis pada 27 November 2014.[6] Yūki Yūna wa Yūsha de Aru kemudian mulai diserialisasikan dalam Dengeki G's Comic pada Desember 2014.[12][13]

Anime[sunting | sunting sumber]

Lihat pula: Daftar episode Yuki Yuna is a Hero

Serial televisi anime berjumlah 12 epsidoe telah diproduksi oleh Studio Gokumi dan disutradarai oleh Seiji Kishi.[14] Direncanakan oleh Takahiro, skenario animenya ditulis oleh Makoto Uezu, serta desain karakter disiapkan oleh Takahiro Sakai. Serial ini tayang di Jepang di saluran MBS dari 17 Oktober hingga 26 Desember 2014, dan ditayangkan dalam waktu yang bersamaan oleh Crunchyroll. Lagu pembukanya ialah "Hoshi to Hana" (ホシトハナ, Bintang dan Bunga) dan lagu penutupnya adalah "Aurora Days"; dua-duanya dinyanyikan oleh Sanshū Chūgaku Yūsha-bu (Haruka Terui, Suzuko Mimori, Yumi Uchiyama, Tomoyo Kurosawa, dan Juri Nagatsuma). Lagu penutup untuk episode empat (versi akustik) dan episode sembilan adalah "Inori no Uta" (祈りの歌, Nyanyian Doa) oleh Tomoyo Kurosawa. Anime ini dilisensikan di Amerika Utara oleh label Pony Canyon untuk kawasan tersebut, yakni Ponycan USA, yang dirilis dalam sulih suara bahasa Inggris dalam DVD dan Blu-ray pada 10 April 2015.[15][16][17][18]

Musim kedua animenya dirilis pada tahun 2017 dan terdiri dari dua bagian; Babak Washio Sumi (鷲尾須美の章, Washio Sumi no Shō), sebuah adaptasi dari novel ringan Washio Sumi is a Hero, dan Babak Pahlawan (勇者の章, Yūsha no Shō), yang berlatar waktu setelah musim pertamanya. Babak Washio Sumi dirilis lebih dulu sebagai film layar lebar sejak 18 Maret hingga 8 Juli 2017, dan setelahnya menayangkan enam episode serial televisi sejak 7 Oktober hingga 11 November 2017, serta diikuti dengan sebuah episode ikhtisar dari musim pertamanya yang tayang pada 18 November 2017.[19] Babak Pahlawan, yang terdiri dari enam episode, tayang pada 25 November 2017 hingga 6 Januari 2018.[20] Dua bagian itu ditayangkan bersamaan di kawasan Amerika Utara oleh Anime Strike.[21] Tiga film pendek diproduksi oleh W-Toon Studio, yang mengadaptasi manga lepasan berjudul Yūki Yūna wa Yūsha-bu Shozoku, diputar bersama dengan tiap-tiap bagian dari film Babak Washio Sumi.[22]

Sebuah anime pendek yang diadaptasi dari gim ponsel pintar Yūki Yūna wa Yūsha de Aru Hanayui no Kirameki, berjudul Yuki Yuna Is a Hero: Churutto!, diumumkan pada 26 Mei 2020. Serial ini disutradari oleh Seiya Miyajima di studio DMM.futureworks dan W-Toon Studio.[23] Miyajima mendesain karakternya, sedangkan Haruka menyelia naskahnya, dan Monaca menyusun musik untuk serialnya. Anime ini tayang mulai 10 April sampai 26 Juni 2021, dalam berkas Super Animeism di MBS dan TBS.[24][25]

Musim ketiganya yang bertajuk Babak Mankai Agung (大満開の章, Dai-Mankai no Shō) telah tayang, dengan staf dan para pemeran utama yang masih sama.[26] Musim ketiga ini terdiri atas adaptasi dari novel ringan Kusunoki Mebuki wa Yūsha de Aru dan Nogi Wakaba wa Yūsha de Aru, ditambah penceritaan ulang yang diperluas dari akhir Babak Pahlawan beserta adegan-adegan baru dan epilog yang baru. Anime ini tayang sejak 2 Oktober hingga 18 Desember 2021, dalam saluran MBS, TBS, dan afiliasinya.[27] Lagu pembukanya ialah "Ashita no Hanatachi" (アシタノハナタチ, "Para Puspa Esok Hari"), sedangkan lagu penutupnya ialah "Chiheisen no Mukō e" (地平線の向こうへ, "Menuju Seberang Cakrawala"), dua-duanya dinyanyikan oleh Sanshū Chūgaku Yūsha-bu.[28]

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

Dua novel visual untuk platform Windows, yang dikembangkan oleh Minato Soft dengan menampilkan skenario yang ditulis oleh Takahiro dan Osamu Murata, telah dikemas bersama dengan volume pertama (rilis 17 Desember 2014) dan volume keenam (rilis 20 Mei 2015) dari DVD dan Blu-ray disc serial animenya. Tiap-tiap novel visual tersebut menampilkan sepuluh skenario asli yang berbeda pada gimnya dan secara penuh disuarai oleh pemeran-pemeran seperti dalam animenya. Urusan grafis ditangani oleh Studio Gokumi.[29][30] Sebuah permainan video bertema aksi yang dikembangkan oleh FuRyu berjudul Yūki Yūna wa Yūsha de Aru: Jukai no Kioku (結城友奈は勇者である 樹海の記憶, lit. Yuki Yuna Adalah Pahlawan: Ingatan Samudra Rimba) telah dirilis pada 26 Februari 2015, untuk platform PlayStation Vita.[31][32]

Sebuah permainan seluler silangan bertajuk Yuki Yuna is a Hero: Bouquet of Brilliance (結城友奈は勇者である 花結いのきらめき, Yūki Yūna wa Yūsha de Aru: Hanayui no Kirameki), atau disingkat YuYuYui, telah dirilis pada 8 Juni 2017, untuk iOS dan Android.[33] Gim ini, selain menampilkan tokoh-tokoh dari manga dan novel ringan, juga menampilkan beberapa tokoh baru. Gim ini juga menyertakan cerita bukan-kanon yang beragam, meliputi cerita dari Yuki Yuna, Washio Sumi, Nogi Wakaba, Kusunoki Mebuki, Fuyo Yuna, Akamine Yuna; berkolaborasi dengan Release the Spyce: Secret Fragrance, Katana Maidens: Toji No Miko, salah satu garapan Studio Gokumi, A Certain Scientific Railgun T and Symphogear. Gim ini mengakhiri ladenan di perangkat iOS and Android devices pada 28 Oktober 2022.[34]

Pada 8 Oktober 2022, Entergram mengumumkan bahwa Bouquet of Brilliance sedang dalam proses pemindahan ke perangkat konsol.[35]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Volume pertama Blu-ray (bahasa Jepang) serial ini masuk sebagai delapan teratas penjualan terbaik Blu-ray anime dengan total penjualan sebanyak 4.781 salinan,[36] dan tetap bertahan dalam bagan penjualan selama empat pekan berikutnya, dengan total penjualan sebanyak 10.373 salinan.[37][38][39][40] Tiap-tiap volume dari serial ini menempati peringkat yang tinggi dalam daftar Oricon.[41][42][43] Volume lima menempati peringkat 1 dalam daftar penjualan mingguan, sebanyak 6.422 salinan,[44] disusul dengan volume enam dan volume terakhir yang menempati peringkat 2 pada pekan berikutnya, dengan total 7.626 salinan.[45] Yuki Yuna is a Hero menjadi Blu-ray Disc anime terlaris ke-15 di Jepang dalam daftar penjualan setengah-tahunan pada 2015 silam, dengan penjualan keseluruhan mencapai 58.961 salinan.[46]

Film pertamanya meraih urutan 1 di pemeringkatan bioskop mini di Jepang.[47] Film keduanya juga menempati urutan 1 ketika dirilis, melampaui jumlah penjualan film pertama.[48]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ダークファンタジーまとめ. Akiba Souken (dalam bahasa Jepang). Kakaku.com. March 20, 2019. Diakses tanggal August 12, 2018. 
  2. ^ Farris, Cristopher (December 21, 2017). "How Yuki Yuna is a Hero Challenges Madoka Magica's Legacy". Anime News Network. Diakses tanggal August 12, 2018. 
  3. ^ a b c d Project 2H. "Staff/Cast". Original TV animation 'YUKI YUNA wa Yusha de aru' (Yuki Yuna Is a Hero) Official Site. Diakses tanggal April 6, 2015. 
  4. ^ a b c d e "Xanthe Huynh, Erika Harlacher Star in Yuki Yuna is a Hero English Dub Cast". Anime News Network. April 4, 2015. Diakses tanggal April 6, 2015. 
  5. ^ "電撃G'sマガジン2014年6月号" [Dengeki G's Magazine June 2014 issue] (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal October 19, 2014. 
  6. ^ a b "TVアニメ『結城友奈は勇者である』関東&中部は本日放送!&コミック版1巻の表紙できましたー!" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. November 8, 2014. Diakses tanggal November 11, 2014. 
  7. ^ "Story" (dalam bahasa Jepang). Project 2H. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2015. Diakses tanggal October 19, 2014. 
  8. ^ "『乃木若葉は勇者である』ティザーサイトOPEN!" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. June 30, 2015. Diakses tanggal October 10, 2015. 
  9. ^ "キャラクター紹介 | 乃木若葉は勇者である公式サイト" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Corporation. Diakses tanggal October 10, 2015. 
  10. ^ "Yuki Yuna is a Hero Franchise Launches New Spinoff Novel". Anime News Network. July 13, 2017. Diakses tanggal July 13, 2017. 
  11. ^ "電撃G'sコミック(3) 2014年8月号" [Dengeki G's Comic (3) August 2014 issue] (dalam bahasa Jepang). Tohan Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2014. Diakses tanggal November 11, 2014. 
  12. ^ "電撃G'sコミックVol.9" [Dengeki G's Comic Vol. 9] (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2014. Diakses tanggal January 7, 2015. 
  13. ^ "電撃G'sコミック Vol.9" [Dengeki G's Comic Vol. 9] (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal January 7, 2015. 
  14. ^ "Yūki Yūna wa Yūsha de Aru Anime by Akame ga Kill! Writer Announced". Anime News Network. July 31, 2014. Diakses tanggal August 1, 2014. 
  15. ^ "Pony Canyon Company Expands to US Market". Anime News Network. September 25, 2014. Diakses tanggal September 25, 2014. 
  16. ^ "Pony Canyon Will Release Yuki Yuna is a Hero, Denki-Gai no Honya-san in North America". Anime News Network. January 8, 2015. Diakses tanggal January 8, 2015. 
  17. ^ "Yuki Yuna is a Hero Will Get English Dub". Anime News Network. January 12, 2015. Diakses tanggal January 12, 2015. 
  18. ^ "Interview: Kazuyoshi Fukuba, Executive Director of Pony Canyon". Anime News Network. March 3, 2015. Diakses tanggal March 3, 2015. 
  19. ^ "Yuki Yuna Is a Hero: Washio Sumi Chapter Anime's Teaser Video Reveals Cast, Staff". Anime News Network. November 13, 2016. Diakses tanggal November 13, 2016. 
  20. ^ "Yuki Yuna Is a Hero TV Anime Gets 2nd Season in 2017". Anime News Network. October 23, 2016. Diakses tanggal October 23, 2016. 
  21. ^ "Anime Strike Announces Fall Streaming Schedule". Crunchyroll. October 3, 2017. Diakses tanggal October 18, 2017. 
  22. ^ "Yuki Yuna is a Hero 4-Panel Spinoff Manga Gets Theatrical Anime". Anime News Network. November 13, 2016. Diakses tanggal November 13, 2016. 
  23. ^ "Yuki Yuna Is a Hero Smartphone Game Gets Short Anime". Anime News Network. May 26, 2020. Diakses tanggal May 26, 2020. 
  24. ^ "Yuki Yuna is a Hero Churutto! Anime Shorts Reveal Staff, April Premiere". Anime News Network. January 29, 2021. Diakses tanggal January 29, 2021. 
  25. ^ "Yuki Yuna is a Hero Churutto! Anime Shorts Premiere on April 9". Anime News Network. March 16, 2021. Diakses tanggal March 16, 2021. 
  26. ^ "Yuki Yuna Is a Hero Franchise Gets 3rd TV Anime". Anime News Network. August 1, 2020. Diakses tanggal August 1, 2020. 
  27. ^ "3rd Yuki Yuna Is a Hero TV Anime Unveils Returning Cast, October Premiere". Anime News Network. April 30, 2021. Diakses tanggal April 30, 2021. 
  28. ^ "3rd Yuki Yuna Is a Hero TV Anime Posts New Video, Song Info, October 1 Debut". Anime News Network. August 27, 2021. Diakses tanggal August 27, 2021. 
  29. ^ "Yūki Yūna wa Yūsha de Aru Anime Gets PC Game Bundled With Home Video Releases". Anime News Network. October 18, 2014. Diakses tanggal October 18, 2014. 
  30. ^ "Yuki Yuna is a Hero Anime Bundles 2nd PC Game". Anime News Network. February 2, 2015. Diakses tanggal February 2, 2015. 
  31. ^ "Yuki Yuna Wa Yusha De Aru Getting Vita Game From Unchained Blades Maker". Siliconera. October 17, 2014. Diakses tanggal October 17, 2014. 
  32. ^ "Yūki Yūna wa Yūsha de Aru Anime Gets PS Vita Game". Anime News Network. October 17, 2014. Diakses tanggal October 17, 2014. 
  33. ^ "The "Yuki Yuna" Countdown Was for a Game -- And Here It Is!". Crunchyroll. March 14, 2017. Diakses tanggal March 17, 2017. 
  34. ^ "Yuki Yuna Is a Hero Smartphone Game Ends Service" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. Diakses tanggal 2022-12-13. 
  35. ^ Imazato, Daiki (2022-10-11). "The Yuki Yuna is a Hero mobile game is coming to consoles despite service ending for the original version" (dalam bahasa Inggris). AUTOMATON WEST. Diakses tanggal 2022-12-13. 
  36. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, December 15–21". Anime News Network. December 23, 2014. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  37. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, December 22–28". Anime News Network. December 30, 2014. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  38. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, December 29-January 4". Anime News Network. January 6, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  39. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, January 5–11". Anime News Network. January 13, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  40. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, January 12–18". Anime News Network. January 20, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  41. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, January 19–25". Anime News Network. January 27, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  42. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, February 16–22". Anime News Network. March 3, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  43. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, March 16–22". Anime News Network. March 24, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  44. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, April 13–19". Anime News Network. April 21, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  45. ^ "Japan's Animation Blu-ray Disc Ranking, May 18–24". Anime News Network. May 26, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  46. ^ "Top-Selling Animation in Japan by Title: 2015 (First Half)". Anime News Network. June 17, 2015. Diakses tanggal August 12, 2017. 
  47. ^ "Precure Dream Stars! Film Opens at #5, but Kuroko's Basketball Earns More". Anime News Netework. March 21, 2017. Diakses tanggal March 28, 2017. 
  48. ^ "Yuki Yuna Is a Hero: Washio Sumi Chapter's 2nd Anime Film Outsells 1st, Ranks #1 in Mini-Theaters". Anime News Network. April 19, 2017. Diakses tanggal August 12, 2017.