Kotoura-san

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kotoura-san
Gambar sampul manga volume pertama
琴浦さん
GenreKomedi romantis, Drama, Supernatural
Manga
PengarangEnokizu
PenerbitMicro Magazine
ImprintMicro Magazine Comics
MajalahManga Goccha
Megami Magazine
DemografiSeinen
Terbit14 Oktober 201022 April 2015[1]
Volume7
Seri anime
SutradaraMasahiko Ohta
ProduserJun Fukuda
Hiroshi Yoshida
Jiyū Ōgi
Kimihito Sekido
Masami Abe
SkenarioTakashi Aoshima
MusikYasuhiro Misawa
StudioAIC Classic
Pelisensi
Saluran
asli
CBC
Saluran bahasa Inggris
Tayang 11 Januari 2013 29 Maret 2013
Episode12 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

The Troubled Life of Miss Kotoura (琴浦さん, Kotoura-san) merupakan serial manga empat panel karya Enokizu. Manga ini awalnya dimuat secara berseri dalam majalah web Manga Goccha dan majalah manga Megami dari tanggal 14 Oktober 2010 hingga 22 April 2015. Micro Magazine, pemilik majalah web tersebut, juga menjadi penerbit serial ini yang telah terbit dalam tujuh volume lengkap antara tahun 2012 hingga 2015.

Kotoura-san mengisahkan Haruka Kotoura, seorang siswi SMA tahun pertama yang memiliki kemampuan membaca pikiran. Sejak kecil, Haruka menjalani kehidupan yang sulit akibat ketidaksengajaan dirinya mengungkapkan isi pikiran orang lain yang belum ia pahami. Namun, situasinya berubah ketika ia bertemu dengan teman-teman yang menerima kemampuannya tersebut. Salah satu di antara mereka, Yoshihisa Manabe, bahkan mulai memiliki ketertarikan romantis terhadap Haruka.

Serial manga ini kemudian diadaptasi menjadi anime televisi oleh AIC Classic dan ditayangkan dari tanggal 11 Januari hingga 29 Maret 2013.[2][3] Sebanyak dua belas episode ditayangkan, dengan tambahan lima episode bonus berjudul Haruka's Room (春香の部屋, Haruka no Heya). Di luar Jepang, hanya adaptasi anime yang dirilis di Amerika Utara. Serial ini dilisensi dengan judul The Troubled Life of Miss Kotoura oleh NIS America, dan mereka merilis koleksi Blu-ray dengan subtitle pada tanggal 4 Agustus 2015. Rilisan subtitle bahasa Inggris ini menuai berbagai tanggapan kritikus, mulai dari beragam hingga sebagian besar positif.

Plot[sunting | sunting sumber]

Haruka Kotoura adalah seorang gadis berusia 15 tahun yang terlahir dengan kemampuan psikis untuk membaca pikiran orang lain. Sejak kecil, Haruka secara spontan mengungkapkan apa yang dipikirkan orang-orang di sekitarnya, tanpa menyadari bahwa pikiran tersebut merupakan perasaan mereka yang sebenarnya. Hal ini tentu saja membuat orang-orang terluka ketika perasaan mereka diungkapkan secara terbuka di depan umum. Akibatnya, Haruka dicap sebagai pembohong kompulsif oleh gurunya, diejek oleh teman sekelasnya, dan kehilangan semua temannya. Tekanan yang dihadapi Haruka juga berdampak pada orang tuanya, terutama setelah dia secara tidak sengaja mengungkapkan perselingkuhan mereka berdua.

ditinggalkan oleh ibunya dan dirawat oleh kakeknya, Haruka menjadi penyendiri, menjauhkan diri dari semua orang, dan berpikir bahwa dia hanya membawa ketidakberuntungan bagi orang lain.

Kehidupan Haruka mulai berubah ketika dia memasuki sekolah menengah atas dan bertemu dengan Yoshihisa Manabe. Yoshihisa tidak terpengaruh oleh kemampuan membaca pikiran Haruka, namun dia memiliki imajinasi yang cabul. Yoshihisa menawarkan persahabatannya dan berjanji akan selalu berada di sisinya dalam keadaan apapun. Dia membantu Haruka mendapatkan teman baru dan bersama-sama mereka membentuk Klub Penelitian ESP di sekolah. Kehidupan Haruka mulai berubah drastis menjadi lebih baik, dan dia mendapatkan kekuatan baru yang tidak pernah dia miliki sebelumnya. Haruka akhirnya berhasil mengatasi ejekan yang dia alami dan menghadapi ibunya terkait masa lalunya. Serial ini berakhir dengan Haruka yang menyatakan cintanya kepada Yoshihisa dengan dukungan dari teman-temannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Haruka Kotoura (琴浦 春香, Kotoura Haruka)
Pengisi suara: Hisako Kanemoto[4]
Haruka adalah seorang gadis berusia lima belas tahun yang terlahir dengan kemampuan psikis untuk membaca pikiran sejak usia dini. Dia menjadi terasingkan oleh teman-teman dan teman sekelasnya ketika dia mulai blak-blakan mengungkapkan pikiran mereka, tidak menyadari bahwa itu adalah perasaan sejati yang mungkin tidak ingin diungkapkan. Ibunya akhirnya meninggalkan dia ketika secara tidak sengaja Haruka membongkar perselingkuhan antara orang tuanya sendiri. Hal ini membuat Haruka menyimpulkan bahwa kehadirannya hanya membawa masalah bagi orang lain, dan cara terbaik untuk mencegah dirinya dan orang lain terluka adalah dengan menutup hatinya kepada orang lain.[5] Ketika memasuki sekolah menengah, dia bertemu dengan seorang pria bernama Yoshihisa Manabe yang menerima kemampuan membaca pikirannya. Dia membantu Haruka berteman, yang secara bertahap membuat Haruka menjadi pribadi yang lebih kuat. Namun, Haruka rentan terhadap fantasi cabul Yoshihisa yang membuatnya sangat bingung ketika digoda.[6] Sepanjang serial, dia mengembangkan perasaan romantis untuk Manabe dan keduanya menyatakan cinta mereka satu sama lain di akhir serial.
Yoshihisa Manabe (真鍋 義久, Manabe Yoshihisa)
Pengisi suara: Jun Fukushima[4]
Yoshihisa adalah salah satu teman sekelas Haruka yang tidak terganggu dengan kemampuannya untuk membaca pikiran. Dia adalah pria berhati besar, tetapi sering memiliki pikiran cabul tentang Haruka yang dia gunakan untuk menggodanya.[7] Meskipun begitu, dia terbukti benar-benar mencintai Haruka dan sangat peduli padanya. Yoshihisa berusaha keras untuk memahami masalah Haruka sambil berjuang untuk memperdalam hubungan mereka.[8] Dia kemudian membentuk ikatan yang tidak terduga dengan kakek Haruka, Zenzou, yang mendorong sisi mesumnya untuk menikahkan cucunya. Yoshihisa akhirnya menyatakan cintanya kepada Haruka pada akhirnya setelah dimarahi main-main karena tidak mengatakannya lebih cepat.
Yuriko Mifune (御舟 百合子, Mifune Yuriko)
Pengisi suara: Kana Hanazawa[4]
Yuriko adalah ketua dan pendiri Klub Penelitian ESP sekolah.[9] Dia mengajak Haruka untuk bergabung setelah mengetahui kemampuannya, tetapi pada awalnya juga memiliki motif tersembunyi untuk melakukannya. Dia terobsesi untuk membenarkan ibunya dan keluarganya setelah ibunya yang memiliki kemampuan psikis itu bunuh diri. Media menuduh ibunya sebagai penipu, sehingga sang ibu mengakhiri hidupnya untuk menghindari ejekan terus-menerus, membuat Yuriko kecil hancur. Yuriko menemukan kesempatan pada Haruka dan hanya menunjukkan padanya pikiran yang dia ingin dia lihat.[10] Selama serial ini, dia menganggap Haruka sebagai teman sejati yang membuatnya sadar betapa egoisnya dia, dan dia pun dimaafkan. Yuriko juga memiliki perasaan tak terbalas kepada Daichi Muroto, teman masa kecilnya.[11]
Daichi Muroto (室戸 大智, Muroto Daichi)
Pengisi suara: Hiro Shimono[4]
Daichi adalah wakil ketua Klub Penelitian ESP dan teman masa kecil Mifune.[12] Dia dikenal dengan perawakannya yang pendek dan kecerdasannya dalam hal teknologi. Daichi juga secara mengejutkan ahli dalam investigasi yang dia gunakan untuk melihat di balik rencana Yuriko. Meskipun dia tidak mencampuri niat Yuriko, dia mencoba memberinya saran tentang cara untuk maju. Di dalam lubuk hatinya, dia terbukti sebagai orang yang sensitif yang dapat "berempati dengan baik kepada orang lain".[13] Mifune menunjukkan perasaan romantis yang kuat terhadapnya, tetapi dia tidak menyadari kasih sayang Mifune.[14]
Hiyori Moritani (森谷 ヒヨリ, Moritani Hiyori)
Pengisi suara: Yurika Kubo[4]
Hiyori adalah teman masa kecil dan teman sekelas Yoshihisa, sering dipanggil dengan nama Moriya. Dia sangat mencintai Yoshihisa dan pada awalnya membenci Haruka karena mendapatkan perhatiannya dan tertarik secara romantis pada Haruka, bukan dirinya sendiri. Setelah Yoshihisa membuatnya menyadari apa yang telah dia lakukan pada Haruka, Hiyori berdamai dengan Haruka dan berteman dengannya, bahkan kemudian bergabung dengan Klub Penelitian ESP. Dari tiga gadis di ESP Society, dialah satu-satunya yang tidak bisa memasak. Dia terkadang memiliki aura menakutkan seperti iblis yang digunakan untuk mengendalikan penyimpangan Yoshihisa, tetapi dia memiliki kebiasaan panik saat menghadapi kesulitan meskipun dia berlatih seni bela diri. Dia memiliki dojo sendiri yang membuatnya pernah dirundung (di-bully) ketika dia masih muda.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Zenzou Kotoura (琴浦 善三, Kotoura Zenzō)
Pengisi suara: Tomomichi Nishimura
Kakek Haruka yang sangat kaya. Salah satu dari sedikit orang yang tetap di sisinya setelah Kumiko (ibunya Haruka) meninggalkannya. Dia sedikit mesum, memiliki pikiran-pikiran yang tidak pantas tentang hubungan kekerabatannya dengan Haruka.
Head priest (和尚, Oshō)
Pengisi suara: Yutaka Nakano
Seorang biksu yang merupakan teman keluarga di kuil tempat tinggal Haruka di kampung halamannya. Pertemuannya dengan Haruka membuatnya tertarik pada kemampuan esper.
Kumiko Kotoura (琴浦 久美子, Kotoura Kumiko)
Pengisi suara: Kikuko Inoue
Ibu Haruka. Awalnya baik hati dan perhatian, namun dia menjadi semakin tertekan karena tidak dapat memahami kemampuan khusus Haruka atau menghadapi situasi yang tidak disengaja ditimbulkan oleh kemampuan tersebut. Dia bereaksi terhadap jarak emosional suaminya yang semakin besar dengan berselingkuh, dan ketika perselingkuhan tersebut terungkap, ayah Haruka juga berselingkuh, mereka pun bercerai. Kumiko, ibu Haruka, menghadapi kegagalan moral dan kelemahan karakternya dengan menolak dan meninggalkan Haruka yang masih muda. Dia secara mental meminta maaf kepada Haruka dan menyebut dirinya sebagai 'Ibu yang Lemah.' Kumiko sangat menyesal telah meninggalkan Haruka, menyalahkan dirinya sendiri berulang kali. Di akhir serial, dia berdamai dengan Haruka setelah mereka berdua melepaskan semua perasaan terpendam mereka.
Gantetsu Ishiyama (石山 巌鉄, Ishiyama Gantetsu)
Pengisi suara: Takayuki Sugō
Detektif kepolisian. Dia tampaknya mengetahui peristiwa yang terjadi di sekitar ibu Yuriko, meskipun dia sendiri skeptis terhadap kemampuan supranatural.
Aki Tsukino (月野 亜紀, Tsukino Aki)
Pengisi suara: Akeno Watanabe
Partner Detektif Ishiyama yang sedikit ceroboh dan biasanya lapar. Selama masa kecilnya, dia sering di-bully karena tinggi badannya, yang menyebabkan dia mengembangkan kepribadian ganda yang penuh kekerasan. Tsukino kemudian mulai menyerang gadis-gadis SMA di bawah pengaruh kepribadian lainnya dan segera menargetkan Haruka. Namun, Haruka berhasil menyampaikan perasaannya kepada Tsukino yang asli, yang berhasil mengalahkan sisi lainnya dan menyerahkan diri.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga asli karya Enokizu memulai serialisasi di majalah Manga Goccha terbitan Micro Magazine pada tanggal 14 Oktober 2011. Sebanyak tujuh volume tankōbon diterbitkan antara tahun 2012 dan 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime oleh AIC Classic ditayangkan di Jepang antara 11 Januari dan 29 Maret 2013 dan disiarkan secara bersamaan oleh Crunchyroll.[15][16] Lagu tema pembuka berjudul You Want To Hear the Story Behind the Backstory, Right? (そんなこと裏のまた裏話でしょ?, "Sonna Koto Ura no Mata Urabanashi Desho?") yang dibawakan oleh Megumi Nakajima. Sedangkan lagu tema penutup utama adalah Flower of Hope (希望の花, "Kibō no Hana") oleh Haruka Chisuga. Lagu penutup khusus episode lima berjudul "The ESP Club's Theme" (ESP研のテーマ, Īesupī Ken no Tēma) yang dinyanyikan oleh Kana Hanazawa, Hisako Kanemoto, Jun Fukushima, Hiro Shimono, dan Yurika Kubo. Sementara itu, lagu penutup untuk episode enam adalah "Tsurupeta" Flat Chest (つるぺた, "Tsurupeta") oleh Kanemoto. Terdapat sebuah lagu sisipan di episode 11 berjudul "Sunao" (素直) yang dibawakan oleh Megumi Nakajima. NIS America telah melisensikan serial anime ini di Amerika Utara dengan judul The Troubled Life of Miss Kotoura dan merilis koleksi Blu-ray bersubtitle pada tanggal 4 Agustus 2015.[17]

No. Title Original air date[18]
1"Kotoura-san and Manabe-kun"
Transkripsi: "Kotoura-san to Manabe-kun" (Jepang: 琴浦さんと真鍋くん)
11 Januari 2013 (2013-01-11)

Haruka Kotoura adalah seorang gadis yang terlahir dengan ESP, kemampuan untuk membaca pikiran orang lain. Karena tidak memahami sepenuhnya kemampuan ini dan seringkali blak-blakan mengungkapkan isi pikiran orang lain, Haruka diejek teman-teman sekelasnya bahkan dicampakkan oleh orangtuanya, sehingga akhirnya harus tinggal sendirian sebagai penyendiri.

Bertahun-tahun kemudian, Haruka pindah ke sekolah menengah baru. Karena tidak bisa bergaul dengan siswa lain, Haruka didekati oleh seorang pemuda naif bernama Yoshihisa Manabe, yang tetap bersemangat berteman dengannya meskipun Haruka bisa membaca pikiran kotornya. Setelah Haruka menyelamatkan Yoshihisa dari truk yang melaju kencang, dia akhirnya mengakui bagaimana kemampuannya telah menghancurkan hidupnya dan membuatnya takut menyakiti orang-orang terdekatnya. Yoshihisa berjanji akan selalu berada di sisinya apapun yang terjadi, dan mereka berdua akhirnya berteman baik.
2"The First..."
Transkripsi: "Hajimete no..." (Jepang: 初めての……)
18 Januari 2013 (2013-01-18)

Haruka kemudian didekati oleh seorang senior bernama Yuriko Mifune, yang mengajaknya bergabung dengan Klub Penelitian ESP, bersama Yoshihisa dan anggota mereka lainnya yang saat ini bernama Daichi Muroto. Dalam salah satu pertemuan klub, Yuriko dengan rela menunjukkan kepada Haruka sekilas tentang salah satu kenangan terkelamnya. Yuriko kemudian mengungkapkan bahwa ibunya adalah seorang peramal yang dituduh sebagai penipu dan bunuh diri, mendorong Yuriko untuk mencoba membuktikan keberadaan paranormal. Yuriko memutuskan untuk menggunakan Haruka untuk mengadakan stan peramal nasib, yang awalnya sulit dilakukan karena Haruka tidak dapat melihat targetnya, tetapi segera menjadi populer setelah Haruka mengambil alih kendali.

Ketika Hiyori Moritani, teman sekelasnya yang saat ini sedang jatuh cinta dengan Yoshihisa, duduk di kursi peramal, dia menjadi kesal terhadap Haruka. Saat Yoshihisa dan Yuriko mengetahui tindakannya terhadap Haruka, Yoshihisa berhadapan dengan Hiyori dan mengungkapkan bahwa dia menyukai Haruka. Berterima kasih kepada teman-temannya, Haruka secara resmi bergabung dengan Klub Penelitian ESP.
3"So Happy, So Fun"
Transkripsi: "Ureshikute, Tanoshikute" (Jepang: 嬉しくて、楽しくて)
25 Januari 2013 (2013-01-25)
Sementara Haruka berusaha menyembunyikan fakta bahwa dia mendengar pengakuan Yoshihisa, dia dan yang lainnya pergi ke tempat karaoke, di mana terungkap bahwa Haruka sama sekali tidak bisa bernyanyi. Malam berikutnya, saat Haruka berencana membuat bekal buatan rumah untuk Yoshihisa, Hiyori meminta beberapa anggota karate-nya untuk sedikit menyerang Yoshihisa, tetapi rencana itu gagal dan mereka malah membuat Yoshihisa dirawat di rumah sakit. Keesokan harinya, saat berita tentang situasi Yoshihisa menyebar ke seluruh kelas, Haruka mendengar pikiran Hiyori yang sedang stres karena takut ketahuan oleh semua orang. Namun, Haruka justru memilih untuk menyemangatinya sebelum pergi mengunjungi Yoshihisa di rumah sakit. Setelah mendengar pikiran Yoshihisa tentang bagaimana dia tidak ingin melibatkan Haruka, Haruka merasa hancur karena dia hanya menyakiti orang lain di tempatnya dan memilih pergi.
4"Changing World"
Transkripsi: "Kawaru Sekai" (Jepang: 変わる世界)
1 Februari 2013 (2013-02-01)

Seminggu telah berlalu sejak Haruka menghilang dan Yoshihisa tidak dapat menghubunginya. Berkat bantuan Daichi, Klub Penelitian ESP melacak Haruka ke stasiun terakhir tempat dia pergi. Lupa memesan hotel, kelompok tersebut ditawari untuk bermalam di kuil yang dikelola oleh pendeta kepalanya. Secara kebetulan, mereka mengetahui bahwa sang pendeta adalah teman keluarga Haruka. Setelah mendengar permohonan Yoshihisa, pendeta membawa mereka ke rumah keluarga Haruka tempat Haruka tinggal bersama kakeknya, Zenzou. Karena tidak mampu menghadapi mereka, Haruka justru mendengar keinginan Yoshihisa untuk bersamanya, membuatnya rentan ketahuan.

Haruka menjelaskan bahwa dia tidak ingin kembali karena tidak ingin menyakiti siapa pun dan mencoba kabur lagi. Saat itu, Hiyori datang dan berdamai dengan Haruka atas tindakan cemburunya, sekaligus berterima kasih padanya karena telah mengizinkannya mengubah jalan hidupnya. Haruka menerima rasa terima kasihnya dan memutuskan untuk kembali ke sekolah.
5"School Paradise?"
Transkripsi: "Gakuen Tengoku?" (Jepang: 学園天国?)
8 Februari 2013 (2013-02-08)

Saat Haruka memulai kembali kehidupan sekolahnya, Hiyori memutuskan untuk bergabung dengan Klub Penelitian ESP, sementara Yuriko berencana mengadakan pesta penyambutan di apartemen baru Haruka. Setelah teralihkan oleh foto lucu Hiyori yang ditunjukkan Yoshihisa, Haruka akhirnya ikut serta dalam lomba estafet di festival olahraga yang akan datang. Jadi, para teman-temannya mulai melatihnya untuk acara tersebut.

Tibalah hari festival olahraga, Yoshihisa berhasil mengumpulkan seluruh kelas untuk memberikan dukungan kepada Haruka, meskipun pada akhirnya Haruka tetap gagal menyelesaikan lomba.
6"Summer Vacation!"
Transkripsi: "Natsuyasumi!" (Jepang: 夏休み!)
15 Februari 2013 (2013-02-15)

Rombongan tersebut pergi ke kampung halaman Haruka untuk liburan musim panas. Namun, di luar dugaan, mereka malah dibawa ke rumah sakit terbengkalai. Setelah dikejar oleh monster-monsteran palsu, mereka menemukan bahwa rumah sakit itu sebenarnya adalah bagian dari taman hiburan yang dibuat Zenzou untuk menyambut kedatangan Haruka.

Keesokan harinya, rombongan tersebut pergi ke pantai pribadi. Di sana, Haruka terseret arus laut dan hampir tenggelam, sehingga Yoshihisa harus menyelamatkannya. Setelah berbag
7"In This World, I..."
Transkripsi: "Kono Sekai ni Watashi wa" (Jepang: この世界に私は)
22 Februari 2013 (2013-02-22)

Ketika Haruka bertarung dengan efek aneh dari masakan Hiyori, sang pendeta kepala menjelaskan kepada Zenzou bahwa dia telah membawa Kumiko untuk melihat keadaan Haruka, tetapi Kumiko masih percaya bahwa suatu hari nanti Haruka akan menyebabkan kesengsaraan dengan kemampuannya. Sebelum pulang keesokan harinya, Haruka mengunjungi kamar lamanya dan berterima kasih kepada pendeta kepala atas bantuannya.

Setelah tidak dapat menghubungi Yoshihisa setelah mereka kembali, Haruka dan Yuriko memutuskan untuk memata-matai Yoshihisa dan mendapati dia bekerja paruh waktu dengan alasan yang tidak dapat Haruka identifikasikan. Saat mencoba mencari tahu apa yang Yoshihisa sembunyikan, Haruka membaca ingatan Yuriko tentang pertama kalinya dia berteman dengan Daichi, yang selalu percaya pada kemampuan paranormal ibunya. Setelah liburan musim panas berakhir dan semester baru dimulai, Yoshihisa mengungkapkan bahwa dia selama ini menabung untuk mempersiapkan pesta ulang tahun kejutan untuk Haruka.
8"It's Not a Date"
Transkripsi: "Dēto janaimon" (Jepang: デートじゃないもん)
1 Maret 2013 (2013-03-01)

Setelah menerima liontin dari Yoshihisa sebagai hadiah ulang tahun, Haruka akhirnya masuk angin saat bulan Oktober tiba. Yoshihisa memutuskan untuk merawatnya dan mendapati bahwa flu yang diderita Haruka ternyata mempengaruhi kemampuan membaca pikirannya. Karena Haruka tidak menyadarinya, Yoshihisa awalnya melihat ini sebagai kesempatan untuk bebas berbuat cabul, tetapi kemudian dia tidak tega melakukannya. Meskipun Haruka akhirnya sembuh dari flunya, kemampuannya belum pulih sepenuhnya.

Sebagai hukuman karena membohongi Haruka, Yuriko mengatur kencan untuk mereka berdua. Mereka mengunjungi banyak tempat, dan Haruka memilih foto mereka berdua untuk dimasukkan ke dalam liontinnya. Namun, menjelang akhir kencan, Haruka melewati seseorang dan tanpa sengaja membaca pikiran orang tersebut yang sarat kekerasan dan mengerikan. Kejutan itu membuat Haruka jatuh pingsan.
9"Everyone is Around Me"
Transkripsi: "Mawari ni wa Minna ga" (Jepang: まわりにはみんなが)
8 Maret 2013 (2013-03-08)

Setelah keluar dari rumah sakit, Haruka mengetahui serangkaian serangan terhadap gadis-gadis SMA. Ia pun bertanya-tanya apakah pikiran yang dia baca sebelum pingsan adalah pikiran pelaku kejahatan. Karena terlalu takut untuk sendirian malam itu, Haruka meminta Yoshihisa untuk menginap di rumahnya. Niat mesum Yoshihisa terhalang oleh kedatangan Hiyori. Keesokan paginya, kelompok tersebut didatangi sepasang polisi yang menanyakan para siswa tentang serangan-serangan tersebut. Haruka merasa tertekan karena tidak bisa mengungkapkan apa yang dilihatnya, sebab polisi tidak akan percaya keberadaan paranormal. Belakangan, diskusi Haruka dan Hiyori antar jam pelajaran memicu rumor bahwa Haruka mengetahui sesuatu tentang serangan tersebut, membuat hubungannya dengan teman-teman sekolahnya memburuk. Zenzou, yang telah dipanggil oleh Yuriko untuk menghibur Haruka, mengajaknya dan teman-temannya makan malam di sebuah hotel, di mana secara kebetulan Kumiko muncul berkencan. Ketika Kumiko mulai mencaci maki Haruka karena diduga menggunakan kekuatannya, Yoshihisa dan yang lainnya bergegas membelanya. Keanehan Yoshihisa bahkan berhasil memancing Kumiko untuk secara tidak sadar menunjukkan kekhawatiran terhadap Haruka. Setelah Kumiko pergi, Zenzou menawarkan untuk membatalkan makan malam karena khawatir, tetapi mereka memutuskan untuk tetap tinggal.

Malamnya, Hiyori sangat terkejut setelah melihat salah satu teman sekelasnya terbaring dalam genangan darah di sebuah gang. Hiyori berteriak setelah melihat darah wanita itu di tangannya sendiri.
10"But You're Not Here"
Transkripsi: "Dakedo Anata wa Inai" (Jepang: だけどあなたはいない)
15 Maret 2013 (2013-03-15)

Setibanya di sekolah, Haruka dan Yoshihisa mengetahui bahwa Hiyori telah ditangkap atas dugaan sebagai penyerang gadis-gadis SMA. Keduanya mengunjungi kantor polisi dan menjamin bahwa Hiyori tidak bersalah, berhasil sedikit menenangkan Hiyori. Setelah salah satu detektif, Tsukino, mengizinkan Haruka dan yang lainnya untuk mendukung Hiyori selama interogasi, Hiyori menjelaskan bagaimana dia mencoba menghentikan teman-temannya menyebarkan rumor tentang Haruka, namun malah menemukan temannya yang diserang dan kemudian dituduh sebagai pelaku. Tidak ingin Hiyori menderita lagi karenanya, Haruka memutuskan untuk memberi tahu para detektif apa yang dia ketahui. Meskipun berhasil meyakinkan sang detektif tentang kemampuannya, dia mengungkapkan bahwa dia tidak dapat membebaskan Hiyori sampai mereka menemukan bukti yang kuat. Yuriko pun mengangkat topik tentang ibunya. Merasa tidak bisa mengandalkan polisi, Yuriko memutuskan mereka harus menemukan pelakunya sendiri. Meskipun Haruka setuju untuk membantu, Yoshihisa keberatan karena dia tidak ingin melihat Haruka terluka. Hal ini menyebabkan keduanya bertengkar, dan setelah itu Yoshihisa berhenti mengunjungi ruang klub.

Malamnya, Haruka bertemu dengan Tsukino dan mengungkapkan sedikit tentang keinginannya untuk membantu. Keesokan harinya, Hiyori dibebaskan karena terjadi serangan lain saat dia ditahan. Namun Haruka memutuskan tetap ingin menemukan pelakunya. Setelah mengetahui tentang gang yang berpotensi berbahaya dari Tsukino, Yuriko menawarkan diri sebagai umpan untuk memancing pelaku. Saat Haruka mulai mendengar pikiran sang penyerang, Yuriko diserang oleh si penjahat.
11"Stand By Me"
Transkripsi: "Sutando Bai Mī" (Jepang: スタンド·バイ·ミー)
22 Maret 2013 (2013-03-22)

Daichi melindungi Yuriko dari serangan tersebut, memaksa si penyerang mundur ketika orang-orang mulai berdatangan. Haruka sekali lagi merasa bersalah atas apa yang terjadi, tak ingin melibatkan Yoshihisa karena telah membaca pikiran Yoshihisa yang mencemaskan dirinya. Haruka berkeliaran hingga sampai di sebuah taman dan kembali bertemu dengan Tsukino, yang kemudian membawanya ke apartemennya. Sementara itu, Hiyori memberi tahu Yoshihisa tentang situasi yang terjadi, lalu sedikit mengejeknya karena tidak berada di sisi Haruka. Hiyori kemudian menyatakan bahwa dia mencintai Yoshihisa, di mana Yoshihisa menanggapi bahwa dia mencintai Haruka. Hiyori pun menerima, dan meyakini bahwa memang seharusnya begitu. Setelah Yoshihisa pergi untuk mencari Haruka, Hiyori meratapi penolakannya.

Di sisi lain, setelah pulih dari cederanya dan meyakinkan Yuriko, Daichi menyimpulkan bahwa penyerangnya sebenarnya adalah Tsukino. Telepon Yuriko ke Haruka membantunya menghindari serangan dari Tsukino, yang ternyata memiliki kepribadian ganda dengan sisi jahat yang muncul dari bertahun-tahun mengalami perundungan. Saat Haruka terpojok di teras, Yoshihisa datang menyelamatkannya dan berhasil menangkis serangan Tsukino. Haruka kemudian memanggil Tsukino yang asli, mengingatkan bahwa akan ada orang yang peduli padanya. Ucapan Haruka berhasil membuat Tsukino mengatasi sisi gelapnya, dan dia menyerahkan diri ke polisi atas kejahatan yang telah dilakukannya.
12"The Things I Want to Tell You"
Transkripsi: "Tsutaetai Kokoro" (Jepang: 伝えたい言葉(ココロ))
29 Maret 2013 (2013-03-29)

Beberapa waktu setelah insiden tersebut, Yuriko tiba-tiba memberi tahu yang lain bahwa dia membubarkan Klub Penelitian ESP dan menggantinya dengan Klub Penelitian ESP Baru (yang kurang lebih sama). Di tengah hiruk pikuk itu, Haruka mengetahui pengakuan Hiyori pada Yoshihisa yang gagal, dan juga perasaan Yoshihisa padanya. Saat yang lain pergi memesan kamar di tempat karaoke, Yuriko mengungkapkan permintaan maafnya kepada Haruka, yang menjawab bahwa dia tidak perlu meminta maaf. Saat diskusi mereka beralih ke topik cinta, Haruka menyadari bahwa Yoshihisa belum secara langsung menyatakan cintanya padanya. Sekembalinya ke rumah, Haruka menemukan Kumiko menunggunya. Haruka akhirnya mengungkapkan isi hatinya kepada Kumiko, dan keduanya berbaikan. Saat Kumiko tidur siang, Haruka membaca pikirannya dan mengetahui bagaimana perasaan Kumiko sebenarnya pada saat dia meninggalkan rumah. Kumiko pergi pagi-pagi keesokan harinya, tetapi meninggalkan sarapan untuk Haruka.

Kemudian, Haruka berbicara dengan Hiyori tentang bagaimana dia harus menyatakan perasaannya kepada Yoshihisa, dan pada akhirnya menyadari bahwa dia harus membiarkan semuanya berjalan secara alami. Di suatu malam bersalju, Haruka dan Yoshihisa secara resmi menyatakan cinta mereka kepada satu sama lain.
Bonus episodes

Haruka's Room (春香の部屋, Haruka no Heya) adalah serangkaian episode web pengantar yang ditayangkan secara online antara tanggal 7 Desember 2012 dan 11 Januari 2013.

No. Title Release date
1"Episode 1"7 Desember 2012 (2012-12-07)
Haruka Mewawancarai Diri Sendiri
2"Episode 2"14 Desember 2012 (2012-12-14)
Yoshihisa Diperkenalkan, Membuat Haruka Malu dengan Fantasinya.
3"Episode 3"21 Desember 2012 (2012-12-21)
Yuriko Diperkenalkan, Membahas ESP dengan Penuh Semangat.
4"Episode 4"28 Desember 2012 (2012-12-28)
Daichi Diperkenalkan, Bermalas-malasan Ketika Kamera Tidak Merekam.
5"Episode 5"4 Januari 2013 (2013-01-04)
Hiyori Diperkenalkan, Impiannya Digagalkan oleh Haruka.
6"Episode 6"11 Januari 2013 (2013-01-11)
Para karakter masing-masing memberikan komentarnya tentang episode terakhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kotoura-san Manga Will End With 7th Volume". Anime News Network. 2015-02-24. Diakses tanggal 2015-02-24. 
  2. ^ "Kotoura-san School Romantic Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 2012-08-28. Diakses tanggal 2012-08-28. 
  3. ^ "Hisako Kanemoto, Jun Fukushima Lead Kotoura-san Cast". Anime News Network. 2012-10-27. Diakses tanggal 2012-10-28. 
  4. ^ a b c d e キャスト. Kotoura-san official anime website (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2013-01-18. 
  5. ^ Micro Magazine. Miss Kotoura's ESP Handbook [Extra Special Psychic]. hlm. 2. 
  6. ^ Eishinsai Zuiho; Matsukawa, Hanzan (1865). Kotoura no hana : kadō iemoto Mishōryū. Dō Shinsaibashi Minami Kyūhōji-machi: Itamiya Zenbē. 
  7. ^ Micro Magazine. Miss Kotoura's ESP Handbook [Extra Special Psychic]. hlm. 8. 
  8. ^ "The Name "United States of America"<xref ref-type="fn" rid="fn1"><sup>1</sup></xref>". The American Historical Review. 1925-10. doi:10.1086/ahr/31.1.79. ISSN 1937-5239. 
  9. ^ Micro Magazine. Miss Kotoura's ESP Handbook [Extra Special Psychic]. hlm. 13. 
  10. ^ "Yuriko". Yuriko. 1960. doi:10.5040/9781350911437. 
  11. ^ "Yuriko". Yuriko. 1960. doi:10.5040/9781350911437. 
  12. ^ Micro Magazine. Miss Kotoura's ESP Handbook [Extra Special Psychic]. hlm. 23. 
  13. ^ "The Name "United States of America"<xref ref-type="fn" rid="fn1"><sup>1</sup></xref>". The American Historical Review. 1925-10. doi:10.1086/ahr/31.1.79. ISSN 1937-5239. 
  14. ^ "The Name "United States of America"<xref ref-type="fn" rid="fn1"><sup>1</sup></xref>". The American Historical Review. 1925-10. doi:10.1086/ahr/31.1.79. ISSN 1937-5239. 
  15. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cast2
  16. ^ "Crunchyroll to Stream Kotoura-san TV Anime". Anime News Network. January 8, 2013. Diakses tanggal May 8, 2013. 
  17. ^ "NIS America Licenses Kotoura-san School Comedy TV Anime". Anime News Network. May 5, 2015. Diakses tanggal May 9, 2017. 
  18. ^ "琴浦 さん". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Agency for Cultural Affairs. Diakses tanggal September 30, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:AIC TV series