Date A Live (musim 3)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Date A Live III
Musim 3
visual key anime musim ketiga
Negara asalJepang
Jml. episode12
Rilis
Jaringan asliAT-X, Tokyo MX, KBS Kyoto
Tanggal disiarkan11 Januari (2019-01-11) –
29 Maret 2019 (2019-3-29)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Date A Live II
Berikutnya →
Date A Live IV

Musim ketiga dari serial anime Date A Live, berjudul Date A Live III,[1] diproduksi oleh J.C.Staff dan disutradarai oleh Keitaro Motonaga. Seperti seri lainnya, ini mengikuti petualangan Shido Itsuka. Musim ini mengadaptasi volume kedelapan hingga kedua belas dari novel ringan karya Kōshi Tachibana dan Tsunako. Date A Live III berlangsung dari 11 Januari hingga 29 Maret 2019, di Tokyo MX di Jepang.[1][2] Lagu pembuka berjudul "I Swear" dibawakan oleh sweet ARMS,[3] dan lagu penutupnya adalah "Last Promise" yang dibawakan oleh Eri Yamazaki.[4]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

CeritaEpisodeJudul [a]Tanggal tayang asliRef.
231"The Seventh Spirit"
Transkripsi: "Nana ban-me no Seirei" (七番目の精霊)
11 Januari 2019 (2019-01-11)[5]
Setelah mengadakan pesta hot pot dengan para Spirit, Shido dan kru Fraxinus berangkat untuk menemui Spirit baru yang muncul. Memperkenalkan dirinya sebagai Natsumi, alias Witch tampaknya ramah pada Shido pada awalnya, sampai serangan AST, dia tiba-tiba mengubah perilakunya dan tanpa penjelasan lebih lanjut, menyatakan bahwa dia akan menghancurkan kehidupan Shido sebelum membuatnya pergi. Kembali di sekolah, Shido terkejut ketika teman-teman sekelas dan gurunya menuduhnya melakukan beberapa pelanggaran terhadap mereka, sampai dia mengetahui bahwa pelaku sebenarnya adalah Natsumi, yang menyamar sebagai dia untuk menghancurkan reputasinya, tetapi sebelum Natsumi menyerang Shido, Tohka dan Origami turun tangan. dan dengan mudah membedakan Shido yang asli dari yang palsu, memaksanya untuk mundur. Beberapa hari kemudian, Kotori mendekati Shido dengan membawa surat dari Natsumi yang berisi gambar dua belas orang yang dekat dengannya. Menurut surat itu, Natsumi menyamar sebagai salah satu dari mereka, dan menantang Shido untuk mengidentifikasi penipu sebelum mereka semua menghilang.
242"Can You Find Me?"
Transkripsi: "Watashi o mitsukerareru?" (私を見つけられる?)
18 Januari 2019 (2019-01-18)[6]
Untuk mengetahui siapa di antara teman-temannya yang digantikan oleh Natsumi, Shido mulai berkencan dengan mereka masing-masing. Setelah bertemu Tohka, Yoshino, Hiroto dan Yuzuru, Shido memutuskan bahwa tidak satupun dari mereka bisa menjadi Natsumi yang menyamar. Namun pada tengah malam, Natsumi menggunakan kekuatannya untuk membuat Yuzuru menghilang. Kaguya putus asa atas kepergiannya tetapi mereka berbohong kepadanya bahwa Yuzuru sedang menjalani beberapa tes. Shido menyadari bahwa dia harus bergerak cepat untuk mengekspos Natsumi sebelum lebih banyak orang menghilang.
253"You're Natsumi"
Transkripsi: "Natsumi wa omae da" (七罪はおまえだ)
25 Januari 2019 (2019-01-25)[7]
Shido berkencan dengan Kotori, Kaguya, Miku, Ai, Mai, Mii, Tamae dan Origami tetapi masih tidak dapat menentukan siapa yang menyamar sebagai Natsumi. Akibatnya, Natsumi menyebabkan lebih banyak orang menghilang dan hanya Kotori, Kaguya, Miku dan Origami yang tersisa. Empat gadis yang tersisa dan Shido berkumpul bersama untuk bertukar pikiran tentang identitas Natsumi. Natsumi muncul dan memberi tahu mereka bahwa mereka hanya memiliki tiga tebakan yang tersisa. Selama brainstorming, mereka membahas kemungkinan bahwa Natsumi sebenarnya adalah salah satu dari mereka yang telah menghilang. Origami juga berkomentar bahwa Natsumi mungkin sebenarnya bukan manusia secara harfiah. Dia menusuk pisau melalui foto untuk memastikan bahwa Natsumi tidak menyembunyikan dirinya sebagai foto. Kelompok itu salah menebak dua kali dan sebagai hasilnya Kaguya dan Origami dihisap oleh <Haniel>. Miku kehilangan harapan dan memberikan hiasan rambutnya kepada Shido dan berkomentar bahwa dia tidak ingin jepit rambut itu hilang bersamanya dan menginginkan sesuatu untuk Shido untuk mengingatnya. Dipicu oleh komentar Miku tentang "hal-hal yang menghilang bersama", serta diskusi sebelumnya, Shido menyadari bahwa Yoshinon si boneka dapat menangkap telepon genggamnya meskipun Yoshino tidak dapat melihatnya. Dengan demikian Shido dapat menebak bahwa Natsumi menyamar sebagai Yoshinon si boneka. Natsumi terkejut bahwa dia telah kalah dan untuk sesaat kehilangan kendali atas <Haniel>. Semua orang hilang muncul kembali dan wujud asli Natsumi dari seorang gadis kecil terungkap. Natsumi, marah karena penampilan aslinya telah terlihat lagi, mengubah para Spirit menjadi versi anak-anak dari diri mereka sendiri termasuk Origami yang terlibat juga.
264"Transformation"
Transkripsi: "Henshin" (変身)
1 Februari 2019 (2019-02-01)[8]
Shido memiliki tangannya penuh berurusan dengan Spirit dalam bentuk anak, banyak kegembiraan Natsumi, karena dia bertekad untuk membuatnya menderita menggunakan sihir untuk mengubah rumah dan pakaian. Sementara itu, para eksekutif puncak DEM Industries sangat ingin membalas dendam pada Isaac Ray Pelham Westcott dan membuat rencana untuk membunuhnya berapa pun biayanya. Ketika Natsumi diserang oleh peleton DEM yang dipimpin oleh Ellen Mira Mathers, Shido dan Spirit lainnya muncul untuk menyelamatkannya. Lemah dari pertempuran, Natsumi menjadi tidak dapat memanggil malaikatnya dan dibatasi oleh Kotori. Shido kemudian menghadapkan Natsumi dan belajar bahwa dia membenci dia karena dia melihat bentuk aslinya sebagai seorang anak, dan bahwa dia percaya dia tidak akan pernah peduli padanya karena itu. Sementara itu, Origami diburu oleh mantan karyawannya hingga diterima bekerja di DEM dengan imbalan informasi kebakaran yang terjadi lima tahun lalu. Untuk menghibur Natsumi, Shido dan para Spirit membawanya ke rangkaian kegiatan penuh yang melibatkan bersantai, membeli pakaian dan make up, untuk menunjukkan kepadanya bahwa dia bisa menjadi cantik bahkan sebagai seorang anak, tapi dia melarikan diri karena menjadi terlalu banyak untuk dihadapi.
275"Despair Comes Crashing Down"
Transkripsi: "Zetubō ga ochitekuru" (絶望が落ちてくる)
8 Februari 2019 (2019-02-08)[9]
Untuk memastikan apa yang benar-benar dipikirkan orang lain tentang dia, Natsumi menyamar sebagai Kotori dan berbicara kepada mereka, tetapi mereka berbalik melawannya, dengan Shido yang tidak mengerti apa-apa di sekitar Kotori. Sementara itu, para eksekutif DEM menyimpangkan satelit untuk menabrak kota dalam upaya membunuh Westcott. Sementara warga mengungsi ke tempat penampungan, Shido bertekad untuk mencari Natsumi di kota, yang hilang. Kotori menggunakan kartu truf Fraxinus, meriam yang sangat kuat yang diperkuat oleh kekuatan Spiritnya untuk menghancurkan satelit. Namun satelit kedua muncul dan dengan Kotori terlalu lemah untuk menggunakan meriam lagi, semua harapan tampaknya hilang. Shido mencoba menggunakan senjatanya tetapi gagal. Tohka, Yoshino, Yuzuru dan Kagura datang untuk membantu peringatan Tohka tentang perisai sihir. Pada saat terakhir, Natsumi mengungkapkan dirinya dan membantu Shido dan Spirit lainnya menghancurkannya. Setelah akhirnya menerima Shido dan yang lainnya sebagai teman, Natsumi membiarkan dirinya disegel olehnya. Tiba-tiba, bom satelit ketiga dijatuhkan di kota, hanya untuk kemudian dihancurkan dengan mudah oleh Origami yang mengenakan setelan tempur DEM, yang sangat mengejutkan Shido.
286"Crossroads"
Transkripsi: "Wakatareta michi" (分かたれた道)
15 Februari 2019 (2019-02-15)[10]
Shido mengetahui bahwa Origami meninggalkan sekolah dan mencarinya di apartemennya, di mana dia menangkapnya. Sementara Kotori mulai mencarinya, Origami memberitahu Shido bahwa meskipun mengetahui bahwa Spirit bukanlah ancaman setelah disegel, dia harus menepati janji yang dia buat untuk melenyapkan mereka semua sebagai pembalasan atas kematian orang tuanya. Dia kemudian pergi untuk melawan Tohka dan yang lainnya sementara Fraxinus dicegat oleh Ellen, mengemudikan salah satu kapal DEM. Meskipun kapal musuh diperlengkapi dengan lebih baik, Kotori menolak untuk menyerah, dan kedua kapal bertarung, sementara Shido yang tertahan memanggil bantuan.
297"The Power Given"
Transkripsi: "Motarasareta chikara" (もたらされた力)
22 Februari 2019 (2019-02-22)[11]
Saat Origami bertarung melawan Spirit lainnya, Natsumi dan Yoshino menyelamatkan Shido. Fraxinus terus bertarung melawan Ellen dan kapalnya sementara Tohka berjuang untuk melindungi yang lain dari serangan Origami, sampai dia berhasil mendapatkan kembali kekuatannya yang hilang dan melukainya secara fatal. Setelah kalah dalam pertempuran, Origami menerima tawaran kekuatan lebih dari Phantom dan berubah menjadi Spirit yang dilengkapi dengan <Metatron>, bersumpah untuk membunuh semua Spirit sebelum melakukan bunuh diri untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat dilukai oleh mereka lagi. Ketika dia melanjutkan pertarungan melawan Tohka, Shido tampak menghalangi jalannya, menuntunnya untuk mundur. Kemudian, saat Spirit lain sedang memulihkan diri dan Shido bersiap untuk menyegel Tohka lagi, Origami muncul di hadapan Kurumi.
308"Demon King of Descending Darkness"
Transkripsi: "Yami furu yoru no maō" (闇降る夜の魔王)
1 Maret 2019 (2019-03-01)[12]
Origami membuat kesepakatan dengan Kurumi untuk mengirim Origami ke masa lalu untuk mencegah kematian orang tuanya menggunakan Peluru Kedua Belas yang belum teruji: Yud Bet. Sesampai di sana, dia menghadapi Phantom dan mencoba untuk membunuhnya, hanya untuk kemudian menemukan bahwa itu adalah salah satu serangannya sendiri yang membunuh orang tuanya, dan Spirit yang menjadi sumber balas dendamnya tidak lain adalah "dirinya sendiri", banyak pada keputusasaannya. Kembali ke masa sekarang, jatuh ke dalam bentuk Inverse <Devil> (Moegami Tobiichi), Origami tanpa emosi menyerang seluruh kota termasuk rumah sakit tempat Shido dan Spirit lainnya memulihkan diri. Meskipun Spirit dan Fraxinus dicadangkan, Shido mendapati suaranya tidak bisa lagi mencapai Moegami karena dia sekarang sudah mati bagi dunia. Kurumi menyadari bahwa Origami saat ini tidak bisa lagi diselamatkan dan dengan demikian mengirim Shido lima tahun sebelumnya dengan harapan dia bisa mengubah masa lalu.
319"Tengu City, Five Years Ago"
Transkripsi: "Gonenmae, Tengū-shi" (五年前、天宮市)
8 Maret 2019 (2019-03-08)[13]

Kurumi, yang menyelaraskan dengan Shido di masa lalu, mengarahkannya ke tempat Kotori menerima kekuatan Spiritnya dari Phantom. Menggunakan sihir Natsumi untuk menyamar sebagai dirinya yang berusia 10 tahun, Shido menyaksikan peristiwa yang terjadi ketika Origami masa depan datang dan menyerang. Dia menyadari bahwa orang tua Origami secara tidak sengaja dibunuh oleh masa depan Origami sendiri, sehingga menyebabkan dia menjadi Inverse (Moegami). Shido menyelamatkan dan menghibur melewati Origami. Dia meminta Origami masa lalu untuk membawa semua emosinya kepadanya karena satu-satunya emosi yang sekarang akan dia bawa adalah kemarahan dan sumpah untuk membalaskan dendam orang tuanya. Ini menjelaskan mengapa dia mengingatnya di awal musim 1.

Tidak menyerah, Kurumi memimpin Shido untuk bertemu dengan dirinya di masa lalu (penutup mata Kurumi) dengan metode untuk mengubah sejarah. Kurumi penutup mata awalnya skeptis tetapi setelah berkomunikasi dengan Kurumi di masa sekarang, mereka mencapai kesepakatan. Kurumi penutup mata mengirim Shido kembali ke masa beberapa jam, sehingga memberinya kesempatan kedua untuk mengubah sejarah. Shido bersembunyi untuk mengizinkan Phantom memberi Kotori kekuatan terlebih dahulu. Kemudian Shido mencoba membujuk Phantom untuk pergi sehingga pertarungan dengan Origami di masa depan dapat dihindari. Phantom secara misterius langsung tahu siapa Shido dan bahwa dia datang dari masa depan dengan bantuan Kurumi. Dia berubah menjadi seorang gadis berambut merah muda bernama Rinne Sonogami dan menolak untuk pergi karena dia mengatakan dia memiliki beberapa tugas untuk dicapai. Origami masa depan muncul dan pertarungan terjadi lagi. Tepat ketika sejarah sepertinya ditakdirkan untuk terulang kembali, Shido berlari ke tempat Origami masa lalu dan mendorong orang tua Origami keluar dari jalan dan menerima pukulan sebagai gantinya. Dia kemudian terbangun di kamarnya, tidak yakin apakah sejarah telah berubah.
3210"Another World, Another Girl"
Transkripsi: "Mōhitotsu no sekai, mōhitori no kanojo" (もうひとつの世界、もうひとりの彼女)
15 Maret 2019 (2019-03-15)[14]
Shido menemukan bahwa dunia berbeda tetapi tidak ada yang benar-benar mengingat Origami. Gadis-gadis itu memperhatikan bahwa ada sesuatu yang mengganggu Shido, tetapi hanya Shido yang memperhatikan perubahan di garis waktu. Natsumi mengusulkan agar Kotori dan Yoshino menghibur Shido dengan pakaian pelayan yang memalukan. Shido kemudian menemukan apa yang berbeda di garis waktu baru ini ketika Kotori menyebutkan Spirit tak dikenal yang disebut "Inverse," dan dalam rekaman, Shido mengenalinya sebagai Origami. Keesokan harinya, Origami muncul kembali sebagai murid pindahan baru di kelas Shido, yang telah mengalami perubahan kepribadian total. Shido memanggil Kotori untuk meminta informasi, dan mengetahui bahwa Origami masih menjadi anggota AST sampai dia pensiun karena alasan yang tidak diketahui. Saat istirahat makan siang, Shido berbicara dengan Origami dan menyimpulkan bahwa hubungannya dengan AST tidak begitu dramatis, Origami percaya bahwa pria yang menyelamatkan orang tuanya dan "meninggal" bisa jadi adalah saudara laki-laki Shido, dan orang tuanya memberinya begitu banyak kebahagiaan tapi ironisnya masih meninggal karena kecelakaan mobil empat tahun lalu. Shido merasa lelah dan tidur di atap. Kurumi kemudian membangunkannya dan mengungkapkan bahwa dia mengingat semuanya dari garis waktu lama. Ketika Origami menemukan keduanya bersama-sama, dia tiba-tiba berubah menjadi bentuk dan serangan Moegami (Inverse Spirit). Dia kembali normal setelah Kurumi mundur, tetapi tidak ingat apa yang baru saja terjadi.
3311"Angel of the Starry Night"
Transkripsi: "Hoshi furu yoru no Tenshi" (星降る夜の天使)
22 Maret 2019 (2019-03-22)[15]
Shido menjelaskan bagaimana dia dan Kurumi adalah satu-satunya yang mempertahankan pengetahuan tentang garis waktu sebelumnya. Reine menganalisis cuplikan dari bentuk Inverse Origami dan berteori bahwa meskipun ada perubahan kontinum ruang-waktu, Origami memiliki kedua persona dari dirinya saat ini dan dirinya yang lama, yang terakhir bertindak sebagai mekanisme pertahanan diri setiap kali dia menemukan Roh. Dia sudah menjadwalkan rencana yang biasa agar Origami jatuh cinta pada Shido dan menyegel kekuatannya. Keduanya mengembangkan suasana hati yang tulus pada kencan mereka, meskipun Shido menolak untuk menuruti pilihan tiga arah Ratatoskr, ingin memajukan aspek Origami sebelumnya yang menarik perhatiannya. Kemudian, ketika Shido menyelamatkan Origami dari jatuh dari tepi tebing, dia melihat api Efreet menyembuhkan luka Shido, dan berubah menjadi Devil (Moegami). Tohka dan Tim Spirit merasakan bahaya yang mengerikan dan mencegat Devil Satan dengan menembak jatuh Fraxinus. Dalam alam bawah sadar Origami dia berkonflik dengan dirinya yang dulu, Shido menerobos dan meraih tangannya. Meskipun Origami tidak memiliki kasih sayang yang nyata untuk Shido sebelumnya, dia mengatakan kepadanya sejak lima tahun yang lalu, bahwa dia tidak lagi harus menanggung bebannya sendirian dan dia menciumnya, mengembalikan Origami ke Astral Dress-nya yang sebenarnya. Kotori dan kru Fraxinus selamat. Shido di sekolah sementara Origami dan Tohka melanjutkan apa yang biasanya mereka lakukan di garis waktu lama dengan perubahan: memperjuangkan kasih sayang Shido sambil tersenyum di akhir dengan rambut panjangnya dipotong kembali menjadi rambut pendek lagi.
3412"Make Shido Itsuka Swoon"
Transkripsi: "Itsuka Shidō o kōryaku seyo" (五河士道を攻略せよ)
29 Maret 2019 (2019-03-29)[16]
Shido menunjukkan kekuatan dan kecepatan yang tidak biasa. Setelah analisis yang cermat, Reine menegaskan bahwa hubungan antara Shido dan semua Spirit yang telah dia cetak bergabung menjadi sirkulasi yang tidak stabil yang menyebabkan tubuhnya terlalu panas dengan kekuatan yang tidak masuk akal. Untuk mengatasi masalah ini, para Spirit harus mencium Shido untuk membuat tautan yang mengalir di dalam dirinya aman sebelum tengah malam. Tapi sebelum mereka bisa, Shido menghancurkan dan berjalan keluar dari rumah sakit. Shido menyalakan kekuatan Yoshino dan Miku pada orang-orang kota (termasuk mencium Ellen) untuk hiburannya. Semua orang mengejarnya dan Shido menyatakan bahwa dia hanya akan bekerja sama jika mereka bisa membuatnya "jatuh" untuk mereka. Sebuah kompetisi diadakan di manor, dengan gadis-gadis mengenakan pakaian renang untuk memikat Shido. Meskipun Origami menyarankan ketelanjangan, mereka mengubah ide menjadi telanjang untuk merayu Shido. Kannazuki mulai bertindak terlalu jauh sehingga Fraxinus memutuskan komunikasi. Awalnya tidak terpengaruh oleh kemajuan mereka, Yuzuru, Kaguya, Natsumi, Yoshino, Kotori, Miku, dan Origami secara spontan membuat Shido merasakan nafsu. Tohka adalah yang terakhir; namun, Shido ambruk dan mengembangkan tanda-tanda Spirit yang tidak normal dan gempa spasial akan muncul darinya yang bisa lebih menghancurkan daripada yang sebelumnya 30 tahun yang lalu. Tim Spirit berpacu dengan waktu, kecuali Kotori, yang telah menyiapkan senjata untuk kesempatan ini, tetapi Origami dan Tohka menghentikannya. Kurumi mengulurkan tangan, saat para gadis bergiliran mencium Shido. Baik Sandalphon Tohka dan Shido berbenturan; Tohka yang tak berdaya berjalan dan menyadari cinta, dan menciumnya. Tubuh dan kepribadiannya sembuh, sementara Shido dan Tohka berbagi momen sendirian.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Semua judul bahasa Inggris diambil dari Funimation.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (20 Oktober 2018). "Date A Live Anime's 3rd Season Reveals New Cast Member, Staff, January 2019 Premiere (Updated)". Anime News Network. Diakses tanggal 20 Oktober 2018. 
  2. ^ "Date A Live III Anime Premieres on January 11". Anime News Network. 14 Desember 2018. Diakses tanggal 14 Desember 2018. 
  3. ^ "Date A Live III Anime's Promo Video Previews Opening Theme". Anime News Network. 27 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2018. Diakses tanggal 27 Desember 2018. 
  4. ^ "Date A Live III Anime Previewed in TV Ad". Anime News Network. 28 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 29 Desember 2018. 
  5. ^ 七番目の精霊 [The Seventh Spirit]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  6. ^ 私を見つけられる? [Can You Find Me?]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  7. ^ 七罪はおまえだ [You're Natsumi]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  8. ^ 変身 [Transformation]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  9. ^ 絶望が落ちてくる [Despair Comes Crashing Down]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  10. ^ 分かたれた道 [Crossroads]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  11. ^ もたらされた力 [The Power Given]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  12. ^ 闇降る夜の魔王 [Demon King of Descending Darkness]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  13. ^ 五年前、天宮市 [Tengu City, Five Years Ago]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  14. ^ もうひとつの世界、もうひとりの彼女 [Another World, Another Girl]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  15. ^ 星降る夜の天使 [Angel of the Starry Night]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  16. ^ 五河士道を攻略せよ [Make Shido Itsuka Swoon]. date-a-live-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 23 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]