Love Live!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Love Live!
Love Live! promotional image.jpg
ラブライブ!
(Rabu Raibu!)
GenreMusik, [Komedi]], Sekolah
Manga
PengarangSakurako Kimino
IlustratorArumi Tokita
PenerbitASCII Media Works
DemografiSeinen
MajalahDengeki G's Magazine
Dengeki G's Comic
TerbitJanuari 2012 – sekarang
Volume5
Seri anime
SutradaraTakahiko Kyōgoku
SkenarioJukki Hanada
MusikYoshiaki Fujisawa
StudioSunrise
Lisensor
Saluran
asli
BS11, Tokyo MX, TV Aichi, Yomiuri TV
Tayang 6 Januari 2013 31 Maret 2013
Episode13
Permainan
Love Live! School Idol Festival
PengembangKLab
PenerbitBushiroad
GenreRhythm
PlatformiOS, Android
Rilis
Animasi video orisinal
SutradaraTakahiko Kyōgoku
StudioSunrise
Rilis27 November 2013
Durasi15 menit
Seri anime
SutradaraTakahiko Kyōgoku
SkenarioJukki Hanada
MusikYoshiaki Fujisawa
StudioSunrise
Lisensor
Saluran
asli
Tokyo MX, TV Aichi, Yomiuri TV, BS11
Tayang 6 April 2014 29 Juni 2014
Episode13
Manga
Love Live! School Idol Diary
PengarangSakurako Kimino
IlustratorMasaru Oda
PenerbitASCII Media Works
DemografiSeinen
MajalahDengeki G's Comic
TerbitJuni 2014 – sekarang
Volume1
Permainan
Love Live! School Idol Paradise
PengembangDingo Inc.
PenerbitKadokawa Games
GenreRhythm
PlatformPlayStation Vita
Rilis
Film anime
Love Live ! School idol Movie
SutradaraTakahiko Kyogoku
ProduserBandai Visual, Lantis, Kadokawa Corporation, ASCII Media Works, Bushiroad, Graphinica, ILCA.
StudioSunrise
Lisensor
NIS America, Inc.
Rilis
Durasi1 jam 42 menit 32 detik
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Love Live! (ラブライブ!, Rabu Raibu!) School Idol Project adalah proyek multimedia asal Jepang yang dikembangkan oleh ASCII Media Works, majalah Dengeki G's, label musik Lantis, dan studio animasi Sunrise. Proyek ini menceritakan tentang sekumpulan karakter perempuan fiksi yang menjadi grup idola untuk menyelamatkan sekolah mereka yang terancam ditutup. Diluncurkan pada Agustus 2010 pada majalah Dengeki G's, Love Live mulai memproduksi CD musik, video musik animasi (AMV), dua manga adaptasi, video game untuk android dan IOS, serta 13 episode anime yang ditayangkan dari Januari hingga Maret 2013 dan season kedua yang ditayangkan dari April hingga Juni 2014. Kedua seri anime dan film yang dilisensikan di Amerika Utara, Inggris, Australia dan Selandia Baru oleh NIS America, MVM Entertainment dan Madman Entertainment, masing-masing. Sebuah film animasi berjudul "Love Live! The School Idol Movie" dan didistribusikan oleh Shochiku dirilis pada bulan Juni 2015. Sebuah proyek yang terpisah, "Love Live! Sunshine!!", diumumkan pada bulan Februari 2015, dengan fokus pada kelompok baru idola sekolah. Sebuah anime serial televisi berdasarkan proyek akan tayang perdana di Juli 2016.

Plot[sunting | sunting sumber]

Love Live![sunting | sunting sumber]

Honoka Kousaka adalah seorang siswi yang mencintai sekolahnya, SMA Otonokizaka. Suatu ketika sekolahnya direncanakan akan ditutup karena pendaftarnya sedikit, Ia menjadi terdorong untuk menyelamatkannya. Melihat bahwa grup idola sedang populer, Ia dan teman-temannya memulai grup idola sekolah bernama μ's (dibaca muse) dengan harapan dapat menarik pendaftar baru di sekolahnya. Mereka berusaha membuat grup idolanya menjadi lebih populer dengan berpartisipasi pada "Love Live", yaitu sebuah ajang kompetisi untuk mencari grup idola terbaik.

Love Live! Sunshine!![sunting | sunting sumber]

Love Live Sunshine!! diatur di sekolah lain, sisi-laut Uranohoshi Girls’ Academy, yang lewat bahaya yang sama seperti digunakan untuk SMA Otonokizaka, sampai Chika Takami, penggemar berat μ's, memutuskan untuk mengikuti contoh mereka dan mengumpulkan teman-teman untuk membentuk kelompok lain disebut "Aqours" (dibaca aqua) demi sekolah mereka juga.

Karakter[sunting | sunting sumber]

μ's[sunting | sunting sumber]

Honoka Kousaka (高坂 穂乃果, Kousaka Honoka)
Pengisi suara: Emi Nitta[1] (Jepang); Marieve Herington (Inggris)
Honoka adalah tokoh utama dalam serial ini, pemimpin dari grup μ's. Ia siswi kelas 2 pada SMA Otonokizaka. Honoka mempunyai kepribadian yang periang dan pantang menyerah dalam hal apapun. Ia lah yang mempunyai ide membentuk grup idola lalu mengajak teman sekelasnya Umi dan Kotori untuk membentuk grup idola bernama μ's. Beliau juga merupakan personil dari grup mini bersamaan dengan Hanayo dan Kotori, Printemps.
Umi Sonoda (園田 海未, Sonoda Umi)
Pengisi suara: Suzuko Mimori[2] (Jepang); Kira Buckland (Inggris)
Umi adalah siswi kelas 2 teman masa kecil Honoka. Ia anggota klub memanah di sekolahnya. Umi mempunyai sifat pemalu dan mudah grogi bila tampil di depan umum atau di depan kamera.
Kotori Minami (南 ことり, Minami Kotori)
Pengisi suara: Aya Uchida[3] (Jepang); Cristina Vee (Inggris)
Kotori juga teman masa kecil Honoka. Siswi kelas 2 ini adalah anak dari kepala sekolah Otonokizaka. Ia orang yang berjasa membuat kostum untuk setiap penampilan μ's.
Hanayo Koizumi (小泉 花陽, Koizumi Hanayo)
Pengisi suara: Yurika Kubo[4] (Jepang); Xanthe Huynh (Inggris)
Hanayo adalah siswi kelas 1. Ia punya mimpi ingin menjadi seorang idol dan ia orang pertama yang tertarik bergabung ketika μ's sedang membuka perekrutan anggota baru.
Rin Hoshizora (星空 凛, Hoshizora Rin)
Pengisi suara: Riho Iida[5] (Jepang); Faye Mata (Inggris)
Rin adalah siswi kelas 1 yang menjadi teman baik Hanayo sejak kecil. Ia lah orang yang memberi semangat pada Hanayo ketika Hanayo bimbang ingin bergabung dengan μ's, yang pada akhirnya ia pun mengikuti jejak Hanayo menjadi anggota grup idola tersebut.
Maki Nishikino (西木野 真姫, Nishikino Maki)
Pengisi suara: Eriko Hori[6] (Jepang); Caitlin Glass (Inggris)
Maki adalah siswi kelas 1 yang punya bakat menyanyi dan bermain piano. Ia adalah tokoh yang mempunyai peran penting dalam menciptakan lagu-lagu untuk dibawakan di setiap penampilan μ's.
Nico Yazawa (矢澤 にこ, Yazawa Niko)
Pengisi suara: Sora Tokui[7] (Jepang); Erica Mendez (Inggris)
Nico adalah siswi kelas 3 yang tertarik pada dunia grup idola. Ia mempunyai grup sendiri yang diberi nama Idol Research Club yang hanya beranggotakan Ia seorang diri. Karena anggota μ's membutuhkan ruangan untuk latihan, kemudian Honoka mengajaknya untuk bergabung. Nico punya penampilan yang terlihat lebih muda dari anggota grup yang lainnya.
Eli Ayase (絢瀬 絵里, Ayase Eli)
Pengisi suara: Yoshino Nanjou[8] (Jepang); Erica Lindbeck (Inggris)
Eli adalah siswi kelas 3 berdarah Rusia yang menjadi ketua siswa di SMA Otonokizaka. Ia pada awalnya menjadi pemeran antagonis yang menentang rencana Honoka. Ia pun berusaha keras agar sekolahnya tidak jadi ditutup namun usahanya tampaknya tidak berhasil. Karena ia mempunyai bakat ahli menari balet, Honoka memintanya untuk mengajari anggota μ's hingga pada akhirnya ia menjadi anggota grup idola tersebut. Beliau juga merupakan pemimpin dari grup mini bersamaan dengan Maki dan Nico, Bibi.
Nozomi Toujou (東條 希, Toujou Nozomi)
Pengisi suara: Aina Kusuda[9] (Jepang); Laura Post (Inggris)
Nozomi adalah siswi kelas 3 yang menjadi wakil ketua siswa di SMA Otonokizaka. Berbeda dengan Eli, Ia justru mendukung rencana Honoka dan Ia pula yang memberi nama μ's pada saat grup idola itu kebingungan menentukan nama. Ia punya hobi meramal dengan menggunakan kartu tarotnya. Ia juga merupakan personil dari grup mini bersamaan dengan Umi dan Rin, Lily White.

Aqours[sunting | sunting sumber]

Chika Takami (高海 千歌, Takami Chika)
Pengisi suara: Anju Inami (Jepang); Jād Saxton (Inggris)
Chika adalah protagonis utama Love Live! Sunshine!! dan kelas dua di Akademi Uranohoshi Girls'. Dia adalah penggemar besar dari μ’s ini, dan terinspirasi oleh mereka untuk menjadi idola sekolah untuk menyelamatkan SMA-nya sendiri dari penutupan. Keluarganya menjalankan penginapan tradisional dikenal untuk mata air panas terbuka dengan pemandangan laut.
Riko Sakurauchi (桜内 梨子, Sakurauchi Riko)
Pengisi suara: Rikako Aida (Jepang); Jeannie Tirado (Inggris)
Riko adalah sederhana, realistis kelas dua dari Akihabara yang ditransfer dari SMA Otonokizaka. Dia percaya dirinya tidak memiliki bakat khusus dan dengan demikian tidak memiliki kepentingan untuk menjadi idola sekolah, tapi diseret ke dalamnya dengan Chika.
Kanan Matsuura (松浦 果南, Matsuura Kanan)
Pengisi suara: Nanaka Suwa (Jepang); Michelle Rojas (Inggris)
Seorang siswi kelas tiga dan teman masa kecil Chika. Kanan tinggal sendirian dengan kakeknya di sebuah pulau terdekat di mana mereka menjalankan toko perlengkapan diving.
Dia Kurosawa (黒澤 ダイヤ, Kurosawa Daiya)
Pengisi suara: Arisa Komiya (Jepang); Morgan Garrett (Inggris)
Siswi kelas tiga ketua OSIS Uranohoshi Girls’ Academy yang sombong. Dia dan adiknya Ruby adalah bagian dari keluarga terkenal dan dihormati. Dia enggan menjadi idola sekolah setelah kalah pertandingan untuk Chika, namun karena karakternya, akan menerima tidak kurang dari kemenangan di Love Live!.
Yō Watanabe (渡辺 曜, Watanabe Yō)
Pengisi suara: Shuka Saito (Jepang); Apphia Yu (Inggris)
Seorang siswi kelas dua energik dengan outlook positif. You bertujuan untuk satu hari menjadi seorang kapten kapal, seperti ayahnya.
Yoshiko Tsushima (津島 善子, Tsushima Yoshiko)
Pengisi suara: Aika Kobayashi (Jepang); Morgan Berry (Inggris)
Yoshiko adalah siswi kelas satu dengan "chūnibyō" (中二病, "delusi keagungan"). Dia mengacu pada dirinya sebagai "Yohane" (ヨハネ, Yohane), dan menggambarkan dirinya sebagai malaikat yang jatuh yang memicu kemarahan Tuhan, karena ia selalu sangat beruntung.
Hanamaru Kunikida (国木田 花丸, Kunikida Hanamaru)
Pengisi suara: Kanako Takatsuki (Jepang); Megan Shipman (Inggris)
Hanamaru adalah siswi kelas satu mudah-terganggu yang keluarganya menjalankan sebuah kuil lokal. Dia mengacu pada dirinya sebagai "Maru" singkatan namanya yang diberikan, "ora", dan berakhir semua kalimat nya dengan "-zura" karena dialek Shizuoka nya. Dia juga anggota dari paduan suara lokal karena bakatnya menyanyi.
Mari Ohara (小原 鞠莉, Ohara Mari)
Pengisi suara: Aina Suzuki (Jepang); Jamie Marchi (Inggris)
Seorang siswi kelas tiga di Uranohoshi. Ayahnya Italia-Amerika menjalankan jaringan hotel. Mari adalah orang cerdas yang lebih suka mengambil tindakan sendiri, dan tidak merasa dirinya akan cocok untuk menjadi idola sekolah. Mari menyusun musik untuk Aqours, dan genre musik favoritnya adalah logam industri.
Ruby Kurosawa (黒澤 ルビィ, Kurosawa Rubii)
Pengisi suara: Ai Furihata (Jepang); Sarah Wiedenheft (Inggris)
Ruby memiliki sifat pemalu dan merupakan seorang Gadis yang mudah menangis, adik perempuan Kurosawa telah lama bermimpi menjadi idola. Dia memiliki Androphobia (takut laki-laki), karena dia tidak pernah berbicara dengan siapa pun laki-laki di luar ayahnya sendiri. Dia kadang-kadang mengacu pada dirinya sebagai "ora" seperti sahabatnya, Hanamaru.

Musik[sunting | sunting sumber]

Love Live memiliki proyek musik yang telah menghasilkan beberapa single-single yang dijual dalam bentuk CD. μ's juga terbagi dalam tiga sub unit, yaitu Printemps (Honoka, Kotori dan Hanayo), Bibi (Eli, Maki dan Nico), dan Lily White (Umi, Rin, dan Nozomi).[10]

Single
Judul Artis Tanggal Rilis
"Bokura no Live Kimi to no Life" μ's Agustus 25, 2010
"Snow Halation" μ's Desember 22, 2010
"Love Marginal" Printemps Mei 25, 2011
Diamond Princess no Yūutsu" BiBi Juni 22, 2011
"Shiranai Love*Oshiete Love" Lily White Juli 27, 2011
"Natsuiro Egao de 1, 2, Jump!" μ's Agustus 24, 2011
"Mogyutto 'love' de Sekkenchū!" μ's Februari 15, 2012
"Mermaid Festa Vol. 2 (Passionate)" Honoka Kousaka (Emi Nitta) dan Rin Hoshizora (Riho Iida) April 25, 2012
"Otome Shiki Ren'ai Juku" Nico Yazawa (Sora Tokui) dan Nozomi Toujou (Aina Kusuda) Mei 23, 2012
"Kokuhaku Biyori, desu!" Kotori Minami (Aya Uchida) dan Hanayo Koizumi (Yurika Kubo) Juni 27, 2012
"Soldier Game" Maki Nishikino (Pile), Umi Sonoda (Suzuko Mimori) dan Eli Ayase (Yoshino Nanjou) Juli 25, 2012
"Listen to My Heart!!" Nico Yazawa (Sora Tokui), Rin Hoshizora (Riho Iida) dan Hanayo Koizumi (Yurika Kubo) Oktober 17, 2012
"Wonderful Rush" μ's September 5, 2012
"Bokura wa Ima no Naka de" μ's Januari 23, 2013
"Kitto Seishun ga Kikoeru" μ's Februari 6, 2013
"Susume→Tomorrow"/ "Start:Dash!!" Honoka Kousaka (Emi Nitta), Kotori Minami (Aya Uchida) dan Umi Sonoda (Suzuko Mimori) Februari 20, 2013
"Korekara no Someday"/ "Wonder Zone" Honoka Kousaka (Emi Nitta), Kotori Minami (Aya Uchida), Umi Sonoda (Suzuko Mimori), Rin Hoshizora (Riho Iida), Maki Nishikino (Pile), Hanayo Koizumi (Yurika Kubo) dan Nico Yazawa (Sora Tokui) / μ's Maret 6, 2013
"No Brand Girls / Start:Dash!!" μ's April 3, 2013
"Binetsu kara Mystery" Lily White Juni 26, 2013
"Cutie Panther" BiBi Juli 24, 2013
"Pure Girls Project" Printemps Agustus 21, 2013
"Music S.T.A.R.T!!" μ's November 27, 2013
"Takaramonozu"/ "Paradise Live" μ's Januari 29, 2014
Sore wa Bokutachi no Kiseki" µ's April 23, 2014
"Donna Toki mo Zutto" μ's Mei 8, 2014
"Yume no Tobira" µ's Mei 28, 2014
"Love Wing Bell / Dancing Stars on Me!" Rin Hoshizora (Riho Iida), Maki Nishikino (Pile), Hanayo Koizumi (Yurika Kubo), Eli Ayase (Yoshino Nanjou), Nozomi Toujou (Aina Kusuda) dan Nico Yazawa (Sora Tokui) / μ's Juni 11, 2014
"KiRa-KiRa Sensation! / Happy Maker!" µ's Juli 9, 2014
"Shangri-La Shower" μ's Oktober 1, 2014
"Eien Friends" Printemps November 12, 2014
"Aki no Anata no Sora Tōku" Lily White November 26, 2014
"Fuyu ga Kureta Yokan" BiBi Desember 24, 2014
"CheerDay CheerGirl!" Printemps Desember 25, 2014
"Onaji Hoshi ga Mitai" Lily White
"Silent tonight" BiBi
μ's original song CD
Volume BD Judul Artis Tanggal Rilis
Season 1
1 "Yume Naki Yume wa Yume Janai" Honoka Kousaka (Emi Nitta) Maret 22, 2013
2 "Anemone Heart" Kotori Minami (Aya Uchida) dan Umi Sonoda (Suzuko Mimori) April 24, 2013
3 "Nawatobi!" Hanayo Koizumi (Yurika Kubo) Mei 28, 2013
4 "Beat in Angel" Rin Hoshizora (Riho Iida) dan Maki Nishikino (Pile) Juni 21, 2013
5 "Niko Puri♡Joshi Dō" Nico Yazawa (Sora Tokui) Juli 26, 2013
6 "Garasu no Hanazono" Eli Ayase (Yoshino Nanjou) dan Nozomi Tojo (Aina Kusuda) Agustus 28, 2013
7 "Loneliest Baby" µ's September 25, 2013
Season 2
1 "Shiawase Iki no Smiling!" Honoka Kousaka (Emi Nitta) June 20, 2014
2 "Zurui yo Magnetic today" Maki Nishikino (Pile) dan Nico Yazawa (Sora Tokui) Juli 25, 2014
3 "Kururin Miracle" Rin Hoshizora (Riho Iida) Agustus 27, 2014
4 "Storm in Lover" Eli Ayase (Yoshino Nanjou) dan Umi Sonoda (Suzuko Mimori) September 24, 2014
5 "Moshimo Kara Kitto" Nozomi Tojo (Aina Kusuda) Oktober 29, 2014
6 "Suki desu ga Suki desu ka?" Kotori Minami (Aya Uchida) dan Hanayo Koizumi (Yurika Kubo) November 21, 2014
7 "Soshite Saigo no Page niwa" µ's Desember 25, 2014

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  2. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  3. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  4. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  5. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  6. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  7. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  8. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  9. ^ "ラブライブ! Official Web Site | メンバー紹介" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. Diakses tanggal 22 Agustus 2014. 
  10. ^ "CDリリース情報" (dalam bahasa Jepang). Project Love Live!. Diakses tanggal 24 September 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]