Love Live! Sunshine!!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Love Live! Sunshine!!
ラブライブ! サンシャイン!!
(Rabu Raibu! Sanshain!!)
GenreComedy-drama
Manga
PengarangSakurako Kimino
IlustratorMasaru Oda
PenerbitASCII Media Works
DemografiSeinen
MajalahDengeki G's Magazine
TerbitMei 2016 – sekarang
Volume2
Seri anime
SutradaraKazuo Sakai
ProduserMasashi Hirayama
Yūki Makimoto
SkenarioJukki Hanada
MusikTatsuya Kato
StudioSunrise
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, SUN, KBS, BS11, TVA, SBS, TVh, TVQ
Tayang 2 Juli 2016 30 Desember 2017
Episode26 (Daftar episode)
Film anime
Love Live! Sunshine!! The School Idol Movie Over the Rainbow
SutradaraKazuo Sakai
SkenarioJukki Hanada
MusikTatsuya Kato
StudioSunrise
Rilis04 Januari 2019 (2019-01-04)
Durasi100 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Love Live! Sunshine!! (ラブライブ! サンシャイン!!, Rabu Raibu! Sanshain!!) Adalah proyek multimedia Jepang dikembangkan oleh ASCII Media Works, Dengeki G's Magazine, label musik Lantis, dan studio animasi Sunrise. Proyek ini merupakan spin-off dari Love Live! dan berkisah tentang sekelompok anak sekolah fiksi yang menjadi idola untuk menyelamatkan sekolah mereka dari penutupan, seperti grup idola dari serial aslinya. Diluncurkan pada bulan April 2015 dengan CD musik dan video musik anime, diikuti oleh versi manga pada tahun 2016. Sebuah serial televisi anime disutradarai oleh Kazuo Sakai di Sunrise; musim pertama ditayangkan antara Juli dan September 2016 sementara musim kedua disiarkan antara Oktober dan Desember 2017. Kedua musim dilisensikan di Amerika Utara, Inggris, Australia, dan Selandia Baru oleh Funimation, Anime Limited dan Madman Entertainment. Sebuah film anime berjudul Love Live! Sunshine!! The School Idol Movie Over the Rainbow akan dirilis pada 4 Januari 2019 di bioskop Jepang.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Love Live! Sunshine!! diatur dalam Uchiura, Numazu, Shizuoka di mana salah satu sekolah, Sekolah Menengah Wanita Uranohoshi, rencananya akan ditutup dan digabung dengan SMA lain di Numazu. Chika Takami, Seorang gadis yang tidak mempunyai bakat kusus, ia terinspirasi dari grup idol μ's, ia lalu mengumpulkan teman-temanya untuk membentuk sebuah grup idola sekolah mereka sendiri yang Bernama Aqours (アクア, Akua, dibaca "aqua"), berusaha untuk mempromosikan sekolah mereka untuk mencegah penutupan. Dalam rangka untuk melakukan hal itu, mereka masuk "Love Live" kontes yang sama sekolah idola yang pernah dimenangkan oleh μ's, yang jauh lebih sulit dari sebelumnya berkat peningkatan dalam popularitas.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Chika Takami (高海 千歌, Takami Chika)
Pengisi suara: Anju Inami[1] (Jepang); Jād Saxton[2] (Inggris)
Chika adalah tokoh utama protagonis dalam anime Love Live! Sunshine!! dan seorang siswi kelas dua di Sekolah Menengah Wanita Uranohoshi. Dia adalah penggemar berat girlband μ’s, dan ia terinspirasi untuk menjadi seorang idola sekolah, demi menyelamatkan SMA-nya sendiri dari penutupan. Keluarganya menjalankan sebuah penginapan tradisional dikenal untuk mata air panas terbuka dengan pemandangan laut.
Takami lahir pada 1 Agustus yang memiliki zodiaknya Leo.
Riko Sakurauchi (桜内 梨子, Sakurauchi Riko)
Pengisi suara: Rikako Aida[1] (Jepang); Jeannie Tirado[2] (Inggris)
Riko adalah siswi transfer kelas dua sederhana dari SMA Otonokizaka Akihabara. Dia adalah seorang pianis muda berbakat, tetapi merasa bahwa dia telah berhenti berkembang, dan pindah ke Numazu untuk mengambil inspirasi dari laut. Dia juga seorang yang mampu. Dia memiliki rasa takut terhadap anjing, yang tidak terbantu oleh fakta bahwa anjing keluarga Takami, Shiitake, tampaknya tertarik padanya. Dia akhirnya melupakan rasa takutnya terhadap anjing sampai-sampai dia sekarang mencintai mereka, dan mengadopsi anak anjingnya sendiri di akhir seri. Dia juga diturunkan untuk memiliki minat pada berbagai shōjo dan manga yuri sering membeli koleksi pada pengembalian singkatnya ke Tokyo. Setelah bergabung dengan Aqours, ia menjadi komposer grup.
Sakurauchi lahir pada 19 September yang memiliki zodiaknya Virgo.
Kanan Matsuura (松浦 果南, Matsuura Kanan)
Pengisi suara: Nanaka Suwa[1] (Jepang); Michelle Rojas[2] (Inggris)
Seorang siswi kelas tiga dan teman masa kecil Chika. Kanan tinggal sendirian dengan kakeknya di sebuah pulau terdekat di mana mereka menjalankan toko peralatan selam. Dia mengalami kesulitan menghadiri kelas karena dia harus mengurus tokonya sendiri sementara ayahnya pulih dari tulang yang retak. Dia, Dia, dan Mari adalah teman masa kecil yang membentuk grup idola sekolah di kelas satu mereka bernama Aqours, tetapi bubar dengan cepat, memimpin tiga untuk memisahkan. Kanan bertanggung jawab atas pembubaran pertama mereka, pura-pura demam panggung untuk mengobati kaki terkilir Mari dan meyakinkannya untuk melanjutkan studinya di luar negeri, yang semuanya dirahasiakan oleh Dia. Kanan adalah anggota paling atletik di grup dan bertindak sebagai koreografer utama mereka.
Matsuura lahir pada 10 Februari yang memiliki zodiaknya Aquarius.
Dia Kurosawa (黒澤 ダイヤ, Kurosawa Daiya)
Pengisi suara: Arisa Komiya[1] (Jepang); Morgan Garrett[2] (Inggris)
Seorang siswi kelas tiga dan seorang ketua OSIS di Sekolah Menengah Wanita Uranohoshi. Dia dan adik perempuannya Ruby adalah bagian dari keluarga yang terkenal dan dihormati. Dia juga adalah penggemar berat μ's dan setelah dia, Kanan, dan Mari berpisah, dia telah menyembunyikan antusiasmenya tentang idola sekolah sampai dia yakin untuk bergabung dengan Aqours oleh Chika dan yang lainnya. Dia adalah asal mula nama Aqours, meneruskannya ke kelompok Chika dari ketika dia, Kanan, dan Mari adalah idola sekolah. Dia memarahi dan mengoreksi anggota lain dengan slogannya "Bubbū desu wa!" (ブッブーですわ!), Onomatopoeia Jepang untuk bel yang salah.
Dia lahir pada 1 Januari (bertepatan pada Tahun Baru Masehi) yang memiliki zodiaknya Capricorn.
Yō Watanabe (渡辺 曜, Watanabe Yō)
Pengisi suara: Shuka Saito[1] (Jepang); Apphia Yu[2] (Inggris)
Seorang siswi kelas dua energik dengan outlook positif. Kelak You bercita-cita ingin menjadi kapten kapal seperti ayahnya. Slogannya adalah "Yōsorō!" (ヨーソロー!, (Keep her) steady!),[3] juga dikenal sebagai "Aye-aye!" dalam dubbing bahasa Inggris. Dia suka seragam, apakah itu kostum idola atau seragam yang berhubungan dengan pekerjaan seperti pakaian polisi atau kuil gadis. Karena ini, dia adalah koordinator kostum utama dari grup.
Watanabe lahir pada 17 April yang memiliki zodiaknya Aries.
Yoshiko Tsushima (津島 善子, Tsushima Yoshiko)
Pengisi suara: Aika Kobayashi[1] (Jepang); Morgan Berry[2] (Inggris)
Yoshiko adalah siswi kelas satu dengan "chūnibyō" (中二病, "delusi keagungan"). Dia mengacu pada dirinya sebagai "Yohane" (ヨハネ, Yohane), mengklaim bahwa dia adalah malaikat yang jatuh karena telah membuat marah Tuhan, dan ingin semua orang memanggilnya itu (meskipun tidak ada yang benar-benar memanggilnya itu). Seperti Chika, alasan dia menjadi seorang chūnibyō adalah karena dia merasa seperti dia terlalu biasa, karena identitas Yohane nya membentuk seluruh kepribadiannya. Setelah bergabung dengan Aqours, dia memutuskan untuk menjaga kejenakaan chūnibyō-nya sebagai gantinya.
Tsushima lahir pada 13 Juli yang memiliki zodiaknya Cancer.
Hanamaru Kunikida (国木田 花丸, Kunikida Hanamaru)
Pengisi suara: Kanako Takatsuki[1] (Jepang); Megan Shipman[2] (Inggris)
Hanamaru adalah siswi kelas satu yang memiliki sifat mudah-terganggu dan keluarganya menjalankan sebuah kuil lokal. Dia mengacu pada dirinya sebagai "Maru" singkatan namanya yang diberikan, "ora", dan berakhir semua kalimat nya dengan "-zura" karena dialek Shizuoka nya. Dia juga anggota paduan suara lokal karena bakatnya dalam bernyanyi. Sebelum bergabung dengan Aqours, ia adalah seorang pembaca setia di perpustakaan sekolah. Dia dan Yoshiko berteman selama TK, dan Yoshiko memanggilnya "Zuramaru".
Kunikida lahir pada 4 Maret yang memiliki zodiaknya Pisces.
Mari Ohara (小原 鞠莉, Ohara Mari)
Pengisi suara: Aina Suzuki[1] (Jepang); Jamie Marchi[2] (Inggris)
Seorang siswi kelas tiga di Sekolah Menengah Wanita Uranohoshi. Ayahnya Italia-Amerika menjalankan jaringan hotel. Mari adalah Gadis yang cerdas, ia lebih suka mengambil tindakan sendiri, Mari merasa bahwa ia tidak cocok menjadi seorang idola sekolah. Mari menyusun musik untuk Aqours, dan genre musik favoritnya adalah logam industri. Karena latar belakangnya, Mari berbicara dalam aksen bahasa Inggris dan sering mencampur bahasa Inggris dan Jepang (bahasa Italia dalam dubbing bahasa Inggris) dalam pidatonya. Keluarga Mari adalah salah satu sponsor utama Uranohoshi, sampai-sampai dia ditunjuk sebagai ketua sekolah meskipun salah satu siswi. Dia berteman dengan Dia dan Kanan, bahkan membentuk unit idola mereka sendiri di masa lalu yang dibubarkan beberapa waktu kemudian karena Kanan dan Dia menginginkannya untuk mengejar beasiswa yang dia dapatkan di sekolah luar negeri. Slogannya adalah "Shiny!" (シャイニー, Shainī) setiap kali dia bersemangat.
Ohara lahir pada 13 Juni yang memiliki zodiaknya Gemini.
Ruby Kurosawa (黒澤 ルビィ, Kurosawa Rubii)
Pengisi suara: Ai Furihata[1] (Jepang); Sarah Wiedenheft[2] (Inggris)
Ruby adalah siswi Uranohoshi kelas satu dan adik perempuan Dia yang penakut, yang telah lama bermimpi menjadi seorang idola. Dia memiliki androphobia (ketakutan pada pria), karena dia tidak pernah berbicara dengan pria lain di luar ayahnya sendiri. Dalam anime, rasa malunya meningkat sehingga ia panik ketika disentuh oleh siapa pun yang tidak terbiasa dengan seks, karena hanya nyaman di sekitar Dia dan Hanamaru di awal anime. Slogannya adalah "Ganbaruby!" (がんばルビィ), yang secara resmi diterjemahkan sebagai "Do your Rubesty!"
Ruby lahir pada 21 September yang memiliki zodiaknya Virgo.

Media[sunting | sunting sumber]

Print[sunting | sunting sumber]

Sebuah manga berjudul Love Live! Sunshine!!, ditulis oleh Sakurako Kimino dan diilustrasikan oleh Masaru Oda, mulai serialisasi dalam Dengeki G's Magazine edisi Mei 2016.[4] Volume tankōbon pertama dirilis pada tanggal 27 September 2016;[5] Dua volume telah dirilis pada 27 Juli 2017.[6]

Sebuah fanbook 160 halaman Aqours, berjudul Love Live! Sunshine!! First Fan Book, dirilis pada 30 Juni 2016. Buku ini diterbitkan oleh ASCII Media Works dan berisi perkenalan anggota Aqours, manga orisinal yang ditulis oleh Sakurako Kimino, dan sampul baru oleh Yuhei Murota.[7]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial televisi anime episode ke-13, diproduksi oleh Sunrise dan disutradarai oleh Kazuo Sakai, ditayangkan antara 2 Juli dan 24 September 2016 dan telah disiarkan oleh Crunchyroll.[8][9][10] Serial ini berlisensi di Amerika Utara oleh Funimation, di Inggris oleh Anime Limited, dan di Australia oleh Madman Entertainment.[11][12] Dubbing bahasa Inggris oleh Funimation mulai streaming dari 30 Juli 2016.[13] Lagu pembuka dan penutup adalah "Aozora Jumping Heart" (青空 Jumping Heart) dan "Yume Kataru Yori Yume Utaou" (ユメ語るよりユメ歌おう) Masing-masing, baik yang dilakukan oleh Aqours. Setiap minggu sementara anime itu ditayangkan, Bandai Visual merilis merchandise disebut "item memorial" terinspirasi oleh sebuah item di setiap episode hanya tersedia untuk waktu yang terbatas.[14] Musim kedua ditayangkan antara 7 Oktober dan 30 Desember 2017.[15] Sebuah film anime berjudul Love Live! Sunshine!! The School Idol Movie Over the Rainbow akan dirilis pada 4 Januari 2019.[16]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2016, Love Live! Sunshine!! langsung yang disiarkan pengumuman khusus mengenai Aqours bergabung dengan Love Live! School Idol Festival ritme permainan aplikasi awal pada bulan Juli 2016. Dalam permainan, Aqours mendapatkan cerita mereka sendiri, lagu-lagu baru, dan kartu. KLab juga menambahkan kartu jarang R untuk setiap anggota Aqours, meskipun mereka hanya disuarakan setelah Juli. Pada bulan Juni 2016, Chika dan Riko yang ditampilkan di dalam game acara reguler untuk pertama kalinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i "Love Live! Sunshine!! Idol Group's Name, 1st Single Date Revealed" (dalam bahasa Jepang). Anime News Network. Diakses tanggal 29 Juni 2015. 
  2. ^ a b c d e f g h i "Funimation Announces Love Live! Sunshine!! Dub Cast". Anime Herald. 30 Juli 2016. Diakses tanggal 2 Agustus 2016. 
  3. ^ Kenkyūsha's New Japanese-English Dictionary (edisi ke-5). Kenkyūsha. 2003. 
  4. ^ "電撃G'sマガジンにて『ラブライブ!サンシャイン!!』コミック連載がスタート!" (dalam bahasa Jepang). Sunrise. 5 April 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2016. Diakses tanggal 2 September 2016. 
  5. ^ "ラブライブ!サンシャイン!! (1)" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 23 Oktober 2017. 
  6. ^ "=ラブライブ!サンシャイン!! (2)" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 23 Oktober 2017. 
  7. ^ "ラブライブ!サンシャイン!! FIRST FAN BOOK" (dalam bahasa Jepang). ASCII Media Works. Diakses tanggal 23 Oktober 2017. 
  8. ^ "Love Live! Sunshine!! Idol Project Gets TV Anime This Summer". Anime News Network. 11 Januari 2016. Diakses tanggal 11 Januari 2016. 
  9. ^ "Love Live! Sunshine!! TV Anime Premieres on July 2". Anime News Network. 22 Mei 2016. Diakses tanggal 22 Mei 2016. 
  10. ^ "Crunchyroll Details Streaming for Sweetness & Lightning, Love Live! Sunshine!!, Fudanshi Kōkō Seikatsu". Anime News Network. 1 Juli 2016. Diakses tanggal 2 Juli 2016. 
  11. ^ "Funimation to Stream D. Gray-man, Servamp, Tales of Zestiria, Danganronpa 3, Love Live! Sunshine!!, First Love Monster, Handa-kun, Tsukiuta, Time Travel Girl, XechS, Regalia". Anime News Network. 23 Juni 2016. Diakses tanggal 2 Juli 2016. 
  12. ^ "AnimeLab Summer Simulcast Lineup 2016". Animelab. Madman Entertainment. Diakses tanggal 10 Juli 2016. 
  13. ^ "Funimation to Dub D.Gray-man, Servamp, Zestiria, Danganronpa 3, Arslan, Love Live! Sunshine, More". Anime News Network. 14 Juli 2016. Diakses tanggal 16 Juli 2016. 
  14. ^ "ラブライブ!サンシャイン!!』公式メモリアルアイテム紹介 特設ページ". ASCII Media Works. 9 Juli 2016. Diakses tanggal 18 September 2016. 
  15. ^ ""Love Live! Sunshine!!" TV Anime 2nd Season Confirms October 7 Premiere". Crunchyroll. 2 September 2017. Diakses tanggal 2 September 2017. 
  16. ^ Loo, Egan (9 Juni 2018). "Love Live! Sunshine!! Film's Title, January 4, 2019 Opening Revealed". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Juni 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]