Sachertorte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sachertorte
Sachertorte DSC03027 retouched.jpg
Sachertorte dari Hotel Sacher, Wina
Asal
Asal Austria
Dari daerah Wina
Pembuat Franz Sacher
Detail
Bahan utama Cokelat kue sponge, selai aprikot
Franz Sacher
Sachertorte di kafe
Sachertorte dari Budapest.
Sachertorte sebagai hadiah
Interior Kafe Sacher

Sachertorte (pengucapan bahasa Jerman: [ˈzaxɐˌtɔʁtə] ( simak)) adalah salah satu jenis kue cokelat, atau torte yang diciptakan oleh Franz Sacher dari Austria[1] pada tahun 1832 untuk Pangeran Wenzel von Metternich di Wina, Austria.[2] Kue ini merupakan salah satu masakan khas Wina yang paling terkenal.[3] Tanggal 5 Desember dinyatakan sebagai Hari Sachertorte Nasional.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Resep yang mirip dengan Sachertorte muncul pada awal abad ke-18, salah satu contoh resep terdapat pada buku resep masakan Conrad Hagger di tahun 1718, resep lainnya adalah pada buku resep yang ditulis Gartler-Hickmann di tahun 1749 yang berjudul Wienerisches bewährtes Kochbuch.

Pada tahun 1832, Pangeran Wenzel von Metternich memerintahkan koki pribadinya untuk menciptakan hidangan penutup istimewa untuk tamu penting pangeran. Kepala koki saat itu sedang sakit, sehingga tugas untuk membuat hidangan penutup tersebut jatuh kepada Franz Sacher yang saat itu sedang magang pada usia 16 tahun, dan sedang menjalani tahun kedua pelatihan di dapur Metternich. Sang Pangeran dilaporkan telah menyatakan, "Janganlah membuat aku malu pada malam ini!" Torte yang dibuat oleh Sacher pada kesempatan itu telah membuat tamu Metternich senang, hidangan penutup yang disajikan tidak segera memperoleh perhatian. Sacher menyelesaikan pelatihan sebagai koki dan kemudian menghabiskan waktu di Bratislava (Pressburg) dan Budapest. Pada akhirnya ia kembali ke kampung halamannya di Wina, dan membuka kafe.

Putra sulung Sacher, Eduard, meneruskan warisan kuliner ayahnya. Ketika ia menyelesaikan pelatihannya di Wina, ia menyempurnakan resep ayahnya dan mengembangkan torte hingga menjadi seperti yang dijual sekarang. Kue ini pertama kali disajikan di Demel dan kemudian di Hotel Sacher yang didirikan oleh Eduard pada tahun 1876. Sejak itulah, kue ini tetap menjadi kuliner khas Wina.

Masalah hukum[sunting | sunting sumber]

Pada dekade awal abad ke-20, gugatan hukum atas penggunaan nama "Sacher Torte Asli" berlangsung antara Hotel Sacher dan toko kue Demel. Eduard Sacher menyelesaikan resep Sacher Torte saat bekerja di Demel, yang kemudian menjadi toko pertama yang menjual "Sachertorte Asli" kue. Setelah kematian istri janda dari Eduard, Anna, pada tahun 1930 dan kebangkrutan Hotel Sacher di tahun 1934, anak Eduard Sacher (juga bernama Eduard Sacher) mendapat pekerjaan di Demel dan menjual kue yang bernama Eduard-Sacher Torte.

Perbedaan pendapat pertama muncul pada tahun 1938, ketika pemilik baru dari Hotel Sacher mulai menjual Sacher Torte dengan nama "Sacher Torte Asli". Setelah Perang Dunia II dan pendudukan Sekutu, pemilik hotel menggugat Demel pada tahun 1954. Hotel Sacher mengklaim hak merek "Sacher Torte Asli".

Selama tujuh tahun berikutnya, kedua belah pihak melancarkan gugatan hukum mengenai aspek hidangan penutup ini, seperti penamaan, lapisan kedua selai di tengah kue, dan penggunaan margarin atau mentega untuk membuat kue. Penulis Friedrich Torberg, yang sering menjadi tamu di kedua toko, bersaksi bahwa selama Anna Sacher hidup, kue itu tidak memakai selai atau dipotong di tengah. Pada tahun 1963, kedua belah pihak menyepakati penyelesaian masalah di luar pengadilan yang memberi Hotel Sacher hak untuk merek "Sachertorte Asli" dan memberikan Demel hak untuk menghias torte dengan segel segitiga yang tertulis Eduard-Sacher Torte.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Kue ini terdiri dari kue cokelat padat dengan lapisan tipis selai aprikot di atasnya, dilapisi cokelat murni pada bagian atas dan samping. Kue ini secara tradisional disajikan dengan krim kocok tanpa gula.[5] [6]

Variasi[sunting | sunting sumber]

Sacher Torte "Asli" memiliki dua lapisan selai aprikot antara lapisan luar cokelat dan bagian kue, sedangkan "Eduard-Sacher Torte" dari Demel hanya memiliki satu lapisan selai. Selain itu, Sacher Torte memiliki lebih banyak butiran kasar pada kuenya sedangkan Demel Torte memiliki kue yang lebih padat dan halus.

Ada berbagai resep untuk kue yang mirip dengan Sacher Torte "Asli", dan beberapa dapat ditemukan di bawah ini. Misalnya, pada "Graz-Kulturhauptstadt 2003", sebuah festival yang menandai kota Graz dinyatakan sebagai ibu kota budaya tahun itu, "Sacher-Masoch-Torte" disajikan (namanya merujuk pada Leopold von Sacher-Masoch) dengan menggunakan selai redcurrant dan marzipan.

Produksi dan penjualan "Sacher Torte Asli"[sunting | sunting sumber]

"Sacher Torte Asli" dijual di Hotel Sacher Wina dan Salzburg , di Cafe Sacher Innsbruck dan Graz, di Toko Sacher Bolzano, di toko bebas pajak area bandara Wina dan melalui toko daring Hotel Sacher.

Resep Sachertorte versi Hotel Sacher merupakan rahasia yang dijaga ketat. Menurut informasi yang banyak beredar, icing cokelat terdiri dari tiga jenis cokelat istimewa, yang diproduksi secara eksklusif oleh produsen yang berbeda khusus untuk Sachertorte asli. Hotel memperoleh bahan tersebut dari Lübeck dan Belgia.[7]

Sacher Torte Asli[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Sacher Torte menjadi salah satu kue yang paling terkenal di dunia dan bahkan membantu mendirikan hotel lima bintang, Hotel Sacher, di Wina yang didirikan pada tahun 1876 oleh anak Franz Sacher, Eduard Sacher. Sacher Torte Asli masih dibuat hampir sepenuhnya dengan tangan menggunakan resep Franz Sacher dan komposisi rahasia yang dijaga ketat. Lebih dari 360.000 kue dalam setahun yang dibuat di Wina oleh 41 karyawan. Banyak dari kue tersebut yang dikirim ke seluruh dunia. Kue ini paling banyak dikirim ke Jerman, Italia, Prancis, AS, dan beberapa negara di Asia.

Sachertorte

Sacher Torte Asli merupakan hasil kombinasi dari dua lapisan kue cokelat yang lembut dan ringan, dipisahkan dengan selai aprikot dan dilapisi dengan icing cokelat, sering ditambahkan krim kocok tanpa gula. Tradisi hotel mewah memiliki kue khas mereka berlanjut dengan diciptakannya "Imperial Torte" untuk merayakan pembukaan Hotel Imperial selama Pameran Dunia di Wina tahun 1873. Kue itu dirancang untuk membuat Kaisar Franz Joseph I terkesan dan torte tersebut masih diproduksi saat ini. Sacher Torte lainnya diproduksi oleh Demel, yang sampai awal tahun 1960-an telah melakukan gugatan hukum untuk mendapat hak merek kue.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ It all started with a cake
  2. ^ Bell, Bethany (31 May 2007). "Happy Birthday, cake". BBC News. Diakses tanggal 2007-05-31. It was created by chance one day in 1832 when the chef to the chancellor, Prince Wensel Metternich, suddenly fell ill. His 16-year-old apprentice, Franz Sacher, was called in to create a dessert that would not disgrace the prince and the Sachertorte was born. 
  3. ^ Wiennese cuisine Sachertorte
  4. ^ Karl Louderback. "National Days". Louderblog. Diakses tanggal 15 December 2011. 
  5. ^ Original Sachertorte
  6. ^ Original Sachertorte (German)
  7. ^ Sacher torte is a typical dessert of the Viennese cuisine

Pranala luar[sunting | sunting sumber]