Magic Kaito

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Magic Kaito
MagicKaito1.jpg
Gambar sampul manga Magic Kaito volume pertama, yang diterbitkan oleh Shogakukan pada tanggal 18 April 1988.
まじっく快斗
(Majikku Kaito)
Manga
PengarangGosho Aoyama
PenerbitShogakukan
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Sunday
Terbit1987 – sekarang
Volume5 (Daftar volume)
Seri film anime
SutradaraToshiki Hirano
ProduserMasahito Yoshioka
MusikAtsushi Umebori
StudioTMS Entertainment
Rilis 17 April 2010 29 Desember 2012
Film12 (Daftar film)
Seri anime
Magic Kaito 1412
SutradaraSusumu Kudo
SkenarioKunihiko Okada
Toshiya Ono
MusikTaku Iwasaki
StudioA-1 Pictures
Saluran
asli
NNS (ytv)
Tayang 4 Oktober 2014 28 Maret 2015
Episode24 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Magic Kaito (bahasa Jepang: まじっく快斗, Hepburn: Majikku Kaito) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Gosho Aoyama. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Sunday terbitan Shogakukan sejak tahun 1987. Ceritanya mengisahkan tentang seorang pencuri bernama Kaito Kid (怪盗キッド, Kaitō Kiddo). Aoyama melakukan hiatus untuk manga ini setelah dua volume tankōbon pertama diterbitkan pada tahun 1988, dan hanya sesekali menggambar bab terbarunya; volume ketiga diterbitkan pada tahun 1994, keempat pada tahun 2007, dan yang kelima pada tahun 2017. Kaito Kid dan karakter lain dari Magic Kaito juga terkadang muncul dalam Detektif Conan, seri manga lain karya Aoyama yang juga telah diadaptasi menjadi sebuah anime.

Dua belas episode animasi spesial yang didasarkan dari seri ini telah diproduksi oleh TMS Entertainment dan ditayangkan sejak tahun 2010 hingga 2012. Seri anime berjumlah 24 episode yang berjudul Magic Kaito 1412 (まじっく快斗1412) telah diproduksi oleh A-1 Pictures dan ditayangkan sejak tanggal 4 Oktober 2014 hingga 28 Maret 2015.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Misi petualangan Kid mencuri berlian adalah untuk mengetahui dalang pembunuh ayahnya. Ia selalu mengembalikan barang yang dicurinya selama barang itu bukan berlian yang membuat ayahnya terbunuh. Kuroba kadang menemui Conan Edogawa dalam kasusnya, dan kadang-kadang Kaito juga menemui teman sekelasnya sendiri yang bekerja sebagai detektif, Saguru Hakuba. Gaya bicaranya yang arogan merupakan ciri khasnya.

Berkali- kali Hakuba curiga dengan Kaito bahwa dia adalah Kid, tetapi kecurigaannya itu hilang dengan akal Kaito yang cerdik, layaknya Ran curiga pada Conan bahwa Conan adalah Shinichi Kudo.


Karakter[sunting | sunting sumber]

Kaitou Kuroba[sunting | sunting sumber]

Dalam aksinya, Kaitou Kid selalu mengirimkan surat tantangan kepada polisi, dan kasus ini selalu ditangani oleh inspektur Nakamori. Kaito memiliki teman sejak kecil layaknya Ran dan Shinichi bernama Aoko Nakamori, anak perempuan Inspektur Nakamori.

Toichi Kuroba[sunting | sunting sumber]

Seorang pesulap terkenal. Dia adalah Kaitou Kid generasi pertama yang akhirnya dibunuh oleh organisasi Jubah Hitam (kemungkinan besar organisasi yang sama dalam cerita Detektif Conan). Setelah Toichi terbunuh, Kaito, anaknya, meneruskan jejaknya menjadi Kaitou Kid.

Chikage Kuroba[sunting | sunting sumber]

Ibu Kaito dan Istri Toichi Kurouba. Dia adalah Phantom Lady.

Aoko Nakamori[sunting | sunting sumber]

Anak perempuan dari Inspektur Nakamori, Aoko merupakan teman sejak kecil dari Kaito Kuroba. Tampaknya ia tidak mengetahui kalau Kaitou Kid dan Kaito Kuroba adalah orang yang sama.

Ginzo Nakamori[sunting | sunting sumber]

Dia sangat ingin menangkap Kaitou Kid. Dia pernah curiga bahwa Kaito Kuroba adalah Kaito Kid, namun Kaito dapat menipunya sehingga dia percaya bahwa Kaito bukanlah Kid.

Saguru Hakuba[sunting | sunting sumber]

Detektif remaja yang didatangkan dari Inggris, bisa dianggap sebagai rival Kaito, tetapi walaupun begitu, ia juga merupakan teman sekelas Kaito Kuroba. Ia pernah muncul di komik Detektif Conan volume 30, 54 & 55.

Shinichi Kudo[sunting | sunting sumber]

Kaitou Kid pertama kali bertemu dengan Shinichi pada volume 4 chapter 3 dan 4.

Akako Koizumi[sunting | sunting sumber]

Siswi teman sekelas Kaito,dia adalah seorang penyihir. Ia mempunyai mantra yang berfungsi untuk memikat seluruh lelaki di dunia. Hanya Kaito yang kebal terhadap mantra itu, jadi Akako berusaha keras untuk memikat Kaito.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]