The Haunting of Hill House (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Haunting of Hill House
Genre
PembuatMike Flanagan
BerdasarkanThe Haunting of Hill House
oleh Shirley Jackson
SutradaraMike Flanagan
Pemeran
Penggubah lagu temaThe Newton Brothers
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode10 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
ProduserDan Kaplow
SinematografiMichael Fimognari
Penyunting
  • Jim Flynn
  • Brian Jeremiah Smith
  • Mike Flanagan
  • Ravi Subramanian
Durasi42–71 menit
Rumah produksi
Distributor
Rilis asli
JaringanNetflix
Rilis12 Oktober 2018 (2018-10-12)

The Haunting of Hill House adalah seri televisi daring beraliran drama horor supernatural yang dibuat dan disutradarai oleh Mike Flanagan, diproduksi oleh Amblin Television dan Paramount Television, dan tayang di Netflix. Seri ini secara longgar didasarkan pada novel dengan judul yang sama oleh Shirley Jackson yang terbit pada 1959.

Plotnya berganti-ganti antara dua garis waktu, mengikuti lima bersaudara berusia dewasa yang merasakan pengalaman paranormal di Hill House, yang masih menghantui mereka hingga saat ini, dan kilas balik yang menggambarkan peristiwa menjelang malam penting pada 1992 ketika keluarga tersebut melarikan diri dari rumah tersebut.

The Haunting of Hill House menampilkan pemeran ansambel yang meliputi: Michiel Huisman, Elizabeth Reaser, Oliver Jackson-Cohen, Kate Siegel, dan Victoria Pedretti sebagai versi dewasa dari lima bersaudara, dengan Carla Gugino dan Henry Thomas sebagai Olivia dan Hugh Crain, dan Timothy Hutton muncul sebagai versi tua Hugh.

Seri ini ditayangkan perdana di Netflix pada 12 Oktober 2018.[1] The Haunting of Hill House menerima pujian kritis, terutama untuk nilai-nilai akting, penyutradaraan dan produksinya. Banyak yang menyebutnya sebagai "cerita hantu yang efektif." Seri lanjutan dengan cerita dan karakter berbeda, berjudul The Haunting of Bly Manor, yang dirilis pada 9 Oktober 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas 1992, Hugh dan Olivia Crain beserta kelima anak mereka—Steven, Shirley, Theodora (Theo), Luke, dan Eleanor (Nell)—pindah ke Hill House demi merenovasi wastu tersebut untuk kemudian menjualnya dan berencana membangun rumah mereka sendiri yang dirancang oleh Olivia. Namun, karena beberapa perbaikan yang tidak terduga, mereka harus tinggal lebih lama. Mereka mulai mengalami fenomena paranormal yang semakin lama semakin meningkat, yang berujung kejadian tragis yang membuat mereka harus melarikan diri dari rumah itu

Dua puluh enam tahun kemudian, Crain bersaudara dan sang ayah yang terasing bersatu kembali setelah tragedi lain menimpa mereka. Tragedi itu memaksa mereka untuk menghadapi masa lalu mereka sewaktu di Hill House.

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Michiel Huisman dan Paxton Singleton sebagai Steven Crain,[2][3] anak tertua dari lima bersaudara. Dia menjadi penulis terkenal setelah menulis pengalaman keluarganya di Hill House, meskipun saudara-saudaranya tidak setuju.
  • Carla Gugino sebagai Olivia Crain,[4] ibu dari lima bersaudara, yang bekerja mendesain rumah. Ia dan putri bungsunya, Nell, adalah yang paling terpengaruh oleh aktivitas paranormal di Hill House.
  • Timothy Hutton dan Henry Thomas sebagai Hugh Crain,[5][6] kepala keluarga dan ayah dari lima bersaudara, yang bekerja memperbaiki rumah-rumah yang ia beli dan kemudian menjualnya lagi. Ia menjadi terasing dari anak-anaknya setelah tragedi yang menimpa mereka di Hill House.
  • Elizabeth Reaser dan Lulu Wilson sebagai Shirley Crain Harris,[5][7] anak kedua dari lima bersaudara. Ia dan suaminya adalah pemilik rumah duka. Mereka memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan.
  • Kate Siegel dan Mckenna Grace sebagai Theodora "Theo" Crain,[5][8] anak tengah dari lima bersaudara, dan seorang psikolog anak. Ia "sensitif" sama seperti ibunya dan dapat "membaca" pengalaman orang lain hanya dari menyentuh kulit mereka. Namun, ia tak nyaman dengan kemampuannya itu sehingga ia selalu memakai sarung tangan untuk mencegah hal tersebut.
  • Oliver Jackson-Cohen dan Julian Hilliard sebagai Luke Crain,[3][9] saudara kembar Nell. Di usia dewasa, ia kecanduan narkoba dan masuk pusat rehabilitasi.
  • Victoria Pedretti dan Violet McGraw sebagai Eleanor "Nell" Crain Vance,[7][8] saudari kembar Luke dan anak bungsu dari lima bersaudara. Ia tak pernah sepenuhnya pulih dari tragedi yang dialaminya di Hill House.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nomine Hasil Ref.
2019 Writers Guild of America Awards Seri Baru Meredith Averill, Charise Castro Smith, Mike Flanagan, Jeff Howard, Rebecca Leigh Klingel, Scott Kosar, Liz Phang Nominasi [10]
Art Directors Guild Awards Seri Televisi Kamera Tunggal Genre Fantasi/Durasi Satu Jam Patricio M. Farrell Nominasi [11]
Penghargaan Fangoria Chainsaw Seri Terbaik Mike Flanagan Menang [12]
Bram Stoker Award Prestasi Unggul dalam Skenario Meredith Averill untuk episode "The Bent-Neck Lady" Menang [13]
Saturn Awards Seri Horor & Thriller Streaming Terbaik The Haunting of Hill House Nominasi [14]
Aktor Terbaik dalam Layanan Streaming Henry Thomas Menang
Aktris Terbaik dalam Layanan Streaming Carla Gugino Nominasi
Pemeran Pendukung Terbaik dalam Layanan Streaming Michiel Huisman Nominasi
Timothy Hutton Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik dalam Layanan Streaming Victoria Pedretti Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andreeva, Nellie (10 April 2017). "Netflix Orders TV Series Adaptation Of 'The Haunting of Hill House' Book From Mike Flanagan, Amblin TV & Paramount TV". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  2. ^ Goldberg, Lesley (13 Juni 2017). "'Game of Thrones' Favorite to Star in 'Haunting of Hill House' Series for Netflix (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  3. ^ a b N'Duka, Amanda (17 Oktober 2017). "'The Haunting Of Hill House': Netflix Sets Paxton Singleton & Julian Hilliard As Series Regulars". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  4. ^ Andreeva, Nellie (18 Juli 2017). "Carla Gugino To Star In 'The Haunting Of Hill House' Netflix TV Series Adaptation". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  5. ^ a b c Petski, Denise (14 Agustus 2017). "Henry Thomas, Elizabeth Reaser & Kate Siegel Cast In 'The Haunting Of Hill House' Netflix TV Series Adaptation". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  6. ^ Andreeva, Nellie (23 Agustus 2017). "Timothy Hutton To Star 'The Haunting Of Hill House' Netflix TV Series Adaptation". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  7. ^ a b N'Duka, Amanda (14 September 2017). "'The Haunting Of Hill House': Lulu Wilson, Victoria Pedretti Cast In Netflix Series Re-Imagining". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  8. ^ a b N'Duka, Amanda (25 September 2017). "'The Haunting Of Hill House': McKenna Grace, Violet McGraw Join Netflix Series". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  9. ^ Petski, Denise (24 Agustus 2017). "'Haunting Of Hill House': Oliver Jackson-Cohen Cast In Netflix TV Series Adaptation". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  10. ^ Hipes, Patrick (6 Desember 2018). "WGA Awards TV Nominations: 'The Handmaid's Tale', 'Barry', 'SNL' Make List". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  11. ^ Tapley, Kristopher (7 Januari 2019). "'Buster Scruggs,' 'Black Panther,' 'Haunting of Hill House' Nominated for Art Directors Guild Awards". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  12. ^ Pearson, Ben (25 Februari 2019). "Fangoria Chainsaw Awards Honor 'Hereditary', 'Mandy', And 'The Haunting Of Hill House'". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  13. ^ "2018 Bram Stoker Awards Winners & Nominees". Bram Stoker Awards. 11 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 
  14. ^ Mancuso, Vinnie (15 Juli 2019). "'Avengers: Endgame', 'Game of Thrones' Lead the 2019 Saturn Awards Nominations". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Oktober 2021. Diakses tanggal 30 November 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]