The Pentaverate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Pentaverate adalah sebuah miniseri televisi streaming komedi Amerika yang dibuat oleh Mike Myers untuk Netflix. Serial ini tayang perdana pada 5 Mei 2022, dan terdiri dari enam episode.

Premis[sunting | sunting sumber]

Sejak Wabah Hitam pada tahun 1347, lima orang telah bekerja untuk memengaruhi peristiwa-peristiwa dunia untuk maksud yang lebih baik. Seorang jurnalis Kanada yang tidak terduga menemukan dirinya di tengah sebuah misi untumengungkap kebenaran dan dalam prosesnya, menyelamatkan dunia.[1][2]

  • Mike Myers sebagai:
    • Ken Scarborough: Seorang jurnalis berita Kanada yang berangkat untuk mengungkap Pentaverate dan memenangkan pekerjaannya kembali
    • Anthony Lansdowne: Seorang ahli teori konspirasi New England yang bertekad untuk mengungkap Pentaverate
    • Rex Smith: Seorang pembawa acara radio sayap kanan dan ahli teori konspirasi yang sangat terkemuka
    • Lord Lordington: Anggota tertua dan tertinggi dari Pentaverate, yang duduk di kepala mimbar sebagai "Centralis"
    • Bruce Baldwin: Mantan maestro media Australia
    • Mishu Ivanov: Seorang mantan oligarki Rusia
    • Shep Gordon : Mantan manajer rock 'n' roll (Gordon adalah orang asli dan menjadi subjek film dokumenter Supermensch: The Legend of Shep Gordon, yang disutradarai oleh Myers.)
    • Jason Eccleston: Seorang jenius teknologi yang menemukan superkomputer Pentaverate, MENTOR
  • Ken Jeong sebagai Skip Cho: Seorang maestro kasino dengan pengetahuan luas dalam teori kekacauan pola cuaca.
  • Keegan-Michael Key sebagai Dr. Hobart Clark: Seorang fisikawan nuklir yang direkrut ke Pentaverate untuk menyelesaikan bencana perubahan iklim.[2]
  • Debi Mazar sebagai Patty Davis, Asisten Eksekutif Pentaverate yang sangat tepercaya.[2]
  • Richard McCabe sebagai Exalted Pikeman Higgins: Kepala Pengawal Liechtenstein, pasukan keamanan Pentaverate.
  • Jennifer Saunders sebagai:
    • Maester dari Dubrovnik: Kepala penyelidik untuk Pentaverate, yang dipanggil dari rumah leluhurnya di Dubrovnik untuk menyelidiki kematian yang mencurigakan.
    • Saester dari Dubrovnik: Adik perempuan Maester dan pelindung parce clavem, kunci cadangan untuk alat pemungutan suara Pentaverate, yang disembunyikan di Dubrovnik.
  • Lydia West sebagai Reilly Clayton: Seorang wanita muda yang menjadi kaki tangan Ken Scarborough
  • Neil Mullarkey sebagai pria berkumis misterius.

Rob Lowe dan Maria Menounos muncul sebagai versi fiksi dari diri mereka sendiri. Tanya Moodie berperan sebagai Ny. Snee, bos Ken di jaringan TV-nya. Myers mengulang sekilas peran suaranya sebagai Shrek, yang tampil sebagai karakter jalan-jalan yang menyelamatkan Ken.[3]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada 17 April 2019, diumumkan bahwa Mike Myers akan membuat dan membintangi sebuah komedi Netflix tanpa judul. Myers juga menjadi produser eksekutif bersama dengan John Lyons dan Jason Weinberg.[4][5] Pada Juni 2021, judul dari serial ini diumumkan yaitu The Pentaverate, berdasarkan teori konspirasi dari film tahun 1993 So I Married an Axe Murderer, yang dibintangi Myers sebagai penyair Charlie McKenzie dan ayahnya yang lahir di Skotlandia, Stuart McKenzie, yang menjelaskan sifat & keanggotaan kelompok dalam film itu. Tim Kirkby bergabung sebagai sutradara dan produser eksekutif, dengan Tony Hernandez dan Lilly Burns juga bergabung sebagai produser eksekutif. Pada Januari 2020, Ed Dyson dan Roger Drew bergabung sebagai penulis cerita dan produser eksekutif. Ini akan menandai peran aksi langsung pertama yang dibintangi Myers sejak komedi romantisnya yang dikritisi, The Love Guru dari tahun 2008.[6] Pada awal Maret 2022, Myers membuka akun Instagram yang memposting gambar yang berkaitan dengan serial yang sama, lima hari sebelum debut trailer.[7]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Juni 2021, Ken Jeong, Keegan-Michael Key, Debi Mazar, Richard McCabe, Jennifer Saunders, dan Lydia West dipilih sebagai pemeran.[2][8] Mazar sebelumnya ikut membintangi Myers di So I Married an Axe Murderer sebagai pacar Tony Giradino, Susan. Pada 16 Maret 2022, Jeremy Irons diumumkan sebagai narator dari serial ini.[9] Pada 28 April, Rob Lowe dan Maria Menounos diumumkan akan memainkan versi fiksi dari diri mereka sendiri.[10]

Ketika serial ini dirilis pada 5 Mei, terungkap bahwa Myers mengulang sekilas peran suaranya sebagai Shrek.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Proses syuting dimulai pada akhir Mei 2021 dengan judul sementara Can't Wait.[11] Serial ini menyelesaikan proses syuting pada akhir Juli 2021.

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack untuk serial ini disusun dan direkam oleh duo musik elektronik Inggris Orbital.[12] Sebagian dari single 1996 mereka " The Box " digunakan sebagai lagu pembuka acara. Cover Smash Mouth dari lagu " I'm a Believer " yang aslinya oleh the Monkees muncul sekilas dalam adegan yang menampilkan Shrek mengacu pada perannya sebagai bagian dari film.[3]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Keenam episode dari serial ini dirilis di Netflix pada 5 Mei 2022.[13]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan nilai penerimaan 21% dengan nilai rata-rata 4,7/10, berdasarkan 19 ulasan kritikus. Konsensus para kritikus situs web tersebut berbunyi, "Setelah lama absen dari layar, Mike Myers kembali dengan lelucon berlebihan di mana ia memainkan delapan karakter berbeda—tetapi sayangnya, hampir tidak ada yang lucu." Metacritic memberi serial ini skor rata-rata tertimbang 40 dari 100 berdasarkan 7 kritik, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Otterson, Joe (June 8, 2021). "Mike Myers Netflix Series 'Pentaverate' Adds Six to Cast, Including Ken Jeong and Keegan-Michael Key". Variety. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  2. ^ a b c d Petski, Denise (June 8, 2021). "Ken Jeong, Keegan-Michael Key Among 6 Cast In Mike Myers' Netflix Comedy Series". Deadline. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  3. ^ a b Ricci, Kimberly (May 9, 2022). "Mike Myers Bringing Back Shrek Seems To Be The One Part Of 'The Pentaverate' That People Can Agree On". Uproxx. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  4. ^ "Mike Myers To Executive Produce And Star In New Comedy Series For Netflix". About Netflix. April 17, 2019. Diakses tanggal December 11, 2021. [pranala nonaktif permanen]
  5. ^ Otterson, Joe (April 17, 2019). "Mike Myers Sets Netflix Comedy Series (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  6. ^ "The Pentaverate Trailer: Mike Myers Debuts 8 Characters". ComingSoon.net. April 28, 2022. 
  7. ^ Mike Myers. "The Pentaverate must never be exposed". Instagram.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-08. Diakses tanggal 2022-05-16. 
  8. ^ Victoria Clark, Anne (June 8, 2021). "Mike Myers to Play a Whole Secret Society's Worth of Characters". Vulture. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  9. ^ "Rolling Stone". 
  10. ^ Boyle, Kelli (April 28, 2022). "'The Pentaverate' Trailer: Meet Mike Myers' 8 Characters (VIDEO)". TV Insider. Diakses tanggal May 7, 2022. 
  11. ^ Asatryan, Tigran (July 22, 2021). "Mike Myers Netflix Series 'The Pentaverate': What We Know So Far". What's On Netflix. Diakses tanggal December 11, 2021. 
  12. ^ Ross, Gemma (2022-03-22). "Orbital set to soundtrack new Netflix series featuring Mike Myers". Mixmag. Diakses tanggal 2022-03-28. 
  13. ^ Andreeva, Nellie (March 16, 2022). "Mike Myers' Netflix Series 'The Pentaverate' Reveals Details, Premiere Date In First-Look Trailer & Photos". Deadline Hollywood. Diakses tanggal March 16, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]