Asahi Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Asahi Shimbun
Flag of the Asahi Shinbun Company.jpg
TipeSurat kabar harian
FormatKoran
PemilikMichiko Murayama, Shoichi Ueno
PenerbitKotaro Akiyama
Pemimpin redaksiYoichi Funabashi
DidirikanOsaka, 25 Januari 1879
Bahasabahasa Jepang
PusatBendera Jepang Osaka dan Chūō, Tokyo
Sirkulasi surat kabar8.225.032 eksemplar (edisi pagi)[1]
Surat kabar saudariKanagawa Shimbun, Nikkan Sports, International Herald Tribune/The Asahi Shimbun, The Asahi Evening News (20 Januari 1954-2 April 2001)
Situs webwww.asahi.com
Kantor pusat Tokyo
Kantor pusat Osaka

Asahi Shimbun (朝日新聞) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan oleh penerbit The Asahi Shimbun. Surat kabar ini pertama kali terbit pada tahun 1874. Oplahnya sekitar 8 juta eksemplar[1] yang menjadikannya harian beroplah terbesar nomor dua di Jepang setelah Yomiuri Shimbun. Harian ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan sore.

Asahi Shimbun memiliki stasiun televisi/radio Asahi Broadcasting Corporation (ABC) di Osaka. Sementara itu, TV Asahi Corporation memiliki All-Nippon News Network (ANN) dan TV Asahi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asahi Shimbun pertama kali terbit di Osaka pada bulan Januari 1879. Bantuan modal diterima Asahi dari pemerintah dan Bank Mitsui pada tahun 1882. Sebagai perluasan usaha ke Tokyo, Asahi membeli surat kabar Mesamashi Shimbun pada bulan Juli 1888 dan mengganti namanya menjadi Tokyo Asahi Shimbun. Tahun berikutnya, surat kabar Asahi yang diterbitkan di Osaka diganti namanya menjadi Osaka Asahi Shimbun.

Pada tahun 1915, Osaka Asahi Shimbun untuk pertama kalinya menerbitkan edisi sore. Pada tahun yang sama, Asahi mulai menjadi sponsor Kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Pertama (sekarang Kejuaraan Nasional Bisbol Sekolah Menengah Atas). Pada tahun 1940, surat kabar Asahi terbitan Osaka dan terbitan Tokyo keduanya menanggalkan nama kota tempat terbit, dan kembali memakai nama Asahi Shimbun sejak tahun 1940.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Japan's morning begins with the newspaper". The Asahi Shimbun. Diakses tanggal 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]